|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Bulutangkis |
8520203687 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
5 |
5 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami teori dasar dan prinsip-prinsip perencanaan program latihan atlet bulutangkis elit yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan fisik, teknis, taktis, dan mental atlet bulutangkis berdasarkan data performa individu dan target kompetisi.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang untuk atlet bulutangkis elit yang efektif dan efisien, sesuai dengan prinsip periodisasi olahraga.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa dan efektivitas program latihan atlet bulutangkis.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan faktor-faktor penunjang, seperti nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan, ke dalam program latihan atlet bulutangkis elit.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan perencanaan latihan teknis dan taktis yang mendukung pengembangan kemampuan bermain bulutangkis secara kompetitif pada tingkat nasional dan internasional.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil program latihan secara komprehensif dan menyusun strategi modifikasi untuk meningkatkan efektivitas program di masa mendatang.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | ✔ | PO-5 | | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | | | ✔ | PO-7 | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Bulutangkis bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merencanakan program latihan yang efektif dan efisien bagi atlet bulutangkis tingkat elit. Mata kuliah ini mencakup pembelajaran tentang analisis kebutuhan atlet, perencanaan program latihan jangka pendek dan jangka panjang, pengelolaan beban latihan, monitoring dan evaluasi program latihan, serta faktor-faktor penunjang keberhasilan atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik perencanaan program latihan yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat internasional dalam cabang olahraga bulutangkis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation
- Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
- Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Ika Jayadi, M.Kes. Dr. Oce Wiriawan, M.Kes. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan untuk atlet bulutangkis dalam situasi nyata. |
- Rancangan program latihan atlet bulutangkis
- Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan
- Analisis efektivitas program latihan
|
Kriteria:
Mampu memahami prinsip dasar perencanaan latihan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah. 2x50 menit |
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan rancangan program latihan untuk atlet bulutangkis
|
Materi: Prinsip dasar perencanaan latihan, Faktor-faktor yang mempengaruhi program latihan atlet bulutangkis, Teknik merancang program latihan yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Prinsip dasar latihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan untuk atlet bulutangkis dalam situasi nyata. |
- Rancangan program latihan atlet bulutangkis
- Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan
- Analisis efektivitas program latihan
|
Kriteria:
Mampu memahami prinsip dasar lanjutan perencanaan latihan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah. 2x50 menit |
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan rancangan program latihan untuk atlet bulutangkis
|
Materi: Prinsip dasar perencanaan latihan, Faktor-faktor yang mempengaruhi program latihan atlet bulutangkis, Teknik merancang program latihan yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Prinsip dasar latihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknis, dan taktis atlet bulutangkis secara komprehensif untuk merancang program latihan yang spesifik dan efektif. |
- Analisis kebutuhan fisik atlet
- Analisis kebutuhan teknis atlet
- Analisis kebutuhan taktis atlet
|
Kriteria:
Nilai akhir diperoleh jika mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik, dan taktik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2x50 menit |
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan atlet bulutangkis
|
Materi: Kebutuhan fisik atlet bulutangkis, Kebutuhan teknis atlet bulutangkis, Kebutuhan taktis atlet bulutangkis, Pengembangan program latihan spesifik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknis,taktis, dan mental atlet bulutangkis secara komprehensif untuk merancang program latihan yang spesifik dan efektif. |
- Analisis kebutuhan fisik atlet
- Analisis kebutuhan teknis atlet
- Analisis kebutuhan taktis atlet
- Analisis kebutuhan mental atlet
|
Kriteria:
Nilai akhir diperoleh jika mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik, taktik, dan mental Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2x50 menit |
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan atlet bulutangkis
|
Materi: Kebutuhan fisik atlet bulutangkis, Kebutuhan teknis atlet bulutangkis, Kebutuhan taktis atlet bulutangkis, Pengembangan program latihan spesifik Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka pendek untuk atlet bulutangkis yang efektif dan efisien |
Kemampuan merancang program latihan jangka pendek |
Kriteria:
Mampu merancang program latihan jangka pendek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 2x50 menit |
|
