Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PROPOSAL TUGAS AKHIR

8611703059

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.




.......................................




Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu memformulasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan luar biasa;

PLO-8

Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;

PLO-9

Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan luar biasa secara kontekstual;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Baca Tulis Braille yang berbasis ICT

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan tentang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pada desain, pemanfaatan dan pengelolaan alat-alat tulis braille dan program Mibee Braille Converter Versi 4 (MBC4) dalam format braille, baik matematika, bahasa Indonesia, baca tulis Braille huruf Arab, dan Inggris, tusing tanda kata, tusing tanda bagian kata dan sibra untuk siswa tunanetra.

Pustaka

Utama :

  1. Yayasan Mitra Netra ,(2004). Program Mibee Braille Conventer 4 (MBC 4) . Jakarta.
  2. Yayasan Mitra Netra, (2004). Petunjuk Penggunaan Mibee Braille Conventer 4 (MBC 4) . Jakarta.
  3. Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
  4. Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana .
  5. Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI.
  6. Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc.
  7. Barbara B.Seels, dkk, 1994. Instructional Technology : The Definition and Domains Of the Field . Washington, DC, The Publication Sales Department.
  8. Menteri Pendidikan Nasional, 2000. Sistem Braille Indonesia Bidang Kimia. Jakarta : Depdikbud.
  9. Menteri Pendidikan Nasional, 2001. Sistem Braille Indonesia Bidang Matematika. Jakarta : Depdikbud.
  10. Menteri Pendidikan Nasional, 2001. Sistem Braille Indonesia Bidang Fisika. Jakarta : Depdikbud.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah baca tulis braille berbasis ICT

  1. Menjelaskan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah baca tulis braille berbasis ICT
  2. Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah baca tulis braille berbasis ICT
Kriteria:
  1. 4: menyebut dan menjelaskan 4 CP dengan dengan tepat
  2. 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 3 CP
  3. 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 CP
  4. 1: mneyebut dan menjelaskan 1 CP
  5. 0: tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
SaintifikKolaboratif
2 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI.
3%

2

Minggu ke 2

Memahami teori instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille

Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille

Kriteria:
  1. 4: menyebut dan menjelaskan 5 macam bentuk pembelajaran dengan tepat
  2. 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 3 macam bentuk pembelajaran
  3. 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 macam bentuk pembelajaran
  4. 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam bentuk pembelajaran
  5. 0: tidak menjawab.
  6. 4: menjelaskant 3 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  7. 3: menjelaskant 2 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  8. 2: menjelaskant 1 fenomena dan problematika pembelajaran ATN dengan benar alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  9. 1: menjelaskan salah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Saintifik Kolaboratif
3 X 50

Materi: Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille
Pustaka: Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
2%

3

Minggu ke 3

Memahami teori instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille

Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille

Kriteria:
  1. 4: menyebut dan menjelaskan 5 macam bentuk pembelajaran dengan tepat
  2. 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 3 macam bentuk pembelajaran
  3. 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 macam bentuk pembelajaran
  4. 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam bentuk pembelajaran
  5. 0: tidak menjawab.
  6. 4: menjelaskant 3 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  7. 3: menjelaskant 2 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  8. 2: menjelaskant 1 fenomena dan problematika pembelajaran ATN dengan benar alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  9. 1: menjelaskan salah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Saintifik Kolaboratif
3 X 50

Materi: Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana .
2%

4

Minggu ke 4

Menkonstruksi tulisan abjad braille ke dalam kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan reglet dan stylus

Mendeskripsikan tulisan abjad braille ke dalam kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan reglet dan stylus

Kriteria:
  1. 4: menjelaskant 3 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  2. 3: menjelaskant 2 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  3. 2: menjelaskant 1 fenomena dan problematika pembelajaran ATN dengan benar alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
  4. 1: menjelaskan salah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
1. Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: Mendeskripsikan tulisan abjad braille ke dalam kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan reglet dan stylus
Pustaka: Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc.
2%

5

Minggu ke 5

Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas

· Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya

Kriteria:

4: hasil paparan setiap individu dalam menulis huruf braille dan translate braille ke tulisan awas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
1. Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana .
2%

6

Minggu ke 6

Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas

· Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya

Kriteria:

4: hasil paparan setiap individu dalam menulis huruf braille dan translate braille ke tulisan awas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: · Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI.
2%

7

Minggu ke 7

Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas

· Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya

Kriteria:

4: hasil paparan setiap individu dalam menulis huruf braille dan translate braille ke tulisan awas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
1. Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana .
2%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50

Materi: Semua materi 1-7
Pustaka: Yayasan Mitra Netra, (2004). Petunjuk Penggunaan Mibee Braille Conventer 4 (MBC 4) . Jakarta.
10%

9

Minggu ke 9

· Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika

· Menerapkan program MBC 4 dengan menggunakan keyboard pada 6 abjad dalam menulis braille · Mengkombinasi-kan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika penjumlahan, pengurangan dan perkalian Mengkombinasikan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika geometri

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1.Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc.
5%

10

Minggu ke 10

· Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika

· Menerapkan program MBC 4 dengan menggunakan keyboard pada 6 abjad dalam menulis braille · Mengkombinasi-kan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika penjumlahan, pengurangan dan perkalian Mengkombinasikan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika geometri

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1.Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Barbara B.Seels, dkk, 1994. Instructional Technology : The Definition and Domains Of the Field . Washington, DC, The Publication Sales Department.
5%

11

Minggu ke 11

Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)

Mendeskripsikan gambar-gambar yang digunakan dalam bidang studi Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
· Saintifik Kolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc.
10%

12

Minggu ke 12

· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang baca tulis Alqur’an Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang bahasa Inggris

· Mendeskripsi-kan dalam bidang baca tulis Alqur’an dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang bahasa Inggris dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI.
10%

13

Minggu ke 13

· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang baca tulis Alqur’an Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang bahasa Inggris

· Mendeskripsi-kan dalam bidang baca tulis Alqur’an dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang bahasa Inggris dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Saintifik2. Kolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
10%

14

Minggu ke 14

· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang fisika Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang kimia

· Mendeskripsikan dalam bidang fisika dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang kimia dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
SaintifikKolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI.
10%

15

Minggu ke 15

· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang fisika Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang kimia

· Mendeskripsikan dalam bidang fisika dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang kimia dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
SaintifikKolaboratif
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana .
10%

16

Minggu ke 16

UJIAN SUMATIF

UJIAN SUMATIF

Kriteria:

UJIAN SUMATIF


Bentuk Penilaian :
Tes
UJIAN SUMATIF
3 X 50

Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika
Pustaka: Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Penilaian Portofolio 3%
4. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.