|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian |
8620703243 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami metode penelitian kuantittif, kualitatif, PTK dan R&D
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami struktur proposal penelitian dan skripsi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengaji tentang konsep dasar dan pelaksanaan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan RnD sesuai dengan langkah- langkah dan prosedur penelitian pendidikan, mencakup: rumusan, hipotesis, variabel penelitian, desain penelitian, teknik sampling, metode pengumpulan data, pengembangan instrumen, analisis data, interpretasi hasil penelitian, penarikan kesimpulan, dan penyusunan proposal sesuai dengan prinsip dan etika ilmiah. Strategi pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah ini adalah studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hadi, Sutrisno. 2015. Metodologi Riset . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Rusijono dan Mustaji. 2013. Penelitian teknologi pembelajaran . Surabaya: Unesa University Press.
|
Pendukung : |
|
- Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan.
- Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
- Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman konsep dasar dan jenis penelitian. |
- Dapat menjelaskan pengertian penelitian
- Dapat menjelaskan jenis penelitian berdasarkan bidangnya
- Dapat menjelaskan jenis penelitian berdasarkan tempat penelitian
- Dapat menjelaskan jenis penelitian berdasarkan pendekatan penelitian
|
Kriteria:
Mahasiswa dapat menjelaskan dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan Pustaka: Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Merumuskan masalah penelitian |
- Mampu menemukan masalah penelitian di bidang Teknologi Pendidikan
- Mampu merumuskan masalah penelitian di bidang Teknologi Pendidikan
|
Kriteria:
75% mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian di bidang PAUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan Pustaka: Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Masalah dan variabel penelitian |
- Mahasiswa memahami konsep variabel penelitian
- Mahasiswa memahami konsep status variabel penelitian
- Mahasiswa mampu menjelaskan variabel penelitian dari suatu masalah penelitian
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat rumusan tujuan dan menyebutkan variabel yang ada pada setiap masalah peneltian dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan Pustaka: Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Merumuskan tujuan dan manfaat penelitian |
Mahasiswa membuat rumusan tujuan dan manfaat penelitian sesuai masalah yang dipilih |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
|
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami materi mengenai kajian pustaka |
Mahasiswa menjelaskan tujuan melakukan kajian pustaka |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan kajian pustaka dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan Pustaka: Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menyusun hipotesis |
- Mahasiswa menjelaskan pengertian hipotesis
- Mahasiswa menjelaskan jenis hipotesis
- Mahasiswa merumuskan hipotesis
- Mampu menjelaskan teori yang mendasari hipotesis
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan mulai dari pengertian hingga teori yang mendasari hipotesis dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan Pustaka: Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami berbagai jenis penelitian |
- Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan bidangnya
- Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan tempatnya
- Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan pemakaiannya
- Mahasiswa menjelaskan jenis penelitian berdasarkan pendekatannya
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis penelitian dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Jenis metode penelitian Pustaka: Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa menguasai materi perkuliahan pertemuan 1 - 7 |
Mahasiswa mengerjakan soal UTS |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 4 X 50 |
Tes Sumatif 4 X 50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami populasi dan sampel penelitian |
- Mahasiswa menjelaskan pengertian populasi
- Mahasiswa menjelaskan pengertian sampel
- Mahasiswa menjelaskan karakteristik utama sampel
- Mahasiswa menjelaskan jenis teknik sampling
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan populasi dan sampel dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Populasi dan Sampel Pustaka: Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami berbagai data penelitian |
Mahasiswa memilih desain data yang sesuai dengan masalah penelitian dan kondisi di lapangan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelasakan berbagai desain eksperimen dan mampu memilih desain elsperimen yang sesuai dengan masalah penelitian dan kondisi di lapangan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Desain Penelitian Pustaka: Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang penelitian dalam bentuk proposal penelitian TA dan mempresentasikannya dg kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
- Ketepatan sistematika proposal
- Ketapatan tata tulis proposal
- Konsistensi penulisan proposal
- Kerapian sajian proposal Penguasaan materi proposal
- Kompleksitas berfikir
- Tepat waktu dan kesesuaian dengan rencana tugas
|
Kriteria:
- Kesesuaian rancangan proposal penelitian dengan metodologi penelitian
- Ketepatan dalam argumen saat presentasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Rancangan Proposal Pustaka: Creswell, John W. 2016. Research Design , Pendekatan, metode kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengembangkan instrumen penelitian |
- Mahasiswa mampu menyusun definisi operasional variabel
- Mahasiswa mampu mengembangkan indikator variabel
- Mahasiswa mampu membuat kisi-kisi pengembangan instrumen
- Mahasiswa mampu menyusun butir-butir instrumen
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan mampu mengerjakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Struktur Proposal Pustaka: Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis data dengan tepat |
- Mahasiswa menguasai berbagai teknik analisis data
- Mahasiswa mampu memilih teknik analisis data dengan tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dapat menjawab butir penilaian dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Analisis Data Pustaka: Ghony, M. D. (2016). Metodologi penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyusun proposal penelitian |
Mampu menyusun proposal di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun proposal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Penelitian Teknologi Pendidikan Pustaka: Rusijono dan Mustaji. 2013. Penelitian teknologi pembelajaran . Surabaya: Unesa University Press. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menyusun proposal penelitian |
Mampu menyusun proposal di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun proposal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi 4 X 50 |
Materi: Penelitian Teknologi Pendidikan Pustaka: Rusijono dan Mustaji. 2013. Penelitian teknologi pembelajaran . Surabaya: Unesa University Press. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 4 X 50 |
Tes Sumatif 4 X 50 |
|
15% |