|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KESEHATAN MENTAL |
7320102174 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
17 Juli 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog
|
Dr. Diana Rahmasari, M.Si., Psikolog
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia
|
PO - 2 |
Mampu mengembangkan alternatif pemecahan masalah dan melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berisi konsep dasar kesehatan mental, kepribadian yang sehat, beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental, dan bentuk-bentuk gangguan kepribadian, serta konsep-konsep dalam pengembangan kesehatan mental individu (diri sendiri) maupun masyarakat. Melalui program kesehatan mental dalam bentuk media psikoedukasi, yang terkait dengan pemberdayaan keluarga bagi individu sebagai anggota keluarga dan bagian dari komunitas tertentu. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius.
- Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 2 : Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi-reaksi Simtom Khusus, Gangguan Penyesuaian Diri Anak-anak Luar Biasa, dan Gangguan Mental yang Berat. Yogyakarta : Kanisius.
- American Psychiatric Association. 2022. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition Text Revision. Washington DC: America Psychiatric Association Publishing.
|
Pendukung : |
|
- Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro
- Kinnear, K.L. 2007. Childhood Sexual Abuse A Reference Handbook, Second Edition. California: ABC-CLIO, Inc.
- Maslim, Rusdi. 2013. Buku Saku: Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III dan DSM-5. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya
- Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.
- Stoewen, D. L. 2017. Dimensions of Wellness: Change Your Habits, Change Your Life. CVJ, Vol. 58, August 2017.
- Wickramarathne, P.D.V.C., Phuoc, J.C., & Albattat A.R.S. 2020. A Review of Wellness Dimension Models: For The Advancement of the Society. European Journal of Social Sciences Studies, Vol. 5, 2020
- Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning
- Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
|
Dosen Pengampu
|
Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar sehat dan sakit |
- Mahasiswa mampu membedakan definisi dasar sehat dan sakit
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar sehat dan sakit
- Mahasiswa mampu mendiferensiasi disease, sicknessdan illness
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction, Small Group Discussion 2 X 50 |
Contextual Instruction, Small Group Discussion 2 X 50 |
Materi: Definisi Sehat dan Sakit Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press. Materi: Ilmu Kesehatan Mental dan Objek Formalnya, Sejarah Kesehatan Mental Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Ruang Lingkup dan Paradigma Kesehatan Mental |
- Mahasiswa mampu mengemukakan ruang lingkup kesehatan mental
- Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan gerakan kesehatan mental
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 x 50 |
Materi: Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius. Materi: Ruang Lingkup Kesehatan Mental Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press. Materi: Sejarah Kesehatan Mental, Konsep Kesehatan Mental 13 Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Paradigma Kesehatan Mental |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Paradigma Kesehatan Mental dari Pendekatan biologis
- Mahasiswa mampu Menjelaskan Paradigma Kesehatan Mentaldari Pendekatan psikologis
- Mahasiswa mampu Menjelaskan Paradigma Kesehatan Mentaldari Pendekatan sosio-kultural
- Mahasiswa mampu Menjelaskan Paradigma Kesehatan Mental dari Pendekatan lingkungan
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Contextual Instruction 2 X 50 |
Lecturing dan Contextual Instruction 2 X 50 |
Materi: Pandangan Teoritis Mengenai Tingkah Laku Maladaptif Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius. Materi: Paradigma Kesehatan Mental Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Mental yang sehat |
- Mahasiswa mampu menguraikan macam pengertian mental dan kepribadian yang sehat
- Menjelaskan teori-teori mental yang sehat
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Materi: Pengertian Wellness Pustaka: Wickramarathne, P.D.V.C., Phuoc, J.C., & Albattat A.R.S. 2020. A Review of Wellness Dimension Models: For The Advancement of the Society. European Journal of Social Sciences Studies, Vol. 5, 2020 Materi: Dimenssions of Wellness Pustaka: Stoewen, D. L. 2017. Dimensions of Wellness: Change Your Habits, Change Your Life. CVJ, Vol. 58, August 2017. Materi: Model Kepribadian Sehat Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesehatan mental selama rentang hidup |
- Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental anak
- Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental remaja
- Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental dewasa
- Mahasiswa mampu menguraikan Kesehatan mental lanjut usia
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Materi: Kesehatan Mental selama Rentang Hidup Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press. Materi: Kepribadian dan Penyesuaian Diri Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius. Materi: Human Development Across the Life Span Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Gangguan mental |
- Mahasiswa mampu mengemukakan definisi gangguan mental
- Mahasiswa mampu menguraikan Kriteria penentuan gangguan mental
- Mahasiswa mampu mengklasifikasi gangguan mental
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Lecturing dan Small Group Discussion 2 X 50 |
Materi: Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi Simtom-simtom Khusus, Neurosis Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 2 : Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi-reaksi Simtom Khusus, Gangguan Penyesuaian Diri Anak-anak Luar Biasa, dan Gangguan Mental yang Berat. Yogyakarta : Kanisius. Materi: Section II Pustaka: American Psychiatric Association. 2022. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition Text Revision. Washington DC: America Psychiatric Association Publishing. Materi: Karakteristik Gangguan Mental Pustaka: Maslim, Rusdi. 2013. Buku Saku: Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III dan DSM-5. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya Materi: Psychological Disorder Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami tentang perlakuan salah pada anak (Child Abuse) |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dari child abuse
