|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Pendidikan Matematika |
8420202057 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
8 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
|
.......................................
|
Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan |
PLO-10 |
Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Membedakan pengertian filsafat umum, filsafat matematika, dan filsafat pendidikan matematika secara kritis dan ilmiah.
|
PO - 2 |
Menganalisis peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran maupun pengajaran
|
PO - 3 |
Mendeskripsikan berbagai aliran filsafat dalam matematika beserta implikasinya dalam pendidikan matematika.
|
PO - 4 |
Menganalisis estetika matematika
|
PO - 5 |
Menganalisis hubungan berbagai aliran matematika dalam teori belajar, dan prinsip-prinsip dasar dalam mengajar dan belajar matematika.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | ✔ | ✔ | PO-5 | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengaji tentang hakikat matematika, berbagai pandangan tentang matematika, kebenaran dan karakteristik matematika, estetika matematika, kedudukan matematika dalam teori belajar, dan prinsip-prinsip dasar dalam belajar dan mengajar matematika dan menerapkan prinsip-prinsip filosofi dalam belajar dan mengajar matematika melalui pembelajaran aktif berbasis diskusi kelas dan memanfaatkan sumber belajar IT |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA
- FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/f aculty/jfitzs/tchg_phi.htm.
- Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/PErnest/ pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm
|
Pendukung : |
|
- Soedjadi, R. 1999. Kiat-Kiat Pendidikan Matematika. Dirjen Dikti, Depdikbud
- Philosophy of Mathematics Education Journal ISSN 1465-2978 (Online)
- Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education, London: Falmer Press.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M. Pd. Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan pengertian filsafat dan komponen-komponennya secara umum |
Mendeskripsikan pengertian filsafat dan komponen-komponennya secara umum dengan kritis dan ilmiah. |
Kriteria:
Ketepatan Jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi,
Tanya-jawab 2 x 50‘ |
Materi: Pengertian Filsafat Pendidikan Matematika Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripsikan hakekat matematika dan makna filsafat Pendidikan matematika |
Mendeskripsikan hakekat matematika dan makna filsafat Pendidikan matematika dengan kritis dan ilmiah |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas, kedalaman pemahaman terhadap tugas, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, Tanya-jawab. Kasus 1: Ibarat buah, matematika itu buah apa? 2 x 50‘ |
Materi: Hakekat Matematika Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis kebenaran, karakteristik matematika, dan karakteristik pendidikan matematika |
Mendeskripsikan kebenaran, karakteristik matematika, dan karakteristik pendidikan matematika |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 2: Bagaimana memeriksa kebenaran matematika? 2 x 50‘ |
Materi: Kebenaran, Karakteristik Matematika, dan Karakteristik Pendidikan Matematika Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran maupun pengajaran matematika. |
Menganalisis peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus3: Apakah guru dapat merancang matematika tanpa mengetahui filsafat? 2 x 50‘ |
Materi: Peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran maupun pengajaran matematika. Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis pandangan logisisme dalam matematika. |
Mendeskripsikan pandangan logisisme dalam matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 4: Apakah implikasi dari Teorema ketidaklengkapan Godel bagi pandangan Logisisme? 2 x 50‘ |
Materi: Logisisme Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA Materi: Logisisme Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis pandangan formalisme dalam matematika. |
Mendeskripsikan pandangan formalisme dalam matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 5: Apakah semua struktur matematika dapat diformalkan? 2 x 50‘ |
Materi: Formalisme Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA Materi: Formalisme Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis pandangan intusionisme dalam matematika. |
Mendeskripsikan pandangan intusionisme dalam matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 6: Apakah produk pemikiran matematikawan intuisinis? 2 x 50‘ |
Materi: Intusionisme Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA Materi: Intusionisme Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm |
4% |
8
Minggu ke 8 |
|
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan Jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 2 x 50‘ |
2 x 50‘ |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis matematika sebagai body static (platonis), alat (instrumen), atau aktivitas manusia (human activity). |
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 7: Apakah anda yakin matematika itu suatu aktivitas manusia? 2 x 50‘ |
Materi: Matematika sebagai Aktivitas manusia Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm Materi: Matematika sebagai aktivitas manusia Pustaka: Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education, London: Falmer Press. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mendeskripsikan estetika matematika dan implikasinya dalam pendidikan matematika. |
Menganalisis estetika matematika dan implikasinya dalam pendidikan matematika |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 8:Benarkah matematika itu indah? 2 x 50‘ |
Materi: Estetika Matematika Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mendeskripsikan implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan behariourisme |
Menganalisis implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan behariourisme |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 9: Bagaimana implikasi matematikawan logistis, intusinis, dan formalis mengajarkan matematika dengan teori belajar behaouris? 2 x 50‘ |
Materi: Pandangan Matematis dan teori Belajar Behaviourisme Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mendeskripsikan implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan konstruktivisme |
Menganalisis implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan konstruktivisme |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 10: Bagaimana implikasi matematikawan logistis, intusinis, dan formalis mengajarkan matematika dengan teori belajar konstruktivisme? 2 x 50‘ |
Materi: Implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan konstruktivisme Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mendeskripsikan implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan enactivisme |
Menganalisis implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan enactivisme |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 11: Bagaimana implikasi matematikawan logistis, intusinis, dan formalis mengajarkan matematika dengan teori belajar enactivisme? 2 x 50‘ |
Materi: Implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan enactivisme Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam mengajar dan belajar matematika humanistik. |
Menganalisis prinsip-prinsip dasar dalam mengajar dan belajar matematika humanistik. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 12: Bagaimana imengajarkan matematika yang humanis? 2 x 50‘ |
Materi: Matematika Humanis Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Menerapkan prinsip-prinsip filosofi pendidikan matematika dalam rancangan aktivitas pembelajaran. |
Merancang pembelajaran matematika dengan mendasarkan pada filosofi pendidikan matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas proyek, kedalaman pemahaman terhadap tugas, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Tugas Proyek: Penyusunan Rancangan Pembelajaran Matematika sesuai pandangan baru dalam pendidikan matematika. 2 x 50‘ |
Materi: Rancangan Pembelajaran Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. Materi: Rancangan Pembelajaran Pustaka: Soedjadi, R. 1999. Kiat-Kiat Pendidikan Matematika. Dirjen Dikti, Depdikbud |
4% |
16
Minggu ke 16 |
|
Ujian Akhir Semester (UAS)-Laporan Tugas |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (30%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (20%), kekritisan berpikir dan kemampuan analisis (20%), kreativitas dalam penyelesaian masalah (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
30% |