Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemrograman Aplikasi Bergerak

5720103172

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital

PLO-11

Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi.

PLO-14

Mampu memahami dan menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi mulai dari pengembangan sistem berorientasi objek, software development life cycle (SDLC), dan pengembangan agile

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memberikan pengetahuan tentang teori dan dasar pembuatan aplikasi bergerak beserta arsitektur android studio sebagai tool untuk membuat aplikasi berbasis android

PO - 2

Mampu memahami dan memberikan keahlian mengenai kemampuan merekayawa dan menganlisis proses dan parameter komputasi dalam aplikasi bergerak berbasis android

PO - 3

Mampu memanfaatkan APi dan layanan web dalam pengembangan aplikasi bergerak

PO - 4

Mampu memahami dan memberikan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan software dan tidak hanya berbasis client namun juga berbasis server

PO - 5

Mampu mengimplementasikan aplikasi bergerak dan mempresentasikan hasil pengembangan apliasi bergerak yang sudah dibuat

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-11PLO-14
PO-1  
PO-2   
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan konsep dan teknik pemrograman untuk pengembangan aplikasi bergerak (mobile) pada platform Android. Mahasiswa akan mempelajari penggunaan Android Studio, pembuatan aplikasi berbasis Android, serta integrasi API dan layanan web. Fokus juga diberikan pada rekayasa perangkat lunak dan presentasi hasil pengembangan aplikasi.

Pustaka

Utama :

  1. Android Studio 4.1 Development Essentials: Java Edition - Neil Smyth
  2. Android Programming: The Big Nerd Ranch Guide - Bill Phillips, Chris Stewart
  3. The Busy Coder's Guide to Android Development - Mark L. Murphy
  4. Android Programming: Pushing the Limits - Erik Hellman
  5. Android Application Development All-in-One For Dummies - Barry Burd
  6. The Definitive Guide to Modern Java Clients with JavaFX: Cross-Platform Mobile and Cloud Development - Johan Vos
  7. Learning Android: Develop Mobile Apps Using Java and Eclipse - Marko Gargenta
  8. Android Fragments - Dave Smith
  9. Retrofit: Love Working with APIs on Android - Michael Pardo
  10. Mobile App Development with Ionic, Revised Edition: Cross-Platform Apps with Ionic, Angular, and Cordova - Chris Griffith
  11. Beginning Android Web Apps Development: Develop for Android Using HTML5, CSS3, and JavaScript - Jon Westfall, Rocco Augusto, Grant Allen
  12. Android Database Best Practices - Adam Stroud
  13. Pro Android 5 - Dave MacLean, Satya Komatineni, Grant Allen
  14. Android Sensors Programming - Arvind Kumar
  15. High Performance Android Apps: Improve Ratings with Speed, Optimizations, and Testing - Doug Sillars
  16. Android Application Development Cookbook: 100 Recipes for Building Winning Apps - Wei-Meng Lee
  17. Research Methods for Computer Science Students - Saleh Salim Nusaif

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dan menjelaskan pengertian aplikasi bergerak dan mengidentifikasi komponen utama dalam android studio

  1. Mampu memahami dan mendefiniskan apa yang dimaksud dengan aplikasi bergerak
  2. Dapat mengidentifikasikan dan menjelasan fungsi komponen utama dalam android studio
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Memahami dan dapat menjelaskan konsep aplikasi bergerak dan mengerjakan pre-test
3 X 50
Membuat ringkasan konsep dasar dan mengidentifikasi komponen dalam proyek android
Materi: Pengertian aplikasi bergerak.
Pustaka: Android Studio 4.1 Development Essentials: Java Edition - Neil Smyth

Materi: Pengenalan Android Studio dan komponen utamanya.
Pustaka: Android Programming: The Big Nerd Ranch Guide - Bill Phillips, Chris Stewart
2%

2

Minggu ke 2

Mampu menjelaskan struktur dasar proyek android dan fungsi dari masing-masing komponen

  1. Mampu memahami dan menjelaskan struktur direktori proyek android
  2. Mampu menguraikan peran setiap komponen dalam struktur proyek
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Menjelaskan struktur dasar proyek android dan menguraikan peran setiap komponennya
3 X 50
Penjelasan struktur proyek dan diskusi kelompok, melakukan pembuatan diagram dan penjelasan struktur proyek android
3 X 50
Materi: Struktur dasar proyek Android. Fungsi dan peran masing-masing komponen dalam proyek Android.
Pustaka: The Busy Coder's Guide to Android Development - Mark L. Murphy
3%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dan mendesain struktur aplikasi dengan menggunakan android studio

Mampu merancang struktur aplikasi yang baik sesuai dengan kebutuhan proyek dan dapat mengkonfigurasi dan mengelola file serta folder yang sesuai dalam android studio

Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Memahami dan melakukan praktik sederhana untuk mendesain struktur aplikasi menggunakan android studio
3 X 50
Mendesain aplikasi melalui simulasi virtual dan merancang struktur aplikasi sederhana
3 X 50
Materi: Desain struktur aplikasi.
Pustaka: Android Programming: Pushing the Limits - Erik Hellman

Materi: Penggunaan Android Studio untuk merancang struktur aplikasi.
Pustaka: Android Application Development All-in-One For Dummies - Barry Burd
3%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep activity lifecycle dalam aplikasi sederhana

Mampu memahami dan menjelaskan siklus hidup activity dalam aplikasi android

Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik sederhana dengan studi kasus activity lifecycle
3 X 50
Melakukan praktik sederhana dengan membuat aplikasi sederhana yang menujukkan siklus hidup activity
3 X 50
Materi: Konsep dan implementasi activity lifecycle dalam aplikasi Android.
Pustaka: Android Application Development All-in-One For Dummies - Barry Burd
3%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dan merancang serta mengambangkan UI yang responsif dalam aplikasi android

Mampu memahami dan merancang layout yang responsive serta mampu mengimplementasikan UI yang menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar dan orientasi

Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktikum sederjama dengan mendesain UI atau tampilan antarmuka yang responsive
3 X 50
Melakukan latihan desain UI melalui tools desain dan dapat merancang serta mengembangkan UI responsive untuk sebuah aplikasi
3 X 50
Materi: Desain dan pengembangan UI yang responsif.
Pustaka: The Definitive Guide to Modern Java Clients with JavaFX: Cross-Platform Mobile and Cloud Development - Johan Vos

Materi: Material Design principles dalam pengembangan UI.
Pustaka: The Definitive Guide to Modern Java Clients with JavaFX: Cross-Platform Mobile and Cloud Development - Johan Vos
3%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami dan mengimplementasikan intents dan fragments untuk navigasi antar activity

  1. Mampu memahami dan mengimplementasikan intents untuk mengirim data antar activity dan menggunakan fragments untuk navigasi di dalam activity
  2. Mampu memahami dan menjelaskan konsep dan penggunaan intents dalam navigasi antar activity
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Memahami dan mengimplementasikan intents dan fragment dengan studi kasus
3 X 50
Membuat aplikasi dengan navigasi antar activity menggunakan intents dan fragments
3 X 50
Materi: Penggunaan intents untuk navigasi antar activity.
Pustaka: Learning Android: Develop Mobile Apps Using Java and Eclipse - Marko Gargenta

Materi: Implementasi fragments dalam aplikasi Android.
Pustaka: Android Fragments - Dave Smith
3%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami dan mengintegrasikan APi eksternal ke dalam aplikasi Android yang dikembangkan

  1. Mampu memahami dan menjelaskan proses integrase Api eksternal ke dalam aplikasi android
  2. Mampu memahami dan mengimplementasikan kode untuk mengambil dan menampilkan data dari API eksternal dalam aplikasi
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Melakukan diskusi kelompok dan praktik sederhana untuk mengintegrasikan API
3 X 50
Mengembangkan aplikasi yang mengintegrasikan API eksternal
3 X 50
Materi: Integrasi API eksternal.
Pustaka: Retrofit: Love Working with APIs on Android - Michael Pardo

Materi: Penggunaan RESTful APIs dalam aplikasi Android.
Pustaka: Retrofit: Love Working with APIs on Android - Michael Pardo
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50
UTS
3 X 50
Materi: UTS
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami dan mengakses dan mengolah data dari layanan web melalui aplikasi android

  1. Mampu memahami dan menjelaskan proses mengakses layanan web menggunakan protocol HTTP atau HTTPS
  2. Mampu memahami dan mengimplementasikan pengambilan data dari layanan web dan mengelolahnya untuk ditampilkan dalam aplikasi
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Melakukan praktik sederhana untuk mngakses serta mengolah data dari layanan web
3 X 50
Membuat aplikasi yang mengakses dan mengolah data dari layanan web
3 X 50
Materi: Mengakses dan mengolah data dari layanan web.
Pustaka: Mobile App Development with Ionic, Revised Edition: Cross-Platform Apps with Ionic, Angular, and Cordova - Chris Griffith

Materi: Implementasi koneksi jaringan dalam aplikasi Android.
Pustaka: Mobile App Development with Ionic, Revised Edition: Cross-Platform Apps with Ionic, Angular, and Cordova - Chris Griffith
4%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami dan merancang aplikasi yang berinteraksi dengan server untuk mengeola data

