Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pranata Sosial

6920102166

T=2

P=0

ECTS=3.18

8

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah ini membahas tentang Nilai dan Norma serta fungsi laten maupun manifes struktur dan lembaga sosial. Pranata merupakan serangkaian nilai dan norma yang diciptakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pranata sosial berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pranata sosial meliputi pranata keluarga, pranata agama, pranata ekonomi, pranata hukum, pranata politik, dan pranata pendidikan.

Pustaka

Utama :

    1. 1. Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian. Et.Al. 2005. Sociology to the Twenty First Century . New Jersey: Upper Saddle River.

      2. Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. Editor. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan . Jakarta: Prenada Media.

      3. Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1992. Sosiologi. Jilid I . Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

      4. Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1992. Sosiologi. Jilid II . Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

      5. Soerjono, Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar . Jakarta: Rajawali Press.

    Pendukung :

    Dosen Pengampu

    Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

    Diyah Utami, S.Sos., M.M.

    Minggu Ke-

    Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
    (Sub-PO)

    Penilaian

    Bantuk Pembelajaran,

    Metode Pembelajaran,

    Penugasan Mahasiswa,

     [ Estimasi Waktu]

    Materi Pembelajaran

    [ Pustaka ]

    Bobot Penilaian (%)

    Indikator

    Kriteria & Bentuk

    Luring (offline)

    Daring (online)

    (1)

    (2)

    (3)

    (4)

    (5)

    (6)

    (7)

    (8)

    1

    Minggu ke 1

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Memahami konsep Nilai dan Norma SosialMemahami struktur dan Lembaga Sosial.

    Behavioristik/ Ekspositori
    2 X 50

    0%

    2

    Minggu ke 2

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Memahami konsep Nilai dan Norma SosialMemahami struktur dan Lembaga Sosial.

    Behavioristik/ Ekspositori
    2 X 50

    0%

    3

    Minggu ke 3

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Memahami fungsi Laten dan Manifes Pranata Keluarga

    Behavioristik/ekspositori
    2 X 50

    0%

    4

    Minggu ke 4

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Memahami fungsi Laten dan Manifes Pranata Keluarga

    Behavioristik/ekspositori
    2 X 50

    0%

    5

    Minggu ke 5

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Memahami fungsi Laten dan Manifes Pranata Keluarga

    Behavioristik/ekspositori
    2 X 50

    0%

    6

    Minggu ke 6

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata EkonomiMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Ekonomi

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    7

    Minggu ke 7

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata EkonomiMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Ekonomi

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    8

    Minggu ke 8

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    UTS

    UTS
    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata PendidikanMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Pendidikan

    Behavioristik/ekspositori
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata PendidikanMenjelaskan Fungsi manifes dan laten Pranata Pendidikan

    Behavioristik/ekspositori
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata AgamaMenjelaskan Fungsi manifes dan laten pranata Agama

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata AgamaMenjelaskan Fungsi manifes dan laten pranata Agama

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata Politik Menjelaskan fungsi manifes dan laten Pranata Politik

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata Politik Menjelaskan fungsi manifes dan laten Pranata Politik

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Menguasai konsep-konsep pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    Menjelaskan Pranata Politik Menjelaskan fungsi manifes dan laten Pranata Politik

    Behavioristik/Ekspositori
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    Menguasai konsep-konsep dasar pranata sosial untuk menjadi analisis dan peneliti masalah pembangunan dan pendidikan

    UAS

    UAS
    2 X 50

    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.