Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Bulutangkis

8520203687

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

5 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Kes.




Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami teori dasar dan prinsip-prinsip perencanaan program latihan atlet bulutangkis elit yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional.

PO - 2

Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan fisik, teknis, taktis, dan mental atlet bulutangkis berdasarkan data performa individu dan target kompetisi.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang untuk atlet bulutangkis elit yang efektif dan efisien, sesuai dengan prinsip periodisasi olahraga.

PO - 4

Mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa dan efektivitas program latihan atlet bulutangkis.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengintegrasikan faktor-faktor penunjang, seperti nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan, ke dalam program latihan atlet bulutangkis elit.

PO - 6

Mahasiswa mampu mempraktikkan perencanaan latihan teknis dan taktis yang mendukung pengembangan kemampuan bermain bulutangkis secara kompetitif pada tingkat nasional dan internasional.

PO - 7

Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil program latihan secara komprehensif dan menyusun strategi modifikasi untuk meningkatkan efektivitas program di masa mendatang.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Bulutangkis bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merencanakan program latihan yang efektif dan efisien bagi atlet bulutangkis tingkat elit. Mata kuliah ini mencakup pembelajaran tentang analisis kebutuhan atlet, perencanaan program latihan jangka pendek dan jangka panjang, pengelolaan beban latihan, monitoring dan evaluasi program latihan, serta faktor-faktor penunjang keberhasilan atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik perencanaan program latihan yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat internasional dalam cabang olahraga bulutangkis.

Pustaka

Utama :

  1. Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation
  2. Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
  3. Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Ika Jayadi, M.Kes.

Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan untuk atlet bulutangkis dalam situasi nyata.

  1. Rancangan program latihan atlet bulutangkis
  2. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan
  3. Analisis efektivitas program latihan
Kriteria:

Mampu memahami prinsip dasar perencanaan latihan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
2x50 menit
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan rancangan program latihan untuk atlet bulutangkis
Materi: Prinsip dasar perencanaan latihan, Faktor-faktor yang mempengaruhi program latihan atlet bulutangkis, Teknik merancang program latihan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Prinsip dasar latihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan untuk atlet bulutangkis dalam situasi nyata.

  1. Rancangan program latihan atlet bulutangkis
  2. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip dasar perencanaan latihan
  3. Analisis efektivitas program latihan
Kriteria:

Mampu memahami prinsip dasar lanjutan perencanaan latihan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
2x50 menit
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan rancangan program latihan untuk atlet bulutangkis
Materi: Prinsip dasar perencanaan latihan, Faktor-faktor yang mempengaruhi program latihan atlet bulutangkis, Teknik merancang program latihan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Prinsip dasar latihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknis, dan taktis atlet bulutangkis secara komprehensif untuk merancang program latihan yang spesifik dan efektif.

  1. Analisis kebutuhan fisik atlet
  2. Analisis kebutuhan teknis atlet
  3. Analisis kebutuhan taktis atlet
Kriteria:

Nilai akhir diperoleh jika mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik, dan taktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2x50 menit
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan atlet bulutangkis
Materi: Kebutuhan fisik atlet bulutangkis, Kebutuhan teknis atlet bulutangkis, Kebutuhan taktis atlet bulutangkis, Pengembangan program latihan spesifik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknis,taktis, dan mental atlet bulutangkis secara komprehensif untuk merancang program latihan yang spesifik dan efektif.

  1. Analisis kebutuhan fisik atlet
  2. Analisis kebutuhan teknis atlet
  3. Analisis kebutuhan taktis atlet
  4. Analisis kebutuhan mental atlet
Kriteria:

Nilai akhir diperoleh jika mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik, taktik, dan mental


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2x50 menit
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan atlet bulutangkis
Materi: Kebutuhan fisik atlet bulutangkis, Kebutuhan teknis atlet bulutangkis, Kebutuhan taktis atlet bulutangkis, Pengembangan program latihan spesifik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka pendek untuk atlet bulutangkis yang efektif dan efisien

Kemampuan merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

Mampu merancang program latihan jangka pendek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2x50 menit

Materi: Prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins

Materi: Pondasi teori kepelatihan olahraga
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka menengah untuk atlet bulutangkis yang efektif dan efisien

Kemampuan merancang program latihan jangka menengah

Kriteria:

