Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ilmu Lingkungan

8420502118

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang Ilmu Lingkungan melalui pemahaman Undang-undang tentang pengelolaan lingkungan, analisis mengenai dampak lingkungan, peran manusia di alam khususnya mahasiswa sebagai Pembina lingkungan, menerapkan etika lingkungan, mengkaji keberadaan ekosistem di daratan dan di perairan serta cara melestarikannya untuk pembangunan berkelanjutan. Materi disampaikan dalam bentuk teori dan praktik.

Pustaka

Utama :

  1. p>
  2. Enger, Smith. 2005. Environmental Sciences : A Study of Interrelationships .Washington :McGraw-Hill International edition.

  3. Fitrihidajati, Herlina dkk. 2014. Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Pakan Ternak Ruminansia Sebagai Upaya Mengatasi Gulma Perairan. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Surabaya : LPPM UNESA.

  4. Kepmen LH tentang Peraturan Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata

  5. Oram, Raymond F. And Hummer, Paul J. 2003. Biology Living Systems . New York : Glencoe, McGraw-Hill.

  6. Rachmadiarti, Fida. 2013. Fitoremidiasi. Disertasi. Malang : PPS Universitas Brawijaya.

  7. _________Undang-undang no 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si.

Dra. Winarsih, M.Kes.

Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes.

Dr. Tarzan Purnomo, M.Si.

Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan pemahaman mengenai manusia sebagai pembina lingkungan

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan latar belakang pendidikan lingkungan hidup b. mendeskripsikan ruang lingkup pengetahuan lingkungan c. membandingkan pendidikan lingkungan d. mengidentifikasi cara meningkatkan kepekaan lingkungan hidup

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan pemahaman mengenai permasalahan lingkungan secara global dan nasional

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup secara global b. mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup secara nasional c. mengkomunikasikan hasil percobaan model efek rumah kaca d. membuat laporan hasil percobaan tentang model efek rumah kaca

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pemahaman mengenai Ekologi sebagai Dasar Ilmu Lingkungan

Mahasiswa dapat : a. menjelaskan IPL bagian dari ekologi b. menjelaskan perkembangan ekologi c. mengidentifikasi biosfer dan prosesnya d. mendeskripsikan daur materi dan aliran energi di lingkungan

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, dan presentasi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, menjelaskan daur materi dan aliran energi

Mahasiswa dapat : a. Mengidentifikasi Populasi, Komunitas, Ekosistem b. Menganalisis daur materi di lingkungan c. Menganalisis aliran energi di lingkungan d. Observasi daur materi di rumah kompos/peternakan

Kriteria:
  1. Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot
  2. 30%
  3. USS bobot 20%
  4. Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%
  5. US bobot 30%
  6. Soal-soal essay diases secara bersama pada USS
  7. Soal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada US
  8. Soal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, studi lapangan dan presentasi
2 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan azas-azas dalam Ilmu Pengetahuan Lingkungan

Mahasiswa dapat : a. mengidentifikasi azas dalam IPL b. menjelaskan penerapan azas-azas IPL

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan presentasi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan penyelamatan lahan dan tanah

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan lahan dan tanah b. mengidentifikasi struktur tanah c. menjelaskan fungsi air bagi tanah d. mengidentifikasi kerusakan tanah dan lahan e. mendeskripsikan upaya penyelamatan lahan dan tanah

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan presentasi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengidentifikasi ekosistem hutan

Mahasiswa dapat : a. Mendeskripsikan hutan dan hutan tropis b. Menjelaskan fungsi hutan c. mengidentifikasi macam-macam hutan d. Mendeskripsikan kerusakan hutan dan upaya pencegahannya

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan peresentasi
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
2 X 50

10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis ekosistem air tawar

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan ekosistem air dan b. menganalisis kualitas air c. merancang model penjernih air d.mengkomunikasikan hasil rancangan

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan presentasi
2 X 50

5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis ekosistem air laut

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan ekosistem air laut b. menganalisis kualitas air c. membuat makalah

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan presentasi
2 X 50

5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan pengamatan ekosistem pertanian atau binaan

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan ekosistem binaan dan ekosistem alami b. mengamati ekosistem binaan dan alami tumbuhan c. membandingkan faktor fisika, kimia dan biologi kedua ekosistem tersebut d.menjelaskan upaya peningkatan pertanian

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan presentasi
2 X 50

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami AMDAL

Mahasiswa : menjelaskan definisi AMDAL menjelaskan landasan yang mendasari AMDAL menjelaskan tujuan AMDAl mengidentifikasi kegiatan wajib AMDAL Menjelaskan prosedur AMDAL

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, observasi lapangan dan presentasi
2 X 50

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan etika lingkungan

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan etika lingkungan b. mengidentifikasi macam-macam etika c. menjelaskan etika lingkungan di Indonesia

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan presentasi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkomunikasikan tentang pencemaran

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan kesehatan masyarakat b. melakukan percobaan tentang pencemaran lingkungan c. mendeskripsikan dampak pencemaran terhadap kesehatan

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Praktikum, diskusi dan Presentasi
2 X 50

10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan Strategi Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan pembangunan secara nasional b. menjelaskan pembangunan berkelanjutan c. menjelaskan pembangunan berwawasan lingkungan

Kriteria:

Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitas dan respon mhs selama kegiatan pembelajaran terutama praktikum dinilai sebagai partisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi dan Presentasi
2 X 50

10%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
3. Penilaian Praktikum 5%
65%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.