Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Akuntansi Keuangan Lanjutan

8720903002

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

4 Juli 2020

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Amirul Arif, S.Pd., M.Ak.




Dr. Agung Listiadi, M.Pd.




Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu bertindak sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme yang tinggi

PLO-11

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan alasan untuk mendukung pemikirannya dan pandangannya tentang kebijakan fiskal

PO - 2

Mampu menganalisis berbagai kombinasi bisnis, perlakuan akuntansi atas kombinasi bisnis tersebut, serta tren kombinasi bisnis yang berlaku khususnya di Indonesia

PO - 3

Menguasai konsep teoritis, memahami dan menerapkan konsep kombinasi bisnis/kombinasi bisnis, memiliki keterampilan dalam mempersiapkan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji peran dan kedudukan akuntansi yang diterapkan dalam situasi khusus dan organisasi khusus, mencakup: Penggabungan Usaha, Lap. Keu. Konsolidasi - Perolehan Perush. Anak, Lap. Keu. Konsolidasi – Investasi yang dibukukan dengan metode ekuity, Lap. Keu. Konsolidasi – Pembukuan investasi dengan Metode Harga Perolehan, Lap. Keu. Konsolidasi – Laba antar perusahaan surat berharga senior, Lap. Keu. Konsolidasi – Perubahan kepentingan dalam perusahaan

Pustaka

Utama :

  1. Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
  2. Beam, Floyd A., Anthony, Joseph H., Bettinghaus, Buce., and Smith, Kenneth A., 2018. Advanced Accounting, 13th edition. Global Edition. Pearson Education, Inc. Upper Saddle River New, New Jeasey.
  3. Fischer, PM., Taylor, WJ, and Cheng, RH. 2009., Advanced Acounting, South Western, Tenth Edition.
  4. Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.

Amirul Arif, S.Pd., M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengidentifikasi bentuk badan usaha

  1. Menjelaskan pengertian badan usaha
  2. Menjelaskan penggabungan dengan mengeluarkan satu jenis saham
  3. Menjelaskan penggabungan dengan mengeluarkan lebih dari satu jenis saham
  4. Menjelaskan prosedur alternatif penggabungan usaha
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah Diskusi cooperative learning Tugas-1: Melakukan identifikasi bentuk badan usaha Mendiskusikan metode penggabungan usahaDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah Diskusi cooperative learning Tugas-1: Melakukan identifikasi bentuk badan usaha Mendiskusikan metode penggabungan usahaDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Materi: 1. Forms of business combination 2. Merger by issuing one type of share 3. Merger by issuing more than one type of share 4. Alternative business combination procedures
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi bentuk badan usaha

  1. Menjelaskan pengertian badan usaha
  2. Menjelaskan penggabungan dengan mengeluarkan satu jenis saham
  3. Menjelaskan penggabungan dengan mengeluarkan lebih dari satu jenis saham
  4. Menjelaskan prosedur alternatif penggabungan usaha
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah Diskusi cooperative learning Tugas-1: Melakukan identifikasi bentuk badan usaha Mendiskusikan metode penggabungan usahaDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah Diskusi cooperative learning Tugas-1: Melakukan identifikasi bentuk badan usaha Mendiskusikan metode penggabungan usahaDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Materi: 1. Forms of business combination 2. Merger by issuing one type of share 3. Merger by issuing more than one type of share 4. Alternative business combination procedures
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
4%

3

Minggu ke 3

Mampu mengidentifikasi bentuk badan usaha

  1. Menjelaskan pengertian badan usaha
  2. Menjelaskan penggabungan dengan mengeluarkan satu jenis saham
  3. Menjelaskan penggabungan dengan mengeluarkan lebih dari satu jenis saham
  4. Menjelaskan prosedur alternatif penggabungan usaha
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah Diskusi cooperative learning Tugas-1: Melakukan identifikasi bentuk badan usaha Mendiskusikan metode penggabungan usahaDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah Diskusi cooperative learning Tugas-1: Melakukan identifikasi bentuk badan usaha Mendiskusikan metode penggabungan usahaDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Materi: 1. Forms of business combination 2. Merger by issuing one type of share 3. Merger by issuing more than one type of share 4. Alternative business combination procedures
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

