|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Kebahasaan |
8620602264 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. & Nanda Veruna Enun Kharisma, M.Pd.
|
Maryam Isnaini Damayanti, S.Pd., M.Pd.
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan logis berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi maupun ilmiah dengan baik dan benar.
|
PO - 2 |
Menyusun antologi permasalahan kebahasaan Bahasa Indonesia sebagai pengembangan ilmu kebahasaan Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
|
PO - 3 |
Menguasai konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia sebagai acuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
PO - 4 |
Mampu menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia sebagai acuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengaji aspek-aspek kebahasaan yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam rangka memperkuat pemahaman tentang bahasa sebagai bekal mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah dasar. Mahasiswa perlu memahami dan menganalisis struktur kebahasaan Bahasa Indonesia, yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, dan analisis wacana dalam upaya untuk memecahkan permasalahan kebahasaan Bahasa Indonesia baik dalam pembelajaran maupun masyarakat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rahmawati, F. P., Pratiwi., & Kusmanto, H. (2023). Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
- Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
- Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press.
- Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing.
- Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara.
- Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press.
- Depdikbud. (1990). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- Depdikbud. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
|
Pendukung : |
|
- Swarniti, N. W. (2021). The Analysis of Semantics Meaning Found in Comments of Instagram Account of Info Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMNALISA). ISBN: 978-602-5872-78-5.
- Umagandhi, R., Vinothini, M., & Mca, Mp. (2017). Leech’s seven types of meaning in semantics. International Journal of Multidisciplinary Research and Development. 4(3), 71–72.
- 3. Sukartiningsih, W. (2010). Konstruksi semantis kata pada perkembangan Bahasa Indonesia anak. Bahasa dan Seni, 38(2), 205-216.
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd. Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd. Zulfin Rachma Mufidah, M.Pd. Nanda Veruna Enun Kharisma, S.Pd., M.Pd. Maryam Isnaini Damayanti, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Bangga memiliki dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara. |
Memahami perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi. |
Kriteria:
- Mampu membedakan penerapan bahasa nasional dan bahasa resmi.
- Menerapkan penggunaan bahasa nasional dan bahasa resmi sesuai dengan tujuan komunikasi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan kontrak perkuliahan.
2. Menyampaikan topik perkuliahan.
3. Membentuk kelompok beranggotakan 4-5 mahasiswa.
• Kegiatan Inti
4. Mahasiswa berdiskusi tentang perbedaan penerapan bahasa nasional dan bahasa resmi. (Memilih kasus)
5. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan penggunaan bahasa nasional dan bahasa resmi sesuai tujuan komunikasi. (Menganalisis kasus)
• Kegiatan Penutup
6. Membimbing mahasiswa melakukan refleksi. 2 X 50 |
Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi melalui quiziz.
|
Materi: Perkembangan Bahasa Indonesia Pustaka: Rahmawati, F. P., Pratiwi., & Kusmanto, H. (2023). Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Surakarta: Muhammadiyah University Press. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memiliki karakter kuat dalam penggunaan bahasa Indonesia. |
Menjelaskan hakikat bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi bagi penutur bahasa Indonesia. |
Kriteria:
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berbagai peristiwa komunikasi.
- Menyelesaikan permasalahan terkait hakikat Bahasa Indonesia.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan.
• Kegiatan Inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang hakikat bahasa Indonesia. (Memilih kasus)
3. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan tentang hakikat bahasa Indonesia. (Menganalisis kasus)
• Kegiatan Penutup
4. Membimbing mahasiswa melakukan refleksi. 2 X 50 |
Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi melalui quiziz.
|
Materi: Hakikat Bahasa Indonesia Pustaka: Rahmawati, F. P., Pratiwi., & Kusmanto, H. (2023). Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Surakarta: Muhammadiyah University Press. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa menguasai konsep dasar fonologi |
- Hakikat Fonologi
- Konsep-konsep dasar Fonologi
- Menemukan permasalahan fonologis
- Menyelesaikan permasalahan fonologis
|
Kriteria:
- Menguasai hakikat Fonologi
- Menguasai konsep-konsep dasar fonologi
- Menemukan permasalahan fonologis secara kritis
- Menyelesaikan permasalahan fonologis secara kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu Fonologi.
