Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis dan Modifikasi Perilaku

8620102217

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

14 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd




Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd




Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling

PLO-10

Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian dalam melandasi pelayanan bimbingan dan konseling

PO - 2

Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-10
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan konsep dan praktis tentang analisis modifikasi perilaku, Prinsip-prinsip terbentuknya tingkah laku, Prosedur menganalisis tingkah laku, Strategi-strategi mengajarkan tingkah laku baru, Strategi-strategi mengembangkan tingkah laku positif, Strategi-strategi mengurangi tingkah laku negatif, Strategi-strategi mengelola tingkah laku, Prosedur mengevaluasi program analisis dan pengubahan tingkah laku. Pemahaman landasan teoritik diperdalam melalui kegiatan praktikum dengan mengaplikasikan kajian yang telah dipelajari sehingga mahasiswa mampu untuk mendiagnosis dan menggunakan hasil analisis masalah dalam proses konseling berikutnya. (metode bahan kajian)

Pustaka

Utama :

  1. Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.
  2. Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.
  3. Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage
  4. Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
  5. Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

Pendukung :

  1. Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29.
  2. Horner, R. H., & Sugai, G. (2015). School-wide PBIS: An example of applied behavior analysis implemented at a scale of social importance. Behavior analysis in practice, 8, 80-85.
  3. Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.

Dosen Pengampu

Dr. Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd.

Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menelaah latar belakang teori analisis dan pengubahan tingkah laku

  1. Dapat memahami hakikat tingkah laku normal & bermasalah
  2. Dapat memahami teori belajar sosial, Teori Biofisik, Kognitifisme, Psikoanalisis
  3. Dapat menjelaskan modifikasi tingkah laku
Kriteria:

Rubrik Penilaian diskusi dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok kecil tentang teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku
2 X 50

Materi: Pokok teori analisis dan pengubahan tingkah laku
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: Hakikat tingkah laku normal & bermasalah
Pustaka: Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.

Materi: teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku
Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu menelaah latar belakang teori analisis dan pengubahan tingkah laku
  2. Mampu menjelaskan teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku
  1. Dapat memahami hakikat tingkah laku normal & bermasalah
  2. Dapat memahami teori belajar sosial, Teori Biofisik, Kognitifisme, Psikoanalisis
  3. Dapat menjelaskan modifikasi tingkah laku
  4. Dapat menjelaskan teori-teori modifikasi tingkah laku
Kriteria:

Rubruk Penilaian diskusi dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi kelompok kecil tentang teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku
2 X 50

Materi: Pokok teori analisis dan pengubahan tingkah laku
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: Hakikat tingkah laku normal & bermasalah
Pustaka: Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.

Materi: teori-teori perilaku dan landasan teoritik pengubahan tingkah laku
Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis prinsip-prinsp terbentuknya perilaku

  1. Memahami Prinsip Penguatan Tingkah Laku
  2. Memahami Prinsip Token Reinforcment
  3. Memahami Kontrak Kontingensi
  4. Memahami Prinsip Penurunan Tingkah Laku
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok kecil dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Konsep reinforcement dan punishment
Pustaka: Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29.

Materi: Imitation, Chaining, Shaping
Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis prinsip-prinsp terbentuknya perilaku

  1. Memahami Prinsip Penguatan Tingkah Laku
  2. Memahami Prinsip Token Reinforcment
  3. Memahami Kontrak Kontingensi
  4. Memahami Prinsip Penurunan Tingkah Laku
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Konsep reinforcement dan punishment
Pustaka: Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29.

Materi: Imitation, Chaining, Shaping
Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.

Materi: Konsep reinforcement dan punishment
Pustaka: Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances in Autism, 4(1), 19-29.
10%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Imitasi
  2. Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt
  1. Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru
  2. Mahasiswa mampu menguasi konsep modelling
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru:Imitasi
Pustaka: Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage

Materi: Mahasiswa mampu menguasi konsep modelling
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt
Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Imitasi
  2. Mahasiswa mampu menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt
  1. konsep pengembangan tingkah laku baru
  2. menguasi konsep modelling
  3. menguasi konsep pengembangan tingkah laku baru: Shaping
  4. konsep pengembangan tingkah laku baru: Chaining
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru:Imitasi
Pustaka: Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage

Materi: Mahasiswa mampu menguasi konsep modelling
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru: Prompt
Pustaka: Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.

Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru: Shaping
Pustaka: Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.

