
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi |
5720103153 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-10 |
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. |
PLO-15 |
Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep dan metodologi evaluasi sistem informasi dalam konteks nyata untuk meningkatkan efektivitas operasional organisasi (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan memecah komponen sistem informasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam konteks pengelolaan data dan informasi bisnis (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas sistem informasi menggunakan kriteria atau standar yang telah ditetapkan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan rencana peningkatan sistem informasi berdasarkan hasil evaluasi untuk memenuhi sasaran jangka panjang organisasi (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik evaluasi untuk mengidentifikasi peluang peningkatan dalam sistem informasi yang ada (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak etika dan hukum dalam penggunaan sistem informasi terhadap keputusan bisnis (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan merekomendasikan teknologi informasi baru yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem informasi untuk meningkatkan kinerja organisasi (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi masalah yang diidentifikasi selama proses evaluasi sistem informasi (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip-prinsip manajemen proyek dalam perencanaan dan implementasi peningkatan sistem informasi (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi kepatuhan sistem informasi terhadap regulasi dan standar industri yang berlaku (C4, C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-10 | PLO-15 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | | PO-9 | ✔ | | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi membahas tentang konsep, metode, dan teknik evaluasi yang digunakan untuk mengukur keberhasilan implementasi sistem informasi. Tujuan dari matakuliah ini adalah agar mahasiswa memahami pentingnya evaluasi kesuksesan sistem informasi dalam mendukung keberhasilan organisasi. Ruang lingkupnya meliputi pengenalan konsep evaluasi, metode evaluasi kesuksesan sistem informasi, faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan sistem informasi, serta studi kasus evaluasi kesuksesan sistem informasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dwi Fatrianto Suyatno, S.Kom., M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan metodologi evaluasi sistem informasi dalam situasi nyata untuk meningkatkan efektivitas operasional organisasi. |
- Pemahaman konsep evaluasi sistem informasi
- Kemampuan menerapkan metodologi evaluasi dalam konteks nyata
- Analisis efektivitas operasional organisasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi sistem informasi
|
Materi: Konsep Evaluasi Sistem Informasi, Metodologi Evaluasi Sistem Informasi, Studi Kasus Evaluasi Sistem Informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan metodologi evaluasi sistem informasi dalam konteks nyata untuk meningkatkan efektivitas operasional organisasi. |
- Pemahaman konsep evaluasi sistem informasi
- Kemampuan menerapkan metodologi evaluasi dalam studi kasus nyata
- Analisis efektivitas operasional organisasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi online tentang penerapan evaluasi sistem informasi dalam kasus nyata
|
Materi: Konsep Evaluasi Sistem Informasi, Metodologi Evaluasi dalam Konteks Nyata, Studi Kasus Efektivitas Operasional Organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis komponen sistem informasi secara mendalam untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pengelolaan data dan informasi bisnis. |
- Analisis komprehensif komponen sistem informasi
- Identifikasi kekuatan dan kelemahan sistem informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis komponen sistem informasi yang telah dipelajari
|
Materi: Konsep dasar sistem informasi, Pengelolaan data bisnis, Analisis komponen sistem informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis komponen sistem informasi secara mendalam untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pengelolaan data dan informasi bisnis. |
- Analisis komponen sistem informasi dilakukan dengan tepat
- Kemampuan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem informasi
- Kemampuan memecah komponen sistem informasi secara sistematis
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis komponen sistem informasi, Studi kasus online tentang pengelolaan data bisnis
|
Materi: Konsep Sistem Informasi, Pengelolaan Data Bisnis, Analisis Kekuatan dan Kelemahan Sistem Informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas sistem informasi dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis. |
- Kemampuan menganalisis efektivitas sistem informasi
- Kemampuan mengidentifikasi kriteria evaluasi yang relevan
- Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan evaluasi sistem informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi sistem informasi
|
Materi: Konsep evaluasi sistem informasi, Kriteria evaluasi sistem informasi, Pengambilan keputusan strategis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas sistem informasi dengan menggunakan kriteria yang relevan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis. |
- Kemampuan menganalisis efektivitas sistem informasi
- Kemampuan mengidentifikasi kriteria evaluasi yang tepat
- Kemampuan menyusun rekomendasi untuk pengambilan keputusan strategis
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi sistem informasi
|
Materi: Pengenalan Evaluasi Efektivitas Sistem Informasi, Kriteria Evaluasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis, Studi Kasus Evaluasi Sistem Informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan rencana peningkatan sistem informasi yang berdampak positif terhadap pencapaian sasaran jangka panjang organisasi. |
- Kemampuan menganalisis hasil evaluasi sistem informasi
- Kemampuan merumuskan rencana peningkatan sistem informasi
- Kemampuan menjelaskan dampak rencana peningkatan terhadap sasaran organisasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang rencana peningkatan sistem informasi berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan.