Materi: Prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins Materi: Pondasi teori kepelatihan olahraga Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka menengah untuk atlet bulutangkis yang efektif dan efisien |
Kemampuan merancang program latihan jangka menengah |
Kriteria:
Mampu merancang program latihan jangka menengah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek 2x50 menit |
|
Materi: Prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins Materi: Pondasi teori kepelatihan olahraga Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka panjang untuk atlet bulutangkis yang efektif dan efisien |
Kemampuan merancang program latihan jangka panjang |
Kriteria:
Mampu merancang program latihan jangka panjang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek 2x50 menit |
|
Materi: Prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins Materi: Pondasi teori kepelatihan olahraga Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS) |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
|
Materi: Analisis karakteristik teknik dasar bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation Materi: Prinsip dasar latihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mengetahui berbagai metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa atlet
- Mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengetahui efektivitas dari program latihan dan perkembangan performa atlet
|
- Memahami metode monitoring dan evaluasi program latihan
- Mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan
|
Kriteria:
Pemahaman metode monitoring dan evaluasi program latihan beserta penerapannya di kondisi nyata Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
|
Materi: Monitoring dan Evaluasi Kepelatihan Olahraga Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins Materi: Prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mengetahui berbagai metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa atlet
- Mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengetahui efektivitas dari program latihan dan perkembangan performa atlet
|
- Memahami metode monitoring dan evaluasi program latihan
- Mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan
|
Kriteria:
Pemahaman metode monitoring dan evaluasi program latihan beserta penerapannya di kondisi nyata Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
|
Materi: Monitoring dan Evaluasi Kepelatihan Olahraga Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins Materi: Prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menganalisis kebutuhan nutrisi spesifik atlet bulutangkis berdasarkan intensitas latihan dan fase kompetisi.
- Menyusun rencana pemulihan yang mencakup teknik recovery fisik dan mental sesuai dengan prinsip olahraga elit.
- Merancang program psikologi olahraga untuk meningkatkan performa mental pada atlet bulutangkis elit.
- Mengintegrasikan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan secara sinergis ke dalam program latihan bulutangkis.
|
- Kemampuan menjelaskan hubungan antara nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan dalam mendukung performa atlet.
- Ketepatan analisis kebutuhan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan sesuai data atlet.
- Keterampilan dalam merancang program integratif yang realistis dan aplikatif.
|
Kriteria:
- Nilai penuh diperoleh jika mampu menjelaskan korelasi nutrisi, psikologi, dan pemulihan dalam menunjang performa atlet
- Nilai penuh diperoleh jika mampu menganalisis dengan tepat terkait kebutuhan nutrisi, psikologi, dan pemulihan sesuai kebutuhan atlet
- Nilai penuh diperoleh jika mampu merancang program integratif yang realistis dan aplikatif dengan tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus. 2x50 menit |
|
Materi: Karakteristik Bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation Materi: Penerapan integrasi faktor penunjang proses pelatihan, seperti nutrisi, psikologi, dan pemulihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menganalisis kebutuhan nutrisi spesifik atlet bulutangkis berdasarkan intensitas latihan dan fase kompetisi.
- Menyusun rencana pemulihan yang mencakup teknik recovery fisik dan mental sesuai dengan prinsip olahraga elit.
- Merancang program psikologi olahraga untuk meningkatkan performa mental pada atlet bulutangkis elit.
- Mengintegrasikan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan secara sinergis ke dalam program latihan bulutangkis.
|
- Kemampuan menjelaskan hubungan antara nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan dalam mendukung performa atlet.
- Ketepatan analisis kebutuhan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan sesuai data atlet.
- Keterampilan dalam merancang program integratif yang realistis dan aplikatif.
|
Kriteria:
- Nilai penuh diperoleh jika mampu menjelaskan korelasi nutrisi, psikologi, dan pemulihan dalam menunjang performa atlet
- Nilai penuh diperoleh jika mampu menganalisis dengan tepat terkait kebutuhan nutrisi, psikologi, dan pemulihan sesuai kebutuhan atlet
- Nilai penuh diperoleh jika mampu merancang program integratif yang realistis dan aplikatif dengan tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus. 2x50 menit |
|
Materi: Karakteristik Bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation Materi: Penerapan integrasi faktor penunjang proses pelatihan, seperti nutrisi, psikologi, dan pemulihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mengidentifikasi kebutuhan teknis dan taktis atlet bulutangkis berdasarkan hasil evaluasi performa dan analisis pertandingan.
