|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Publikasi Ilmiah |
8610504039 |
|
T=1 |
P=2 |
ECTS=6.72 |
3 |
7 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd. Dr. Rofik J, Rosyanafi, S.Pd.M.Pd.
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi |
PLO-7 |
Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi |
PLO-9 |
Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF. |
PLO-10 |
Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menentukan topik penelitian atau gagasan ilmiah yang menarik dalam publikasi ilmiah bidang pendidikan (CPL KU1, KU3, KK6)
|
PO - 2 |
Menguasai sistematika, kaidah, dan prinsip penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional (CPL KU1, KU2, KU5)
|
PO - 3 |
Mampu menyusun draf awal artikel ilmiah bidang pendidikan nonformal yang siap untuk publikasi (CPL KU2, KK5, KK6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mackey, T. P., & Jacobson, T. E. (2014). Metaliteracy: reinventing information literacy to empower learners. American Library Association.
|
Pendukung : |
|
- Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
- Liumbruno, G. M., Velati, C., Pasqualetti, P., & Franchini, M. (2013). How to write a scientific manuscript for publication. Blood transfusion, 11(2), 217.
- Belcher, W. L. (2009). Writing your journal article in twelve weeks: A guide to academic publishing success. SAGE publications.
- Walliman, N. (2017). Research methods: The basics. Routledge.
- Lunenburg, F. C., & Irby, B. J. (2008). Writing a successful thesis or dissertation: Tips and strategies for students in the social and behavioral sciences. Corwin press.
- Kallet, R. H. (2021). How to write evidence-based review article. Journal of respiratory diseases, 45(5), 184-194.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengkaji peta jurnal & mengidentifikasi celah penelitian |
Mengkategorikan jenis jurnal nasional & internasional |
Kriteria:
Ketepatan kategorisasi jurnal, rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi
- Curah pendapat 4 X 50 |
- Diskusi
- Curah pendapat 4 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Mackey, T. P., & Jacobson, T. E. (2014). Metaliteracy: reinventing information literacy to empower learners. American Library Association. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengkaji peta jurnal & mengidentifikasi celah penelitian |
Melakukan review jurnal & menemukan celah penelitian |
Kriteria:
Ketepatan analisis celah penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Problem based learning 4 X 50 |
- Problem based learning 4 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Kallet, R. H. (2021). How to write evidence-based review article. Journal of respiratory diseases, 45(5), 184-194. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu merumuskan topik & judul artikel |
Merumuskan masalah penelitian & judul artikel |
Kriteria:
Kesesuaian rumusan masalah & judul Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi kasus 4 X 50 |
- Diskusi kasus 4 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu merumuskan topik & judul artikel |
- Merumuskan tujuan
- Hipotesis penelitian
|
Kriteria:
Kesesuaian rumusan tujuan & hipotesis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi kasus 4 x 50 |
- Diskusi kasus 4 x 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Liumbruno, G. M., Velati, C., Pasqualetti, P., & Franchini, M. (2013). How to write a scientific manuscript for publication. Blood transfusion, 11(2), 217. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami rambu-rambu artikel jurnal nasional |
Menjelaskan rambu-rambu jurnal nasional |
Kriteria:
Ketepatan uraian rambu-rambu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Ceramah
- Curah pendapat 4 X 50 |
- Ceramah
- Curah pendapat 4 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing your journal article in twelve weeks: A guide to academic publishing success. SAGE publications. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami rambu-rambu artikel jurnal internasional |
Menjelaskan rambu-rambu jurnal internasional |
Kriteria:
Ketepatan uraian rambu-rambu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Ceramah
- Curah pendapat 4 X 50 |
- Ceramah
- Curah pendapat 4 X 50 |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 Pustaka: Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyusun kerangka artikel Indikator Penilaian: Membuat outline artikel penelitian |
Membuat outline artikel penelitian |
Kriteria:
Kelengkapan outline Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Praktek outline 4 X 50 |
- Praktek outline 4 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Walliman, N. (2017). Research methods: The basics. Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7 |
Kriteria:
Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Lisan
- Tulis
- Proposal 4 X 50 |
- Lisan
- Tulis
- Proposal 4 X 50 |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
|
Mengenal dan memahami jurnal nasional terakreditasi sinta 1, 2, 3, 4, 5 (Bagian 1) |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Daring 150 menit |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu Mengenal dan memahami jurnal nasional terakreditasi sinta 1, 2, 3, 4, 5 (Bagian 2)
- 1. Mahasiswa dapat memahami konsep tentang penulisan karya ilmiah 2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang sistimatika proses penelitian dan penulisan artikel ilmiah 3. Mahasiswa dapat melakukan publikasi hasil penelitian dan penulisan karya ilmiah 4. Mahasiswa memiliki sikap positif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik
|
Mengenal dan memahami jurnal nasional terakreditasi sinta 1, 2, 3, 4, 5 (Bagian 1) |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Daring 150 menit |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
1. Mahasiswa dapat memahami konsep tentang penulisan karya ilmiah 2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang sistimatika proses penelitian dan penulisan artikel ilmiah 3. Mahasiswa dapat melakukan publikasi hasil penelitian dan penulisan karya ilmiah 4. Mahasiswa memiliki sikap positif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
daring 150 menit |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
mplementasi membuat dan menyusun artikel abstrak dan manajemen sitasi dengan mendeley |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
daring 150 menit |
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Daring 150 menit |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus Pustaka: |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun dan menuliskan artikel hasil dari penelitian dan kajian telaah teori sesuai dengan tamplate jurnal yang dituju (bagian 2) |
menyusun dan menuliskan artikel hasil dari penelitian dan kajian telaah teori sesuai dengan tamplate jurnal yang dituju (bagian 2) |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 150 menit |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus Pustaka: Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
presentasi artikel hasil dari penelitian dan kajian telaah teori sesuai dengan tamplate jurnal ilmiah yang dituju |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
daring 150 menit |
|
10% |