Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Aljabar Linear Elementer

8310102141

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

2 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Dian Savitri, M.Si.




Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si.




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-12

Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan konsep matriks dan determinan dalam pemecahan masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan (C3)

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis sistem persamaan linear dan vektor untuk menemukan solusi yang efektif dalam konteks penelitian teknologi (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi metode dan teknik dalam aljabar linear untuk optimasi dalam proyek teknologi dan kejuruan (C5)

PO - 4

Mahasiswa mampu menciptakan model matematis baru menggunakan aljabar linear untuk inovasi dalam teknologi pendidikan (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan transformasi linear dalam pengembangan software pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri (C3)

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis nilai eigen dan vektor eigen untuk meningkatkan efisiensi algoritma dalam penelitian teknologi (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih metode dekomposisi matriks yang paling sesuai untuk aplikasi spesifik dalam teknologi kejuruan (C5)

PO - 8

Mahasiswa mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah optimasi menggunakan teknik aljabar linear (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-12PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4 
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Aljabar Linear Elementer pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep-konsep dasar aljabar linear dalam konteks teknologi dan kejuruan. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang vektor, matriks, transformasi linear, ruang vektor, dan aplikasinya dalam bidang teknologi dan kejuruan. Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep aljabar linear dalam pemecahan masalah teknologi dan kejuruan serta mampu mengembangkan keterampilan analisis matematis dalam konteks keilmuan teknologi dan kejuruan.

Pustaka

Utama :

  1. Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.

Pendukung :

  1. Andrilli, S. & Hecker, D. 2009. Elementary Linear Algebra (Fourth Edition). Berlin. Academic Press.
  2. H. Ted Davis & Kendall T Thomson. 2000. Linear Algebra and Linear Operators in Engineering. Academic Press

Dosen Pengampu

Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep matriks dan determinan dalam pemecahan masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan.

  1. Penerapan konsep matriks dalam pemecahan masalah
  2. Penggunaan determinan untuk analisis teknologi
  3. Kemampuan memecahkan masalah nyata dengan matriks dan determinan
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Penugasan Proyek Online
Materi: Definisi Matriks, Operasi Matriks, Determinan, Penerapan Matriks dan Determinan dalam Teknologi
Pustaka: Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep matriks dan determinan untuk memecahkan masalah nyata di bidang teknologi dan kejuruan.

  1. Penerapan konsep matriks dan determinan dalam pemecahan masalah teknis
  2. Kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan matriks dan determinan
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Diskusi daring tentang penerapan matriks dalam kasus nyata di industri, Pengumpulan laporan proyek pemecahan masalah dengan matriks dan determinan
Materi: Konsep Matriks, Operasi Matriks, Determinan, Penerapan Matriks dan Determinan dalam Teknologi dan Kejuruan
Pustaka: Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis sistem persamaan linear dan vektor untuk menemukan solusi yang efektif dalam konteks penelitian teknologi.

  1. analisis sistem persamaan linear
  2. analisis vektor
  3. solusi efektif dalam penelitian teknologi
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian

Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan sistem persamaan linear dan vektor dalam penelitian teknologi
Materi: Definisi Sistem Persamaan Linear, Operasi Vektor, Penerapan dalam Penelitian Teknologi
Pustaka: Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis sistem persamaan linear dan vektor untuk menemukan solusi yang efektif dalam konteks penelitian teknologi.

  1. Analisis sistem persamaan linear
  2. Penerapan konsep vektor dalam penelitian teknologi
  3. Kemampuan menemukan solusi efektif
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Sistem Persamaan Linear, Operasi Vektor, Aplikasi dalam Penelitian Teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Sistem Persamaan Linear, Operasi Vektor, Aplikasi dalam Penelitian Teknologi
Pustaka: Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode dan teknik dalam aljabar linear untuk mengoptimalkan proyek teknologi dan kejuruan.

  1. Analisis metode aljabar linear yang digunakan dalam proyek teknologi
  2. Evaluasi teknik aljabar linear untuk optimasi proyek kejuruan
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan aljabar linear dalam proyek teknologi dan kejuruan
Materi: Konsep dasar aljabar linear, Penerapan aljabar linear dalam proyek teknologi, Optimasi aljabar linear dalam proyek kejuruan
Pustaka: Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menerapkan metode serta teknik dalam aljabar linear untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proyek teknologi dan kejuruan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi metode aljabar linear yang tepat
  2. Kemampuan mengevaluasi teknik aljabar linear dalam konteks proyek
  3. Kemampuan menerapkan metode aljabar linear untuk optimasi proyek
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan metode aljabar linear dalam proyek teknologi
Materi: Metode-Metode Aljabar Linear untuk Optimasi, Teknik-Teknik Aljabar Linear dalam Proyek Teknologi, Studi Kasus dalam Aljabar Linear untuk Kejuruan
Pustaka: Andrilli, S. & Hecker, D. 2009. Elementary Linear Algebra (Fourth Edition). Berlin. Academic Press.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematis baru menggunakan aljabar linear untuk inovasi dalam teknologi pendidikan.

