|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif |
8710303086 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.; Septyan Budy Cahya, S.Pd., M.Pd.
|
Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd, M.Ak
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang. |
PLO-9 |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-10 |
Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-11 |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami dan menjelaskan perbedaan karakteristik penelitian kuantitatif dan kualitatif
|
PO - 2 |
Menyusun disain penelitian kuantitatif dan kualitatif
|
PO - 3 |
Menguasai konsep lanjutan analisis data penelitian secara mendalam serta memformulasikannya dalam penyelesaian masalah secara prosedural.
|
PO - 4 |
Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi dalam ruang lingkup analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif.
|
PO - 5 |
Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam menganalisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif
|
PO - 6 |
Bertanggung jawab dalam menginformasikan hasil analisis informasi dan data baik secara lisan dan tulisan melalui pemaparan tugas individu dan hasil kerja kelompok dalam ruang lingkup analisis data kualitatif dan kuantitatif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi mata kuliah analisis data kuantitatif dan kualitatif ini membahas tentang pengolahan data secara statistik kualitatif dan pengolahan data secara kuantitatif yang berhubungan dengan Statistika Inferensial. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David M. Levine, et al 2012, Basic Business Statistics: Concepts and Application, New Jersey: Pearson Education Inc.
- Lind, Marchal and Wathen. 2007. Teknik-Teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi. McGraw Hill. Dicetak ulang oleh Salemba Empat
- Suharyadi dan Purwanto, 2004, Statistika: untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Salemba Empat.
- Sudjana, 1989, Metode Statistika, Bandung.
- Sugiono, 2010, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta.
- Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan, 2009, SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS, Jakarta.
- Samsubar Saleh, 2004, Statistik Deskriptif, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
- Algifari, 2003, Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
- David E. McNabb, 2013. , Research Methods in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approaches. London : ME
- Thiel, Sandra Van. 2014. Research method in public Administration and public Management; An Introduction. New York: 2014
- Creswell, W. John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid
- Silalahi, Ulber. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press
- Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company
- Arikunto, Suharsimi, 2010. , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
- Sumartiningsih, Maria Susilo, et al. 2007. , Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian, Bandung : Dewa Ruchi.
- Supranto, J. 2003. , Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Lima, Jakarta : Penerbit Erlangga.
|
Pendukung : |
|
- Hariyati. 2019. Mendeteksi Intensitas Radiasi Sinar Matahari Pembangkit Listrik Photovoltaic Berdasarkan Data Meteorology dengan Metode Fuzzy-MCDM-NN untuk Petani Tambak Garam (Penelitian Kompetitif Dana PNBP Unesa 2019)
- Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
- Hariyati. 2021. Studi Eksplorasi Kepuasan Pengguna untuk Memenuhi Kriteria Akreditasi di Pascasarjana Unesa (Penelitian Kebijakan Program Pascasarjana Unesa Dana PNBP 2021)
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif) |
Pengaplikasian Konsep Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif) |
Kriteria:
non test : Mahasiswa dapat mengaplikasikan Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas membaca dan diskusi 150 |
Ceramah, tugas membaca dan diskusi 150 |
Materi: Mahasiswa dapat mengaplikasikan Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif) Pustaka: Suharyadi dan Purwanto, 2004, Statistika: untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Salemba Empat. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan Unsur Penelitian |
Mengaplikasikan Unsur Penelitian |
Kriteria:
non test : Mahasiswa dapat mengaplikasikan Unsur Penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi 150 |
Ceramah, tugas, dan diskusi 150 |
Materi: Mahasiswa dapat mengaplikasikan Unsur Penelitian Pustaka: Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan Research Problem dan Research Question |
Pengaplikasian Research Problem dan Research Question |
Kriteria:
non test : Mahasiswa dapat mengaplikasikan Research Problem dan Research Question Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi. 150 |
Ceramah, tugas, dan diskusi. 150 |
Materi: Mahasiswa dapat mengaplikasikan Research Problem dan Research Question Pustaka: Arikunto, Suharsimi, 2010. , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta. |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memilih metode penelitian kualitatif dari berbagai metode yang ada (studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory) yang dianggap paling tepat sesuai dengan tujuan penelitian |
