|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PROPOSAL TUGAS AKHIR |
8611703059 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.
|
.......................................
|
Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu memformulasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan luar biasa; |
PLO-8 |
Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
PLO-9 |
Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan luar biasa secara kontekstual; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Baca Tulis Braille yang berbasis ICT
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan tentang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pada desain, pemanfaatan dan pengelolaan alat-alat tulis braille dan program Mibee Braille Converter Versi 4 (MBC4) dalam format braille, baik matematika, bahasa Indonesia, baca tulis Braille huruf Arab, dan Inggris, tusing tanda kata, tusing tanda bagian kata dan sibra untuk siswa tunanetra. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Yayasan Mitra Netra ,(2004). Program Mibee Braille Conventer 4 (MBC 4) . Jakarta.
- Yayasan Mitra Netra, (2004). Petunjuk Penggunaan Mibee Braille Conventer 4 (MBC 4) . Jakarta.
- Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
- Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana .
- Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI.
- Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc.
- Barbara B.Seels, dkk, 1994. Instructional Technology : The Definition and Domains Of the Field . Washington, DC, The Publication Sales Department.
- Menteri Pendidikan Nasional, 2000. Sistem Braille Indonesia Bidang Kimia. Jakarta : Depdikbud.
- Menteri Pendidikan Nasional, 2001. Sistem Braille Indonesia Bidang Matematika. Jakarta : Depdikbud.
- Menteri Pendidikan Nasional, 2001. Sistem Braille Indonesia Bidang Fisika. Jakarta : Depdikbud.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah baca tulis braille berbasis ICT |
- Menjelaskan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah baca tulis braille berbasis ICT
- Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah baca tulis braille berbasis ICT
|
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 4 CP dengan dengan tepat
- 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 3 CP
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 CP
- 1: mneyebut dan menjelaskan 1 CP
- 0: tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
SaintifikKolaboratif 2 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami teori instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille |
Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille |
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 5 macam bentuk pembelajaran dengan tepat
- 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 3 macam bentuk pembelajaran
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 macam bentuk pembelajaran
- 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam bentuk pembelajaran
- 0: tidak menjawab.
- 4: menjelaskant 3 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 3: menjelaskant 2 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 2: menjelaskant 1 fenomena dan problematika pembelajaran ATN dengan benar alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 1: menjelaskan salah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille Pustaka: Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami teori instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille |
Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille |
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 5 macam bentuk pembelajaran dengan tepat
- 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 3 macam bentuk pembelajaran
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 macam bentuk pembelajaran
- 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam bentuk pembelajaran
- 0: tidak menjawab.
- 4: menjelaskant 3 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 3: menjelaskant 2 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 2: menjelaskant 1 fenomena dan problematika pembelajaran ATN dengan benar alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 1: menjelaskan salah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan instructional tecnology dan strategi belajar braille serta alat-alat dalam baca tulis braille Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana . |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menkonstruksi tulisan abjad braille ke dalam kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan reglet dan stylus |
Mendeskripsikan tulisan abjad braille ke dalam kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan reglet dan stylus |
Kriteria:
- 4: menjelaskant 3 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 3: menjelaskant 2 alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 2: menjelaskant 1 fenomena dan problematika pembelajaran ATN dengan benar alat yang digunakan untuk baca tulis braille dengan benar.
- 1: menjelaskan salah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
1. Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: Mendeskripsikan tulisan abjad braille ke dalam kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan reglet dan stylus Pustaka: Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas |
· Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya |
Kriteria:
4: hasil paparan setiap individu dalam menulis huruf braille dan translate braille ke tulisan awas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
1. Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana . |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas |
· Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya |
Kriteria:
4: hasil paparan setiap individu dalam menulis huruf braille dan translate braille ke tulisan awas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas |
· Menyusun tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan · Menyusun tulisan braille matematika dalam bilangan desimal dan pecahan Mentransfer tulisan braille ke tulisan awas dan sebaliknya |
Kriteria:
4: hasil paparan setiap individu dalam menulis huruf braille dan translate braille ke tulisan awas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
1. Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: Menkonstruksi tulisan braille matematika dalam mengenal lambang bilangan, desimal, pecahan dan operasi hitung dengan menggunakan reglet A4 dan stylus, serta mentranslate tulisan braille ke tulisan awas Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana . |
2% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 3 X 50 |
|
Materi: Semua materi 1-7 Pustaka: Yayasan Mitra Netra, (2004). Petunjuk Penggunaan Mibee Braille Conventer 4 (MBC 4) . Jakarta. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
· Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika |
· Menerapkan program MBC 4 dengan menggunakan keyboard pada 6 abjad dalam menulis braille · Mengkombinasi-kan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika penjumlahan, pengurangan dan perkalian Mengkombinasikan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika geometri |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1.Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
· Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika |
· Menerapkan program MBC 4 dengan menggunakan keyboard pada 6 abjad dalam menulis braille · Mengkombinasi-kan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika penjumlahan, pengurangan dan perkalian Mengkombinasikan 6 abjad dalam keyboard untuk menulis braille sebagai cara membelajarkan bidang matematika geometri |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1.Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Barbara B.Seels, dkk, 1994. Instructional Technology : The Definition and Domains Of the Field . Washington, DC, The Publication Sales Department. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) |
Mendeskripsikan gambar-gambar yang digunakan dalam bidang studi Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
· Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Sharon E Smaldino, dkk, 2005. Instructional Technology and Media For Learning . Ohio, By Pearson Education, Inc. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang baca tulis Alqur’an Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang bahasa Inggris |
· Mendeskripsi-kan dalam bidang baca tulis Alqur’an dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang bahasa Inggris dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang baca tulis Alqur’an Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang bahasa Inggris |
· Mendeskripsi-kan dalam bidang baca tulis Alqur’an dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang bahasa Inggris dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Saintifik2. Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang fisika Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang kimia |
· Mendeskripsikan dalam bidang fisika dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang kimia dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
SaintifikKolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Modul Pembelajaran Sistem Tulisan Singkat Braille dan Bahasa Inggris . Bandung, FIP –UPI. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
· Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang fisika Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang kimia |
· Mendeskripsikan dalam bidang fisika dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer Mendeskripsi-kan dalam bidang kimia dengan menggunakan keyboard 6 titik di MBC 4 program komputer |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
SaintifikKolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Didi Tarsidi, 2010. Belajar Braille . Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Sekolah Pasca-Sarjana . |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN SUMATIF |
UJIAN SUMATIF |
Kriteria:
UJIAN SUMATIF Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN SUMATIF 3 X 50 |
|
Materi: · Memahami pembelajaran braille dengan menggunakan program Mibee Braille Conventer versi 4 di Komputer Mengaplikasikan MBC 4 dalam bidang matematika Pustaka: Muhammad Shohib, (2012). Pedoman Membaca dan Menulis Alqur’an Braille. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. |
15% |