Materi: konsep pengembangan tingkah laku baru:Chaining
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menguasi konsep strategi pengubana tingkah laku

  1. konsep operant behaviour dan operant conditioning
  2. mempraktikkan operant behaviour dan operant conditioning
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: konsep operant behaviour dan operant conditioning
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: Konsep operant behaviour dan operant conditioning
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Menguasai kemampuan akhir 1 s.d. 7

Kriteria:

Diseri skor 4 bila jawaban benarDiberi skor 3 bila jawaban cukup benarDiberi skor 2 bila jawaban banyak salahnyaDiberi skor 1 bila jawaban salahDiberi skor 0 bila tidak mengerjakanNilai = (Total skor: 20) x 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes

2 X 50

Materi: Teori dan Praktik Konseling Psikoterapi
Pustaka: Flanagan and Flanagan. 2012. Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice. USA : John Wiley

Materi: Strategi Interviewing
Pustaka: Cormier, W.H. & Cormier, L.S. 1985. Interviewing Strategies for Helpers. Fundamentals Skills and Cognitive Behavioral Interventions. 2nd. ed.. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Materi: Teori Konseling Psikoterapi
Pustaka: Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London : Sage
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami dan memraktikan strategi mengelola tingkah laku

  1. Dapat Menjelasakan makna pengukuruan tingkah laku
  2. Dapat Menjelaskan Pengumpulan data dalam pengukuran tingkah laku
  3. Dapat menerapkan Rekaman Anekdot
  4. Dapat mempraktikkan cara merekam ANTECEDENT BEHAVIOR CONSEQUENSE
  5. Dapat Menjelaskan Rekaman Frekuensi dan rate
  6. Dapat Mnejelaskan Rekaman Interval dan Time Sampling
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Makna pengukuruan tingkah laku
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: engumpulan data dalam pengukuran tingkah laku
Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami dan memraktikan strategi mengelola tingkah laku

  1. Dapat Menjelasakan makna pengukuruan tingkah laku
  2. Dapat Menjelaskan Pengumpulan data dalam pengukuran tingkah laku
  3. Dapat menerapkan Rekaman Anekdot
  4. Dapat mempraktikkan cara merekam ANTECEDENT BEHAVIOR CONSEQUENSE
  5. Dapat Menjelaskan Rekaman Frekuensi dan rate
  6. Dapat Mnejelaskan Rekaman Interval dan Time Sampling
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Makna pengukuruan tingkah laku
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: engumpulan data dalam pengukuran tingkah laku
Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami dan mempraktikan evaluasi program pengubahan tingkah laku

  1. Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan extinction
  2. Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan spontaneous recovery
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku
Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami dan mempraktikan evaluasi program pengubahan tingkah laku

  1. Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan extinction
  2. Mahasiswa dapat memahami dan mempraktikan spontaneous recovery
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

Materi: evaluasi program pengubahan tingkah laku
Pustaka: Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisa perilaku dan praktik menguatkan, melemahkan, dan menghilangkan perilaku

  1. Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
  2. Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential reinforcement of incompatible behavior (DRI)
  3. Mahasiswa mampu menguasai konsep 13.4. Differential reinforcement of other behavior (DRO)
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO)
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisa perilaku dan praktik menguatkan, melemahkan, dan menghilangkan perilaku

  1. Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
  2. Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential reinforcement of incompatible behavior (DRI)
  3. Mahasiswa mampu menguasai konsep 13.4. Differential reinforcement of other behavior (DRO)
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO)
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisa perilaku dan praktik menguatkan, melemahkan, dan menghilangkan perilaku

  1. Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
  2. Mahasiswa mampu menguasai konsep Differential reinforcement of incompatible behavior (DRI)
  3. Mahasiswa mampu menguasai konsep 13.4. Differential reinforcement of other behavior (DRO)
Kriteria:

keaktifan, ketepatan, penulisa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok dan Problem Solving
2 X 50

Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO)
Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
5%

16

Minggu ke 16

      Kriteria:

      keaktifan, ketepatan, penulisa


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Tes Tulis
      2 X 50

      Materi: Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA)
      Pustaka: Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.

      Materi: Differential reinforcement of incompatible behavior
      Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.

      Materi: Differential reinforcement of other behavior (DRO)
      Pustaka: Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice of applied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
      5%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 55%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 32.5%
      3. Penilaian Praktikum 5%
      4. Tes 7.5%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.