Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

7410803075

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

24 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Emmilia Rusdiana, S.H., M.H.




Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H.




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan solutif melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam bidang keilmuannya

PLO-16

Mampu mengintegrasikan dokumen-dokumen hukum keolahragaan dan hukum secara umum dalam merancang peraturan dan kebijakan;

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa mampu merumuskan, menganalisis, dan menyusun proposal penelitian hukum yang sistematis dan metodologis, serta relevan dengan isu-isu hukum terkini.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-16
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Seminar Proposal bertujuan untuk membimbing mahasiswa dalam menyusun dan mempresentasikan proposal penelitian hukum secara sistematis dan ilmiah. Mahasiswa akan mengembangkan keterampilan merumuskan latar belakang, identifikasi masalah, kajian pustaka, dan metodologi penelitian yang sesuai. Mata kuliah ini memberikan ruang diskusi kritis, di mana mahasiswa memperoleh masukan dari dosen dan rekan sejawat untuk menyempurnakan proposal penelitian mereka. Seminar Proposal menekankan pentingnya originalitas, relevansi topik hukum yang diangkat, serta pendekatan metodologis yang tepat untuk menghasilkan penelitian yang bermanfaat secara akademis dan praktis.

Pustaka

Utama :

  1. John W. Creswell,
  2. Wayne C. Booth,
  3. Soerjono Soekanto, "Pengantar Penelitian Hukum," Penerbit UI Press, 1986 Bryman, Alan, "Social Research Methods," Oxford University Press, 2015

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Tamsil, S.H., M.H.

Dr. Sulaksono, S.H., M.H.

Eny Sulistyowati, S.H., M.H.

Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H.

Indri Fogar Susilowati, S.H., M.H.

Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H.

Budi Hermono, S.H., M.H.

Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H.

Muh. Ali Masnun, S.H., M.H.

Dita Perwitasari, S.H., M.Kn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Seminar Proposal - Tujuan, Struktur, dan Kriteria Proposal yang Baik

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-1 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Tujuan, Struktur, dan Kriteria Proposal yang Baik
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

2

Minggu ke 2

Identifikasi Topik Penelitian Hukum - Cara Memilih Topik yang Relevan dan Signifikan

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-2 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Identifikasi Topik Penelitian Hukum - Cara Memilih Topik yang Relevan dan Signifikan
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

3

Minggu ke 3

Merumuskan Latar Belakang Masalah - Teknik Menyusun Latar Belakang yang Komprehensif

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-1 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Tujuan, Struktur, dan Kriteria Proposal yang Baik
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

4

Minggu ke 4

Penyusunan Rumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Penyusunan Rumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

5

Minggu ke 5

Kajian Pustaka - Strategi Mengumpulkan Referensi dan Menyusun Tinjauan Teoritis

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Kajian Pustaka - Strategi Mengumpulkan Referensi dan Menyusun Tinjauan Teoritis
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

6

Minggu ke 6

Metodologi Penelitian Hukum - Pendekatan Normatif dan Empiris dalam Proposal

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Metodologi Penelitian Hukum - Pendekatan Normatif dan Empiris dalam Proposal
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

7

Minggu ke 7

Perumusan Hipotesis atau Asumsi Penelitian - Relevansi dan Keterkaitan dengan Tujuan Penelitian

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-1 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Tujuan, Struktur, dan Kriteria Proposal yang Baik
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

8

Minggu ke 8

Teknik Penulisan Proposal - Pedoman dan Format Penulisan Akademik

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-8 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Teknik Penulisan Proposal - Pedoman dan Format Penulisan Akademik
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

9

Minggu ke 9

Penyusunan Kerangka Proposal - Pembagian Bab dan Sub-Bab secara Logis

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-9 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Penyusunan Kerangka Proposal - Pembagian Bab dan Sub-Bab secara Logis
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

10

Minggu ke 10

Review Proposal - Pembahasan Draft Proposal Mahasiswa Secara Kelompok

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-1 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Tujuan, Struktur, dan Kriteria Proposal yang Baik
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

11

Minggu ke 11

Penyusunan dan Penajaman Bab I (Pendahuluan) - Diskusi dan Perbaikan

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-11 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Penyusunan dan Penajaman Bab I (Pendahuluan) - Diskusi dan Perbaikan
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

12

Minggu ke 12

Penyusunan dan Penajaman Bab II (Kajian Pustaka) - Diskusi dan Perbaikan

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-1 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Penyusunan dan Penajaman Bab II (Kajian Pustaka) - Diskusi dan Perbaikan
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

13

Minggu ke 13

Penyusunan dan Penajaman Bab III (Metodologi Penelitian) - Diskusi dan Perbaikan

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-13 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Penyusunan dan Penajaman Bab III (Metodologi Penelitian) - Diskusi dan Perbaikan
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

14

Minggu ke 14

Simulasi Presentasi Seminar Proposal - Latihan Presentasi dan Pemberian Masukan

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-1 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Tujuan, Struktur, dan Kriteria Proposal yang Baik
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
6%

15

Minggu ke 15

Seminar Proposal - Presentasi Akhir dan Diskusi Kritis

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-15 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Seminar Proposal - Presentasi Akhir dan Diskusi Kritis
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
8%

16

Minggu ke 16

Seminar Proposal - Presentasi Akhir dan Diskusi Kritis

mencakup kejelasan dan relevansi judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, serta jadwal penelitian yang terstruktur dan realistis.

Kriteria:

meliputi kejelasan dan relevansi judul, kedalaman analisis latar belakang, ketepatan rumusan dan tujuan penelitian, kualitas tinjauan pustaka, kelayakan metodologi, serta penyusunan jadwal penelitian yang logis dan terencana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-16 : Menjelaskan dan mempresentasikan terkait Seminar Proposal - Presentasi Akhir dan Diskusi Kritis
50

Materi: menyajikan panduan komprehensif tentang berbagai pendekatan dalam merancang penelitian, termasuk metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, dengan fokus pada langkah-langkah praktis dalam pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: John W. Creswell,

Materi: panduan mendalam tentang proses penelitian dan penulisan akademis, sementara
Pustaka: Wayne C. Booth,

Materi: dasar-dasar metodologi penelitian dalam bidang hukum, sedangkan "Social Research Methods" oleh Alan Bryman (2015) menawarkan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai metode penelitian sosial, sehingga keduanya memberikan landasan yang penting bagi peneliti dalam memahami dan menerapkan teknik penelitian yang tepat dalam konteks hukum dan sosial.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.