Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KESEHATAN MENTAL

7320102174

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

17 Juli 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog




Dr. Diana Rahmasari, M.Si., Psikolog




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia

PO - 2

Mampu mengembangkan alternatif pemecahan masalah dan melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berisi konsep dasar kesehatan mental, kepribadian yang sehat, beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental, dan bentuk-bentuk gangguan kepribadian, serta konsep-konsep dalam pengembangan kesehatan mental individu (diri sendiri) maupun masyarakat. Melalui program kesehatan mental dalam bentuk media psikoedukasi, yang terkait dengan pemberdayaan keluarga bagi individu sebagai anggota keluarga dan bagian dari komunitas tertentu.

Pustaka

Utama :

  1. Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.
  2. Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 2 : Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi-reaksi Simtom Khusus, Gangguan Penyesuaian Diri Anak-anak Luar Biasa, dan Gangguan Mental yang Berat. Yogyakarta : Kanisius.
  3. American Psychiatric Association. 2022. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition Text Revision. Washington DC: America Psychiatric Association Publishing.

Pendukung :

  1. Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
  2. Kinnear, K.L. 2007. Childhood Sexual Abuse A Reference Handbook, Second Edition. California: ABC-CLIO, Inc.
  3. Maslim, Rusdi. 2013. Buku Saku: Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III dan DSM-5. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya
  4. Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.
  5. Stoewen, D. L. 2017. Dimensions of Wellness: Change Your Habits, Change Your Life. CVJ, Vol. 58, August 2017.
  6. Wickramarathne, P.D.V.C., Phuoc, J.C., & Albattat A.R.S. 2020. A Review of Wellness Dimension Models: For The Advancement of the Society. European Journal of Social Sciences Studies, Vol. 5, 2020
  7. Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning
  8. Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dosen Pengampu

Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog

Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar sehat dan sakit

  1. Mahasiswa mampu membedakan definisi dasar sehat dan sakit
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar sehat dan sakit
  3. Mahasiswa mampu mendiferensiasi disease, sicknessdan illness
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction, Small Group Discussion
2 X 50
Contextual Instruction, Small Group Discussion
2 X 50
Materi: Definisi Sehat dan Sakit
Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.

Materi: Ilmu Kesehatan Mental dan Objek Formalnya, Sejarah Kesehatan Mental
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami tentang Ruang Lingkup dan Paradigma Kesehatan Mental

  1. Mahasiswa mampu mengemukakan ruang lingkup kesehatan mental
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan gerakan kesehatan mental
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Lecturing dan Small Group Discussion
2 x 50
Materi: Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.

Materi: Ruang Lingkup Kesehatan Mental
Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.

Materi: Sejarah Kesehatan Mental, Konsep Kesehatan Mental 13
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Paradigma Kesehatan Mental

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Paradigma Kesehatan Mental dari Pendekatan biologis
  2. Mahasiswa mampu Menjelaskan Paradigma Kesehatan Mentaldari Pendekatan psikologis
  3. Mahasiswa mampu Menjelaskan Paradigma Kesehatan Mentaldari Pendekatan sosio-kultural
  4. Mahasiswa mampu Menjelaskan Paradigma Kesehatan Mental dari Pendekatan lingkungan
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Contextual Instruction
2 X 50
Lecturing dan Contextual Instruction
2 X 50
Materi: Pandangan Teoritis Mengenai Tingkah Laku Maladaptif
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.

Materi: Paradigma Kesehatan Mental
Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Mental yang sehat

  1. Mahasiswa mampu menguraikan macam pengertian mental dan kepribadian yang sehat
  2. Menjelaskan teori-teori mental yang sehat
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Materi: Pengertian Wellness
Pustaka: Wickramarathne, P.D.V.C., Phuoc, J.C., & Albattat A.R.S. 2020. A Review of Wellness Dimension Models: For The Advancement of the Society. European Journal of Social Sciences Studies, Vol. 5, 2020

Materi: Dimenssions of Wellness
Pustaka: Stoewen, D. L. 2017. Dimensions of Wellness: Change Your Habits, Change Your Life. CVJ, Vol. 58, August 2017.

Materi: Model Kepribadian Sehat
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami Kesehatan mental selama rentang hidup

  1. Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental anak
  2. Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental remaja
  3. Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental dewasa
  4. Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental lanjut usia
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Materi: Kesehatan Mental selama Rentang Hidup
Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.

Materi: Kepribadian dan Penyesuaian Diri
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.

Materi: Human Development Across the Life Span
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Gangguan mental

  1. Mahasiswa mampu mengemukakan definisi gangguan mental
  2. Mahasiswa mampu menguraikan Kriteria penentuan gangguan mental
  3. Mahasiswa mampu mengklasifikasi gangguan mental
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Lecturing dan Small Group Discussion
2 X 50
Materi: Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi Simtom-simtom Khusus, Neurosis
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 2 : Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi-reaksi Simtom Khusus, Gangguan Penyesuaian Diri Anak-anak Luar Biasa, dan Gangguan Mental yang Berat. Yogyakarta : Kanisius.

