
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Artificial Intelligence (AI) |
8400102094 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
9 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.
|
Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan dunia maya untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan Pembelajaran Sains Berbasis AI
|
PO - 2 |
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran sains berbasis Berbasis AI.
|
PO - 3 |
Mahasiswa memiliki keterampilan untuk melakukan reviu pustaka, menganalisis, merumuskan konsep tentang Pembelajaran Sains berbasis AI serta mengomunikasikan kepada pihak lain.
|
PO - 4 |
Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab, objektif dalam mengidentifikasi isu-isu terkait Pembelajaran Sains Berbasis AI.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengaji AI sebagai kecerdasan buatan mendasari pengembangan pembelajaran sains mulai dari dinamika perkembangannya; kesesuaian teori dan prakteknya; pemilihan, penyesuian, dan pengembangan materi, media, model, metode, strategi, pendekatan, dan penilaian pembelajaran sains berbasis AI |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer
- Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar
|
Pendukung : |
|
- Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Raharjo, M.Si. Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu Menperjelas Dinamika Perkembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- 1. Memperjelas AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0; 2. Mengidentifikasi jenis jenis AI (Narrow AI, General AI, Super AI) dalam Pembelajaran sains pada era industry 5.0; 3. Menganalisis komponen komponen AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0 4. Mengevaluasi efektivitas implementasi AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0
- 2. Mengidentifikasi jenis jenis AI (Narrow AI, General AI, Super AI) dalam Pembelajaran sains pada era industry 5.0;
- 3. Menganalisis komponen komponen AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0 ;
- 4. Mengevaluasi efektivitas implementasi AI dalam pembelajaran sains pada era industry 5.0.
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi tentang dinamika perkembangan pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait dinamika perkembangan pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait dinamika perkembangan pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: Dinamika Perkembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu Menganalisis dan mengevaluasi Praktek pembelajaran sains berbasis AI |
- Menganalisis Praktek pembelajaran sains berbasis AI
- Mengevaluasi Praktek pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi hasil analisis dan evaluasi dari praktek pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait praktek pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait praktek pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: Praktek pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu Menganalisis dan Mengevaluasi Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI |
- Menganalisis Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
- Mengevaluasi Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi hasil analisis dan evaluasi kesesuaian teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait kesesuaian teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait kesesuaian teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: i Kesesuaian Teori dan praktik pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu Mengidentifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi Latar Belakang Peserta Didik Pembelajaran Sains Berbasis AI
- Mengidentifikasi Karakter Peserta Didik Pembelajaran Sains Berbasis AI
- Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Pembelajaran Sains Berbasis AI
- Memperjelas latar belakang materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Mengidentifikasi modernisasi dari materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Memrediksi aspek futuristik dari materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi tentang cara dan hasil identifikasi karakter peserta didik dan karakter materi
pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait karakter peserta didik dan karakter materi pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait karakter peserta didik dan karakter materi pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: identifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: identifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: identifikasi Karakter Peserta Didik dan Karakter Materi Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu Mengembangkan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam mengembangkan konten pintar dari materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam menganalisis dan mengevaluasi konten materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi hasil pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu Mengembangkan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam mengembangkan konten pintar dari materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam menganalisis dan mengevaluasi konten materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi hasil pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu Mengembangkan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam mengembangkan konten pintar dari materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Menggunakan AI (termasuk mesin learning, deep learning, dan sains data) dalam menganalisis dan mengevaluasi konten materi ajar eksperimental ataupun non eksperimental dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi hasil pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan materi ajar dalam pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran Sains Berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menghasilkan proposal proyek pengembangan pembelajaran berbasis AI |
Mengembangkan proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI |
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi poposal proyek pengembangan pembelajaran sains berbasis AI
|
Review dan revisi proposal proyek pengembangan pembelajaran berbasis AI
|
Materi: proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: proposal pengembangan pembelajaran Sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu Mengembangkan Media Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi media pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter peserta didik pembelajaran sains berbasis AI
- Mengidentifikasi pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter materi dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Mengembangkan media (termasuk worksheet) pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu Mengembangkan Media Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi media pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter peserta didik pembelajaran sains berbasis AI
- Mengidentifikasi pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter materi dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Mengembangkan media (termasuk worksheet) pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu Mengembangkan Media Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi media pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter peserta didik pembelajaran sains berbasis AI
- Mengidentifikasi pembelajaran (termasuk worksheet) yang sesuai dengan karakter materi dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Mengembangkan media (termasuk worksheet) pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: pengembangan Media pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu Menyesuaikan Model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
- Memilih model, metode, strategi, dan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Memrediksi efektivitas model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu Menyesuaikan Model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
- Memilih model, metode, strategi, dan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran sains berbasis AI
- Memrediksi efektivitas model, metode, strategi, dan pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: penyesuaian Model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu Mengembangkan Asesmen ataupun Evaluasi Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi asesmen ataupun evaluasi yang sesuai untuk penilaian pembelajaran sains berbasis AI
- Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
- Memvalidasi instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu Mengembangkan Asesmen ataupun Evaluasi Pembelajaran Sains Berbasis AI |
- Mengidentifikasi asesmen ataupun evaluasi yang sesuai untuk penilaian pembelajaran sains berbasis AI
- Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
- Memvalidasi instrumen penilaian pembelajaran sains berbasis AI
|
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
|
• Melakukan literasi digital terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
• Mengunjungi web untuk kuliah daring
• Hang out dan forum diskusi terkait pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: pengembangan Asesmen ataupun Evaluasi pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Publikasi Produk Proyek Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI |
Terpublikasi Produk Proyek Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis AI |
Kriteria:
Penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi Produk proyek pembelajaran sains berbasis AI
|
Memublikasikan proyek pembelajaran sains berbasis AI
|
Materi: Publikasi proyek pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Hannele Niemi, Roy D. Pea, & Yu Lu. 2023. AI in Learning: Designing the Future. Switzerland: Springer Materi: Publikasi proyek pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Benedict du Boulay, Antonija Mitrovic, and Kalina Yacef. 2023. Handbook of Artificial Intelligence in Education. UK: Elgar Materi: Publikasi proyek pembelajaran sains berbasis AI Pustaka: Jurnal-jurnal tentang pembelajaran sains berbasis AI |
15% |