• Kegiatan inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang konsep-konsep dasar Fonologi.
3. Mahasiswa menemukan permasalahan fonologis. (Memilih kasus)
4. Mahasiswa menganalisis permasalahan fonologis (Menganalisis kasus)
5. Mahasiswa mengkaji permasalahan fonologis berdasarkan kajian literatur. (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
6. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan fonologis yang ditemukan secara berdiskusi (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus).
• Kegiatan penutup
7. Membimbing mahasiswa untuk merefleksi hasil perkuliahan dan memberikan penguatan terkait dengan hasil diskusi mengenai Fonologi.
8. Mahasiswa mempresentasikan kajian tentang konsep-konsep dasar Fonologi.
(Menyajikan hasil pemecahan kasus) 2 X 50 |
1. Mahasiswa mengumpulkan makalah dan bahan presentasi ke SIDIA.
2. Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi di quiziz.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa menguasai hakikat dan konsep-konsep dasar Morfologi |
- Hakikat Morfologi
- Konsep-konsep dasar Morfologi
- Permasalahan morfologis
|
Kriteria:
- Menguasai hakikat morfologi
- Menguasai konsep-konsep dasar Morfologi
- Menemukan permasalahan morfologis secara kritis
- Menyelesaikan permasalahan morfologis secara kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu Morfologi.
• Kegiatan inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang konsep-konsep dasar Morfologi.
3. Mahasiswa menemukan permasalahan morfologis (Memilih kasus)
4. Mahasiswa menganalisis permasalahan morfologis (Menganalisis kasus)
5. Mahasiswa mengkaji permasalahan morfologis berdasarkan kajian literatur. (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
6. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan morfologis yang ditemukan secara berdiskusi (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus).
• Kegiatan penutup
7. Membimbing mahasiswa untuk merefleksi hasil perkuliahan dan memberikan penguatan terkait dengan hasil diskusi mengenai Morfologi.
8. Mahasiswa mempresentasikan kajian tentang konsep-konsep dasar Morfologi.
(Menyajikan hasil pemecahan kasus) 2 X 50 |
1. Mahasiswa mengumpulkan makalah dan bahan presentasi ke SIDIA.
2. Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi di quiziz.
|
Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa menguasai hakikat dan konsep-konsep dasar Sintaksis |
- Menguasai hakikat Morfologi
- Menguasai konsep-konsep dasar Morfologi
- Menguraikan permasalahan atau kesalahan morfologis dalam Bahasa Indonesia
|
Kriteria:
- Menguasai hakikat Sintaksis
- Menguasai konsep-konsep dasar Sintaksis
- Menemukan permasalahan sintaksis secara kritis
- Menyelesaikan permasalahan sintaksis secara kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu Sintaksis.
• Kegiatan inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang konsep-konsep dasar Sintaksis.
3. Mahasiswa menemukan permasalahan Sintaksis. (Memilih kasus)
4. Mahasiswa menganalisis permasalahan Sintaksis (Menganalisis kasus)
5. Mahasiswa mengkaji permasalahan Sintaksis berdasarkan kajian literatur. (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
6. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan Sintaksis yang ditemukan secara berdiskusi (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus).
• Kegiatan penutup
7. Membimbing mahasiswa untuk merefleksi hasil perkuliahan dan memberikan penguatan terkait dengan hasil diskusi mengenai Sintaksis.
8. Mahasiswa mempresentasikan kajian tentang konsep-konsep dasar Sintaksis.
(Menyajikan hasil pemecahan kasus) 2 X 50 |
1. Mahasiswa mengumpulkan makalah dan bahan presentasi ke SIDIA.
2. Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi di quiziz.
|
Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa menguasai hakikat dan konsep-konsep dasar Semantik |
- Hakikat Semantik
- Konsep dasar Semantik
- Permasalahan Semantik
|
Kriteria:
- Menguasai hakikat Semantik
- Menguasai konsep-konsep dasar Semantik
- Menemukan permasalahan Semantik secara kritis
- Menyelesaikan permasalahan Semantik secara kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu Semantik.
• Kegiatan inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang konsep-konsep dasar Semantik.
