Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Animasi

8821003005

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

10 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ika Anggun Camelia, M.Pd.




Ika Anggun Camelia, M.Pd.




Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan bidang seni rupa untuk menciptakan karya, media dan sumber belajar yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran dan berwirausaha.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami dan dapat mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan animasi dua dimensi dan tiga dimensi

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi karya animasi berkualitas untuk kebutuhan pembelajaran di sekolah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip animasi, teknik dasar pembuatan animasi secara manual dan teknik animasi dua dimensi dan tiga dimensi lewat komputer, dengan penekanan komputer animasi. Perancangan karya animasi menggunakan software animasi dua dimensi dan tiga dimensi terutama Adobe Flash, 3DS Max, ataupun aplikasi melalui Smart phone dengan strategi teori, bimbingan dan proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Wijaya, Didik. 2002. Tip & Trik Macromedia Flash 5,0 dengan Action Script, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
  2. Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
  3. Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
  4. Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
  5. Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Pendukung :

  1. Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Dosen Pengampu

Ika Anggun Camelia, S.Pd., M.Pd.

Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup dan prinsip dasar animasi

Mampu menjelaskan pengertian animasi 2D dan mampu mengoperasian animasi Flash

Kriteria:

presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: Animasi
Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
5%

2

Minggu ke 2

menguasai animasi teknik shape tweening, morphing, masking

Mampu membuat animasi teknik shape twening, morphing dan masking

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: berkarya animasi
Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
5%

3

Minggu ke 3

menguasai animasi teknik shape tweening, morphing, masking

Mampu membuat animasi teknik shape twening, morphing dan masking

Kriteria:

mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: pengembangan animasi
Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
5%

4

Minggu ke 4

menuasai animasi teknik motion guide da movie clip

Mampu membuat animasi sesuai dengan komponen animasi (timing, spacing, key, kontak)

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: latihan animasi
Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
5%

5

Minggu ke 5

menuasai animasi teknik motion guide da movie clip

Mampu membuat animasi sesuai dengan komponen animasi (timing, spacing, key, kontak)

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: latihan animasi
Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
5%

6

Minggu ke 6

Menguasai Animasi karakter teknik tweening

Mampu membuat Animasi karakter teknik tweening

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: latihan animasi
Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
5%

7

Minggu ke 7

Menguasai Animasi karakter teknik frame by frame

Mampu membuat Animasi karakter teknik frame by frame

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: animasi
Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
5%

8

Minggu ke 8

Menguasai pembuatan animasi Flah

Mampu membuat animasi ILM

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
UTS
3 X 50

Materi: berkarya animasi
Pustaka: Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
15%

9

Minggu ke 9

memahami pengerian animasi 3 d dan mengenal antar muka program 3dsMax

Mampu menjelaskan pengertian animasi 3D dan mampu mengoperasian animasi 3DSMax

Kriteria:

diskusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah Demonstrasi tugas
3 X 50

Materi: pengembangan animasi
Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
5%

10

Minggu ke 10

Menguasai berbagai teknik Edit geometri

Mampu mengedit geometri

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi
3 X 50

Materi: produksi
Pustaka: Wijaya, Didik. 2002. Tip & Trik Macromedia Flash 5,0 dengan Action Script, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
5%

11

Minggu ke 11

Menguasai modeling dan material dan animasi kamera

Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: pembuatan animasi
Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
5%

12

Minggu ke 12

Menguasai modeling dan material dan animasi kamera

Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: pembuatan animasi
Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
5%

13

Minggu ke 13

Menguasai modeling dan material dan animasi kamera

Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: pengembangan animasi
Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
5%

14

Minggu ke 14

Menguasai modeling dan material dan animasi kamera

Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: video animasi
Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
5%

15

Minggu ke 15

Menguasai modeling dan material dan animasi kamera

Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: latihan animasi
Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
5%

16

Minggu ke 16

Menguasai modeling dan material dan animasi kamera

Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera

Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan tugas
  2. Timimg
  3. Komposisi
  4. Artistik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Demonstrasi tugas
6 X 50

Materi: animasi
Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 42.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.