Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu

8820302234

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

This subject is designed to make students have competence and performance in the nature of philosophy of science, language, and literature. Concerning philosophy of science, it includes (1) Introduction: On the philosophy of science; (2) Science issues , limitations of science , and the structure of science; (3) scientific theories and scientific thinking. Concerning philosophy of language, it talks about (1) The nature of learning the philosophy of language, (2) The concepts of 18good language 19 and 18standard language 19, (3) Meaning (in Language), (4) Language functions, (5) Universality of language. Concerning philosophy of literature, it discusses (1) The nature of philosophy of literature, (2) The relationship between literature and philosophy; (3) The relationship between literature and other sciences; (4) Important concepts in literary studies: literary genres, appreciation, criticism, theories, CCU, world literature, etc.; (5) Important trends in literature.The teaching-learning activities are conducted through presentation/lecturing, discussion, question-answer, and assignment.

Pustaka

Utama :

  1. Poedjosoedarmo, S. 2003. Filsafat Bahasa . Surakarta: Muhammadiyah University Press.
  2. Van Perusen, C.A. 1985. Susunan Ilmu Pengetahuan: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu (terjemahan J. Drost). Jakarta: PT Gramedia.
  3. Bennet, Andrew & Nicholas Royle. 2016. An Introduction to Literature, Criticism, and Theory. (5th edition). London-New York: Routledge
  4. Crimmins, Mark (1998). Language, philosophy of. In E. Craig (Ed.), Routledge Encyclopedia of Philosophy . London: Routledge. Retrieved February 06, 2013, from http://www.rep.routledge.com/article/U017
  5. Filsafat Ilmu. http://id.wikipedia.org/ wiki/Filsafat_ilmu; retrieved F eb ruary 13, 2010
  6. Philosophy of Language. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_language; Retrieved February 06, 2013
  7. Philosophy of Language: Language Use (Context).http://en.wikipedia.org/wiki/Context_%28language_use%29; Retrieved February 06, 2013
  8. Philosophy of Language: Meaning. http://en.wikipedia.org/wiki/Meaning_%28philosophy_of_language%29; Retrieved February 06, 2013
  9. Philosophy of Language: Cognition. http://en.wikipedia.org/wiki/Cognition; Retrieved February 06, 2013.
  10. http://media-lamongan.blogspot.com/2012/11/filsafat-sastra.html.
  11. http://mahayana-mahadewa.com/2008/11/27/hubungan-sastra-dan-filsafat/
  12. Video 18Petaka Darwinisme 19

Pendukung :

Dosen Pengampu

OIKUREMA PURWATI

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.