Mampu merancang program latihan jangka menengah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek
2x50 menit

Materi: Prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins

Materi: Pondasi teori kepelatihan olahraga
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka panjang untuk atlet bulutangkis yang efektif dan efisien

Kemampuan merancang program latihan jangka panjang

Kriteria:

Mampu merancang program latihan jangka panjang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek
2x50 menit

Materi: Prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah, dan panjang
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins

Materi: Pondasi teori kepelatihan olahraga
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS)

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

Materi: Analisis karakteristik teknik dasar bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation

Materi: Prinsip dasar latihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
10%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa mengetahui berbagai metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa atlet
  2. Mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengetahui efektivitas dari program latihan dan perkembangan performa atlet
  1. Memahami metode monitoring dan evaluasi program latihan
  2. Mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan
Kriteria:

Pemahaman metode monitoring dan evaluasi program latihan beserta penerapannya di kondisi nyata


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.

Materi: Monitoring dan Evaluasi Kepelatihan Olahraga
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins

Materi: Prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mengetahui berbagai metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa atlet
  2. Mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengetahui efektivitas dari program latihan dan perkembangan performa atlet
  1. Memahami metode monitoring dan evaluasi program latihan
  2. Mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan
Kriteria:

Pemahaman metode monitoring dan evaluasi program latihan beserta penerapannya di kondisi nyata


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.

Materi: Monitoring dan Evaluasi Kepelatihan Olahraga
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins

Materi: Prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
5%

11

Minggu ke 11

  1. Menganalisis kebutuhan nutrisi spesifik atlet bulutangkis berdasarkan intensitas latihan dan fase kompetisi.
  2. Menyusun rencana pemulihan yang mencakup teknik recovery fisik dan mental sesuai dengan prinsip olahraga elit.
  3. Merancang program psikologi olahraga untuk meningkatkan performa mental pada atlet bulutangkis elit.
  4. Mengintegrasikan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan secara sinergis ke dalam program latihan bulutangkis.
  1. Kemampuan menjelaskan hubungan antara nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan dalam mendukung performa atlet.
  2. Ketepatan analisis kebutuhan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan sesuai data atlet.
  3. Keterampilan dalam merancang program integratif yang realistis dan aplikatif.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika mampu menjelaskan korelasi nutrisi, psikologi, dan pemulihan dalam menunjang performa atlet
  2. Nilai penuh diperoleh jika mampu menganalisis dengan tepat terkait kebutuhan nutrisi, psikologi, dan pemulihan sesuai kebutuhan atlet
  3. Nilai penuh diperoleh jika mampu merancang program integratif yang realistis dan aplikatif dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
2x50 menit

Materi: Karakteristik Bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation

Materi: Penerapan integrasi faktor penunjang proses pelatihan, seperti nutrisi, psikologi, dan pemulihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

12

Minggu ke 12

  1. Menganalisis kebutuhan nutrisi spesifik atlet bulutangkis berdasarkan intensitas latihan dan fase kompetisi.
  2. Menyusun rencana pemulihan yang mencakup teknik recovery fisik dan mental sesuai dengan prinsip olahraga elit.
  3. Merancang program psikologi olahraga untuk meningkatkan performa mental pada atlet bulutangkis elit.
  4. Mengintegrasikan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan secara sinergis ke dalam program latihan bulutangkis.
  1. Kemampuan menjelaskan hubungan antara nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan dalam mendukung performa atlet.
  2. Ketepatan analisis kebutuhan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan sesuai data atlet.
  3. Keterampilan dalam merancang program integratif yang realistis dan aplikatif.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh jika mampu menjelaskan korelasi nutrisi, psikologi, dan pemulihan dalam menunjang performa atlet
  2. Nilai penuh diperoleh jika mampu menganalisis dengan tepat terkait kebutuhan nutrisi, psikologi, dan pemulihan sesuai kebutuhan atlet
  3. Nilai penuh diperoleh jika mampu merancang program integratif yang realistis dan aplikatif dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
2x50 menit

Materi: Karakteristik Bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation

