Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian

9024104070

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

4

27 Januari 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd.




Marsudi, S.Pd., M.Pd.




Marsudi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual.

PLO-6

Menguasai teori dan metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur penelitian Desain Komunikasi Visual

PO - 2

Menguasai Metodologi Penelitian untuk membangun metode berfikir sistematis, dan menguasai metode pemecahan masalah dalam persoalan Desain Komunikasi Visual dari berbagai pendekatan konseptual dan metode pemecahan masalah

PO - 3

Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir

PO - 4

Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir

PO - 5

Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4  
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah untuk menjelaskan prosedur penelitian untuk mendapatkan data sebagai landasan dalam proses perancangan karya Desain Komunikasi Visual. Perkuliahan dilakukan melalui ceramah tatap muka, tanya jawab dan diskusi di dalam kelas

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication.
  2. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni . Semarang: Cipta Prima Nusantara.
  3. Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  4. Sumartono. 2017. Metodologi Peneletian Kualitatif Seni Rupa dan Desain . Jakarta: Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan.
  5. Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
  6. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
  7. Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd.

Muh Ariffudin Islam, S.Sn., M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Pengetahuan dan Penelitian

  1. Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian Pengetahuan
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Pengertian Penelitian
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 X 50

Materi: Pengetahuan dan Penelitian
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
2%

2

Minggu ke 2

Memahami ruang lingkup metodologi penelitian

  1. Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian Metodologi Penelitian
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan ruang lingkup Metodologi Penelitian
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab. Media Powepoint.
4 X 50

Materi: Pengertian Metodologi Penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication.

Materi: Ruang lingkup Metodologi Penelitian
Pustaka: Yogyakarta: PT. Kanisius. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Materi: Ruang lingkup Metodologi Penelitian
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
3%

3

Minggu ke 3

Memahami jenis-jenis penelitian terutama penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis penelitian
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian kualitatif
  4. Mahsiswa dapat mendeskripsikan penelitian pengembangan
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab. Media Powepoint.
4 X 50

Materi: Jenis-jenis penelitian
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Materi: Penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan
Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication.
2%

4

Minggu ke 4

Memahami penelitian pengkajian dan perancangan dalam Desain Komunikasi Visual

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian pengkajian
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan peneitian perancangan
Kriteria:
  1. Keaktifan dalam diskusi kelas
  2. Keaktifan dalam diskusi kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Pengkajian dan perancangan dalam Desain Komunikasi Visual
Pustaka:

Materi: Pengkajian dan perancangan dalam Desain Komunikasi Visual
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
3%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu memahami masalah penelitian dengan latar belakang empirik dan teoretik
  2. Mampu memahami Research Problem and Problem Statement
  1. Mahasiswa dapat memilih judul penelitian
  2. Mahasiswa dapat menentukan latar belakang Masalah (Bab I)
  3. Mahasiswa dapat membuat rumusan masalah
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Masalah penelitian dengan latar belakang penelitian Desain Komunikasi Visual
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
2%

6

Minggu ke 6

  1. Memahami Kedudukan Penelitian Seni dan Desain
  2. Mampu memahani dan membuat Kajian Pustaka dalam konteks penelitian
  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan tujuan kajian pustaka
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi kajian pustaka
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan teori-teori yang relevan untuk penelitian
Kriteria:
  1. Ketepatan waktu dan kedisiplinan
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Kajian Pustaka dalam konteks penelitian
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
20%

7

Minggu ke 7

Mampu memahani dan membuat Metode Penelitian Kualitatif

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsiakan teknik pengumpulan data kualitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsiakan instrumen pengumpulan data kualitatif
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsiakan validasi data kualitatif
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Metode Penelitian Kualitatif
Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu memahani dan membuat Metode Penelitian Kualitatif

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsiakan teknik pengumpulan data kualitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsiakan instrumen pengumpulan data kualitatif
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsiakan validasi data kualitatif
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Metode Penelitian Kualitatif
Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
2%

9

Minggu ke 9

Mampu memahani metode penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan hipotetsis penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan populasi dan sampling penelitian kuantitatif
Kriteria:
  1. Keaktifan dalam diskusi kelas
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication.
10%

10

Minggu ke 10

Mampu memahani metode penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan hipotetsis penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa dapat mendeskripsikan populasi dan sampling penelitian kuantitatif
Kriteria:
  1. Keaktifan dalam diskusi kelas
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Materi: metode penelitian kuantitatif
Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication.
10%

11

Minggu ke 11

Mampu memahani teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel, indikator dan kisi-kisi instrumen penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa dapat menyusun instrumen penelitian kuantitatif berdasarkan variabel dan indikator yang ada
Kriteria:
  1. Keaktifan dalam diskusi kelas
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Metode Penelitian Kualitatif
Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
10%

12

Minggu ke 12

Mampu memahani teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel, indikator dan kisi-kisi instrumen penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa dapat menyusun instrumen penelitian kuantitatif berdasarkan variabel dan indikator yang ada
Kriteria:
  1. Keaktifan dalam diskusi kelas
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
4 X 50

Materi: Metode Penelitian Kualitatif
Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif
Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
10%

13

Minggu ke 13

Mampu menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual

Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual

Kriteria:
  1. Ketepatan waktu dan kedisiplinan
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint

Materi: Skematika proposal penelitian
Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
3%

14

Minggu ke 14

Mampu menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual

Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual

Kriteria:
  1. Ketepatan waktu dan kedisiplinan
  2. Kelengkapan dan kesesuaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint

Materi: Skematika proposal penelitian
Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
10%

15

Minggu ke 15

Mampu menulis Academic Writing Sesuai dengan struktur penulisan jurnal mahasiswa

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Academic Writing
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur penulisan artikel ilmiah
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint

Materi: Academic Writing
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menulis Academic Writing Sesuai dengan struktur penulisan jurnal mahasiswa

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan Academic Writing
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur penulisan artikel ilmiah
Kriteria:

Keaktifan dalam diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint

Materi: Academic Writing
Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 23%
3. Praktik / Unjuk Kerja 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.