3. Mahasiswa menemukan permasalahan Semantik. (Memilih kasus)
4. Mahasiswa menganalisis permasalahan Semantik. (Menganalisis kasus)
5. Mahasiswa mengkaji permasalahan Semantik berdasarkan kajian literatur. (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
6. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan Semantik yang ditemukan secara berdiskusi (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus).
• Kegiatan penutup
7. Membimbing mahasiswa untuk merefleksi hasil perkuliahan dan memberikan penguatan terkait dengan hasil diskusi mengenai Semantik.
8. Mahasiswa mempresentasikan kajian tentang konsep-konsep dasar Semantik.
(Menyajikan hasil pemecahan kasus) 2 X 50 |
1. Mahasiswa mengumpulkan makalah dan bahan presentasi ke SIDIA.
2. Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi di quiziz.
|
Materi: Semantik Bahasa Indonesia Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Studi Kasus Semantik Pustaka: Swarniti, N. W. (2021). The Analysis of Semantics Meaning Found in Comments of Instagram Account of Info Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMNALISA). ISBN: 978-602-5872-78-5. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa menguasai konsep dasar Pragmatik |
- Hakikat Pragmatik
- Konsep-konsep dasar Pragmatik
- Permasalahan Pragmatik
|
Kriteria:
- Menguasai hakikat Pragmatik
- Menguasai konsep-konsep dasar Pragmatik
- Menemukan permasalahan pragmatik secara kritis
- Menyelesaikan permasalahan pragmatik secara kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu Pragmatik.
• Kegiatan inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang konsep-konsep dasar Pragmatik.
3. Mahasiswa menemukan permasalahan Pragmatik. (Memilih kasus)
4. Mahasiswa menganalisis permasalahan Pragmatik. (Menganalisis kasus)
5. Mahasiswa mengkaji permasalahan Pragmatik berdasarkan kajian literatur. (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
6. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan Pragmatik yang ditemukan secara berdiskusi (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus).
• Kegiatan penutup
7. Membimbing mahasiswa untuk merefleksi hasil perkuliahan dan memberikan penguatan terkait dengan hasil diskusi mengenai Pragmatik.
8. Mahasiswa mempresentasikan kajian tentang konsep-konsep dasar Pragmatik.
(Menyajikan hasil pemecahan kasus) 2 X 50 |
1. Mahasiswa mengumpulkan makalah dan bahan presentasi ke SIDIA.
2. Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi di quiziz
|
Materi: Teori Pragmatik Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa menguasai hakikat dan konsep-konsep dasar Wacana. |
- Hakikat wacana
- Jenis-jenis wacana
- Unsur-unsur wacana
- Analisis wacana kritis
|
Kriteria:
- Menguasai hakikat paragraf dan wacana
- Membedakan jenis-jenis paragraf dan wacana
- Menguraikan unsur-unsur paragraf dan wacana
- Menemukan permasalahan paragraf dan wacana secara kritis
- Menyelesaikan permasalahan paragraf dan wacana secara kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu Paragraf dan Wacana.
• Kegiatan inti
2. Mahasiswa berdiskusi tentang konsep-konsep dasar Paragraf dan Wacana.
3. Mahasiswa menemukan permasalahan Paragraf dan Wacana. (Memilih kasus)
4. Mahasiswa menganalisis permasalahan Paragraf dan Wacana. (Menganalisis kasus)
5. Mahasiswa mengkaji permasalahan Paragraf dan Wacana berdasarkan kajian literatur. (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
6. Mahasiswa menyelesaikan permasalahan Paragraf dan Wacana yang ditemukan secara berdiskusi (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus).
• Kegiatan penutup
7. Membimbing mahasiswa untuk merefleksi hasil perkuliahan dan memberikan penguatan terkait dengan hasil diskusi mengenai Paragraf dan Wacana.
8. Mahasiswa mempresentasikan kajian tentang konsep-konsep dasar Paragraf dan Wacana.
(Menyajikan hasil pemecahan kasus) 2 X 50 |
1. Mahasiswa mengumpulkan makalah dan bahan presentasi ke SIDIA.
2. Mahasiswa mengerjakan tugas evaluasi individu.
|
Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Rahmawati, F. P., Pratiwi., & Kusmanto, H. (2023). Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Surakarta: Muhammadiyah University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari berbagai media secara berkelompok.
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari naskah cerpen yang telah ditulis secara individu.
|
Menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana). |
Kriteria:
Kemampuan menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu tentang permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana)
2. Membimbing mahasiswa untuk mengaitkan topik perkuliahan hari ini dengan topik perkuliahan pada pertemuan sebelumnya.
• Kegiatan Inti
3. Mahasiswa menentukan permasalahan permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) yang akan dianalisis dari berbagai media secara berkelompok. (Memilih Kasus)
3. Mahasiswa menulis cerpen secara individu. (Memilih Kasus)
5. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari teks yang diperoleh dari berbagai sumber secara berkelompok. (Menganalisis Kasus)
6. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari cerpen yang telah ditulis secara individu. (Menganalisis Kasus)
7. Mahasiswa meninjau kembali kajian literatur terkait dengan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
8. Mahasiswa mempresentasikan hasil analisisnya. (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus)
9. Mahasiswa menyusun draf antologi cerpen (Menyajikan hasil pemecahan kasus). 2 X 50 |
Mengerjakan kegiatan yang ada di SIDIA.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. Materi: Semantik Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Pragmatik Bahasa Indonesia Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari berbagai media secara berkelompok.
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari naskah cerpen yang telah ditulis secara individu.
|
Menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana). |
Kriteria:
Kemampuan menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu tentang permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana)
2. Membimbing mahasiswa untuk mengaitkan topik perkuliahan hari ini dengan topik perkuliahan pada pertemuan sebelumnya.
• Kegiatan Inti
3. Mahasiswa menentukan permasalahan permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) yang akan dianalisis dari berbagai media secara berkelompok. (Memilih Kasus)
3. Mahasiswa menulis cerpen secara individu. (Memilih Kasus)
5. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari teks yang diperoleh dari berbagai sumber secara berkelompok. (Menganalisis Kasus)
6. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari cerpen yang telah ditulis secara individu. (Menganalisis Kasus)
7. Mahasiswa meninjau kembali kajian literatur terkait dengan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
8. Mahasiswa mempresentasikan hasil analisisnya. (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus)
9. Mahasiswa menyusun draf antologi cerpen (Menyajikan hasil pemecahan kasus). 2 X 50 |
Mengerjakan kegiatan yang ada di SIDIA.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. Materi: Semantik Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Pragmatik Bahasa Indonesia Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari berbagai media secara berkelompok.
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari naskah cerpen yang telah ditulis secara individu.
|
Menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana). |
Kriteria:
Kemampuan menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu tentang permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana)
2. Membimbing mahasiswa untuk mengaitkan topik perkuliahan hari ini dengan topik perkuliahan pada pertemuan sebelumnya.
• Kegiatan Inti
3. Mahasiswa menentukan permasalahan permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) yang akan dianalisis dari berbagai media secara berkelompok. (Memilih Kasus)
3. Mahasiswa menulis cerpen secara individu. (Memilih Kasus)
5. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari teks yang diperoleh dari berbagai sumber secara berkelompok. (Menganalisis Kasus)
6. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari cerpen yang telah ditulis secara individu. (Menganalisis Kasus)
7. Mahasiswa meninjau kembali kajian literatur terkait dengan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
8. Mahasiswa mempresentasikan hasil analisisnya. (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus)
9. Mahasiswa menyusun draf antologi cerpen (Menyajikan hasil pemecahan kasus). 2 X 50 |
Mengerjakan kegiatan yang ada di SIDIA.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. Materi: Semantik Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Pragmatik Bahasa Indonesia Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari berbagai media secara berkelompok.
