|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis dan Modifikasi Perilaku |
8620102217 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
14 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd
|
Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd
|
Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling |
PLO-10 |
Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian dalam melandasi pelayanan bimbingan dan konseling
|
PO - 2 |
Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan konsep dan praktis tentang analisis modifikasi perilaku, Prinsip-prinsip terbentuknya tingkah laku, Prosedur menganalisis tingkah laku, Strategi-strategi mengajarkan tingkah laku baru, Strategi-strategi mengembangkan tingkah laku positif, Strategi-strategi mengurangi tingkah laku negatif, Strategi-strategi mengelola tingkah laku, Prosedur mengevaluasi program analisis dan pengubahan tingkah laku. Pemahaman landasan teoritik diperdalam melalui kegiatan praktikum dengan mengaplikasikan kajian yang telah dipelajari sehingga mahasiswa mampu untuk mendiagnosis dan menggunakan hasil analisis masalah dalam proses konseling berikutnya. (metode bahan kajian) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.
- Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.
- Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage
- Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
- Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
|
Pendukung : |
|
- Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29.
- Horner, R. H., & Sugai, G. (2015). School-wide PBIS: An example of applied behavior analysis implemented at a scale of social importance. Behavior analysis in practice, 8, 80-85.
- Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd. Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd. Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menelaah latar belakang teori analisis dan pengubahan tingkah laku |
- Dapat memahami hakikat tingkah laku normal & bermasalah
- Dapat memahami teori belajar sosial, Teori Biofisik, Kognitifisme, Psikoanalisis
- Dapat menjelaskan modifikasi tingkah laku
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian diskusi dan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil tentang teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku 2 X 50 |
|
Materi: Pokok teori analisis dan pengubahan tingkah laku Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Hakikat tingkah laku normal & bermasalah Pustaka: Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications. Materi: teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mampu menelaah latar belakang teori analisis dan pengubahan tingkah laku
- Mampu menjelaskan teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku
|
- Dapat memahami hakikat tingkah laku normal & bermasalah
- Dapat memahami teori belajar sosial, Teori Biofisik, Kognitifisme, Psikoanalisis
- Dapat menjelaskan modifikasi tingkah laku
- Dapat menjelaskan teori-teori modifikasi tingkah laku
|
Kriteria:
Rubruk Penilaian diskusi dan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi kelompok kecil tentang teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku 2 X 50 |
|
Materi: Pokok teori analisis dan pengubahan tingkah laku Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Hakikat tingkah laku normal & bermasalah Pustaka: Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications. Materi: teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis prinsip-prinsp terbentuknya perilaku |
- Memahami Prinsip Penguatan Tingkah Laku
- Memahami Prinsip Token Reinforcment
- Memahami Kontrak Kontingensi
- Memahami Prinsip Penurunan Tingkah Laku
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok kecil dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Konsep reinforcement dan punishment Pustaka: Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29. Materi: Imitation, Chaining, Shaping Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis prinsip-prinsp terbentuknya perilaku |
- Memahami Prinsip Penguatan Tingkah Laku
- Memahami Prinsip Token Reinforcment
- Memahami Kontrak Kontingensi
- Memahami Prinsip Penurunan Tingkah Laku
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Konsep reinforcement dan punishment Pustaka: Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29. Materi: Imitation, Chaining, Shaping Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge. Materi: Konsep reinforcement dan punishment Pustaka: Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Imitasi
- Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt
|
- Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru
- Mahasiswa mampu menguasi konsep modelling
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru:Imitasi Pustaka: Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage Materi: Mahasiswa mampu menguasi konsep modelling Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Imitasi
- Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt
|
- konsep pengembangan tingkah laku baru
- menguasi konsep modelling
- menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Shaping
- konsep pengembangan tingkah laku baru: Chaining
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru:Imitasi Pustaka: Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage Materi: Mahasiswa mampu menguasi konsep modelling Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge. Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru: Shaping Pustaka: Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications. Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru:Chaining Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menguasi konsep strategi pengubana tingkah laku |
- konsep operant behaviour dan operant conditioning
- mempraktikkan operant behaviour dan operant conditioning
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: konsep operant behaviour dan operant conditioning Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Konsep operant behaviour dan operant conditioning Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Menguasai kemampuan akhir 1 s.d. 7 |
Kriteria:
Diseri skor 4 bila jawaban benarDiberi skor 3 bila jawaban cukup benarDiberi skor 2 bila jawaban banyak salahnyaDiberi skor 1 bila jawaban salahDiberi skor 0 bila tidak mengerjakanNilai = (Total skor: 20) x 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
2 X 50 |
|
Materi: Teori dan Praktik Konseling Psikoterapi Pustaka: Flanagan and Flanagan. 2012. Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice. USA : John Wiley Materi: Strategi Interviewing Pustaka: Cormier, W.H. & Cormier, L.S. 1985. Interviewing Strategies for Helpers. Fundamentals Skills and Cognitive Behavioral Interventions. 2nd. ed.. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company. Materi: Teori Konseling Psikoterapi Pustaka: Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami dan memraktikan strategi mengelola tingkah laku |
- Dapat Menjelasakan makna pengukuruan tingkah laku
- Dapat Menjelaskan Pengumpulan data dalam pengukuran tingkah laku
- Dapat menerapkan Rekaman Anekdot
- Dapat mempraktikkan cara merekam ANTECEDENT BEHAVIOR CONSEQUENSE
- Dapat Menjelaskan Rekaman Frekuensi dan rate
- Dapat Mnejelaskan Rekaman Interval dan Time Sampling
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Makna pengukuruan tingkah laku Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: engumpulan data dalam pengukuran tingkah laku Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami dan memraktikan strategi mengelola tingkah laku |
- Dapat Menjelasakan makna pengukuruan tingkah laku
- Dapat Menjelaskan Pengumpulan data dalam pengukuran tingkah laku
- Dapat menerapkan Rekaman Anekdot
- Dapat mempraktikkan cara merekam ANTECEDENT BEHAVIOR CONSEQUENSE
- Dapat Menjelaskan Rekaman Frekuensi dan rate
- Dapat Mnejelaskan Rekaman Interval dan Time Sampling
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Makna pengukuruan tingkah laku Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: engumpulan data dalam pengukuran tingkah laku Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami dan mempraktikan evaluasi program pengubahan tingkah laku |
- Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan extinction
- Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan spontaneous recovery
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami dan mempraktikan evaluasi program pengubahan tingkah laku |
- Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan extinction
- Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan spontaneous recovery
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisa perilaku dan praktik menguatkan, melemahkan, dan menghilangkan perilaku |
- Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential reinforcement of incompatible behavior (DRI)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep 13.4. Differential reinforcement of other behavior (DRO)
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO) Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisa perilaku dan praktik menguatkan, melemahkan, dan menghilangkan perilaku |
- Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential reinforcement of incompatible behavior (DRI)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep 13.4. Differential reinforcement of other behavior (DRO)
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO) Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisa perilaku dan praktik menguatkan, melemahkan, dan menghilangkan perilaku |
- Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential reinforcement of incompatible behavior (DRI)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep 13.4. Differential reinforcement of other behavior (DRO)
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok dan Problem Solving 2 X 50 |
|
Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO) Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Kriteria:
keaktifan, ketepatan, penulisa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes Tulis 2 X 50 |
|
Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers. Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO) Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56. |
5% |