Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi Ilmiah

8610504039

T=1

P=2

ECTS=6.72

3

7 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd. Dr. Rofik J, Rosyanafi, S.Pd.M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat

PLO-6

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi

PLO-7

Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi

PLO-9

Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF.

PLO-10

Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menentukan topik penelitian atau gagasan ilmiah yang menarik dalam publikasi ilmiah bidang pendidikan (CPL KU1, KU3, KK6)

PO - 2

Menguasai sistematika, kaidah, dan prinsip penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional (CPL KU1, KU2, KU5)

PO - 3

Mampu menyusun draf awal artikel ilmiah bidang pendidikan nonformal yang siap untuk publikasi (CPL KU2, KK5, KK6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1       
PO-2       
PO-3       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan.

Pustaka

Utama :

  1. Mackey, T. P., & Jacobson, T. E. (2014). Metaliteracy: reinventing information literacy to empower learners. American Library Association.

Pendukung :

  1. Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
  2. Liumbruno, G. M., Velati, C., Pasqualetti, P., & Franchini, M. (2013). How to write a scientific manuscript for publication. Blood transfusion, 11(2), 217.
  3. Belcher, W. L. (2009). Writing your journal article in twelve weeks: A guide to academic publishing success. SAGE publications.
  4. Walliman, N. (2017). Research methods: The basics. Routledge.
  5. Lunenburg, F. C., & Irby, B. J. (2008). Writing a successful thesis or dissertation: Tips and strategies for students in the social and behavioral sciences. Corwin press.
  6. Kallet, R. H. (2021). How to write evidence-based review article. Journal of respiratory diseases, 45(5), 184-194.

Dosen Pengampu

Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengkaji peta jurnal & mengidentifikasi celah penelitian

Mengkategorikan jenis jurnal nasional & internasional

Kriteria:

Ketepatan kategorisasi jurnal, rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi
- Curah pendapat
4 X 50
- Diskusi
- Curah pendapat
4 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Mackey, T. P., & Jacobson, T. E. (2014). Metaliteracy: reinventing information literacy to empower learners. American Library Association.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mengkaji peta jurnal & mengidentifikasi celah penelitian

Melakukan review jurnal & menemukan celah penelitian

Kriteria:

Ketepatan analisis celah penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Problem based learning
4 X 50
- Problem based learning
4 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Kallet, R. H. (2021). How to write evidence-based review article. Journal of respiratory diseases, 45(5), 184-194.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu merumuskan topik & judul artikel

Merumuskan masalah penelitian & judul artikel

Kriteria:

Kesesuaian rumusan masalah & judul


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi kasus
4 X 50
- Diskusi kasus
4 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu merumuskan topik & judul artikel

  1. Merumuskan tujuan
  2. Hipotesis penelitian
Kriteria:

Kesesuaian rumusan tujuan & hipotesis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi kasus
4 x 50
- Diskusi kasus
4 x 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Liumbruno, G. M., Velati, C., Pasqualetti, P., & Franchini, M. (2013). How to write a scientific manuscript for publication. Blood transfusion, 11(2), 217.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami rambu-rambu artikel jurnal nasional

Menjelaskan rambu-rambu jurnal nasional

Kriteria:

Ketepatan uraian rambu-rambu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Ceramah
- Curah pendapat
4 X 50
- Ceramah
- Curah pendapat
4 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Belcher, W. L. (2009). Writing your journal article in twelve weeks: A guide to academic publishing success. SAGE publications.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami rambu-rambu artikel jurnal internasional

Menjelaskan rambu-rambu jurnal internasional

Kriteria:

Ketepatan uraian rambu-rambu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Ceramah
- Curah pendapat
4 X 50
- Ceramah
- Curah pendapat
4 X 50
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8
Pustaka:

Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun kerangka artikel Indikator Penilaian: Membuat outline artikel penelitian

Membuat outline artikel penelitian

Kriteria:

Kelengkapan outline


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Praktek outline
4 X 50
- Praktek outline
4 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Walliman, N. (2017). Research methods: The basics. Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7

Kriteria:

Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Lisan
- Tulis
- Proposal
4 X 50
- Lisan
- Tulis
- Proposal
4 X 50
10%

9

Minggu ke 9

Mengenal dan memahami jurnal nasional terakreditasi sinta 1, 2, 3, 4, 5 (Bagian 1)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Daring
150 menit
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu Mengenal dan memahami jurnal nasional terakreditasi sinta 1, 2, 3, 4, 5 (Bagian 2)
  2. 1. Mahasiswa dapat memahami konsep tentang penulisan karya ilmiah 2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang sistimatika proses penelitian dan penulisan artikel ilmiah 3. Mahasiswa dapat melakukan publikasi hasil penelitian dan penulisan karya ilmiah 4. Mahasiswa memiliki sikap positif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik

Mengenal dan memahami jurnal nasional terakreditasi sinta 1, 2, 3, 4, 5 (Bagian 1)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Daring
150 menit
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

1. Mahasiswa dapat memahami konsep tentang penulisan karya ilmiah 2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang sistimatika proses penelitian dan penulisan artikel ilmiah 3. Mahasiswa dapat melakukan publikasi hasil penelitian dan penulisan karya ilmiah 4. Mahasiswa memiliki sikap positif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

daring
150 menit
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

mplementasi membuat dan menyusun artikel abstrak dan manajemen sitasi dengan mendeley


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

daring
150 menit
5%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


5%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Daring
150 menit
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus
Pustaka:
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun dan menuliskan artikel hasil dari penelitian dan kajian telaah teori sesuai dengan tamplate jurnal yang dituju (bagian 2)

menyusun dan menuliskan artikel hasil dari penelitian dan kajian telaah teori sesuai dengan tamplate jurnal yang dituju (bagian 2)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
150 menit
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus
Pustaka:

Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

presentasi artikel hasil dari penelitian dan kajian telaah teori sesuai dengan tamplate jurnal ilmiah yang dituju


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

daring
150 menit
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 37.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.