Materi: Penerapan integrasi faktor penunjang proses pelatihan, seperti nutrisi, psikologi, dan pemulihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mengidentifikasi kebutuhan teknis dan taktis atlet bulutangkis berdasarkan hasil evaluasi performa dan analisis pertandingan.
  2. Merancang program latihan teknis untuk meningkatkan keterampilan spesifik, seperti pukulan, footwork, dan penguasaan area lapangan.
  3. Menyusun strategi latihan taktis untuk menghadapi berbagai gaya permainan lawan di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengintegrasikan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
  5. Mengevaluasi efektivitas program latihan teknis dan taktis melalui tes performa atau simulasi kompetisi.
  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan teknis dan taktis atlet berdasarkan data performa.
  2. Ketepatan rancangan program latihan teknis dan taktis sesuai dengan tujuan kompetisi.
  3. Keterampilan dalam menerapkan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
  4. Kemampuan mengevaluasi hasil latihan dan memberikan rekomendasi perbaikan.
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menentukan kebutuhan teknik dan taktik atlet
  2. Rancangan program latihan teknik dan taktik sesuai dengan tujuan
  3. Terampil dalam penerapan latihan teknik dan taktik simulasi pertandingan
  4. Mampu mengevaluasi hasil dengan tepat dan pemberian rekomendasi secara akurat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, studi kasus
2x50 menit

Materi: Identifikasi kebutuhan individu atlet, Perancangan program latihan adaptif, Implementasi program latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Kebutuhan teknik dan taktik bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation

Materi: Proses pemberian evaluasi kepelatihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mengidentifikasi kebutuhan teknis dan taktis atlet bulutangkis berdasarkan hasil evaluasi performa dan analisis pertandingan.
  2. Merancang program latihan teknis untuk meningkatkan keterampilan spesifik, seperti pukulan, footwork, dan penguasaan area lapangan.
  3. Menyusun strategi latihan taktis untuk menghadapi berbagai gaya permainan lawan di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengintegrasikan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
  5. Mengevaluasi efektivitas program latihan teknis dan taktis melalui tes performa atau simulasi kompetisi.
  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan teknis dan taktis atlet berdasarkan data performa.
  2. Ketepatan rancangan program latihan teknis dan taktis sesuai dengan tujuan kompetisi.
  3. Keterampilan dalam menerapkan latihan teknis dan taktis dalam simulasi pertandingan.
  4. Kemampuan mengevaluasi hasil latihan dan memberikan rekomendasi perbaikan.
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menentukan kebutuhan teknik dan taktik atlet
  2. Rancangan program latihan teknik dan taktik sesuai dengan tujuan
  3. Terampil dalam penerapan latihan teknik dan taktik simulasi pertandingan
  4. Mampu mengevaluasi hasil dengan tepat dan pemberian rekomendasi secara akurat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, studi kasus
2x50 menit

Materi: Identifikasi kebutuhan individu atlet, Perancangan program latihan adaptif, Implementasi program latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Kebutuhan teknik dan taktik bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation

Materi: Proses pemberian evaluasi kepelatihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menganalisis data hasil evaluasi program latihan untuk menentukan kelebihan dan kekurangan program secara komprehensif.
  2. Mahasiswa mampu menyusun strategi modifikasi program latihan berdasarkan hasil evaluasi untuk meningkatkan performa atlet di masa mendatang.
  1. Kemampuan menganalisis data hasil evaluasi untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan program latihan.
  2. Ketepatan dan relevansi strategi modifikasi yang diajukan terhadap kebutuhan atlet dan tujuan program.
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menganalisis hasil evaluasi program latihan
  2. Kemampuan modifikasi program latihan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi Kasus, Proyek praktis.
2x50 menit
Diskusi Online, Analisis Kasus Online
Materi: Teori Psikologi dalam Olahraga, Teknik Pelatihan Bulutangkis, Dampak Psikologis pada Atlet, Studi Kasus Atlet Bulutangkis
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Modifikasi program latihan
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge

Materi: Evaluasi program latihan
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS)

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS

Materi: Pondasi kepelatihan olahraga
Pustaka: Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge

Materi: Prinsip dasar kepelatihan olahraga
Pustaka: Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins

Materi: Bulutangkis
Pustaka: Badminton World Federation, 2017, BWF Badminton Coach Education Coaches' Manual Level 1 (Second Edition), Badminton World Federation
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 32.5%
3. Penilaian Portofolio 15%
4. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
5. Tes 32.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.