  1. Mampu menjelaskan konsep client-server dalam aplikasi bergerak
  2. Ketepatan mahasiswa dalam merancang arsitektur aplikasi yang memungkinkan interaksi antara aplikasi dan server
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Melakukan praktik sederhana merancang aplikasi dengan backend server
3 X 50
Merancang dan mengembangkan aplikasi yang berinteraksi dengan server
3 X 50
Materi: Arsitektur client-server dalam pengembangan aplikasi Android.
Pustaka: Beginning Android Web Apps Development: Develop for Android Using HTML5, CSS3, and JavaScript - Jon Westfall, Rocco Augusto, Grant Allen

Materi: Implementasi komunikasi dengan server.
Pustaka: Beginning Android Web Apps Development: Develop for Android Using HTML5, CSS3, and JavaScript - Jon Westfall, Rocco Augusto, Grant Allen
4%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami dan mengimplemetasikan SQLlite atau mekanisme penyimpanan local lain

  1. Mampu memahami dan menjelaskan konsep database dan cara kerjanya dalam aplikasi android
  2. Ketepatan mahasiswa dalam mengimplementasikan SQLite untuk menyimpan, mengupdate, dan mengambil data local dalam aplikasi android
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Melakukan implementasi SQLite dalam aplikasi
3 X 50
Melakukan latihan praktik dengan modul online dan dapat mengembangkan aplikasi yang memanfaatkan SQLite untuk penyimpanan data
3 X 50
Materi: Pengenalan SQLite dan mekanisme penyimpanan lokal.
Pustaka: Android Database Best Practices - Adam Stroud

Materi: Implementasi database lokal dalam aplikasi Android.
Pustaka: Android Database Best Practices - Adam Stroud
4%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami dan mengintegrasikan fitur-fitur device seperti GPS, kamera, dan sensor lain ke dalam aplikasi bergerak

  1. Mampu memahami dan menjelaskan cara kerja sensor dalam perangkat android
  2. Mampu memahami dan mengintegrasikan fitur-fitur ke dalam aplikasi untuk melakukan tugas-tugas tertentu
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Melakukan demonstrasi dari praktik yang sudah dilakukan
3 X 50
Mengembangkan aplikasi yang mengintegrasikan minimal satu fitur device
3 X 50
Materi: Integrasi fitur-fitur device (GPS, kamera, sensor) ke dalam aplikasi.
Pustaka: Pro Android 5 - Dave MacLean, Satya Komatineni, Grant Allen

Materi: Integrasi fitur-fitur device (GPS, kamera, sensor) ke dalam aplikasi.
Pustaka: Android Sensors Programming - Arvind Kumar
4%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan mengoptimalkan performa aplikasi bergerak

  1. Mampu memahami dan mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi performa aplikasi bergerak
  2. Mampu menerapkan teknik optimasi seperto pengolaan memori, pengurangan waktu respon, dan peningkatan kecepatan aplikasi
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Melakukan diskusi teknik optimasi performa dengan studi kasus
3 X 50
Melakukan analisis performa aplikasi melalui tools online dan diskusi forum
3 X 50
Materi: Teknik optimasi performa aplikasi Android.
Pustaka: High Performance Android Apps: Improve Ratings with Speed, Optimizations, and Testing - Doug Sillars

Materi: Profiling dan debugging untuk optimasi.
Pustaka: High Performance Android Apps: Improve Ratings with Speed, Optimizations, and Testing - Doug Sillars
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami dan merancang serta mengembangkan aplikasi bergerak yang kompleks dan fungsional

  1. Mampu merancang aplikasi dan mengintegrasikan berbagai fitur dan layanan
  2. Mampu mengembangkan aplikasi dengan struktur modular yang memungkinkan pengelolaan kode yang lebih baik
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Melakukan bimbingan proyek dengan focus pada pengembangan aplikasi kompleks
3 X 50
Melakukan kolaborasi proyek secara daring dan review berkala
3 X 50
Materi: Perancangan dan pengembangan aplikasi Android yang kompleks.
Pustaka: Android Application Development Cookbook: 100 Recipes for Building Winning Apps - Wei-Meng Lee
4%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami dan mempersiapkan serta menysuun laporan serta melakukan presentasi hasil pengembangan aplikasi

  1. Mampu menyusun laporan proyek
  2. Ketepatan mahasiswa dalam menyampaikan presentasi yang menjelaskan proses pegembangan aplikasi dan hasil akhirnya dengan jelas dan terstruktur
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa pada saat kehadiran dan tanya jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Melakukan sesi presentasi dan penulisan laporan akhir
3 X 50
Melakukan penyusunan laporan akhir dan mempresentasikan hasil pengembangan aplikasi
3 X 50
Materi: Teknik penyusunan laporan proyek dan presentasi hasil pengembangan aplikasi.
Pustaka: Research Methods for Computer Science Students - Saleh Salim Nusaif
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
UAS
3 X 50
UAS
3 X 50
Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 3%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45%
3. Praktik / Unjuk Kerja 16%
4. Tes 36%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.