Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Batu, Pembesian, Bekisting dan Praktikum

8320502328

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Habib Alfian, S.Pd., M.Pd.




Dr. Ir. H. Soeparno, M.T.




Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi solusi untuk suatu permasalahan ketekniksipilan yang mampu mendukung bidang Pendidikan Teknik Bangunan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar teknologi batu, pembesian, dan bekisting, serta prinsip-prinsip konstruksi yang terkait dengan bahan dan metode yang digunakan dalam proyek bangunan secara komprehensif.

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan solusi konstruksi berbasis teknologi batu, pembesian, dan bekisting dalam bentuk proyek nyata sesuai spesifikasi teknis dan standar keselamatan kerja.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil kerja proyek, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan implementasi teknologi yang digunakan, serta memberikan solusi perbaikan berdasarkan analisis yang dilakukan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Teknologi Batu, Pembesian, Bekisting Dan Praktikum pada jenjang S1 program studi Pendidikan Teknik Bangunan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teknologi konstruksi menggunakan bahan Batu (Batu Alam, Batu Belah, Batako, Batu bata merah, Bata Ringan, dan Beton) , Pembesian (Penulangan kolom, balok, dan plat lantai) , Bekisting, dan Perancah. Mahasiswa akan mempelajari proses konstruksi, pemilihan material, metode pemasangan, serta praktik langsung dalam pembuatan struktur bangunan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dasar, perhitungan kebutuhan material, teknik pengerjaan, hingga pengawasan kualitas konstruksi. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam merancang dan melaksanakan proyek konstruksi secara efisien dan berkualitas.

Pustaka

Utama :

  1. Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015
  2. Menggambar Bangunan tingkat lanjut Direktorat PSMK, Dikbud, 2008
  3. Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
  4. Ernest Neufert, Sunarto Tjahjadi, Erlangga, 1996

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Ir. H. Soeparno, M.T.

Muhammad Habib Alfian, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami konsep dasar teknologi batu, pembesian, dan bekisting serta peran pentingnya dalam konstruksi.

Memahami konsep dasar teknologi batu, pembesian, dan bekisting serta peran pentingnya dalam konstruksi.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pengantar mata kuliah, Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan Demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Konsep dasar teknologi batu, pembesian, dan bekisting serta peran pentingnya dalam konstruksi.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Konsep dasar teknologi batu, pembesian, dan bekisting serta peran pentingnya dalam konstruksi.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis material batu (alami dan buatan), karakteristiknya, serta aplikasinya dalam konstruksi.

Menjelaskan jenis-jenis material batu (alami dan buatan), karakteristiknya, serta aplikasinya dalam konstruksi.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Jenis-jenis material batu (alami dan buatan), karakteristiknya, serta aplikasinya dalam konstruksi.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Jenis-jenis material batu (alami dan buatan), karakteristiknya, serta aplikasinya dalam konstruksi.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan proses pengolahan batu dan teknik penerapannya sesuai standar konstruksi.

Menjelaskan jenis-jenis material batu (alami dan buatan), karakteristiknya, serta aplikasinya dalam konstruksi.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Proses pengolahan batu dan teknik penerapannya sesuai standar konstruksi.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Proses pengolahan batu dan teknik penerapannya sesuai standar konstruksi.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami jenis-jenis besi, sifat mekanisnya, dan penggunaannya dalam struktur beton bertulang.

Memahami jenis-jenis material batu (alami dan buatan), karakteristiknya, serta aplikasinya dalam konstruksi.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Jenis-jenis besi, sifat mekanisnya, dan penggunaannya dalam struktur beton bertulang.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Jenis-jenis besi, sifat mekanisnya, dan penggunaannya dalam struktur beton bertulang.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktikkan teknik pemotongan, pembengkokan, dan penyambungan besi tulangan.

Menjelaskan dan mempraktikkan teknik pemotongan, pembengkokan, dan penyambungan besi tulangan.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran praktik, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Teknik pemotongan, pembengkokan, dan penyambungan besi tulangan.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Teknik pemotongan, pembengkokan, dan penyambungan besi tulangan.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
7%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis bekisting, material yang digunakan, dan keunggulan masing-masing.

Mengidentifikasi jenis-jenis bekisting, material yang digunakan, dan keunggulan masing-masing.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Jenis-jenis bekisting, material yang digunakan, dan keunggulan masing-masing.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Jenis-jenis bekisting, material yang digunakan, dan keunggulan masing-masing.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang bekisting yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan mempertimbangkan efisiensi material.

Merancang bekisting yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan mempertimbangkan efisiensi material.

Kriteria:

Sesuai Rubrik.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Merancang bekisting yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan mempertimbangkan efisiensi material.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Merancang bekisting yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan mempertimbangkan efisiensi material.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mampu mengerjakan UTS dengan benar

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester (UTS)
2 x 50
-
-
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menerapkan teknologi batu dalam proyek konstruksi sederhana.

Menerapkan teknologi batu dalam proyek konstruksi sederhana.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran praktik, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Teknologi batu dalam proyek konstruksi sederhana.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Teknologi batu dalam proyek konstruksi sederhana.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
15%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menerapkan teknologi pembesian dalam pembuatan struktur beton bertulang.

Menerapkan teknologi pembesian dalam pembuatan struktur beton bertulang.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran praktik, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Teknologi pembesian dalam pembuatan struktur beton bertulang.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Teknologi pembesian dalam pembuatan struktur beton bertulang.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
15%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menerapkan teknologi pembesian dalam pembuatan struktur beton bertulang.

Mempraktikkan teknik perakitan bekisting untuk elemen konstruksi seperti kolom, balok, dan pelat lantai.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran praktik, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Teknik perakitan bekisting untuk elemen konstruksi seperti kolom, balok, dan pelat lantai.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Teknik perakitan bekisting untuk elemen konstruksi seperti kolom, balok, dan pelat lantai.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
15%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas hasil pekerjaan batu dan pembesian berdasarkan standar teknis.

Mengevaluasi kualitas hasil pekerjaan batu dan pembesian berdasarkan standar teknis.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Evaluasi kualitas hasil pekerjaan batu dan pembesian berdasarkan standar teknis.
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Evaluasi kualitas hasil pekerjaan batu dan pembesian berdasarkan standar teknis.
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas penggunaan bekisting dalam proyek konstruksi.

Mengevaluasi efisiensi dan efektivitas penggunaan bekisting dalam proyek konstruksi.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Evaluasi desain bekisting
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Evaluasi desain bekisting
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun laporan proyek yang mencakup analisis, evaluasi, dan rekomendasi hasil pekerjaan.

Menyusun laporan proyek yang mencakup analisis, evaluasi, dan rekomendasi hasil pekerjaan.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Laporan praktikum
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek dengan argumentasi yang kuat berdasarkan data dan analisis.

Mempresentasikan hasil proyek dengan argumentasi yang kuat berdasarkan data dan analisis.

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui diskusi, dan demonstrasi.
2 x 50
-
-
Materi: Laporan praktikum
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015
3%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mampu mengerjakan UAS dengan benar

Kriteria:

Sesuai Rubik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester (UAS)
2 x 50
-
-
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Job Sheet Peraktek kerja batu, Agus Wiyono, 2015

Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Fundamentals of Building construction material and methods. Edward Allen, Erlangga, 2005
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 67.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10.5%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.