|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pranata Sosial |
6920102166 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
8 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini membahas tentang Nilai dan Norma serta fungsi laten maupun manifes struktur dan lembaga sosial. Pranata merupakan serangkaian nilai dan norma yang diciptakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pranata sosial berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pranata sosial meliputi pranata keluarga, pranata agama, pranata ekonomi, pranata hukum, pranata politik, dan pranata pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
1. Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian. Et.Al. 2005. Sociology to the Twenty First Century . New Jersey: Upper Saddle River. 2. Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. Editor. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan . Jakarta: Prenada Media. 3. Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1992. Sosiologi. Jilid I . Terjemahan. Jakarta: Erlangga. 4. Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1992. Sosiologi. Jilid II . Terjemahan. Jakarta: Erlangga. 5. Soerjono, Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar . Jakarta: Rajawali Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. Diyah Utami, S.Sos., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Memahami konsep Nilai dan Norma SosialMemahami struktur dan Lembaga Sosial. |
|
Behavioristik/ Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Memahami konsep Nilai dan Norma SosialMemahami struktur dan Lembaga Sosial. |
|
Behavioristik/ Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Memahami fungsi Laten dan Manifes Pranata Keluarga |
|
Behavioristik/ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Memahami fungsi Laten dan Manifes Pranata Keluarga |
|
Behavioristik/ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Memahami fungsi Laten dan Manifes Pranata Keluarga |
|
Behavioristik/ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata EkonomiMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Ekonomi |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata EkonomiMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Ekonomi |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
UTS |
|
UTS 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata PendidikanMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Pendidikan |
|
Behavioristik/ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata PendidikanMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Pendidikan |
|
Behavioristik/ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata AgamaMenjelaskan Fungsi manifes dan laten pranata Agama |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata AgamaMenjelaskan Fungsi manifes dan laten pranata Agama |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata Politik Menjelaskan fungsi manifes dan laten Pranata Politik |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata Politik Menjelaskan fungsi manifes dan laten Pranata Politik |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
Menjelaskan Pranata Politik Menjelaskan fungsi manifes dan laten Pranata Politik |
|
Behavioristik/Ekspositori 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Menguasai konsep-konsep dasar pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan |
UAS |
|
UAS 2 X 50 |
|
|
0% |