Ketepatan dalam memilih metode penelitian kualitatif sesuai dengan pertanyaan penelitian |
Kriteria:
non test : Mampu memilih metode penelitian kualitatif dari berbagai metode yang ada (studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory) yang dianggap paling tepat sesuai dengan tujuan penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas dan diskusi 150 |
Tugas dan diskusi 150 |
Materi: Mampu memilih metode penelitian kualitatif dari berbagai metode yang ada (studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory) yang dianggap paling tepat sesuai dengan tujuan penelitian Pustaka: Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa membentuk Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara) |
Pemahaman Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara) |
Kriteria:
non test : Mahasiswa membentuk Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas dan diskusi 150 |
Tugas dan diskusi 150 |
Materi: Mahasiswa membentuk Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara) Pustaka: David E. McNabb, 2013. , Research Methods in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approaches. London : ME |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk (Uji Keabsahan Data) |
Pemahamam Analisa Data untuk Kualitatif (Uji Keabsahan Data ) |
Kriteria:
non test : Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk (Uji Keabsahan Data) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas dan diskusi 150 |
Tugas dan diskusi 150 |
Materi: Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk (Uji Keabsahan Data) Pustaka: Sugiono, 2010, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian |
Pemahaman dan Penguasaan Analisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian |
Kriteria:
non test : Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas dan diskusi 150 |
Tugas dan diskusi 150 |
Materi: Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian Pustaka: Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company |
1% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 150 |
UTS 150 |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis Analisis Varians |
Mampu menghitung dan menganalisis ANOVA dua arah |
Kriteria:
non test : Menganalisis Analisis Varians Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal 150 |
Materi: Menganalisis Analisis Varians Pustaka: Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020) |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis regresi |
Mampu menghitung dan menganalisis regresi linier, regresi non linear, regresi logistik dan regresi dumy |
Kriteria:
non test : Menganalisis regresi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal 150 |
Materi: Menganalisis regresi Pustaka: Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020) |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis regresi |
Mampu menghitung dan menganalisis regresi linier, regresi non linear, regresi logistik dan regresi dumy |
Kriteria:
non test : Menganalisis regresi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal 150 |
Materi: Menganalisis regresi Pustaka: Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020) |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis statistika analisis jalur/path |
- Memahami variabel intervening
- Memahami uji sobel
|
Kriteria:
non test : Menganalisis statistika analisis jalur/path Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer 150 |
Materi: Menganalisis statistika analisis jalur/path Pustaka: David M. Levine, et al 2012, Basic Business Statistics: Concepts and Application, New Jersey: Pearson Education Inc. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis uji moderating |
- Mampu memahami variabel moderating
- Memahami uji MRA/ Moderated Regression Analysis
|
Kriteria:
non test : Menganalisis uji moderating Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal 150 |
Materi: Menganalisis uji moderating Pustaka: Hariyati. 2021. Studi Eksplorasi Kepuasan Pengguna untuk Memenuhi Kriteria Akreditasi di Pascasarjana Unesa (Penelitian Kebijakan Program Pascasarjana Unesa Dana PNBP 2021) |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structural Equation Model) dalam penelitian |
- Mampu menganalisis Analisis faktor penegasan (confirmatory factor analysis)
- Mampu melakukan pengujian hipotesis-hipotesis struktur factor loadings dan interkorelasinya.
|
Kriteria:
non test : Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal 150 |
Materi: Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian Pustaka: Creswell, W. John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structural Equation Model) dalam penelitian |
- Mampu menganalisis Analisis faktor penegasan (confirmatory factor analysis)
- Mampu melakukan pengujian hipotesis-hipotesis struktur factor loadings dan interkorelasinya.
|
Kriteria:
non test : Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal 150 |
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal 150 |
Materi: Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian Pustaka: Creswell, W. John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 150 |
UAS 150 |
Materi: - Pustaka: |
30% |