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari naskah cerpen yang telah ditulis secara individu.
|
Menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana). |
Kriteria:
Kemampuan menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu tentang permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana)
2. Membimbing mahasiswa untuk mengaitkan topik perkuliahan hari ini dengan topik perkuliahan pada pertemuan sebelumnya.
• Kegiatan Inti
3. Mahasiswa menentukan permasalahan permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) yang akan dianalisis dari berbagai media secara berkelompok. (Memilih Kasus)
3. Mahasiswa menulis cerpen secara individu. (Memilih Kasus)
5. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari teks yang diperoleh dari berbagai sumber secara berkelompok. (Menganalisis Kasus)
6. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari cerpen yang telah ditulis secara individu. (Menganalisis Kasus)
7. Mahasiswa meninjau kembali kajian literatur terkait dengan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
8. Mahasiswa mempresentasikan hasil analisisnya. (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus)
9. Mahasiswa menyusun draf antologi cerpen (Menyajikan hasil pemecahan kasus). 2 X 50 |
Mengerjakan kegiatan yang ada di SIDIA.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. Materi: Semantik Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Pragmatik Bahasa Indonesia Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari berbagai media secara berkelompok.
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari naskah cerpen yang telah ditulis secara individu.
|
Menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana). |
Kriteria:
Kemampuan menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu tentang permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana)
2. Membimbing mahasiswa untuk mengaitkan topik perkuliahan hari ini dengan topik perkuliahan pada pertemuan sebelumnya.
• Kegiatan Inti
3. Mahasiswa menentukan permasalahan permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) yang akan dianalisis dari berbagai media secara berkelompok. (Memilih Kasus)
3. Mahasiswa menulis cerpen secara individu. (Memilih Kasus)
5. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari teks yang diperoleh dari berbagai sumber secara berkelompok. (Menganalisis Kasus)
6. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari cerpen yang telah ditulis secara individu. (Menganalisis Kasus)
7. Mahasiswa meninjau kembali kajian literatur terkait dengan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
8. Mahasiswa mempresentasikan hasil analisisnya. (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus)
9. Mahasiswa menyusun draf antologi cerpen (Menyajikan hasil pemecahan kasus). 2 X 50 |
Mengerjakan kegiatan yang ada di SIDIA.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. Materi: Semantik Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Pragmatik Bahasa Indonesia Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari berbagai media secara berkelompok.
- Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari naskah cerpen yang telah ditulis secara individu.
|
Menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana). |
Kriteria:
Kemampuan menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kegiatan Awal
1. Menyampaikan topik perkuliahan yaitu tentang permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana)
2. Membimbing mahasiswa untuk mengaitkan topik perkuliahan hari ini dengan topik perkuliahan pada pertemuan sebelumnya.
• Kegiatan Inti
3. Mahasiswa menentukan permasalahan permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) yang akan dianalisis dari berbagai media secara berkelompok. (Memilih Kasus)
3. Mahasiswa menulis cerpen secara individu. (Memilih Kasus)
5. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari teks yang diperoleh dari berbagai sumber secara berkelompok. (Menganalisis Kasus)
6. Mahasiswa menganalisis permasalahan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) dari cerpen yang telah ditulis secara individu. (Menganalisis Kasus)
7. Mahasiswa meninjau kembali kajian literatur terkait dengan struktur kebahasaan Bahasa Indonesia (fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, pragmatik, paragraf dan wacana) (Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus)
8. Mahasiswa mempresentasikan hasil analisisnya. (Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus)
9. Mahasiswa menyusun draf antologi cerpen (Menyajikan hasil pemecahan kasus). 2 X 50 |
Mengerjakan kegiatan yang ada di SIDIA.
|
Materi: Fonologi Bahasa Indonesia Pustaka: Muslich, M. (2024). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Morfologi Bahasa Indonesia Pustaka: Marsono. (2019). Morfologi Bahasa Indonesia dan Nusantara. Yogyakarta: UGM Press. Materi: Sintaksis Bahasa Indonesia Pustaka: Gusriani, A. (2023). Sintaksis Bahasa Indonesia: Teori dan Analisis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing. Materi: Semantik Pustaka: Saifullah, A. R. (2021). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara. Materi: Pragmatik Bahasa Indonesia Pustaka: Arfianti, I. (2020). Pragmatik Teori dan Analisis. Surabaya: Pilar Nusantara. Materi: Wacana Bahasa Indonesia Pustaka: Setiawati, E. & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS
|
Materi: Materi pertemuan 1-15 Pustaka: |
20% |