Materi: Section II
Pustaka: American Psychiatric Association. 2022. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition Text Revision. Washington DC: America Psychiatric Association Publishing.

Materi: Karakteristik Gangguan Mental
Pustaka: Maslim, Rusdi. 2013. Buku Saku: Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III dan DSM-5. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya

Materi: Psychological Disorder
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami tentang perlakuan salah pada anak (Child Abuse)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dari child abuse
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kembali macam-macam dan memberikan contoh child abuse
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang dampak dari child abuse
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Small Group DIscussion
2 X 50
Lecturing dan Small Group DIscussion
2 X 50
Materi: Problems, Controversion, and Solutions
Pustaka: Kinnear, K.L. 2007. Childhood Sexual Abuse A Reference Handbook, Second Edition. California: ABC-CLIO, Inc.

Materi: Perlakuan Salah pada Anak
Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.

Materi: Perlakuan Salah pada Anak (Child Abuse)
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
2%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Topik Materi Pertemuan 1 - 7

Kriteria:

Ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
Individual Test
2 X 50
Individual Test
2 X 50
Materi: Topik dari Minggu 1 - 7
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami Kesejahteraan psikologis

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi kesejahteraan psikologis
  2. Mahasiswa mampu menerangkan dimensi kesejahteraan psikologis
  3. Mahasiswa mampu mengemukakan Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesejahteraan psikologis
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecturing dan Contextual Learning
2 X 50
Lecturing dan Contextual Learning
2 X 50
Materi: Kesejahteraan Psikologis
Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami tentang Penyesuaian dan pertumbuhan diri

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penyesuaian diri
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep pertumbuhan diri
Kriteria:

Hasil Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Lecturing dan Individual Task
2 X 50
Lecturing dan Individual Task
2 X 50
Materi: Penyesuaian Diri, Gagal dalam Penyesuaian
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Materi: Penyesuaian dan Pertumbuhan Diri
Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami Konsep diri

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Schemadan Self
  2. Mahasiswa mampu mengemukakan Konsep diri, Harga diri, dan Diri ideal
  3. Mahasiswa mampu menerangkan Identitas diri dan Status diri
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual learning, Small group discussion
2 x 50
Contextual learning, Small group discussion
2 x 50
Materi: Konsep Diri
Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami pengaruh Emosi dalam Kesehatan mental

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian dan Fungsi emosi
  2. Mahasiswa mampu mendiferensiasi Jenis-jenis emosi dan ekspresinya
  3. Mahasiswa mampu menerapkan cara pengelolaan emosi
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual learning, lecturing, small group discussion
2 X 50
Contextual learning, lecturing, small group discussion
2 X 50
Materi: Motivation and Emotion
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning

Materi: Menuju Kesehatan Mental Prima
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Materi: Emosi, Masalah Emosional dan Perilaku dalam Konteks Sosial
Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menerapkan teknik coping dan penyesuaian terhadap kondisi stress

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan stres dan jenis stres
  2. Mahasiswa mampu menerangkan Coping stres
  3. Mahasiswa mampu menerapkan Pengelolaan stres
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lecturing, small group discussion
2 X 50
Lecturing, small group discussion
2 X 50
Materi: Stress, Coping, and Health
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning

Materi: Frustasi dan Stres, Koping
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Materi: Mekanisme Pertahanan Diri dan Penyesuaian
Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.

Materi: Stres, Coping, dan Penyesuaian terhadap Stred
Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami Hubungan interpersonal

Mahasiswa mampu menjelaskan Pengaruh sosial dan mempengaruhi orang lain Mahasiswa mampu menerapkan Komunikasi dalam hubungan interpersonal Mahasiswa mampu mengidentifikasi Faktor-faktor yang berpengaruh dalam hubungan interpersonal Mahasiswa mampu menguraikan konflik interpersonal

Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lecturing, Small Group Disucssion
2 X 50
Lecturing, Small Group Disucssion
Materi: Social behavior
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning

Materi: Hubungan Interpersonal
Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
2%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengaplikasikan penanganan permasalahan Kesehatan mental

  1. Mahasiswa mampu memahami Konseling
  2. Menjelaskan menerangkan Psikoterapi
  3. Menjelaskan menerapkan Psikoedukasi
Kriteria:

Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lecturing, Small Group Discussion
2 X 50
Lecturing, Small Group Discussion
2 X 50
Materi: Treatment of Psychological Disorder
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning

Materi: Menuju Kesehatan Mental Prima
Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Materi: Pemberdayaan Keluarga dalam Intervensi Kesehatan Mental
Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
2%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

  1. Latar belakang masalah yang diangkat
  2. Perencanaan dan pembagian penugasan dalam tim
  3. Eksekusi atau pelaksanaan project promosi kesehatan mental
  4. Hasil dari project promosi kesehatan mental
Kriteria:

Rentan 1-25 poin di tiap indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentation, Question&Answer
2 X 50
Team Project
2 X 50
Materi: Pemilihan Topik Project Promosi Kesehatan Mental
Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning
50%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 33%
3. Penilaian Portofolio 2%
4. Praktik / Unjuk Kerja 25%
5. Tes 22%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.