
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702263 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
KARTIKA RINAKIT ADHE |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep bahan ajar dan media pembelajaran PAUD
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik anak dalam pemilihan media PAUD
|
PO - 3 |
Mendesain bahan ajar/media pembelajaran sesuai prinsip PAUD
|
PO - 4 |
Menghasilkan produk bahan ajar/media PAUD inovatif melalui proyek berbasis kelompok
|
PO - 5 |
Mengevaluasi efektivitas bahan ajar/media yang dikembangkan
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Bahan Ajar dan Media PAUD dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam merancang, mengembangkan, serta mengevaluasi bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Pembelajaran berfokus pada penguasaan teori, prinsip, dan praktik pengembangan bahan ajar yang kreatif, inovatif, dan edukatif, dengan mempertimbangkan aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, bahasa, isik motorik.
Melalui pendekatan Project Based Learning (PJBL), mahasiswa terlibat dalam proses pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung (experiential learning), kolaborasi, dan penyelesaian masalah nyata di lapangan. Mahasiswa diarahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan anak, merancang solusi dalam bentuk bahan ajar atau media, mengembangkan produk, menguji coba kepada anak atau melalui peer teaching, serta merefleksikan efektivitas produk yang telah dihasilkan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
- Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16.
- Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.
- Dickey, E., & Bejarano, A. (2023). GAIDE: A framework for using generative AI to assist in course content development. arXiv.
- Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv
- Melhuish, E., Ereky-Stevens, K., Petrogiannis, K., Ariescu, A., Penderi, E., Rentzou, K., et al. (2022). Improving quality of teaching and child development. Frontiers in Psychology.
|
Pendukung : |
|
- Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
- Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. Melia Dwi Widayanti, M.Pd. Fatiha Khoirotunnisa Elfahmi , S.Pd., M.Ed., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa memahami definisi bahan ajar
- Mahasiswa memahami perbedaan bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran
|
- Memahami definisi bahan ajar
- Memahami perbedaan bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran
- Memahami perbedaan bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran
|
Kriteria:
- Menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
- Pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
- Hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
- Sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: Konsep Dasar Bahan Ajar PAUD Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa memahami kedudukan bahan ajar dalam pembelajaran
- Mahasiswa memahami prinsip bahan ajar PAUD
|
- memahami kedudukan bahan ajar dalam pembelajaran
- memahami prinsip bahan ajar PAUD
|
Kriteria:
- Menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
- Pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
- Hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
- Sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Materi: Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa memahami konsep penyusunan bahan ajar PAUD
- Memahami Aspek-aspek Pengembangan Bahan Ajar.
- Mahasiswa memahami Lembar Kerja Peserta Didik
|
- Memahami konsep penyusunan bahan ajar PAUD
- Memahami Aspek-aspek Pengembangan Bahan Ajar.
- Mahasiswa memahami Lembar Kerja Peserta Didik
|
Kriteria:
- Menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
- Pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
- Hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
- Sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
|
2% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa memahami konsep media pembelajaran
- Memahami konsep Loose Parts dalam PAUD
- Mahasiswa memahami konsep Alat Permainan Edukatif (APE)
|
- Memahami Jenis-Jenis Bahan Ajar
- Memahami konsep Loose Parts dalam PAUD
- Mahasiswa memahami konsep Alat Permainan Edukatif (APE)
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
- pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
- hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
- sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
Materi: Loose Parts dalam PAUD Pustaka: Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami pengembangan bahan ajar berdasarkan aspek perkembangan AUD |
Mahasiswa memahami pengembangan bahan ajar berdasarkan aspek perkembangan AUD |
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman komprehensif, argumentasi logis dan terstruktur, dilengkapi dengan contoh/konteks relevan, serta mampu mengaitkan teori dengan praktik.
- pemahaman konsep terlihat jelas, analisis sudah logis namun belum sepenuhnya mendalam, contoh/konteks diberikan tetapi masih terbatas.
- hanya menyentuh aspek permukaan, analisis masih umum dan kurang terstruktur, contoh/konteks jarang digunakan atau tidak tepat.