- Merancang program latihan teknis untuk meningkatkan keterampilan spesifik, seperti pukulan, footwork, dan penguasaan area lapangan.
- Menyusun strategi latihan taktis untuk menghadapi berbagai gaya permainan lawan di tingkat nasional dan internasional.
- Mengintegrasikan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
- Mengevaluasi efektivitas program latihan teknis dan taktis melalui tes performa atau simulasi kompetisi.
|
- Kemampuan menganalisis kebutuhan teknis dan taktis atlet berdasarkan data performa.
- Ketepatan rancangan program latihan teknis dan taktis sesuai dengan tujuan kompetisi.
- Keterampilan dalam menerapkan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
- Kemampuan mengevaluasi hasil latihan dan memberikan rekomendasi perbaikan.
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menentukan kebutuhan teknik dan taktik atlet
- Rancangan program latihan teknik dan taktik sesuai dengan tujuan
- Terampil dalam penerapan latihan teknik dan taktik simulasi pertandingan
- Mampu mengevaluasi hasil dengan tepat dan pemberian rekomendasi secara akurat
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, studi kasus 2x50 menit |
|
Materi: Identifikasi kebutuhan individu atlet, Perancangan program latihan adaptif, Implementasi program latihan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Kebutuhan teknik dan taktik bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation Materi: Proses pemberian evaluasi kepelatihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mengidentifikasi kebutuhan teknis dan taktis atlet bulutangkis berdasarkan hasil evaluasi performa dan analisis pertandingan.
- Merancang program latihan teknis untuk meningkatkan keterampilan spesifik, seperti pukulan, footwork, dan penguasaan area lapangan.
- Menyusun strategi latihan taktis untuk menghadapi berbagai gaya permainan lawan di tingkat nasional dan internasional.
- Mengintegrasikan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
- Mengevaluasi efektivitas program latihan teknis dan taktis melalui tes performa atau simulasi kompetisi.
|
- Kemampuan menganalisis kebutuhan teknis dan taktis atlet berdasarkan data performa.
- Ketepatan rancangan program latihan teknis dan taktis sesuai dengan tujuan kompetisi.
- Keterampilan dalam menerapkan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
- Kemampuan mengevaluasi hasil latihan dan memberikan rekomendasi perbaikan.
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menentukan kebutuhan teknik dan taktik atlet
- Rancangan program latihan teknik dan taktik sesuai dengan tujuan
- Terampil dalam penerapan latihan teknik dan taktik simulasi pertandingan
- Mampu mengevaluasi hasil dengan tepat dan pemberian rekomendasi secara akurat
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, studi kasus 2x50 menit |
|
Materi: Identifikasi kebutuhan individu atlet, Perancangan program latihan adaptif, Implementasi program latihan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Kebutuhan teknik dan taktik bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation Materi: Proses pemberian evaluasi kepelatihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menganalisis data hasil evaluasi program latihan untuk menentukan kelebihan dan kekurangan program secara komprehensif.
- Mahasiswa mampu menyusun strategi modifikasi program latihan berdasarkan hasil evaluasi untuk meningkatkan performa atlet di masa mendatang.
|
- Kemampuan menganalisis data hasil evaluasi untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan program latihan.
- Ketepatan dan relevansi strategi modifikasi yang diajukan terhadap kebutuhan atlet dan tujuan program.
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menganalisis hasil evaluasi program latihan
- Kemampuan modifikasi program latihan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Studi Kasus, Proyek praktis. 2x50 menit |
Diskusi Online, Analisis Kasus Online
|
Materi: Teori Psikologi dalam Olahraga, Teknik Pelatihan Bulutangkis, Dampak Psikologis pada Atlet, Studi Kasus Atlet Bulutangkis Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Modifikasi program latihan Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge Materi: Evaluasi program latihan Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS) |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
|
Materi: Pondasi kepelatihan olahraga Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge Materi: Prinsip dasar kepelatihan olahraga Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins Materi: Bulutangkis Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation |
20% |