|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Ilmu Lingkungan |
8420502118 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang Ilmu Lingkungan melalui pemahaman Undang-undang tentang pengelolaan lingkungan, analisis mengenai dampak lingkungan, peran manusia di alam khususnya mahasiswa sebagai Pembina lingkungan, menerapkan etika lingkungan, mengkaji keberadaan ekosistem di daratan dan di perairan serta cara melestarikannya untuk pembangunan berkelanjutan. Materi disampaikan dalam bentuk teori dan praktik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- p>
- Enger, Smith. 2005. Environmental Sciences : A Study of Interrelationships .Washington :McGraw-Hill International edition.
- Fitrihidajati, Herlina dkk. 2014. Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Pakan Ternak Ruminansia Sebagai Upaya Mengatasi Gulma Perairan. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Surabaya : LPPM UNESA.
- Kepmen LH tentang Peraturan Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata
- Oram, Raymond F. And Hummer, Paul J. 2003. Biology Living Systems . New York : Glencoe, McGraw-Hill.
- Rachmadiarti, Fida. 2013. Fitoremidiasi. Disertasi. Malang : PPS Universitas Brawijaya.
- _________Undang-undang no 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si. Dra. Winarsih, M.Kes. Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. Dr. Tarzan Purnomo, M.Si. Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan pemahaman mengenai manusia sebagai pembina lingkungan |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan latar belakang pendidikan lingkungan hidup b. mendeskripsikan ruang lingkup pengetahuan lingkungan c. membandingkan pendidikan lingkungan d. mengidentifikasi cara meningkatkan kepekaan lingkungan hidup |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan pemahaman mengenai permasalahan lingkungan secara global dan nasional |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup secara global b. mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup secara nasional c. mengkomunikasikan hasil percobaan model efek rumah kaca d. membuat laporan hasil percobaan tentang model efek rumah kaca |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pemahaman mengenai Ekologi sebagai Dasar Ilmu Lingkungan |
Mahasiswa dapat : a. menjelaskan IPL bagian dari ekologi b. menjelaskan perkembangan ekologi c. mengidentifikasi biosfer dan prosesnya d. mendeskripsikan daur materi dan aliran energi di lingkungan |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, menjelaskan daur materi dan aliran energi |
Mahasiswa dapat : a. Mengidentifikasi Populasi, Komunitas, Ekosistem b. Menganalisis daur materi di lingkungan c. Menganalisis aliran energi di lingkungan d. Observasi daur materi di rumah kompos/peternakan |
Kriteria:
- Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot
- 30%
- USS bobot 20%
- Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%
- US bobot 30%
- Soal-soal essay diases secara bersama pada USS
- Soal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada US
- Soal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, studi lapangan dan presentasi 2 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan azas-azas dalam Ilmu Pengetahuan Lingkungan |
Mahasiswa dapat : a. mengidentifikasi azas dalam IPL b. menjelaskan penerapan azas-azas IPL |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan penyelamatan lahan dan tanah |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan lahan dan tanah b. mengidentifikasi struktur tanah c. menjelaskan fungsi air bagi tanah d. mengidentifikasi kerusakan tanah dan lahan e. mendeskripsikan upaya penyelamatan lahan dan tanah |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi ekosistem hutan |
Mahasiswa dapat : a. Mendeskripsikan hutan dan hutan tropis b. Menjelaskan fungsi hutan c. mengidentifikasi macam-macam hutan d. Mendeskripsikan kerusakan hutan dan upaya pencegahannya |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan peresentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 2 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis ekosistem air tawar |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan ekosistem air dan b. menganalisis kualitas air c. merancang model penjernih air d.mengkomunikasikan hasil rancangan |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis ekosistem air laut |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan ekosistem air laut b. menganalisis kualitas air c. membuat makalah |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan pengamatan ekosistem pertanian atau binaan |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan ekosistem binaan dan ekosistem alami b. mengamati ekosistem binaan dan alami tumbuhan c. membandingkan faktor fisika, kimia dan biologi kedua ekosistem tersebut d.menjelaskan upaya peningkatan pertanian |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami AMDAL |
Mahasiswa : menjelaskan definisi AMDAL menjelaskan landasan yang mendasari AMDAL menjelaskan tujuan AMDAl mengidentifikasi kegiatan wajib AMDAL Menjelaskan prosedur AMDAL |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, observasi lapangan dan presentasi 2 X 50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan etika lingkungan |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan etika lingkungan b. mengidentifikasi macam-macam etika c. menjelaskan etika lingkungan di Indonesia |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkomunikasikan tentang pencemaran |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan kesehatan masyarakat b. melakukan percobaan tentang pencemaran lingkungan c. mendeskripsikan dampak pencemaran terhadap kesehatan |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitasdanresponmhsselamakegiatanpembelajaranterutamapraktikumdinilaisebagaipartisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Praktikum, diskusi dan Presentasi 2 X 50 |
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan Strategi Pembangunan Berwawasan Lingkungan |
Mahasiswa dapat : a. mendeskripsikan pembangunan secara nasional b. menjelaskan pembangunan berkelanjutan c. menjelaskan pembangunan berwawasan lingkungan |
Kriteria:
Laporan dan produk praktikum dinilai sebagai TUGAS dgn bobot30%USS bobot 20%Aktivitas dan respon mhs selama kegiatan pembelajaran terutama praktikum dinilai sebagai partisipasi, bobot 20%US bobot 30%Soal-soal essay diases secara bersama pada USSSoal-soal pilihan ganda diases secara bersama- pada USSoal kinerja dilakukan terintegrasi selama pembeajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi dan Presentasi 2 X 50 |
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |