Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

2230502022

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Puguh Novi Prasetyono, S.Pd., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa dapat megetahui tentang pelaksanaan K3.

PO - 2

mahasiswa mengerti syarat syarat k3

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini berisi kajian tentang ruang lingkup dan regulasi K3, prinsip pencegahan kecelakaan. Mengukur nilai ambang batas faktor fisik manusia. Mampu melakukan penanganan dan tindakan pertolongan kecelakaan kerja, menggunakan APD. Menganalisis penerapan SMK3 di industri.

Pustaka

Utama :

  1. PP No.13 Tahun 2003 dan Undang-undang K-3
  2. Suma 19mur. 1995. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan
  3. Anizar. 2009. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri
  4. Banet Silalahi. 1995. Manajemen K-3.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Satriana Fitri Mustika Sari, S.T., M.T.

Irfan Prasetyo Loekito, S.T., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami tentang Hukum Dasar K-3 dan Sejarah Perkembangannya

Dapat menjelaskan UU No 13 tentang Kecelakaan Kerja Dapat menjelaskan Sejarah perkembangan K3 di Indonesia

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
-
0%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami tentang K-3 sebagai Multi Disiplin Ilmu

Dapat menjelaskan K-3 sebagai Multi Disiplin Ilmu

Kriteria:

Nilai 100 Jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 Jika ada Jawaban yang salah sebanyak 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah sebanyak 50 %

Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami tentang Faktor-faktor yang berpengaruh dalam K-3

Dapat menjelaskan pengaruh faktor manusia, peralatan, dan lingkungan dalam penerapan K3

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %

Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami tentang Pencemaran Lingkungan

Dapat menjelaskan tentang pencemaran Udara.

Kriteria:

Nilai 100 Jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 Jika ada Jawaban yang salah sebanyak 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah sebanyak 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami tentang Pencemaran Lingkungan (Lanjutan 1)

Dapat menjelaskan tentang Pencemaran Air

Kriteria:

Nilai 100 Jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 Jika ada Jawaban yang salah sebanyak 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah sebanyak 50 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami tentang Pencemaran Lingkungan (Lanjutan 2)

Dapat menjelaskan tentang Pencemaran Tanah

Kriteria:

Nilai 100 Jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 Jika ada Jawaban yang salah sebanyak 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah sebanyak 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami tentang Penyebab terjadinya Kecelakaan Kerja

Dapat menjelaskan tentang penyebab terjadinya Kecelakaan Kerja

Kriteria:

Nilai 100 Jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 Jika ada Jawaban yang salah sebanyak 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah sebanyak 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER ( U T S )

Mampu menjelaskan Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), K3 sebagai Multi Disiplin Ilmu, Faktor-Faktor yang berpengaruh pada K3, Pencemaran Lingkungan, Penyebabt terjadinya Kecelakaan Kerja

Kriteria:

KESESUAIAN DENGAN KUNCI JAWABAN


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UJIAN TENGAH SEMESTER ( U T S )
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami tentang Manajemen Akar Kecelakaan danPerbandingan 5 Teori Manajemen Terkemuka

Dapat menjelaskan tentang Kebijakan Manajemen, perbuatan penyebab kecelakaan dan teori manajemen

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami tentang Azas Manajemen K-3

Dapat menjelaskan kebijakan manajemen dan operasionalnya, Prestasi kerja serta menjelaskan perbuatan dan kondisi yang tidak selamat.

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%), Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %, Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu Memahami tentang Teknik Pencegahan Kecelakaan Kerja

Dapat menjelaskan aspek perangkat keras dalam pencegahan kecelakaan

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%), Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %, Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu Memahami tentang Teknik Pencegahan Kecelakaan Kerja (Lanjutan)

Dapat menjelaskan aspek perangkat keras dalam pencegahan kecelakaan

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami tentang Pokok-pokok Peningkatan Kesadaran K-3 di Kalangan Karyawan

Dapat menjelaskan tentang pokok-pokok Upaya peningkatan Kesadaran K-3 Dilingkungan Karyawan

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami tentang Sistem Pencegahan Bahaya Kebakaran

Dapat menjelaskan tentang Isyarat Bahaya Kebakaran dan Siatem Pemadam Kebakaran

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu Memahami tenytang Analisis Kecelakaan Kerja

Dapat menjelaskan tentang kerugian yang terjadi pada kecelakaan Kerja dan dapat menjelaskan Statistik Kecelakaan Kerjaserta Penyakit akibat Kerja

Kriteria:

Nilai 100 jika menjawab benar semua (100%)Nilai 70 jika ada jawaban yang salah 30 %Nilai 50 jika ada jawaban yang salah 50 %


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER ( U A S )

UJIAN AKHIR SEMESTER ( U A S )

Kriteria:

SESUAI KUNCI JAWABAN DALAM UJIAN AKHIR SEMESTER ( U A S )


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UJIAN AKHIR SEMESTER ( U A S )
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.