Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Kerja

7320102237

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

20 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Olievia Prabandini Mulyaha, S.Psi., M.Psi., Psikolog




Dr. Umi Anugerah Izzati, S.Psi., M.Psi., Psikolog




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi kerja dan memahami relevansinya dalam konteks kerja.

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan hukum dan etika dalam hubungan kerja dan perjanjian kerja serta menganalisis berbagai pendekatan dan kebijakan dalam manajemen hubungan industrial.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab, dampak, dan strategi penyelesaian konflik kerja, serta mendemonstrasikan teknik dan strategi negosiasi dalam hubungan industrial.

PO - 4

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep stres kerja, penyebab, dan dampaknya terhadap karyawan dan organisasi, serta mempu menyusun strategi untuk mengatasi stres kerja.

PO - 5

Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai konsep, faktor, serta dampak dari kualitas kehidupan kerja, keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, kesejahteraan psikologis terhadap kinerja dan organisasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Kerja dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek psikologis yang terkait dengan lingkungan kerja. Materi yang diajarkan mencakup konsep dasar psikologi kerja, administrasi kepegawaian, hubungan industrial, konflik kerja, beban kerja, stres kerja, dan kesejahteraan psikologis di tempat kerja.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Olievia Prabandini Mulyana, S.Psi., M.Psi Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendefinisikan konsep dasar psikologi kerja. Mahasiswa mampu menjelaskan relevansi psikologi kerja dalam konteks kerja.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Contextual Instruction (CI)
Materi: Konsep dasar Psikologi Kerja
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi umum administrasi kepegawaian dan menjelaskan fungsi teknis administrasi kepegawaian.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Fungsi umum dan teknis adminitrasi kepegawaian
Pustaka:
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi umum administrasi kepegawaian dan menjelaskan fungsi teknis administrasi kepegawaian.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Sistem adminitrasi kepegawaian
Pustaka:
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan dalam hubungan industrial dan menjelaskan kebijakan dalam hubungan industrial.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Pendekatan dan kebijakan dalam hubungan industrial
Pustaka:
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan hukum dalam hubungan kerja dan perjanjian kerja serta mendiskusikan etika kerja.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Hubungan kerja dan perjanjian kerja
Pustaka:
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab, dampak dan strategi ppenyelesaian konflik kerja. serta menjelaskan teknik negosiasi dalam hubungan industrial.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Konflik kerja
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan teknik negosiasi dalam hubungan industrial serta mendemonstrasikan strategi negosiasi dalam hubungan industrial.

Produk akhir yang berdasarkan pemahaman berbagai konsep yang terkait

Kriteria:

Keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama tim. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=54


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)
Materi: Negoisasi hubungan industrial
Pustaka:
50%

8

Minggu ke 8

UTS

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Tes

Tes
Materi: UTS
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, penyebab dan dampak stres kerja terhadap karyawan dan organisasi.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Beban kerja
Pustaka:
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, penyebab dan dampak stres kerja terhadap karyawan dan organisasi.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Stres kerja
Pustaka:
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mendiskusikan dan mendemontrasikan manajemen stres.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Manajemen stres kerja
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari kualitas kehidupan kerja.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Kualitas kehidupan kerja
Pustaka:
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari keseimbangan kehidupan kerja.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Keseimbangan kehidupan kerja
Pustaka:
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari kesejahteraan psikologis di tempat kerja.

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
Materi: Kesehatan mental di tempat kerja
Pustaka:
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari kesejahteraan psikologis di tempat kerja.

Produk akhir yang berdasarkan pemahaman berbagai konsep yang terkait

Kriteria:

Keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama tim. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=54


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)
50%

16

Minggu ke 16

UAS

Pemahaman konsep terkait

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Tes

Tes
Materi: UAS
Pustaka:
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 75%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.