- sekadar mengulang informasi tanpa analisis, tidak ada argumentasi, tidak ada contoh/konteks, dan tidak menunjukkan pemahaman yang berarti.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
Materi: Bahan Ajar yang sesuai dengan Aspek Perkembangan Pustaka: Melhuish, E., Ereky-Stevens, K., Petrogiannis, K., Ariescu, A., Penderi, E., Rentzou, K., et al. (2022). Improving quality of teaching and child development. Frontiers in Psychology. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memahami konsep Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam PAUD |
Mengetahui konsep LKPD dalam PAUD |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
- Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
- Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi Grup 2 X 50 |
Ceramah, Diskusi Grup 2 X 50 |
Materi: LKPD dalam PAUD Pustaka: Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami Integrasi teknologi dalam bahan ajar PAUD |
- Memahami integrasi teknologi dalam bahan Ajar PAUD
- Memahami perkembangan teknologi dalam bahan ajar
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
- Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
- Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi Grup 2 X 50 |
Ceramah, Diskusi Grup 2 X 50 |
Materi: Teknologi dalam Bahan Ajar Pustaka: Dickey, E., & Bejarano, A. (2023). GAIDE: A framework for using generative AI to assist in course content development. arXiv. Materi: Teknologi dalam Bahan Ajar Pustaka: Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD. |
Mampu mengerjakan ujian dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis/Sumatif 2 X 50 |
Tes tulis/Sumatif 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Materi: Pengertian media bahan ajar PAD Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa menganalisis hasil LKPD |
Mampu menganalisis hasil LKPD |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
- Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
- Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa menganalisis hasil LKPD |
Mampu menganalisis hasil LKPD |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
- Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
- Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil APE |
Mampu menganalisis hasil APE |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
- Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
- Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Ceramah, diskusi grup 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil APE |
Mampu menganalisis hasil APE |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengikuti langkah-langkah dengan runtut, menunjukkan inisiatif tinggi, konsisten dalam setiap tahapan, serta menyelesaikan tepat waktu dengan kualitas baik.
- Mahasiswa mengikuti sebagian besar langkah dengan baik, ada sedikit kekurangan dalam konsistensi atau kemandirian, tetapi tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Mahasiswa membutuhkan banyak arahan, ada beberapa tahapan yang terlewati atau dikerjakan asal-asalan, penyelesaian kurang rapi dan sering terlambat.
- Mahasiswa tidak mampu menunjukkan kemandirian, sering salah langkah, tidak konsisten, atau bahkan gagal menyelesaikan tahapan yang ditentukan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil media Visual |
Mampu menganalisis hasil media visual |
Kriteria:
- Bahan ajar diimplementasikan dengan sangat tepat, sesuai tujuan pembelajaran, melibatkan metode/strategi kreatif, memfasilitasi partisipasi aktif anak, serta menunjukkan keberhasilan dalam mencapai indikator perkembangan anak.
- Bahan ajar diimplementasikan dengan cukup tepat, sesuai sebagian besar tujuan pembelajaran, melibatkan strategi yang relevan, partisipasi anak cukup aktif, dan indikator perkembangan sebagian besar tercapai.
- Bahan ajar diimplementasikan secara terbatas, hanya sebagian kecil tujuan pembelajaran yang tercapai, metode kurang variatif, partisipasi anak rendah, serta indikator perkembangan tidak sepenuhnya terlihat.
- Bahan ajar tidak diimplementasikan dengan tepat, tidak sesuai tujuan pembelajaran, metode tidak jelas, partisipasi anak sangat minim, serta indikator perkembangan tidak tercapai.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil media Visual |
Mampu menganalisis hasil media visual |
Kriteria:
- Bahan ajar diimplementasikan dengan sangat tepat, sesuai tujuan pembelajaran, melibatkan metode/strategi kreatif, memfasilitasi partisipasi aktif anak, serta menunjukkan keberhasilan dalam mencapai indikator perkembangan anak.
- Bahan ajar diimplementasikan dengan cukup tepat, sesuai sebagian besar tujuan pembelajaran, melibatkan strategi yang relevan, partisipasi anak cukup aktif, dan indikator perkembangan sebagian besar tercapai.
- Bahan ajar diimplementasikan secara terbatas, hanya sebagian kecil tujuan pembelajaran yang tercapai, metode kurang variatif, partisipasi anak rendah, serta indikator perkembangan tidak sepenuhnya terlihat.
- Bahan ajar tidak diimplementasikan dengan tepat, tidak sesuai tujuan pembelajaran, metode tidak jelas, partisipasi anak sangat minim, serta indikator perkembangan tidak tercapai.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil media Audio Visual |
Mampu menganalisis hasil media audio visual |
Kriteria:
- Bahan ajar diimplementasikan dengan sangat tepat, sesuai tujuan pembelajaran, melibatkan metode/strategi kreatif, memfasilitasi partisipasi aktif anak, serta menunjukkan keberhasilan dalam mencapai indikator perkembangan anak.
- Bahan ajar diimplementasikan dengan cukup tepat, sesuai sebagian besar tujuan pembelajaran, melibatkan strategi yang relevan, partisipasi anak cukup aktif, dan indikator perkembangan sebagian besar tercapai.
- Bahan ajar diimplementasikan secara terbatas, hanya sebagian kecil tujuan pembelajaran yang tercapai, metode kurang variatif, partisipasi anak rendah, serta indikator perkembangan tidak sepenuhnya terlihat.
- Bahan ajar tidak diimplementasikan dengan tepat, tidak sesuai tujuan pembelajaran, metode tidak jelas, partisipasi anak sangat minim, serta indikator perkembangan tidak tercapai.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil) |
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Nilai 10-100 Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Materi: Pengembangan bahan ajar dan media PAUD Pustaka: Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17. |
15% |