Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Artificial Intelligence (AI)

8400102094

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

9 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.




Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan dunia maya untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan Pembelajaran Sains Berbasis AI

PO - 2

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran sains berbasis Berbasis AI.

PO - 3

Mahasiswa memiliki keterampilan untuk melakukan reviu pustaka, menganalisis, merumuskan konsep tentang Pembelajaran Sains berbasis AI serta mengomunikasikan kepada pihak lain.

PO - 4

Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab, objektif dalam mengidentifikasi isu-isu terkait Pembelajaran Sains Berbasis AI.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengaji AI sebagai kecerdasan buatan mendasari pengembangan pembelajaran sains mulai dari dinamika perkembangannya; kesesuaian teori dan prakteknya; pemilihan, penyesuian, dan pengembangan materi, media, model, metode, strategi, pendekatan, dan penilaian pembelajaran sains berbasis AI

Pustaka

Utama :

  1. Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer
  2. Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Pendukung :

  1. Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI

Dosen Pengampu

Dr. Raharjo, M.Si.

Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu Menperjelas Dinamika Perkembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. 1. Memperjelas AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0; 2. Mengidentifikasi jenis jenis AI (Narrow AI, General AI, Super AI) dalam Pembelajaran sains pada era industry 5.0; 3. Menganalisis komponen komponen AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0 4. Mengevaluasi efektivitas implementasi AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0
  2. 2. Mengidentifikasi jenis jenis AI (Narrow AI, General AI, Super AI) dalam Pembelajaran sains pada era industry 5.0;
  3. 3. Menganalisis komponen komponen AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0 ;
  4. 4. Mengevaluasi efektivitas implementasi AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0.
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi tentang dinamika perkembangan pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait dinamika perkembangan pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait dinamika perkembangan pembelajaran sains berbasis AI
Materi: Dinamika Perkembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer
5%

2

Minggu ke 2

Mampu Menganalisis dan mengevaluasi Praktek pembelajaran sains berbasis AI

  1. Menganalisis Praktek pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengevaluasi Praktek pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi hasil analisis dan evaluasi dari praktek pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait praktek pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait praktek pembelajaran sains berbasis AI
Materi: Praktek pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

3

Minggu ke 3

Mampu Menganalisis dan Mengevaluasi Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI

  1. Menganalisis Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengevaluasi Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi hasil analisis dan evaluasi kesesuaian teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait kesesuaian teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait kesesuaian teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
Materi: i Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar
5%

4

Minggu ke 4

Mampu Mengidentifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi Latar Belakang Peserta Didik Pembelajaran Sains Berbasis AI
  2. Mengidentifikasi Karakter Peserta Didik Pembelajaran Sains Berbasis AI
  3. Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Pembelajaran Sains Berbasis AI
  4. Memperjelas latar belakang materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
  5. Mengidentifikasi modernisasi dari materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
  6. Memrediksi aspek futuristik dari materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi tentang cara dan hasil identifikasi karakter peserta didik dan karakter materi
pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait karakter peserta didik dan karakter materi pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait karakter peserta didik dan karakter materi pembelajaran sains berbasis AI
Materi: identifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: identifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: identifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

5

Minggu ke 5

Mampu Mengembangkan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam mengembangkan konten pintar dari materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
  2. Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam menganalisis dan mengevaluasi konten materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi hasil pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

6

Minggu ke 6

Mampu Mengembangkan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam mengembangkan konten pintar dari materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
  2. Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam menganalisis dan mengevaluasi konten materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi hasil pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

7

Minggu ke 7

Mampu Mengembangkan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam mengembangkan konten pintar dari materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
  2. Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam menganalisis dan mengevaluasi konten materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi hasil pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

8

Minggu ke 8

Menghasilkan proposal proyek pengembangan pembelajaran berbasis AI

Mengembangkan proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI

Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi poposal proyek pengembangan pembelajaran sains berbasis AI
Review dan revisi proposal proyek pengembangan pembelajaran berbasis AI
Materi: proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
15%

9

Minggu ke 9

Mampu Mengembangkan Media Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi media pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter peserta didik pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengidentifikasi pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter materi dalam pembelajaran sains berbasis AI
  3. Mengembangkan media (termasuk worksheet) pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

10

Minggu ke 10

Mampu Mengembangkan Media Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi media pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter peserta didik pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengidentifikasi pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter materi dalam pembelajaran sains berbasis AI
  3. Mengembangkan media (termasuk worksheet) pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

11

Minggu ke 11

Mampu Mengembangkan Media Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi media pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter peserta didik pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengidentifikasi pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter materi dalam pembelajaran sains berbasis AI
  3. Mengembangkan media (termasuk worksheet) pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

12

Minggu ke 12

Mampu Menyesuaikan Model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
  2. Memilih model, metode, strategi, dan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran sains berbasis AI
  3. Memrediksi efektivitas model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

13

Minggu ke 13

Mampu Menyesuaikan Model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
  2. Memilih model, metode, strategi, dan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran sains berbasis AI
  3. Memrediksi efektivitas model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

14

Minggu ke 14

Mampu Mengembangkan Asesmen ataupun Evaluasi Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi asesmen ataupun evaluasi yang sesuai untuk penilaian pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
  3. Memvalidasi instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

15

Minggu ke 15

Mampu Mengembangkan Asesmen ataupun Evaluasi Pembelajaran Sains Berbasis AI

  1. Mengidentifikasi asesmen ataupun evaluasi yang sesuai untuk penilaian pembelajaran sains berbasis AI
  2. Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
  3. Memvalidasi instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
5%

16

Minggu ke 16

Publikasi Produk Proyek Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI

Terpublikasi Produk Proyek Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI

Kriteria:

Penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi Produk proyek pembelajaran sains berbasis AI
Memublikasikan proyek pembelajaran sains berbasis AI
Materi: Publikasi proyek pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer

Materi: Publikasi proyek pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar

Materi: Publikasi proyek pembelajaran sains berbasis AI
Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36.71%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 31.71%
3. Praktik / Unjuk Kerja 31.71%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.