  1. Model matematis baru menggunakan aljabar linear
  2. Inovasi dalam teknologi pendidikan
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan aljabar linear dalam teknologi pendidikan
Materi: Konsep Aljabar Linear, Penerapan Aljabar Linear dalam Teknologi Pendidikan, Cara Menciptakan Model Matematis Baru
Pustaka: Andrilli, S. & Hecker, D. 2009. Elementary Linear Algebra (Fourth Edition). Berlin. Academic Press.
3%

8

Minggu ke 8

Semua materi sebelum UTS

Tes essay secara luring

Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
100

Materi: Konsep Dasar Aljabar Linear, Optimasi dengan Metode Aljabar Linear, Penerapan Aljabar Linear dalam Penyelesaian Masalah Optimasi
Pustaka: Anton, H. & Rorres, C.2005. Elementary Linear Algebra (ninth Edition). New York. John Wiley & Sons.

Materi: Konsep Dasar Aljabar Linear, Optimasi dengan Metode Aljabar Linear, Penerapan Aljabar Linear dalam Penyelesaian Masalah Optimasi
Pustaka: Andrilli, S. & Hecker, D. 2009. Elementary Linear Algebra (Fourth Edition). Berlin. Academic Press.
30%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematis baru menggunakan aljabar linear untuk inovasi dalam teknologi pendidikan.

  1. Model matematis baru menggunakan aljabar linear
  2. Inovasi dalam teknologi pendidikan
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian

Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan aljabar linear dalam teknologi pendidikan
Materi: Konsep Aljabar Linear, Penerapan Aljabar Linear dalam Teknologi Pendidikan, Menciptakan Model Matematis Baru
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model matematis baru menggunakan aljabar linear untuk inovasi dalam teknologi pendidikan.

  1. Kemampuan menerapkan konsep aljabar linear dalam menciptakan model matematis
  2. Kreativitas dalam inovasi teknologi pendidikan
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan aljabar linear dalam teknologi pendidikan
Materi: Konsep Dasar Aljabar Linear, Penerapan Aljabar Linear dalam Teknologi Pendidikan, Pembuatan Model Matematis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan transformasi linear dalam pengembangan software pendidikan yang relevan dengan industri.

  1. implementasi transformasi linear dalam software pendidikan
  2. kesesuaian dengan kebutuhan industri
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Pengembangan Software Pendidikan dengan Transformasi Linear
Materi: Konsep Transformasi Linear, Penerapan Transformasi Linear dalam Software Pendidikan, Studi Kasus Implementasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis nilai eigen dan vektor eigen untuk meningkatkan efisiensi algoritma dalam penelitian teknologi.

  1. Analisis nilai eigen dan vektor eigen dilakukan dengan tepat
  2. Penerapan nilai eigen dan vektor eigen dalam algoritma teknologi
  3. Kemampuan menjelaskan konsep nilai eigen dan vektor eigen
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan nilai eigen dan vektor eigen dalam penelitian teknologi
Materi: Definisi nilai eigen dan vektor eigen, Menghitung nilai eigen dan vektor eigen, Penerapan nilai eigen dan vektor eigen dalam algoritma
Pustaka: Handbook Perkuliahan
9%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memilih metode dekomposisi matriks yang paling sesuai untuk aplikasi spesifik dalam teknologi kejuruan.

  1. Kemampuan memilih metode dekomposisi matriks yang sesuai
  2. Kemampuan mengevaluasi aplikasi spesifik dalam teknologi kejuruan
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok, dan studi kasus.
Penugasan proyek online
Materi: Konsep dekomposisi matriks, Metode dekomposisi matriks: LU, QR, SVD, Aplikasi dekomposisi matriks dalam teknologi kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah optimasi menggunakan teknik aljabar linear.

  1. Kemampuan mahasiswa dalam menerapkan konsep aljabar linear dalam menyelesaikan masalah optimasi
  2. Kreativitas mahasiswa dalam menciptakan solusi inovatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan aljabar linear dalam optimasi, Membuat video presentasi tentang solusi inovatif untuk masalah optimasi
Materi: Konsep dasar aljabar linear, Penerapan aljabar linear dalam optimasi, Teknik menciptakan solusi inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah optimasi menggunakan teknik aljabar linear.

  1. solusi inovatif untuk masalah optimasi
  2. penerapan teknik aljabar linear
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian

Pembelajaran aktif, diskusi, dan studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan aljabar linear dalam kasus optimasi
Materi: Penerapan aljabar linear dalam optimasi, Metode simplex, Metode dualitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memilih metode dekomposisi matriks yang paling sesuai untuk aplikasi spesifik dalam teknologi kejuruan.

  1. metode dekomposisi matriks dipilih secara tepat untuk aplikasi spesifik dalam teknologi kejuruan
  2. kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi berbagai metode dekomposisi matriks
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.

Materi: Konsep Dasar Dekomposisi Matriks, Metode Dekomposisi LU, Metode Dekomposisi QR, Aplikasi Dekomposisi Matriks dalam Teknologi Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 31%
3. Tes 39%
85%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.