Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan latihan kebugaran olahraga

8520602068

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip dasar latihan kebugaran yang meliputi kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelincahan, dan fleksibilitas.

PO - 2

Merancang program latihan kebugaran yang sesuai dengan kebutuhan individu atau tim olahraga tertentu.

PO - 3

menyesuaikan jenis latihan dengan tujuan spesifik kebugaran fisik dan karakteristik atlet.

PO - 4

Menerapkan prinsip overload, spesifikasi, progresi, dan variasi dalam merancang program latihan.

PO - 5

Mengelola komponen latihan (intensitas, volume, dan frekuensi) sesuai dengan fase latihan dan tujuan kebugaran.

PO - 6

Mengevaluasi efektivitas program latihan kebugaran dan melakukan penyesuaian untuk mencapai tujuan kebugaran yang optimal.

PO - 7

Mengaplikasikan teknik pemulihan dan pencegahan cedera dalam program latihan kebugaran.

PO - 8

Menerapkan latihan kebugaran yang berbasis ilmiah untuk mendukung performa atlet dalam kompetisi olahraga.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perencanaan Latihan Kebugaran Olahraga dirancang untuk memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan teknik-teknik yang digunakan dalam perencanaan program latihan kebugaran yang efektif, khususnya dalam konteks olahraga. Mahasiswa akan mempelajari cara merancang, mengelola, dan mengevaluasi program latihan kebugaran yang sesuai dengan tujuan olahraga, baik untuk atlet amatir maupun profesional. Materi yang diajarkan akan mencakup berbagai jenis latihan kebugaran, mulai dari latihan aerobik, kekuatan, kelincahan, fleksibilitas, hingga daya tahan, serta bagaimana menyesuaikan latihan sesuai dengan karakteristik fisik dan tujuan setiap individu atau kelompok. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar merancang program latihan yang dapat meningkatkan kebugaran fisik secara menyeluruh, serta memahami pentingnya pola latihan yang sistematis untuk mendukung performa dalam olahraga. Di akhir mata kuliah, mahasiswa diharapkan dapat menyusun dan mengevaluasi program latihan kebugaran yang sesuai dengan berbagai kebutuhan individu atau tim olahraga.

Pustaka

Utama :

  1. Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
  2. Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
  3. Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
  4. Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
  5. American College of Sports Medicine (ACSM). (2014). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (9th ed.). Wolters Kluwer Health.
  6. Nieman, D. C. (2011). Exercise Testing and Prescription: A Health-Related Approach (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar Perencanaan Latihan Kebugaran Olahraga
Materi:
Definisi dan tujuan latihan kebugaran olahraga.
Komponen utama kebugaran fisik: kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, dan fleksibilitas.
Prinsip dasar dalam perencanaan latihan kebugaran.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Prinsip Dasar Latihan Kebugaran
Materi:
Prinsip-prinsip latihan: overload, spesifikasi, progresi, dan variasi.
Aplikasi prinsip dalam latihan kebugaran fisik.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Jenis-Jenis Latihan Kebugaran
Materi:
Latihan aerobik dan anaerobik.
Latihan kekuatan, kelincahan, kecepatan, dan fleksibilitas.
Pemilihan jenis latihan berdasarkan tujuan kebugaran.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Nieman, D. C. (2011). Exercise Testing and Prescription: A Health-Related Approach (7th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Perencanaan Program Latihan Kebugaran
Materi:
Menyusun program latihan kebugaran yang sistematis.
Struktur program latihan: pemanasan, inti, pendinginan.
Menyusun program latihan berdasarkan level kebugaran (pemula, menengah, lanjutan).
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Latihan Kekuatan dalam Kebugaran Olahraga
Materi:
Prinsip latihan kekuatan: beban, repetisi, set, dan waktu istirahat.
Program latihan kekuatan untuk cabang olahraga yang berbeda.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Latihan Daya Tahan Aerobik dan Anaerobik
Materi:
Latihan untuk meningkatkan daya tahan aerobik (lari, berenang, bersepeda).
Latihan anaerobik untuk meningkatkan kemampuan tenaga dan kecepatan (interval training).
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Latihan Kelincahan dan Kecepatan
Materi:
Teknik dan latihan untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan atlet.
Plyometrics, agility drills, dan latihan sprint.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: American College of Sports Medicine (ACSM). (2014). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (9th ed.). Wolters Kluwer Health.
6%

8

Minggu ke 8

rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian tertulis yang menguji pemahaman teori dasar latihan kebugaran olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Latihan Fleksibilitas dan Mobilitas
Materi:
Teknik dan jenis latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas tubuh.
Stretching dinamis dan statis.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Menyusun Program Latihan untuk Tim atau Kelompok
Materi:
Penyusunan program latihan kebugaran untuk kelompok atau tim olahraga.
Penyesuaian program berdasarkan kemampuan kelompok.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Evaluasi Program Latihan Kebugaran
Materi:
Teknik evaluasi progres kebugaran atlet (pengukuran VO2 max, tes kekuatan, tes kecepatan, dll).
Menyesuaikan program latihan berdasarkan hasil evaluasi.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Pemulihan dan Pencegahan Cedera dalam Latihan Kebugaran
Materi:
Teknik pemulihan seperti istirahat, terapi fisik, dan stretching.
Pencegahan cedera dan penyesuaian latihan untuk menghindari overtraining.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Program Latihan Kebugaran dalam Persiapan Kompetisi
Materi:
Menyusun program latihan kebugaran untuk persiapan kompetisi olahraga.
Tapering dan peak performance.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: American College of Sports Medicine (ACSM). (2014). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (9th ed.). Wolters Kluwer Health.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 14: Latihan Kebugaran untuk Kebutuhan Spesifik (Lansia, Remaja, atau Atlet Khusus)
Materi:
Menyesuaikan program latihan kebugaran untuk individu dengan kebutuhan khusus (lansia, remaja, atlet dengan kondisi fisik tertentu).
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Nieman, D. C. (2011). Exercise Testing and Prescription: A Health-Related Approach (7th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Penyusunan Program Latihan Kebugaran Olahraga secara Komprehensif
Materi:
Menyusun program latihan kebugaran olahraga yang komprehensif untuk individu atau tim.
Perencanaan tahunan latihan kebugaran untuk atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

16

Minggu ke 16

rubrik penilaian

Kriteria:

memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Ujian akhir semester yang mencakup seluruh materi tentang perencanaan latihan kebugaran olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Nieman, D. C. (2011). Exercise Testing and Prescription: A Health-Related Approach (7th ed.). McGraw-Hill Education.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.