Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini

8620702263

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang, keahlian secara mandiri

PO - 2

Mahasiswa menerapkan pemikiran logis, kritiis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya

PO - 3

Mahasiswa mampu mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

memberikan pengetahuan tentang konsep media dan sumber belajar, manfaat, tujuan, prinsip-prinsip, klasifikasi media menurut tokoh, jenis dan karakteristik media anak usia dini, analisis media pembelajaran, rancangan media pembelajaran anak usia dini serta aplikasi media pembelajaran anak usia dini. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis dan mengembangkan media dan sumber belajar untuk anak usia dini. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi

Pustaka

Utama :

  1. Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
  2. Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16.
  3. Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.

Pendukung :

  1. Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
  2. Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD

Memahami Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD

Kriteria:

Mahasiswa mampumemahami Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
3%

2

Minggu ke 2

Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD

Memahami pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
3%

3

Minggu ke 3

Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD

Rancangan Media AUD; Media Visual Mahasiswa mampu merancang media anak usia dini khususnya media visual

Kriteria:

Mahasiswa mampu merancangan sebuah media visual untuk anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Merancang Media AUD Media Visual untuk Anak Usia Dini
Pustaka: Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16.
3%

4

Minggu ke 4

Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD

Rancangan Media AUD; Media Visual Mahasiswa mampu merancang media anak usia dini khususnya media visual

Kriteria:

Mahasiswa mampu merancangan sebuah media visual untuk anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Merancang Media AUD Media Visual untuk Anak Usia Dini
Pustaka: Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16.
6%

5

Minggu ke 5

Menganalisis media pembelajaran anak usia dini

Menganalisis media pembelajaran anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami karakteristik media Pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Karakteristik media Pembelajaran
Pustaka: Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik meida AUD.

Mengevaluasi hasil pembuatan media visual anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengevaluasi dirinya tentang hasil pembuatan media visual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Evaluasi Pembuatan Media Visual
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik meida AUD.

mahasiswa mampu mengevaluasi hasil pembuatan media visual anak usia dini

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengevaluasi dirinya tentang hasil pembuatan media visual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Evaluasi Pembuatan Media Visual
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD.

Mampu mengerjakan ujian dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis/Sumatif
2 X 50
Tes tulis/Sumatif
2 X 50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka:

Materi: Pengertian media bahan ajar PAD
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil)

Mampu membuat rancangan Media

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat rancangan media


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil)

Rancangan Media

Kriteria:

Inisiatif, mahasiswa bertanya, menjawab Inisiatif mahasiswa menjawab pertanyaan teman sebaya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu membuat media dari hasil rancangan

Mampu membuat media

Kriteria:

Kinerja mahasiswa dalam membuat media


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Membuat Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu membuat media dari hasil rancangan

Mampu membuat media

Kriteria:

Kinerja mahasiswa dalam membuat media


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Membuat Media (untuk kelompok besar/kecil)
Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengaplikasikan media pembelajaran yang dihasilkan di lembaga PAUD

Mampu mengaplikasikan media pembelajaran

Kriteria:

: Hasil Video Praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Aplikasi Media di Lembaga PAUD
Pustaka: Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.
10%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis aplikasi media di Lembaga PAUD

Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Evaluasi Hasil Praktek di Lembaga PAUD
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
10%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis aplikasi media di Lembaga PAUD

Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi
2 X 50
Materi: Evaluasi Hasil Praktek di Lembaga PAUD
Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil)

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan

Kriteria:

Nilai 10-100


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 X 50
Tes
2 X 50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka:

Materi: Pengembangan bahan ajar dan media PAUD
Pustaka: Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.