
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kalkulus Integral |
2220103032 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
PLO-6 |
Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep integral dalam perhitungan volume dan luas area untuk berbagai bentuk geometri dalam proyek teknik sipil (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis hasil integral untuk menemukan solusi optimal dalam perancangan struktur atau sistem drainase (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi integral tertentu dan tak tentu dalam konteks kestabilan struktur dan penggunaan material (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan model matematis baru menggunakan teknik integral untuk mengatasi masalah yang spesifik dalam teknik sipil (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan metode integral dalam analisis hidrologi dan pengelolaan sumber daya air (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dampak penggunaan integral dalam perhitungan biaya konstruksi dan optimasi sumber daya (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi solusi integral dalam studi kasus nyata terkait dengan infrastruktur dan pembangunan (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan alat bantu perhitungan yang inovatif berbasis integral untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam proyek (C6)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menerapkan integral dalam perancangan sistem transportasi dan logistik (C3)
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi penggunaan integral dalam studi lingkungan dan pengelolaan limbah (C4, C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | ✔ | | PO-5 | | ✔ | PO-6 | | ✔ | PO-7 | | ✔ | PO-8 | ✔ | | PO-9 | | ✔ | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman konsep berbagai macam metode integrasi tak tentu, integral tertentu dan aplikasi integral dibidang keteknik sipilan , yaitu untuk mencari luas daerah, volume benda putar, panjang busur, luas kulit benda putar, titik berat dan momen inersia. Mampu memahami definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total serta aplikasinya dalam bidang keteknisipilan serta melakukan integral rangkap 2 dan rangkap 3 dengan aplikasinya dibidang keteknisipilan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga
- L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book
- Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga
- Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta
- Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si. Lynda Refnitasari, S.Si., M.URP |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Pustaka: Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga |
3% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
- Mampu menyelesaikan integral dengan syarat batas
|
- Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
- Menganalisis integral dengan syarat batas
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga Materi: Integral dengan syarat batas Pustaka: Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia |
4% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
- Mampu menyelesaikan integral dengan syarat batas
|
- Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
- Menganalisis integral dengan syarat batas
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral dengan syarat batas Pustaka: Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada luas daerah dan volume benda putar |
Menghitung luas daerah dan volume benda putar |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral tertentu pada luas daerah dan volume benda putar Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Panjang Busur dan Luas Kulit Benda Putar |
Menghitung Panjang Busur |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral Tertentu pada Panjang Busur dan Luas Kulit Benda Putar Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester===> mampu memahami materi mulai pertemuan ke-1 s/d ke-7 |
ยท Semua materi mulai pertemuan ke-1 sampai dengan ke-7 |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Titik Berat |
Menghitung titik berat |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral Tertentu pada Titik Berat Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Momen Inersia |
Menghitung momen inersia |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral Tertentu pada Momen Inersia Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total |
Menganalisis definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan turunan total |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Diferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mengetahui penerapan dari differensial parsial dan diferensial total |
Menghitung differensial parsial dan aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Differensial parsial dan diferensial total Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mengetahui penerapan dari differensial parsial |
Menghitung differensial parsial dan aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Penerapan differensial parsial Pustaka: Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami pengertian Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Menghitung Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya Pustaka: Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami pengertian Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Menghitung Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya Pustaka: Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Semua materi mulai pertemuan ke-9 sampai dengan ke-15 |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2X50 |
|
Materi: - Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga |
30% |