Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal

8400102070

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Erman, M.Pd.




Prof. Dr. Erman, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis hasil-hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local

PO - 2

Merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan local

PO - 3

Menentukan kelayakan sebuah kearifan lokal sebagai konteks pembelajaran sains

PO - 4

Merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal yang menjadi ide penelitian disertasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local (indigenous science), melakukan eksplorasi kearifan local untuk pembelajaran sains, dan merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan local. Perkuliahan dilakukan melalui metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk hasil rancangan.

Pustaka

Utama :

  1. Albuquerque, U.P., et al., 2017. Ethnobotany for Beginners. Springer International Publisher AG.
  2. Slikkerveer, L.J., Baourakis, G., & Saefullh, K., 2019. Integrated Community-Managed Development: Strategizing Indigeneous Knowledge and Institution for Poverty Reduction and Sustainability Community Development in Indonesia. Springer International Publisher AG
  3. Semali, L.M. & Kinchoeloe, J.L. 1999. What is indigenous knowledge. New York: Falmer Press.
  4. Commettee on How People Learn II & Board on Science Education, 2018. How People Learn II: Learners, Contexts, and Cultures, Washington: The National Academic Press

Pendukung :

  1. Jockens, W.M.G, & Van Driel, J.H. 2012. Science Teachers Designing context-based curriculum materials: Developing context-based teacher competence. Uitgeverij Boxpress
  2. Branch, J. & Oberg, D. 2004. Focus on inquiry. Canada: Alberta
  3. Nuangchalerm, P. 2007. Development of indigenous science instruction model. Paper presented at International Conference on educational reform (ICER). (1st Khonkaen Thailand, Nov, 1-11, 2007).
  4. Sudarmin. 2014. Konten dan konteks pendekatan ilmiah pada pembelajaran sains berbasis etnoscience Indigenous science dan kearifan local). Semarang: Unnes.
  5. Referensi lain dari berbagai sumber atau internet

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan aspek historis, budaya, dan sains kearifan lokal dalam artikel publikasi hasil penelitian

  1. Menjelaskan karakteristik kearifan local
  2. Mendeskripsikan aspek historis kearifan local
  3. Mendeskripsikan aspek budaya kearifan local
  4. Mendeskripsikan aspek sains kearifan lokal
Kriteria:

Pemberian point sesuai dengan pertanyaan dan ide-gagasan yang diajukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, tanya jawab, diskusi, studi kasus
2 X 50 menit
Penugasan:
1.Eksplorasi dan analisis artikel hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local
2. Analisis kearifan local sesuai ide penelitian
2 x 50 menit
Materi: Pustaka Utama no 1-3 & Pustaka pendukung no 3-5
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Mengidentifikasi aspek-aspek sains, historis, dan budaya dalam sains masyarakat pada hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas, presentasi, dan diskusi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-3 & Pustaka pendukung no 3-5
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Menjelaskan keterkaitan sains, historis, dan budaya dalam sains masyarakat lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas, presentasi, dan diskusi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-3 & Pustaka pendukung no 3-5
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Menjelaskan teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran sains berbasis kearifan local

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas, presentasi, dan diskusi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Prinsip-prinsip pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas, presentasi, dan diskusi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Mengidentifikasi model, pendekatan, dan metode yang digunakan dalam penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas, presentasi, dan diskusi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran sains berbasis kearifan local

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

8

Minggu ke 8

Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7

Indikator dari TM-1 sampai TM-7

Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 X 50

Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop dan Presentasi dan diskusi,
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop dan diskusi,
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop dan Seminar
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Merancang bahan ajar (PCK) pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop dan seminar rancangan bahan ajar
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Merancang bahan ajar (PCK) pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop dan seminar rancangan bahan ajar
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Merancang bahan ajar (PCK) untuk pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Kriteria:
  1. Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
  2. 4: kajian benar
  3. 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: kajiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop dan seminar rancangan bahan ajar
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal

Refleksi, penguatan, dan Tindak lanjut

Kriteria:

Identifikasi yang sudah dan belum dikuasai, serta tindak lanjutnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Refleksi
2 X 50

Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5
Pustaka:
7%

16

Minggu ke 16

Kemampuan akhir dari TM-9 sampai TM-15

Indikator dari TM-9 sampai TM-15

Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 X 50

Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 54.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.