Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini

8620702263

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




KARTIKA RINAKIT ADHE

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep bahan ajar dan media pembelajaran PAUD

PO - 2

Mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik anak dalam pemilihan media PAUD

PO - 3

Mendesain bahan ajar/media pembelajaran sesuai prinsip PAUD

PO - 4

Menghasilkan produk bahan ajar/media PAUD inovatif melalui proyek berbasis kelompok

PO - 5

Mengevaluasi efektivitas bahan ajar/media yang dikembangkan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Bahan Ajar dan Media PAUD dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam merancang, mengembangkan, serta mengevaluasi bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Pembelajaran berfokus pada penguasaan teori, prinsip, dan praktik pengembangan bahan ajar yang kreatif, inovatif, dan edukatif, dengan mempertimbangkan aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, bahasa, isik motorik. Melalui pendekatan Project Based Learning (PJBL), mahasiswa terlibat dalam proses pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung (experiential learning), kolaborasi, dan penyelesaian masalah nyata di lapangan. Mahasiswa diarahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan anak, merancang solusi dalam bentuk bahan ajar atau media, mengembangkan produk, menguji coba kepada anak atau melalui peer teaching, serta merefleksikan efektivitas produk yang telah dihasilkan.

Pustaka

Utama :

  1. Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
  2. Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16.
  3. Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.
  4. Dickey, E., & Bejarano, A. (2023). GAIDE: A framework for using generative AI to assist in course content development. arXiv.
  5. Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv
  6. Melhuish, E., Ereky-Stevens, K., Petrogiannis, K., Ariescu, A., Penderi, E., Rentzou, K., et al. (2022). Improving quality of teaching and child development. Frontiers in Psychology.

Pendukung :

  1. Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
  2. Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.

Dosen Pengampu

Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Melia Dwi Widayanti, M.Pd.

Fatiha Khoirotunnisa Elfahmi , S.Pd., M.Ed., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa memahami definisi bahan ajar
  2. Mahasiswa memahami perbedaan bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran
  1. Memahami definisi bahan ajar
  2. Memahami perbedaan bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran
  3. Memahami perbedaan bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran
Kriteria:
  1. Menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
  2. Pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
  3. Hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
  4. Sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: Konsep Dasar Bahan Ajar PAUD
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
2%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa memahami kedudukan bahan ajar dalam pembelajaran
  2. Mahasiswa memahami prinsip bahan ajar PAUD
  1. memahami kedudukan bahan ajar dalam pembelajaran
  2. memahami prinsip bahan ajar PAUD
Kriteria:
  1. Menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
  2. Pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
  3. Hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
  4. Sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 X 50
Diskusi Kelompok
2 X 50
Materi: Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
2%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa memahami konsep penyusunan bahan ajar PAUD
  2. Memahami Aspek-aspek Pengembangan Bahan Ajar.
  3. Mahasiswa memahami Lembar Kerja Peserta Didik
  1. Memahami konsep penyusunan bahan ajar PAUD
  2. Memahami Aspek-aspek Pengembangan Bahan Ajar.
  3. Mahasiswa memahami Lembar Kerja Peserta Didik
Kriteria:
  1. Menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
  2. Pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
  3. Hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
  4. Sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok
2 X 50
Diskusi kelompok
2 X 50
2%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa memahami konsep media pembelajaran
  2. Memahami konsep Loose Parts dalam PAUD
  3. Mahasiswa memahami konsep Alat Permainan Edukatif (APE)
  1. Memahami Jenis-Jenis Bahan Ajar
  2. Memahami konsep Loose Parts dalam PAUD
  3. Mahasiswa memahami konsep Alat Permainan Edukatif (APE)
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
  2. pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
  3. hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
  4. sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok
2 X 50
Diskusi kelompok
2 X 50
Materi: Loose Parts dalam PAUD
Pustaka: Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami pengembangan bahan ajar berdasarkan aspek perkembangan AUD

Mahasiswa memahami pengembangan bahan ajar berdasarkan aspek perkembangan AUD

Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
  2. pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
  3. hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
  4. sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok
2 X 50
Diskusi kelompok
2 X 50
Materi: Bahan Ajar yang sesuai dengan Aspek Perkembangan
Pustaka: Melhuish, E., Ereky-Stevens, K., Petrogiannis, K., Ariescu, A., Penderi, E., Rentzou, K., et al. (2022). Improving quality of teaching and child development. Frontiers in Psychology.
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami konsep Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam PAUD

Mengetahui konsep LKPD dalam PAUD

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  3. Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
  4. Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi Grup
2 X 50
Ceramah, Diskusi Grup
2 X 50
Materi: LKPD dalam PAUD
Pustaka: Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami Integrasi teknologi dalam bahan ajar PAUD

  1. Memahami integrasi teknologi dalam bahan Ajar PAUD
  2. Memahami perkembangan teknologi dalam bahan ajar
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  3. Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
  4. Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi Grup
2 X 50
Ceramah, Diskusi Grup
2 X 50
Materi: Teknologi dalam Bahan Ajar
Pustaka: Dickey, E., & Bejarano, A. (2023). GAIDE: A framework for using generative AI to assist in course content development. arXiv.

