Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kalkulus Integral

2220103032

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman konsep berbagai macam metode integrasi tak tentu, integral tertentu dan aplikasi integral dibidang keteknik sipilan , yaitu untuk mencari luas daerah, volume benda putar, panjang busur, luas kulit benda putar, titik berat dan momen inersia. Mampu memahami definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total serta aplikasinya dalam bidang keteknisipilan serta melakukan integral rangkap 2 dan rangkap 3 dengan aplikasinya dibidang keteknisipilan

Pustaka

Utama :

  1. Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga
  2. L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book
  3. Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga
  4. Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta
  5. Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si.

Lynda Refnitasari, S.Si., M.URP

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi

Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga
3%

2

Minggu ke 2

Menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi

Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga

Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
Pustaka: Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia
4%

3

Minggu ke 3

Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi

Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
  2. Mampu menyelesaikan integral dengan syarat batas
  1. Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
  2. Menganalisis integral dengan syarat batas
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga

Materi: Integral dengan syarat batas
Pustaka: Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia
4%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu menyelesaikan integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
  2. Mampu menyelesaikan integral dengan syarat batas
  1. Menganalisis integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
  2. Menganalisis integral dengan syarat batas
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral dengan syarat batas
Pustaka: Baisuni , M.H. , 1986 , Kalkulus , Jakarta : Universitas Indonesia

Materi: Integral berbagai macam fungsi dan teknik dalam integrasi
Pustaka: Purcell dan Verberg,1992, Kalkulus dan Geometri Analitis , Jakarta: Erlangga
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menerapkan Integral Tertentu pada luas daerah dan volume benda putar

Menghitung luas daerah dan volume benda putar

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral tertentu pada luas daerah dan volume benda putar
Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book
4%

7

Minggu ke 7

Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Panjang Busur dan Luas Kulit Benda Putar

Menghitung Panjang Busur

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral Tertentu pada Panjang Busur dan Luas Kulit Benda Putar
Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester===> mampu memahami materi mulai pertemuan ke-1 s/d ke-7

ยท Semua materi mulai pertemuan ke-1 sampai dengan ke-7

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

20%

9

Minggu ke 9

Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Titik Berat

Menghitung titik berat

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral Tertentu pada Titik Berat
Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga
4%

10

Minggu ke 10

Mampu menerapkan Integral Tertentu pada Momen Inersia

Menghitung momen inersia

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral Tertentu pada Momen Inersia
Pustaka: L. Susskind, G. Hrabovsky, 2013, The Theorictical Minimum, New York : Basic Book
3%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total

Menganalisis definisi multivariable fungsi, mendiferensialkan secara parsial dan turunan total

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Diferensialkan secara parsial dan menentukan turunan total
Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga
4%

12

Minggu ke 12

Mengetahui penerapan dari differensial parsial dan diferensial total

Menghitung differensial parsial dan aplikasinya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Differensial parsial dan diferensial total
Pustaka: Louis Leithold, 1991, Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, edisi 5 , Jakarta : Erlangga
3%

13

Minggu ke 13

Mengetahui penerapan dari differensial parsial

Menghitung differensial parsial dan aplikasinya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
6 X 50

Materi: Penerapan differensial parsial
Pustaka: Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta
4%

14

Minggu ke 14

Memahami pengertian Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya

Menghitung Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
6 X 50

Materi: Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya
Pustaka: Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta
4%

15

Minggu ke 15

Memahami pengertian Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya

Menghitung Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Integral Rangkap 2 dan Integral Rangkap 3 serta aplikasinya
Pustaka: Stroud, K.A, 1986, [alih bahasa oleh Erwin Sucipto], Matematika Untuk Teknik , Penerbit: Erlangga ,Jakarta
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Semua materi mulai pertemuan ke-9 sampai dengan ke-15


Bentuk Penilaian :
Tes


30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.