Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Pembelajaran Ekonomi

8710302051

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengaji tentang model-model pembelajaran saintifik ( student center learning ) yaitu Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Discovery Learning, dan Inquiry; mendesain skenario pembelajaran dengan PBL, PjBL, Discovery Learning dan Inquiry; melaksanakan kegiatan magang di SMK yang menerapkan model pembelajaran PBL, PJBL, Discovery Learning dan Inquiry; dan melaporkan kegiatan magang. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peerteaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

    Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

    Cruickshank, Donald R, Deborah Bainer Jenkins, dan Kim K Metcalf. 2014. Perilaku Mengajar. (Terjemahan Indonesia). Edisi 6 Buku 1. Perilaku Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

    Cruickshank, Donald R., Deborah Bainer Jenkins, and Kim K. Metcalf . 2014. Perilaku Mengajar. Buku 2 . Jakarta: Salemba Empat

    Ibrahim, Muslimin. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Edisi II. Surabaya: University Press.

    Lee, William W. & Owens, Diana L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, 2e . San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

    Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran . Bandung: Rosdakarya.

    Nur, Mohamad. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

    Nur, Mohamad, Kardi Soeparman. 2000. Pembelajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

    Orlich, Donald C.; Harder, Robert J.; Callahan, Richard C.; Trevisan, Michael S.; Brown, Abbie H.. 2010. Teaching Strategies , A Guide to Effective Instruction, 9e . Boston: Wadsworth, Cengage Learning.

    Petty, Geoff. 2009. Teaching Today , A Practical Guide , 4e . Cheltenham: Nelson Thornes Ltd

    Rajendran, N.S. 2010. Teaching and Acquiring Higher-Order Thinking Skills: Theory and Practice: Perak Darul Ridzuan Malaysia: UPSI Universiti Pendidikan Sultan Idris.

    Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

    Sarder, Russell. 2016. Building an Innovative Learning Organization. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

    Silver, Harvey F.; Strong, Richard W.; Perini, Matthew J. 2007. The Strategic Teacher , selecting the right research-based strategy for every lesson . Vancouver: Thoughtful Education Press.

    Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning . Teori dan Aplikasi PAIKEM.

    Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana

    Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition. Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.