Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan Digital

8722002147

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

1 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi

PLO-8

Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pemecahan masalah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menginterpertasikan secara jelas teori dasar kewirausahaan

PO - 2

Mahasiswa mampu membuat business plan secara tepat

PO - 3

Mahasiswa mampu mempraktikan kegiatan bisnis berdasarkan business plan yang sudah dibuat.

PO - 4

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran Kewirausahaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-7PLO-8
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini meliputi pembahasan konsep kewirausahaan dalam usaha menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan

Pustaka

Utama :

  1. Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
  2. Hendro. M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
  3. Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
  4. Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN
  5. Pedoman PKM 2016. Direktorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Jakarta: Kemenristekdikti

Pendukung :

  1. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
  2. Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendiskripsikan konsep dasar kewirausahaan

  1. Menjelaskan konsep kewirausahaan
  2. Mengidentifikasisikapmental dan karakter wirausaha
  3. Menjelaskanmacam- macam wirausaha
Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: konsep kewirausahaan
Pustaka: Hendro. M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
4%

2

Minggu ke 2

Mampumemotivasi diri sendiri dalam mewujudkan “dream”

  1. 1.Mampu membuat mimpi bagi dirinya sendiri
  2. 2.Mampu menentukan cara bagaimana agar mimpi itu tercapai
  3. 3.Menggabungkan antara mimpi dengan realitas kebutuhan masyarakat
  4. 4.Merumuskan apa yang menjadi keinginan dalam karir untuk diri sendiri
  5. 5.Menjelaskan peluang dan ide bisnis.
  6. 6.Mengidentifikasi sumber peluang
  7. 7.Mengembangkan ide bisnis: - Menemukan - Menganalisis - Memutuskan
Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: motivasi kewirausahaan
Pustaka: Hendro. M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
4%

3

Minggu ke 3

Mendiskripsikan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha dan Mendiskripsikan rencana pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha

  1. 1.Mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja
  2. 2.Mengidentifikasi keahlian yang dibutuhkan
  3. 3.Menentukan Jam kerja
  4. 4.Merancang sistem kompensasi
Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: SDM dalam kewirausahaan
Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
4%

4

Minggu ke 4

Mendiskripsikan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha dan Mendiskripsikan rencana pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha

  1. 1.Menyusun susunan personalia
  2. 2.Menjelaskan Segmenting Targeting Positioning (STP)
  3. 3.Menjelaskan Customer value
  4. 4.Menjelaskan Marketing Mix

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: SDM
Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merencanakan produksi keuangan dalam sebuah usaha

  1. mengidentifikasi kebutuhan dan sumber dana
  2. menyusun rencana arus kas
  3. menyusun rencana laporan keuangan (neraca dan laporan laba rugi)
Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: Laporan keuangan
Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
4%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu menganalisis etika bisnis

  1. membedakan bisnis etis dan bisnis tidak etis
  2. menjelaskan hak dan kewajiban wirausaha
  3. menjelaskan macam-macam izin usaha

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: Etika bisnis
Pustaka: Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
5%

7

Minggu ke 7

menyusun rencana bisnis terkait dengan teori bisnis plan, proposal dan BMC (bisnis model canva)

  1. menyusun rencana bisnis
  2. memaparkan rencana bisnis
  3. mempersiapkan proposal dan dan business model canva
Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran

diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: BMC
Pustaka: Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
5%

8

Minggu ke 8

menyusun rencana bisnis terkait dengan teori bisnis plan, proposal dan BMC (bisnis model canva)

  1. menyusun rencana bisnis
  2. memaparkan rencana bisnis
  3. mempersiapkan proposal dan dan business model canva
Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: BMC
Pustaka: Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
5%

9

Minggu ke 9

UTS

mahasiswa mampu melakukan presentasi BMC dengan baik

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa melakukan presentasi
2 x 50
Mahasiswa melakukan presentasi
2 x 50
10%

10

Minggu ke 10

mahasiswa mampu mendeskripsikan teori survey pasar

mahasiswa mampu mendeskripsikan teori survey pasar dan menganalisis nya

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: Survey pasar
Pustaka: Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN
5%

11

Minggu ke 11

melakukan survey pasar sesuai dengan produk yang dikembangkan

mahasiswa melakukan survei pasar terkait dengan marketing, produksi dan penjualan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: Survey pasar
Pustaka: Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN
5%

12

Minggu ke 12

mahasiswa mampu Memberikan laporan terkait hasil survey pasar


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: Survey pasar
Pustaka: Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN
5%

13

Minggu ke 13

mahasiswa mampu Membuat prototype produk dari yang dikembangkan

Mahasiswa diharapkan mampu membuat prototype produk dari yang sudah dikembangkan dan dipelajari dari survey pasar

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: produk bisnis
Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
5%

14

Minggu ke 14

mahasiswa mampu Membuat prototype produk dari yang dikembangkan

Mahasiswa diharapkan mampu membuat prototype produk dari yang sudah dikembangkan dan dipelajari dari survey pasar

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
Materi: produk bisnis
Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
5%

15

Minggu ke 15

Monitoring dan evaluasi (Monev)

Mahasiswa melakukan monitoring dan evaluasi terkait hasil kerja yang sudah dilakukan terkait dengan rubrik penilaian seperti jumlah like, dll

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x 50
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum
2 x50
Materi: produk bisnis
Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
5%

16

Minggu ke 16

UAS

mahasiswa mampu melakukan presentasi produk akhir

Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan praktikum
2 x 50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.