|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Kerja |
7320102237 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
20 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Olievia Prabandini Mulyaha, S.Psi., M.Psi., Psikolog
|
Dr. Umi Anugerah Izzati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi kerja dan memahami relevansinya dalam konteks kerja.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hukum dan etika dalam hubungan kerja dan perjanjian kerja serta menganalisis berbagai pendekatan dan kebijakan dalam manajemen hubungan industrial.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab, dampak, dan strategi penyelesaian konflik kerja, serta mendemonstrasikan teknik dan strategi negosiasi dalam hubungan industrial.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep stres kerja, penyebab, dan dampaknya terhadap karyawan dan organisasi, serta mempu menyusun strategi untuk mengatasi stres kerja.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai konsep, faktor, serta dampak dari kualitas kehidupan kerja, keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, kesejahteraan psikologis terhadap kinerja dan organisasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Psikologi Kerja dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek psikologis yang terkait dengan lingkungan kerja. Materi yang diajarkan mencakup konsep dasar psikologi kerja, administrasi kepegawaian, hubungan industrial, konflik kerja, beban kerja, stres kerja, dan kesejahteraan psikologis di tempat kerja. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Olievia Prabandini Mulyana, S.Psi., M.Psi Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan konsep dasar psikologi kerja. Mahasiswa mampu menjelaskan relevansi psikologi kerja dalam konteks kerja. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Konsep dasar Psikologi Kerja Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi umum administrasi kepegawaian dan menjelaskan fungsi teknis administrasi kepegawaian. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Fungsi umum dan teknis adminitrasi kepegawaian Pustaka: |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi umum administrasi kepegawaian dan menjelaskan fungsi teknis administrasi kepegawaian. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Sistem adminitrasi kepegawaian Pustaka: |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai pendekatan dalam hubungan industrial dan menjelaskan kebijakan dalam hubungan industrial. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Pendekatan dan kebijakan dalam hubungan industrial Pustaka: |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hukum dalam hubungan kerja dan perjanjian kerja serta mendiskusikan etika kerja. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Hubungan kerja dan perjanjian kerja Pustaka: |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab, dampak dan strategi ppenyelesaian konflik kerja. serta menjelaskan teknik negosiasi dalam hubungan industrial. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Konflik kerja Pustaka: |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teknik negosiasi dalam hubungan industrial serta mendemonstrasikan strategi negosiasi dalam hubungan industrial. |
Produk akhir yang berdasarkan pemahaman berbagai konsep yang terkait |
Kriteria:
Keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama tim. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=54 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)
|
Materi: Negoisasi hubungan industrial Pustaka: |
50% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Tes |
|
Tes
|
Materi: UTS Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, penyebab dan dampak stres kerja terhadap karyawan dan organisasi. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Beban kerja Pustaka: |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, penyebab dan dampak stres kerja terhadap karyawan dan organisasi. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Stres kerja Pustaka: |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan mendemontrasikan manajemen stres. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Manajemen stres kerja Pustaka: |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari kualitas kehidupan kerja. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Kualitas kehidupan kerja Pustaka: |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari keseimbangan kehidupan kerja. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Keseimbangan kehidupan kerja Pustaka: |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari kesejahteraan psikologis di tempat kerja. |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Grup Disscussion & Contextual Instruction (CI)
|
Materi: Kesehatan mental di tempat kerja Pustaka: |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, faktor dan dampak dari kesejahteraan psikologis di tempat kerja. |
Produk akhir yang berdasarkan pemahaman berbagai konsep yang terkait |
Kriteria:
Keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama tim. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=54 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)
|
|
50% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Pemahaman konsep terkait |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep kerkait. Skor penilaian A=85, A-=80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Tes |
|
Tes
|
Materi: UAS Pustaka: |
0% |