|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Animasi |
8821003005 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
10 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ika Anggun Camelia, M.Pd.
|
Ika Anggun Camelia, M.Pd.
|
Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan bidang seni rupa untuk menciptakan karya, media dan sumber belajar yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran dan berwirausaha. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami dan dapat mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan animasi dua dimensi dan tiga dimensi
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi karya animasi berkualitas untuk kebutuhan pembelajaran di sekolah
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip animasi, teknik dasar pembuatan animasi secara manual dan teknik animasi dua dimensi dan tiga dimensi lewat komputer, dengan penekanan komputer animasi. Perancangan karya animasi menggunakan software animasi dua dimensi dan tiga dimensi terutama Adobe Flash, 3DS Max, ataupun aplikasi melalui Smart phone dengan strategi teori, bimbingan dan proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wijaya, Didik. 2002. Tip & Trik Macromedia Flash 5,0 dengan Action Script, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
- Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
- Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
- Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
- Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
|
Pendukung : |
|
- Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
|
Dosen Pengampu
|
Ika Anggun Camelia, S.Pd., M.Pd. Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ruang lingkup dan prinsip dasar animasi |
Mampu menjelaskan pengertian animasi 2D dan mampu mengoperasian animasi Flash |
Kriteria:
presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: Animasi Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
menguasai animasi teknik shape tweening, morphing, masking |
Mampu membuat animasi teknik shape twening, morphing dan masking |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: berkarya animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
menguasai animasi teknik shape tweening, morphing, masking |
Mampu membuat animasi teknik shape twening, morphing dan masking |
Kriteria:
mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: pengembangan animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
menuasai animasi teknik motion guide da movie clip |
Mampu membuat animasi sesuai dengan komponen animasi (timing, spacing, key, kontak) |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
menuasai animasi teknik motion guide da movie clip |
Mampu membuat animasi sesuai dengan komponen animasi (timing, spacing, key, kontak) |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai Animasi karakter teknik tweening |
Mampu membuat Animasi karakter teknik tweening |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai Animasi karakter teknik frame by frame |
Mampu membuat Animasi karakter teknik frame by frame |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: animasi Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai pembuatan animasi Flah |
Mampu membuat animasi ILM |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 3 X 50 |
|
Materi: berkarya animasi Pustaka: Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1). |
15% |
9
Minggu ke 9 |
memahami pengerian animasi 3 d dan mengenal antar muka program 3dsMax |
Mampu menjelaskan pengertian animasi 3D dan mampu mengoperasian animasi 3DSMax |
Kriteria:
diskusi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: pengembangan animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai berbagai teknik Edit geometri |
Mampu mengedit geometri |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: produksi Pustaka: Wijaya, Didik. 2002. Tip & Trik Macromedia Flash 5,0 dengan Action Script, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai modeling dan material dan animasi kamera |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: pembuatan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai modeling dan material dan animasi kamera |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: pembuatan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai modeling dan material dan animasi kamera |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: pengembangan animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai modeling dan material dan animasi kamera |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: video animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai modeling dan material dan animasi kamera |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menguasai modeling dan material dan animasi kamera |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: animasi Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo. |
15% |