4

Minggu ke 4

Mampu mengkaji Laporan keuangan konsolidasi: Hubungan perusahaan induk dan Anak

  1. Menjelaskan pengertian Laporan keuangan konsolidasi
  2. Mengidentifikasi bentuk investasi pada perusahaan anak
  3. Mengidentifikasi bentuk penyusunan laporan keuangan yang dikonsolidasi
  4. Perhitungan harga beli dan nilai buku sham dalam neraca konsolidasi
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah cooperative learning Tugas 1: Menganalisis tentang konsep laporan keuangan konsolidasianDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Luring: Ceramah cooperative learning Tugas 1: Menganalisis tentang konsep laporan keuangan konsolidasianDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Materi: 1. Consolidated financial statements 2. Investment in subsidiary company 3. Preparation of consolidated financial statements 4. purchase price and book value of shares in the consolidated balance sheet
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu mengkaji Laporan keuangan konsolidasi: Hubungan perusahaan induk dan Anak

  1. Menjelaskan pengertian Laporan keuangan konsolidasi
  2. Mengidentifikasi bentuk investasi pada perusahaan anak
  3. Mengidentifikasi bentuk penyusunan laporan keuangan yang dikonsolidasi
  4. Perhitungan harga beli dan nilai buku sham dalam neraca konsolidasi
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah cooperative learning Tugas 1: Menganalisis tentang konsep laporan keuangan konsolidasianDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Luring: Ceramah cooperative learning Tugas 1: Menganalisis tentang konsep laporan keuangan konsolidasianDaring: Elearning: Take and give, cooperative learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Materi: 1. Consolidated financial statements 2. Investment in subsidiary company 3. Preparation of consolidated financial statements 4. purchase price and book value of shares in the consolidated balance sheet
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun laporan keuangan yang dikonsolidasi : Metode ekuitas

  1. menjelaskan pengertian metode ekuitas
  2. menjelaskan Bentuk modifikasi metode ekuitas
  3. menjelaskan pengertian Utang piutang antar perusahaan afiliasi
  4. Menghitung selisih
  5. harga perolehan dengan nilai buku saham perusahaan anak.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Berlatih menyusun laporan keuangan konsolidasian metode ekuitas dari soal yang disajikanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Berlatih menyusun laporan keuangan konsolidasian metode ekuitas dari soal yang disajikanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Materi: 1. Equity method 2. Modification of equity method 3. accounts payable among affiliated companies. 4. The difference between the acquisition price and the book value of the subsidiary company's shares.
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun laporan keuangan yang dikonsolidasi : Metode ekuitas

  1. menjelaskan pengertian metode ekuitas
  2. menjelaskan Bentuk modifikasi metode ekuitas
  3. menjelaskan pengertian Utang piutang antar perusahaan afiliasi
  4. Menghitung selisih
  5. harga perolehan dengan nilai buku saham perusahaan anak.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Berlatih menyusun laporan keuangan konsolidasian metode ekuitas dari soal yang disajikanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Berlatih menyusun laporan keuangan konsolidasian metode ekuitas dari soal yang disajikanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi
3 X 50
Materi: 1. Equity method 2. Modification of equity method 3. accounts payable among affiliated companies. 4. The difference between the acquisition price and the book value of the subsidiary company's shares.
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mampu Menyusun Laporan keuangan yang dikonsolidasi : Metode harga perolehan

  1. menjelaskan pengertian metode harga perolehan
  2. Menyusun laporan posisi keuangan konsolidasi
  3. Menghitung dividen likuidasi
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Latihan menyusun laporan keuangan konsolidasian metode harga perolehanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Latihan menyusun laporan keuangan konsolidasian metode harga perolehanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
Materi: 1. Cost method 2. consolidated statement of financial position 3. Liquidation dividend
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
2%