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kembali macam-macam dan memberikan contoh child abuse
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang dampak dari child abuse
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Small Group DIscussion 2 X 50 |
Lecturing dan Small Group DIscussion 2 X 50 |
Materi: Problems, Controversion, and Solutions Pustaka: Kinnear, K.L. 2007. Childhood Sexual Abuse A Reference Handbook, Second Edition. California: ABC-CLIO, Inc. Materi: Perlakuan Salah pada Anak Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press. Materi: Perlakuan Salah pada Anak (Child Abuse) Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Topik Materi Pertemuan 1 - 7 |
Kriteria:
Ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Individual Test 2 X 50 |
Individual Test 2 X 50 |
Materi: Topik dari Minggu 1 - 7 Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami Kesejahteraan psikologis |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi kesejahteraan psikologis
- Mahasiswa mampu menerangkan dimensi kesejahteraan psikologis
- Mahasiswa mampu mengemukakan Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesejahteraan psikologis
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecturing dan Contextual Learning 2 X 50 |
Lecturing dan Contextual Learning 2 X 50 |
Materi: Kesejahteraan Psikologis Pustaka: Notosoedirdjo, M. & Latipun. 2001. Kesehatan Mental, Edisi Keempat: Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Penyesuaian dan pertumbuhan diri |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penyesuaian diri
- Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep pertumbuhan diri
|
Kriteria:
Hasil Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Lecturing dan Individual Task 2 X 50 |
Lecturing dan Individual Task 2 X 50 |
Materi: Penyesuaian Diri, Gagal dalam Penyesuaian Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. Materi: Penyesuaian dan Pertumbuhan Diri Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami Konsep diri |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Schemadan Self
- Mahasiswa mampu mengemukakan Konsep diri, Harga diri, dan Diri ideal
- Mahasiswa mampu menerangkan Identitas diri dan Status diri
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual learning, Small group discussion 2 x 50 |
Contextual learning, Small group discussion 2 x 50 |
Materi: Konsep Diri Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami pengaruh Emosi dalam Kesehatan mental |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian dan Fungsi emosi
- Mahasiswa mampu mendiferensiasi Jenis-jenis emosi dan ekspresinya
- Mahasiswa mampu menerapkan cara pengelolaan emosi
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual learning, lecturing, small group discussion 2 X 50 |
Contextual learning, lecturing, small group discussion 2 X 50 |
Materi: Motivation and Emotion Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning Materi: Menuju Kesehatan Mental Prima Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. Materi: Emosi, Masalah Emosional dan Perilaku dalam Konteks Sosial Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik coping dan penyesuaian terhadap kondisi stress |
- Mahasiswa mampu menjelaskan stres dan jenis stres
- Mahasiswa mampu menerangkan Coping stres
- Mahasiswa mampu menerapkan Pengelolaan stres
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lecturing, small group discussion 2 X 50 |
Lecturing, small group discussion 2 X 50 |
Materi: Stress, Coping, and Health Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning Materi: Frustasi dan Stres, Koping Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. Materi: Mekanisme Pertahanan Diri dan Penyesuaian Pustaka: Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yg Terkait. Yogyakarta : Kanisius. Materi: Stres, Coping, dan Penyesuaian terhadap Stred Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami Hubungan interpersonal |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pengaruh sosial dan mempengaruhi orang lain Mahasiswa mampu menerapkan Komunikasi dalam hubungan interpersonal Mahasiswa mampu mengidentifikasi Faktor-faktor yang berpengaruh dalam hubungan interpersonal Mahasiswa mampu menguraikan konflik interpersonal |
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lecturing, Small Group Disucssion 2 X 50 |
Lecturing, Small Group Disucssion
|
Materi: Social behavior Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning Materi: Hubungan Interpersonal Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan penanganan permasalahan Kesehatan mental |
- Mahasiswa mampu memahami Konseling
- Menjelaskan menerangkan Psikoterapi
- Menjelaskan menerapkan Psikoedukasi
|
Kriteria:
Lembar Penilaian Tanya Jawab / Keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lecturing, Small Group Discussion 2 X 50 |
Lecturing, Small Group Discussion 2 X 50 |
Materi: Treatment of Psychological Disorder Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning Materi: Menuju Kesehatan Mental Prima Pustaka: Siswanto. 2020. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. Materi: Pemberdayaan Keluarga dalam Intervensi Kesehatan Mental Pustaka: Dewi, Kartika. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPM Universitas Diponegoro |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
- Latar belakang masalah yang diangkat
- Perencanaan dan pembagian penugasan dalam tim
- Eksekusi atau pelaksanaan project promosi kesehatan mental
- Hasil dari project promosi kesehatan mental
|
Kriteria:
Rentan 1-25 poin di tiap indikator penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentation, Question&Answer 2 X 50 |
Team Project 2 X 50 |
Materi: Pemilihan Topik Project Promosi Kesehatan Mental Pustaka: Weiten, W. 2013. Psychology Themes and Variation 9th Editon. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning |
50% |