|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal |
8400102070 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis hasil-hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local
|
PO - 2 |
Merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan local
|
PO - 3 |
Menentukan kelayakan sebuah kearifan lokal sebagai konteks pembelajaran sains
|
PO - 4 |
Merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal yang menjadi ide penelitian disertasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local (indigenous science), melakukan eksplorasi kearifan local untuk pembelajaran sains, dan merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan local. Perkuliahan dilakukan melalui metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk hasil rancangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Albuquerque, U.P., et al., 2017. Ethnobotany for Beginners. Springer International Publisher AG.
- Slikkerveer, L.J., Baourakis, G., & Saefullh, K., 2019. Integrated Community-Managed Development: Strategizing Indigeneous Knowledge and Institution for Poverty Reduction and Sustainability Community Development in Indonesia. Springer International Publisher AG
- Semali, L.M. & Kinchoeloe, J.L. 1999. What is indigenous knowledge. New York: Falmer Press.
- Commettee on How People Learn II & Board on Science Education, 2018. How People Learn II: Learners, Contexts, and Cultures, Washington: The National Academic Press
|
Pendukung : |
|
- Jockens, W.M.G, & Van Driel, J.H. 2012. Science Teachers Designing context-based curriculum materials: Developing context-based teacher competence. Uitgeverij Boxpress
- Branch, J. & Oberg, D. 2004. Focus on inquiry. Canada: Alberta
- Nuangchalerm, P. 2007. Development of indigenous science instruction model. Paper presented at International Conference on educational reform (ICER). (1st Khonkaen Thailand, Nov, 1-11, 2007).
- Sudarmin. 2014. Konten dan konteks pendekatan ilmiah pada pembelajaran sains berbasis etnoscience Indigenous science dan kearifan local). Semarang: Unnes.
- Referensi lain dari berbagai sumber atau internet
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan aspek historis, budaya, dan sains kearifan lokal dalam artikel publikasi hasil penelitian |
- Menjelaskan karakteristik kearifan local
- Mendeskripsikan aspek historis kearifan local
- Mendeskripsikan aspek budaya kearifan local
- Mendeskripsikan aspek sains kearifan lokal
|
Kriteria:
Pemberian point sesuai dengan pertanyaan dan ide-gagasan yang diajukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, tanya jawab, diskusi, studi kasus 2 X 50 menit |
Penugasan:
1.Eksplorasi dan analisis artikel hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local
2. Analisis kearifan local sesuai ide penelitian 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka Utama no 1-3 & Pustaka pendukung no 3-5 Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Mengidentifikasi aspek-aspek sains, historis, dan budaya dalam sains masyarakat pada hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas, presentasi, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-3 & Pustaka pendukung no 3-5 Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Menjelaskan keterkaitan sains, historis, dan budaya dalam sains masyarakat lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas, presentasi, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-3 & Pustaka pendukung no 3-5 Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Menjelaskan teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran sains berbasis kearifan local |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas, presentasi, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Prinsip-prinsip pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas, presentasi, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Mengidentifikasi model, pendekatan, dan metode yang digunakan dalam penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas, presentasi, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran sains berbasis kearifan local |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil kajian sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai TM-7 |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 X 50 |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop dan Presentasi dan diskusi, 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop dan diskusi, 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop dan Seminar 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Merancang bahan ajar (PCK) pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop dan seminar rancangan bahan ajar 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Merancang bahan ajar (PCK) pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop dan seminar rancangan bahan ajar 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Merancang bahan ajar (PCK) untuk pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
- Penilaian tugas hasil rancangan sesuai rubrik:
- 4: kajian benar
- 3: kajian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: kajian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: kajiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop dan seminar rancangan bahan ajar 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merancang strategi/metode pembelajaran sains berbasis kearifan lokal |
Refleksi, penguatan, dan Tindak lanjut |
Kriteria:
Identifikasi yang sudah dan belum dikuasai, serta tindak lanjutnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Pustaka Utama no 1-4 & Pustaka pendukung no 1-5 Pustaka: |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan akhir dari TM-9 sampai TM-15 |
Indikator dari TM-9 sampai TM-15 |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 X 50 |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
5% |