Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian

8620703243

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami metode penelitian kuantittif, kualitatif, PTK dan R&D

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami struktur proposal penelitian dan skripsi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengaji tentang konsep dasar dan pelaksanaan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan RnD sesuai dengan langkah- langkah dan prosedur penelitian pendidikan, mencakup: rumusan, hipotesis, variabel penelitian, desain penelitian, teknik sampling, metode pengumpulan data, pengembangan instrumen, analisis data, interpretasi hasil penelitian, penarikan kesimpulan, dan penyusunan proposal sesuai dengan prinsip dan etika ilmiah. Strategi pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah ini adalah studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. Hadi, Sutrisno. 2015. Metodologi Riset . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Rusijono dan Mustaji. 2013. Penelitian teknologi pembelajaran . Surabaya: Unesa University Press.

Pendukung :

  1. Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan.
  2. Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
  3. Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman konsep dasar dan jenis penelitian.

  1. Dapat menjelaskan pengertian penelitian
  2. Dapat menjelaskan jenis penelitian berdasarkan bidangnya
  3. Dapat menjelaskan jenis penelitian berdasarkan tempat penelitian
  4. Dapat menjelaskan jenis penelitian berdasarkan pendekatan penelitian
Kriteria:

Mahasiswa dapat menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan
Pustaka: Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
2%

2

Minggu ke 2

Merumuskan masalah penelitian

  1. Mampu menemukan masalah penelitian di bidang Teknologi Pendidikan
  2. Mampu merumuskan masalah penelitian di bidang Teknologi Pendidikan
Kriteria:

75% mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian di bidang PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan
Pustaka: Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
3%

3

Minggu ke 3

Masalah dan variabel penelitian

  1. Mahasiswa memahami konsep variabel penelitian
  2. Mahasiswa memahami konsep status variabel penelitian
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan variabel penelitian dari suatu masalah penelitian
Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat rumusan tujuan dan menyebutkan variabel yang ada pada setiap masalah peneltian dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan
Pustaka: Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
2%

4

Minggu ke 4

Merumuskan tujuan dan manfaat penelitian

Mahasiswa membuat rumusan tujuan dan manfaat penelitian sesuai masalah yang dipilih

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami materi mengenai kajian pustaka

Mahasiswa menjelaskan tujuan melakukan kajian pustaka

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan kajian pustaka dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan
Pustaka: Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun hipotesis

  1. Mahasiswa menjelaskan pengertian hipotesis
  2. Mahasiswa menjelaskan jenis hipotesis
  3. Mahasiswa merumuskan hipotesis
  4. Mampu menjelaskan teori yang mendasari hipotesis
Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan mulai dari pengertian hingga teori yang mendasari hipotesis dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan
Pustaka: Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami berbagai jenis penelitian

  1. Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan bidangnya
  2. Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan tempatnya
  3. Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan pemakaiannya
  4. Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan pendekatannya
Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan jenis penelitian dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Jenis metode penelitian
Pustaka: Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa menguasai materi perkuliahan pertemuan 1 - 7

Mahasiswa mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
4 X 50
Tes Sumatif
4 X 50
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami populasi dan sampel penelitian

  1. Mahasiswa menjelaskan pengertian populasi
  2. Mahasiswa menjelaskan pengertian sampel
  3. Mahasiswa menjelaskan karakteristik utama sampel
  4. Mahasiswa menjelaskan jenis teknik sampling
Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan populasi dan sampel dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Populasi dan Sampel
Pustaka: Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif.
2%

10

Minggu ke 10

Memahami berbagai data penelitian

Mahasiswa memilih desain data yang sesuai dengan masalah penelitian dan kondisi di lapangan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelasakan berbagai desain eksperimen dan mampu memilih desain elsperimen yang sesuai dengan masalah penelitian dan kondisi di lapangan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Desain Penelitian
Pustaka: Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merancang penelitian dalam bentuk proposal penelitian TA dan mempresentasikannya dg kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

  1. Ketepatan sistematika proposal
  2. Ketapatan tata tulis proposal
  3. Konsistensi penulisan proposal
  4. Kerapian sajian proposal Penguasaan materi proposal
  5. Kompleksitas berfikir
  6. Tepat waktu dan kesesuaian dengan rencana tugas
Kriteria:
  1. Kesesuaian rancangan proposal penelitian dengan metodologi penelitian
  2. Ketepatan dalam argumen saat presentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Rancangan Proposal
Pustaka: Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengembangkan instrumen penelitian

  1. Mahasiswa mampu menyusun definisi operasional variabel
  2. Mahasiswa mampu mengembangkan indikator variabel
  3. Mahasiswa mampu membuat kisi-kisi pengembangan instrumen
  4. Mahasiswa mampu menyusun butir-butir instrumen
Kriteria:

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan mampu mengerjakan tugas dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Struktur Proposal
Pustaka: Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis data dengan tepat

  1. Mahasiswa menguasai berbagai teknik analisis data
  2. Mahasiswa mampu memilih teknik analisis data dengan tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dapat menjawab butir penilaian dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Analisis Data
Pustaka: Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menyusun proposal penelitian

Mampu menyusun proposal di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun proposal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Penelitian Teknologi Pendidikan
Pustaka: Rusijono dan Mustaji. 2013. Penelitian teknologi pembelajaran . Surabaya: Unesa University Press.
10%

15

Minggu ke 15

Mampu menyusun proposal penelitian

Mampu menyusun proposal di bidang teknologi pendidikan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun proposal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi
4 X 50
Materi: Penelitian Teknologi Pendidikan
Pustaka: Rusijono dan Mustaji. 2013. Penelitian teknologi pembelajaran . Surabaya: Unesa University Press.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
4 X 50
Tes Sumatif
4 X 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.