|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian |
9024104070 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
4 |
27 Januari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd.
|
Marsudi, S.Pd., M.Pd.
|
Marsudi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual. |
PLO-6 |
Menguasai teori dan metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur penelitian Desain Komunikasi Visual
|
PO - 2 |
Menguasai Metodologi Penelitian untuk membangun metode berfikir sistematis, dan menguasai metode pemecahan masalah dalam persoalan Desain Komunikasi Visual dari berbagai pendekatan konseptual dan metode pemecahan masalah
|
PO - 3 |
Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir
|
PO - 4 |
Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir
|
PO - 5 |
Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah untuk menjelaskan prosedur penelitian untuk mendapatkan data sebagai landasan dalam proses perancangan karya Desain Komunikasi Visual. Perkuliahan dilakukan melalui ceramah tatap muka, tanya jawab dan diskusi di dalam kelas |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication.
- Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni . Semarang: Cipta Prima Nusantara.
- Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Sumartono. 2017. Metodologi Peneletian Kualitatif Seni Rupa dan Desain . Jakarta: Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan.
- Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
- Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd. Muh Ariffudin Islam, S.Sn., M.Sn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Pengetahuan dan Penelitian |
- Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian Pengetahuan
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Pengertian Penelitian
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Pengetahuan dan Penelitian Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami ruang lingkup metodologi penelitian |
- Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian Metodologi Penelitian
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan ruang lingkup Metodologi Penelitian
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. Media Powepoint. 4 X 50 |
|
Materi: Pengertian Metodologi Penelitian Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication. Materi: Ruang lingkup Metodologi Penelitian Pustaka: Yogyakarta: PT. Kanisius. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. Materi: Ruang lingkup Metodologi Penelitian Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami jenis-jenis penelitian terutama penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis penelitian
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian kualitatif
- Mahsiswa dapat mendeskripsikan penelitian pengembangan
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. Media Powepoint. 4 X 50 |
|
Materi: Jenis-jenis penelitian Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. Materi: Penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami penelitian pengkajian dan perancangan dalam Desain Komunikasi Visual |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan penelitian pengkajian
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan peneitian perancangan
|
Kriteria:
- Keaktifan dalam diskusi kelas
- Keaktifan dalam diskusi kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Pengkajian dan perancangan dalam Desain Komunikasi Visual Pustaka: Materi: Pengkajian dan perancangan dalam Desain Komunikasi Visual Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu memahami masalah penelitian dengan latar belakang empirik dan teoretik
- Mampu memahami Research Problem and Problem Statement
|
- Mahasiswa dapat memilih judul penelitian
- Mahasiswa dapat menentukan latar belakang Masalah (Bab I)
- Mahasiswa dapat membuat rumusan masalah
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Masalah penelitian dengan latar belakang penelitian Desain Komunikasi Visual Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius |
2% |
6
Minggu ke 6 |
- Memahami Kedudukan Penelitian Seni dan Desain
- Mampu memahani dan membuat Kajian Pustaka dalam konteks penelitian
|
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan tujuan kajian pustaka
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan fungsi kajian pustaka
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan teori-teori yang relevan untuk penelitian
|
Kriteria:
- Ketepatan waktu dan kedisiplinan
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Kajian Pustaka dalam konteks penelitian Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius |
20% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahani dan membuat Metode Penelitian Kualitatif |
- Mahasiswa dapat mendeskripsiakan teknik pengumpulan data kualitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsiakan instrumen pengumpulan data kualitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsiakan validasi data kualitatif
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Metode Penelitian Kualitatif Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu memahani dan membuat Metode Penelitian Kualitatif |
- Mahasiswa dapat mendeskripsiakan teknik pengumpulan data kualitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsiakan instrumen pengumpulan data kualitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsiakan validasi data kualitatif
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Metode Penelitian Kualitatif Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
2% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahani metode penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan hipotetsis penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan populasi dan sampling penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
- Keaktifan dalam diskusi kelas
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahani metode penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan hipotetsis penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan populasi dan sampling penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
- Keaktifan dalam diskusi kelas
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Creswell, J. W. 1994. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches . Thousand Oaks: Sage Publication. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahani teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel, indikator dan kisi-kisi instrumen penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat menyusun instrumen penelitian kuantitatif berdasarkan variabel dan indikator yang ada
|
Kriteria:
- Keaktifan dalam diskusi kelas
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Metode Penelitian Kualitatif Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahani teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan variabel, indikator dan kisi-kisi instrumen penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat menyusun instrumen penelitian kuantitatif berdasarkan variabel dan indikator yang ada
|
Kriteria:
- Keaktifan dalam diskusi kelas
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Metode Penelitian Kualitatif Pustaka: Denzin, Norman K, & Lincoln Yvonna S. 2011. Handbook of Qualitative Research . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif Pustaka: Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual |
Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual |
Kriteria:
- Ketepatan waktu dan kedisiplinan
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
|
|
Materi: Skematika proposal penelitian Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual |
Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian desain komunikasi visual |
Kriteria:
- Ketepatan waktu dan kedisiplinan
- Kelengkapan dan kesesuaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
|
|
Materi: Skematika proposal penelitian Pustaka: Sarwono, J. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menulis Academic Writing Sesuai dengan struktur penulisan jurnal mahasiswa |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Academic Writing
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur penulisan artikel ilmiah
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
|
|
Materi: Academic Writing Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menulis Academic Writing Sesuai dengan struktur penulisan jurnal mahasiswa |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan Academic Writing
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur penulisan artikel ilmiah
|
Kriteria:
Keaktifan dalam diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint
|
|
Materi: Academic Writing Pustaka: Soewardikoen, Widiatmoko Didit. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius |
5% |