Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bahan Pembelajaran Inovatif: Ekomedia dan IT

1234603002

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=6.72

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agusniar Dian Savitri, M.Pd., Dr. Yuniseffendri, M.Pd.




Dr. Yuniseffendri, M.Pd.




Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

PLO-6

Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.

PLO-7

Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner yang diakui secara nasional/internasional

PLO-8

Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA

PLO-10

Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep dan inovasi bahan pembelajaran

PO - 2

Mampu mengembangkan bahan pembelajaran inovatif berbasis lingkungan (ekobahan)

PO - 3

Mampu mengembangkan bahan pembelajaran inovatif berbasis IT

PO - 4

Mampu mengembangkan bahan pembelajaran inovatif untuk BIPA

PO - 5

Mampu menerapkan bahan pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-10
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi bahan pembelajaran bahasa Indonesia yang mencakup konsep inovasi, definisi inovasi, metode inovasi, tingkat inovasi bahan pembelajaran bahasa Indonesia baik yang bahan pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis lingkungan (ekobahan) maupun yang berbasis teknologi; pencarian contoh-contoh inovasi bahan pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis lingkungan dan teknologi serta penciptaan inovasi melalui kegiatan studi literatur, pencarian contoh inovasi di internet dan praktik lapangan serta proyek pengembangan inovasi bahan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis lingkungan dan teknologi pada tingkat yang diinginkan.

Pustaka

Utama :

  1. Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
  2. Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  3. Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Pendukung :

  1. Artikel jurnal

Dosen Pengampu

Dr. Yuniseffendri, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengertian, peran, fungsi, karakteristik, dan penggunaan bahan pembelajaran

pengertian, peran, fungsi, karakteristik, dan penggunaan bahan pembelajaran

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

2

Minggu ke 2

Memahami pengertian inovasi, karakteristik inovasi, dan metode pengembangan

pengertian inovasi, karakteristik inovasi, dan metode pengembangan

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

3

Minggu ke 3

memahami bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan) serta proses pengembangannya

bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan) serta proses pengembangannya

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

4

Minggu ke 4

Menyusun rancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan

ancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan)

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

5

Minggu ke 5

Memahami bahan pembelajaran berbasis IT serta proses pengembangannya

bahan pembelajaran berbasis IT serta proses pengembangannya

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
8%

6

Minggu ke 6

Menyusun rancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis IT

rancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis IT

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Memahami bahan pembelajaran BIPA serta proses pengembangannya

bahan pembelajaran BIPA serta proses pengembangannya

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
8%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengan Semester

Ujian Tengan Semester

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Tes
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Menyusun rancangan pengembangan bahan pembelajaran BIPA

rancangan pengembangan bahan pembelajaran BIPA

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Menerapkan ekobahan pembelajaran yang dikembangkan dalam kelas

ekobahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Menerapkan ekobahan pembelajaran yang dikembangkan dalam kelas

ekobahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

12

Minggu ke 12

Menerapkan bahan pembelajaran berbasis IT yang dikembangkan dalam kelas

bahan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis IT

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Menerapkan bahan pembelajaran berbasis IT yang dikembangkan dalam kelas

bahan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis IT

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Menerapkan bahan pembelajaran BIPA yang dikembangkan dalam kelas

bahan pembelajaran bahasa Indonesia untuk BIPA di kelas

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Publikasi bahan pembelajaran

Publikasi bahan pembelajaran

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
7%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
Pustaka:

Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pustaka:

Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka:

Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Pustaka:
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.