Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Cabor Sepatu Roda

8520204591

T=2

P=1

ECTS=4.77

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mempraktikkan metode-metode pelatihan teknik Karate baik Kihon (teknik dasar), Kata (jurus), Kumite (teknik perkelahian), Ishodori (teknik bela diri praktis). Mempelajari sistem pertandingan karate dan praktik perwasitan. Filosofis Karate-Do pun dalam kajian diskusi. Model –Model dan media pembelajaran peningkatan prestasi saat ini.

Pustaka

Utama :

  1. Perry Paul. 1992. Bebas Cidera Karate . Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2. Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
  3. Prayitno Kwat dan P. Rahmadi Guruh. 2007. Karate Kata. Jombang: K-Media.
  4. Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
  5. Yulfadinata Afifan dan Wisnu Hari. 2017. Buku Ajar Mahasiswa Beladiri Karate . Surabaya: Unesa University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami Berbagai model latihan Teknik dasar atau Kihon

Memahami Berbagai model latihan Teknik dasar atau Kihon

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu mempraktikkan Model-model latihan kekuatan pukulan atau punching

Menguasai berbagai Model-model latihan kekuatan pukulan atau punching

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu mempraktikkan Latihan teknik SHITEI KATA atau JURUS WAJIB

Menguasai teknik SHITEI KATA atau JURUS WAJIB

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu mempraktikkan latihan dasar pernafasan atau hara karate-do

Menguasai teknik dasar pernafasan atau hara karate-do

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu mempraktikkan Metode dan Prinsip latihan KUMITE atau teknik perkelahian

Menguasai Metode dan Prinsip latihan KUMITE atau teknik perkelahian

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu mempraktikkan Bela diri praktis atau BDP

Menguasai teknik Bela diri praktis atau BDP

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Praktik lapangan
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu mempraktikkan Metode dan konsep latihan TENDANGAN

Menguasai Metode dan konsep latihan TENDANGAN

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu mempraktikkan Model latihan kecepatan punching dan kicking

Menguasai Model latihan kecepatan punching dan kicking

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu mempraktikkan Model latihan kelincahan dengan pendekatan jurus pilihan

Menguasai Model latihan kelincahan dengan pendekatan jurus pilihan

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu mempraktikkan Perwasitan karate-do

Menguasai Perwasitan karate-do

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu melakukan Simulasi Pertandingan

Memahami pertandingan karate-do dan mensimulasikan

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu melakukan Simulasi Pertandingan

Memahami pertandingan karate-do dan mensimulasikan

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu memecahkan Isu-isu dan masalah dalam implementasi perkembangan karate

Memahami Isu-isu dan masalah dalam implementasi perkembangan karate

Praktek lapangan,Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.