10

Minggu ke 10

Mampu Menyusun Laporan keuangan yang dikonsolidasi : Metode harga perolehan

  1. menjelaskan pengertian metode harga perolehan
  2. Menyusun laporan posisi keuangan konsolidasi
  3. Menghitung dividen likuidasi
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Latihan menyusun laporan keuangan konsolidasian metode harga perolehanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Diskusi PBL Tugas 1: Latihan menyusun laporan keuangan konsolidasian metode harga perolehanDaring: Elearning: Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
Materi: 1. Cost method 2. consolidated statement of financial position 3. Liquidation dividend
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu Menganalisis Laporan keuangan yang dikonsolidasi : Masalah khusus

  1. mengaji perusahaan anak memiliki lebih dari satu jenis Saham
  2. Menghitung saham bonus
  3. Menjelaskan transaksi antar perusahaan afiliasisebuah formulir
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah PBL Tugas 1: Menganalisis tentang konsolidasi masalah khususDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah PBL Tugas 1: Menganalisis tentang konsolidasi masalah khususDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
Materi: 1. Subsidiary companies have more than one type of Share 2. Bonus shares 3. Transactions between affiliated companies
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu Menganalisis Laporan keuangan yang dikonsolidasi : Masalah khusus

  1. mengaji perusahaan anak memiliki lebih dari satu jenis Saham
  2. Menghitung saham bonus
  3. Menjelaskan transaksi antar perusahaan afiliasisebuah formulir
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah PBL Tugas 1: Menganalisis tentang konsolidasi masalah khususDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah PBL Tugas 1: Menganalisis tentang konsolidasi masalah khususDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
Materi: 1. Subsidiary companies have more than one type of Share 2. Bonus shares 3. Transactions between affiliated companies
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu Menganalisis Laporan keuangan yang dikonsolidasi : Masalah khusus

  1. mengaji perusahaan anak memiliki lebih dari satu jenis Saham
  2. Menghitung saham bonus
  3. Menjelaskan transaksi antar perusahaan afiliasisebuah formulir
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah PBL Tugas 1: Menganalisis tentang konsolidasi masalah khususDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah PBL Tugas 1: Menganalisis tentang konsolidasi masalah khususDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Materi: 1. Subsidiary companies have more than one type of Share 2. Bonus shares 3. Transactions between affiliated companies
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengkaji Neraca konsolidasi : perubahan dalam kepemilikan

  1. Menjelaskan konsep pembelian saham anak beberapa kali
  2. Menghitung penjualan kembali saham perusahaan anak.
  3. Menjelaskan penarikan saham-saham perusahaan anak
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah PBL Tugas 1:Berlatih menyusun neraca konsolidasi perubahan kepemilikan dari soal yang disajikanDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah PBL Tugas 1:Berlatih menyusun neraca konsolidasi perubahan kepemilikan dari soal yang disajikanDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Materi: 1. Purchased shares of subsidiary companies several times. 2. Resale of subsidiary company shares. 3. Withdrawal of shares in subsidiary companies.
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
3%

15

Minggu ke 15

Mampu mengkaji Neraca konsolidasi : perubahan dalam kepemilikan

  1. Menjelaskan konsep pembelian saham anak beberapa kali
  2. Menghitung penjualan kembali saham perusahaan anak.
  3. Menjelaskan penarikan saham-saham perusahaan anak
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring: Ceramah PBL Tugas 1:Berlatih menyusun neraca konsolidasi perubahan kepemilikan dari soal yang disajikanDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Luring: Ceramah PBL Tugas 1:Berlatih menyusun neraca konsolidasi perubahan kepemilikan dari soal yang disajikanDaring: Elearning:Take and give, problem based learning, pemberian informasi singkat, jelas, dan padat yang menuntut kemampuan ingatan dan pemahaman yang cepat, serta mendiskusikan materi yang disajikan agar dapat berpikir tingkat tinggi.
3 X 50
Materi: 1. Purchased shares of subsidiary companies several times. 2. Resale of subsidiary company shares. 3. Withdrawal of shares in subsidiary companies.
Pustaka: Baker, RE., Lembke, VC., and King, TE. 2013. Advanced Financial Accounting, McGraw-Hill., Salemba 4, Edisi 8.
6%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
29%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.