|
Materi: Analisis hasil evaluasi sistem informasi, Perumusan rencana peningkatan sistem informasi, Dampak rencana peningkatan terhadap sasaran organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak etika dan hukum dalam penggunaan sistem informasi terhadap keputusan bisnis. |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi kelompok daring
|
Materi: Etika dalam Sistem Informasi, Hukum dalam Penggunaan Sistem Informasi, Studi Kasus Keputusan Bisnis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi peluang peningkatan dalam sistem informasi yang ada melalui penerapan teknik evaluasi yang tepat. |
- Kemampuan menerapkan teknik evaluasi
- Kemampuan mengidentifikasi peluang peningkatan dalam sistem informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik evaluasi dalam studi kasus tertentu
|
Materi: Pengenalan Teknik Evaluasi, Studi Kasus Evaluasi Sistem Informasi, Penerapan Teknik Evaluasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak etika dan hukum dalam penggunaan sistem informasi terhadap keputusan bisnis. |
- Kemampuan menganalisis dampak etika dalam penggunaan sistem informasi
- Kemampuan menganalisis dampak hukum dalam penggunaan sistem informasi
- Kemampuan mengidentifikasi dampak etika dan hukum terhadap keputusan bisnis
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus terkait dampak etika dan hukum dalam penggunaan sistem informasi
|
Materi: Etika dalam Penggunaan Sistem Informasi, Hukum dalam Penggunaan Sistem Informasi, Dampak Etika dan Hukum terhadap Keputusan Bisnis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi teknologi informasi yang ada, merekomendasikan teknologi informasi baru, dan mengintegrasikannya ke dalam sistem informasi untuk meningkatkan kinerja organisasi. |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan organisasi
- Kemampuan merekomendasikan teknologi informasi baru
- Kemampuan mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam sistem informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang studi kasus integrasi teknologi informasi dalam organisasi
|
Materi: Analisis kebutuhan organisasi, Teknologi informasi baru, Integrasi teknologi informasi dalam sistem informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi teknologi informasi yang dapat meningkatkan kinerja organisasi serta mampu memberikan rekomendasi integrasi teknologi informasi baru. |
- Analisis teknologi informasi yang relevan
- Rekomendasi integrasi teknologi informasi baru
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang teknologi informasi baru yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem informasi untuk meningkatkan kinerja organisasi
|
Materi: Konsep evaluasi teknologi informasi, Metode evaluasi teknologi informasi, Penerapan teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja organisasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif yang dapat mengatasi masalah yang diidentifikasi selama proses evaluasi sistem informasi. |
- Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang muncul selama evaluasi sistem informasi
- Kreativitas dalam merancang solusi inovatif
- Kemampuan untuk menjelaskan implementasi solusi secara detail
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang ide solusi inovatif, Penugasan proyek untuk merancang solusi sistem informasi
|
Materi: Identifikasi masalah dalam evaluasi sistem informasi, Teknik kreatifitas dalam merancang solusi, Implementasi solusi inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen proyek dalam perencanaan dan implementasi peningkatan sistem informasi. |
- Pemahaman konsep manajemen proyek
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen proyek dalam konteks sistem informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan manajemen proyek dalam proyek sistem informasi
|
Materi: Konsep dasar manajemen proyek, Tahapan perencanaan proyek, Implementasi perubahan dalam sistem informasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi kepatuhan sistem informasi terhadap regulasi dan standar industri yang berlaku. |
- Kemampuan menganalisis kepatuhan sistem informasi
- Kemampuan mengevaluasi kepatuhan sistem informasi
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Diskusi, Studi Kasus, Analisis Dokumen.
|
Penugasan Analisis Kepatuhan Sistem Informasi
|
Materi: Pengenalan Regulasi Industri, Pentingnya Kepatuhan Sistem Informasi, Metode Evaluasi Kepatuhan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi kepatuhan sistem informasi terhadap regulasi dan standar industri yang berlaku. |
UAS |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, studi kasus, presentasi.
|
Penugasan tulis tentang analisis kepatuhan sistem informasi terhadap regulasi industri yang berlaku
|
Materi: Pentingnya kepatuhan sistem informasi, Regulasi dan standar industri yang berlaku, Teknik analisis kepatuhan, Proses evaluasi kepatuhan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |