Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif

8710303086

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

8 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.; Septyan Budy Cahya, S.Pd., M.Pd.




Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd, M.Ak




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang.

PLO-9

Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi

PLO-10

Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi

PLO-11

Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami dan menjelaskan perbedaan karakteristik penelitian kuantitatif dan kualitatif

PO - 2

Menyusun disain penelitian kuantitatif dan kualitatif

PO - 3

Menguasai konsep lanjutan analisis data penelitian secara mendalam serta memformulasikannya dalam penyelesaian masalah secara prosedural.

PO - 4

Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi dalam ruang lingkup analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif.

PO - 5

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam menganalisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif

PO - 6

Bertanggung jawab dalam menginformasikan hasil analisis informasi dan data baik secara lisan dan tulisan melalui pemaparan tugas individu dan hasil kerja kelompok dalam ruang lingkup analisis data kualitatif dan kuantitatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Materi mata kuliah analisis data kuantitatif dan kualitatif ini membahas tentang pengolahan data secara statistik kualitatif dan pengolahan data secara kuantitatif yang berhubungan dengan Statistika Inferensial. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi

Pustaka

Utama :

  1. David M. Levine, et al 2012, Basic Business Statistics: Concepts and Application, New Jersey: Pearson Education Inc.
  2. Lind, Marchal and Wathen. 2007. Teknik-Teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi. McGraw Hill. Dicetak ulang oleh Salemba Empat
  3. Suharyadi dan Purwanto, 2004, Statistika: untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Salemba Empat.
  4. Sudjana, 1989, Metode Statistika, Bandung.
  5. Sugiono, 2010, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta.
  6. Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan, 2009, SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS, Jakarta.
  7. Samsubar Saleh, 2004, Statistik Deskriptif, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
  8. Algifari, 2003, Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
  9. David E. McNabb, 2013. , Research Methods in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approaches. London : ME
  10. Thiel, Sandra Van. 2014. Research method in public Administration and public Management; An Introduction. New York: 2014
  11. Creswell, W. John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid
  12. Silalahi, Ulber. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press
  13. Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company
  14. Arikunto, Suharsimi, 2010. , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
  15. Sumartiningsih, Maria Susilo, et al. 2007. , Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian, Bandung : Dewa Ruchi.
  16. Supranto, J. 2003. , Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Lima, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Pendukung :

  1. Hariyati. 2019. Mendeteksi Intensitas Radiasi Sinar Matahari Pembangkit Listrik Photovoltaic Berdasarkan Data Meteorology dengan Metode Fuzzy-MCDM-NN untuk Petani Tambak Garam (Penelitian Kompetitif Dana PNBP Unesa 2019)
  2. Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
  3. Hariyati. 2021. Studi Eksplorasi Kepuasan Pengguna untuk Memenuhi Kriteria Akreditasi di Pascasarjana Unesa (Penelitian Kebijakan Program Pascasarjana Unesa Dana PNBP 2021)

Dosen Pengampu

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengaplikasikan Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif)

Pengaplikasian Konsep Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif)

Kriteria:

non test : Mahasiswa dapat mengaplikasikan Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas membaca dan diskusi
150
Ceramah, tugas membaca dan diskusi
150
Materi: Mahasiswa dapat mengaplikasikan Paradigma Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif)
Pustaka: Suharyadi dan Purwanto, 2004, Statistika: untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Salemba Empat.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengaplikasikan Unsur Penelitian

Mengaplikasikan Unsur Penelitian

Kriteria:

non test : Mahasiswa dapat mengaplikasikan Unsur Penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi
150
Ceramah, tugas, dan diskusi
150
Materi: Mahasiswa dapat mengaplikasikan Unsur Penelitian
Pustaka: Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat mengaplikasikan Research Problem dan Research Question

Pengaplikasian Research Problem dan Research Question

Kriteria:

non test : Mahasiswa dapat mengaplikasikan Research Problem dan Research Question


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi.
150
Ceramah, tugas, dan diskusi.
150
Materi: Mahasiswa dapat mengaplikasikan Research Problem dan Research Question
Pustaka: Arikunto, Suharsimi, 2010. , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
7%

4

Minggu ke 4

Mampu memilih metode penelitian kualitatif dari berbagai metode yang ada (studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory) yang dianggap paling tepat sesuai dengan tujuan penelitian

Ketepatan dalam memilih metode penelitian kualitatif sesuai dengan pertanyaan penelitian

Kriteria:

non test : Mampu memilih metode penelitian kualitatif dari berbagai metode yang ada (studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory) yang dianggap paling tepat sesuai dengan tujuan penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas dan diskusi
150
Tugas dan diskusi
150
Materi: Mampu memilih metode penelitian kualitatif dari berbagai metode yang ada (studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory) yang dianggap paling tepat sesuai dengan tujuan penelitian
Pustaka: Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa membentuk Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara)

Pemahaman Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara)

Kriteria:

non test : Mahasiswa membentuk Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas dan diskusi
150
Tugas dan diskusi
150
Materi: Mahasiswa membentuk Penelitian Kualitatif , Research Fokus (kualitatif) dan Instrument Kualitatif (Pedoman Wawancara)
Pustaka: David E. McNabb, 2013. , Research Methods in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approaches. London : ME
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk (Uji Keabsahan Data)

Pemahamam Analisa Data untuk Kualitatif (Uji Keabsahan Data )

Kriteria:

non test : Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk (Uji Keabsahan Data)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas dan diskusi
150
Tugas dan diskusi
150
Materi: Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk (Uji Keabsahan Data)
Pustaka: Sugiono, 2010, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian

Pemahaman dan Penguasaan Analisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian

Kriteria:

non test : Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas dan diskusi
150
Tugas dan diskusi
150
Materi: Mahasiswa dapat menganalisa Data untuk Kualitatif Hasil Penelitian
Pustaka: Neuman W.Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. A Pearson Education Company
1%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
150
UTS
150
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Menganalisis Analisis Varians

Mampu menghitung dan menganalisis ANOVA dua arah

Kriteria:

non test : Menganalisis Analisis Varians


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal
150
Materi: Menganalisis Analisis Varians
Pustaka: Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
3%

10

Minggu ke 10

Menganalisis regresi

Mampu menghitung dan menganalisis regresi linier, regresi non linear, regresi logistik dan regresi dumy

Kriteria:

non test : Menganalisis regresi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal
150
Materi: Menganalisis regresi
Pustaka: Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
3%

11

Minggu ke 11

Menganalisis regresi

Mampu menghitung dan menganalisis regresi linier, regresi non linear, regresi logistik dan regresi dumy

Kriteria:

non test : Menganalisis regresi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,dan mengerjakan soal
150
Materi: Menganalisis regresi
Pustaka: Hariyati. 2020. Studi Eksplorasi Road Map Penelitian Pascasarjana dalam Upaya Peningkatan Penguatan Kelembagaan (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
3%

12

Minggu ke 12

Menganalisis statistika analisis jalur/path

  1. Memahami variabel intervening
  2. Memahami uji sobel
Kriteria:

non test : Menganalisis statistika analisis jalur/path


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer
150
Materi: Menganalisis statistika analisis jalur/path
Pustaka: David M. Levine, et al 2012, Basic Business Statistics: Concepts and Application, New Jersey: Pearson Education Inc.
3%

13

Minggu ke 13

Menganalisis uji moderating

  1. Mampu memahami variabel moderating
  2. Memahami uji MRA/ Moderated Regression Analysis
Kriteria:

non test : Menganalisis uji moderating


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal
150
Materi: Menganalisis uji moderating
Pustaka: Hariyati. 2021. Studi Eksplorasi Kepuasan Pengguna untuk Memenuhi Kriteria Akreditasi di Pascasarjana Unesa (Penelitian Kebijakan Program Pascasarjana Unesa Dana PNBP 2021)
3%

14

Minggu ke 14

Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structural Equation Model) dalam penelitian

  1. Mampu menganalisis Analisis faktor penegasan (confirmatory factor analysis)
  2. Mampu melakukan pengujian hipotesis-hipotesis struktur factor loadings dan interkorelasinya.
Kriteria:

non test : Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal
150
Materi: Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian
Pustaka: Creswell, W. John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid
2%

15

Minggu ke 15

Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structural Equation Model) dalam penelitian

  1. Mampu menganalisis Analisis faktor penegasan (confirmatory factor analysis)
  2. Mampu melakukan pengujian hipotesis-hipotesis struktur factor loadings dan interkorelasinya.
Kriteria:

non test : Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal
150
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan,praktek dengan komputer, latihan soal
150
Materi: Menganalisis Penerapan analisis SEM (Structura; Equational Model) dalam penelitian
Pustaka: Creswell, W. John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid
3%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
150
UAS
150
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.