Materi: Teknologi dalam Bahan Ajar
Pustaka: Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv
3%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD.

Mampu mengerjakan ujian dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis/Sumatif
2 X 50
Tes tulis/Sumatif
2 X 50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka:

Materi: Pengertian media bahan ajar PAD
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa menganalisis hasil LKPD

Mampu menganalisis hasil LKPD

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  3. Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
  4. Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
8%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa menganalisis hasil LKPD

Mampu menganalisis hasil LKPD

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  3. Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
  4. Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis hasil APE

Mampu menganalisis hasil APE

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  3. Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
  4. Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Ceramah, diskusi grup
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
8%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis hasil APE

Mampu menganalisis hasil APE

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  3. Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
  4. Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis hasil media Visual

Mampu menganalisis hasil media visual

Kriteria:
  1. Bahan ajar diimplementasikan dengan sangat tepat, sesuai tujuan pembelajaran, melibatkan metode/strategi kreatif, memfasilitasi partisipasi aktif anak, serta menunjukkan keberhasilan dalam mencapai indikator perkembangan anak.
  2. Bahan ajar diimplementasikan dengan cukup tepat, sesuai sebagian besar tujuan pembelajaran, melibatkan strategi yang relevan, partisipasi anak cukup aktif, dan indikator perkembangan sebagian besar tercapai.
  3. Bahan ajar diimplementasikan secara terbatas, hanya sebagian kecil tujuan pembelajaran yang tercapai, metode kurang variatif, partisipasi anak rendah, serta indikator perkembangan tidak sepenuhnya terlihat.
  4. Bahan ajar tidak diimplementasikan dengan tepat, tidak sesuai tujuan pembelajaran, metode tidak jelas, partisipasi anak sangat minim, serta indikator perkembangan tidak tercapai.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
8%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis hasil media Visual

Mampu menganalisis hasil media visual

Kriteria:
  1. Bahan ajar diimplementasikan dengan sangat tepat, sesuai tujuan pembelajaran, melibatkan metode/strategi kreatif, memfasilitasi partisipasi aktif anak, serta menunjukkan keberhasilan dalam mencapai indikator perkembangan anak.
  2. Bahan ajar diimplementasikan dengan cukup tepat, sesuai sebagian besar tujuan pembelajaran, melibatkan strategi yang relevan, partisipasi anak cukup aktif, dan indikator perkembangan sebagian besar tercapai.
  3. Bahan ajar diimplementasikan secara terbatas, hanya sebagian kecil tujuan pembelajaran yang tercapai, metode kurang variatif, partisipasi anak rendah, serta indikator perkembangan tidak sepenuhnya terlihat.
  4. Bahan ajar tidak diimplementasikan dengan tepat, tidak sesuai tujuan pembelajaran, metode tidak jelas, partisipasi anak sangat minim, serta indikator perkembangan tidak tercapai.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis hasil media Audio Visual

Mampu menganalisis hasil media audio visual

Kriteria:
  1. Bahan ajar diimplementasikan dengan sangat tepat, sesuai tujuan pembelajaran, melibatkan metode/strategi kreatif, memfasilitasi partisipasi aktif anak, serta menunjukkan keberhasilan dalam mencapai indikator perkembangan anak.
  2. Bahan ajar diimplementasikan dengan cukup tepat, sesuai sebagian besar tujuan pembelajaran, melibatkan strategi yang relevan, partisipasi anak cukup aktif, dan indikator perkembangan sebagian besar tercapai.
  3. Bahan ajar diimplementasikan secara terbatas, hanya sebagian kecil tujuan pembelajaran yang tercapai, metode kurang variatif, partisipasi anak rendah, serta indikator perkembangan tidak sepenuhnya terlihat.
  4. Bahan ajar tidak diimplementasikan dengan tepat, tidak sesuai tujuan pembelajaran, metode tidak jelas, partisipasi anak sangat minim, serta indikator perkembangan tidak tercapai.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
8%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil)

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan

Kriteria:

Nilai 10-100


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 X 50
Tes
2 X 50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka:

Materi: Pengembangan bahan ajar dan media PAUD
Pustaka: Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.