|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahan Pembelajaran Inovatif: Ekomedia dan IT |
1234603002 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=6.72 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agusniar Dian Savitri, M.Pd., Dr. Yuniseffendri, M.Pd.
|
Dr. Yuniseffendri, M.Pd.
|
Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia. |
PLO-6 |
Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. |
PLO-7 |
Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner yang diakui secara nasional/internasional |
PLO-8 |
Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA |
PLO-10 |
Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami konsep dan inovasi bahan pembelajaran
|
PO - 2 |
Mampu mengembangkan bahan pembelajaran inovatif berbasis lingkungan (ekobahan)
|
PO - 3 |
Mampu mengembangkan bahan pembelajaran inovatif berbasis IT
|
PO - 4 |
Mampu mengembangkan bahan pembelajaran inovatif untuk BIPA
|
PO - 5 |
Mampu menerapkan bahan pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi bahan pembelajaran
bahasa Indonesia yang mencakup konsep inovasi, definisi inovasi, metode inovasi, tingkat inovasi bahan pembelajaran bahasa
Indonesia baik yang bahan pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis lingkungan (ekobahan) maupun yang berbasis
teknologi; pencarian contoh-contoh inovasi bahan pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis lingkungan dan teknologi
serta penciptaan inovasi melalui kegiatan studi literatur, pencarian contoh inovasi di internet dan praktik lapangan serta
proyek pengembangan inovasi bahan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis lingkungan dan teknologi pada tingkat yang
diinginkan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge
- Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
- Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yuniseffendri, S.Pd., M.Pd. Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengertian, peran, fungsi, karakteristik, dan penggunaan bahan pembelajaran |
pengertian, peran, fungsi, karakteristik, dan penggunaan bahan pembelajaran |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pengertian inovasi, karakteristik inovasi, dan metode pengembangan |
pengertian inovasi, karakteristik inovasi, dan metode pengembangan |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
3
Minggu ke 3 |
memahami bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan) serta proses pengembangannya |
bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan) serta proses pengembangannya |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun rancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan |
ancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis lingkungan (ekobahan) |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami bahan pembelajaran berbasis IT serta proses pengembangannya |
bahan pembelajaran berbasis IT serta proses pengembangannya |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun rancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis IT |
rancangan pengembangan bahan pembelajaran berbasis IT |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami bahan pembelajaran BIPA serta proses pengembangannya |
bahan pembelajaran BIPA serta proses pengembangannya |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengan Semester |
Ujian Tengan Semester |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun rancangan pengembangan bahan pembelajaran BIPA |
rancangan pengembangan bahan pembelajaran BIPA |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan ekobahan pembelajaran yang dikembangkan dalam kelas |
ekobahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Menerapkan ekobahan pembelajaran yang dikembangkan dalam kelas |
ekobahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Menerapkan bahan pembelajaran berbasis IT yang dikembangkan dalam kelas |
bahan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis IT |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menerapkan bahan pembelajaran berbasis IT yang dikembangkan dalam kelas |
bahan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis IT |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menerapkan bahan pembelajaran BIPA yang dikembangkan dalam kelas |
bahan pembelajaran bahasa Indonesia untuk BIPA di kelas |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Publikasi bahan pembelajaran |
Publikasi bahan pembelajaran |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Hall, David and Hewings, Ann. 2001. Innovation in English Language Teaching. A Reader. London:Routhledge Pustaka: Materi: Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Pustaka: Materi: Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pustaka: Materi: Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. Pustaka: |
0% |