|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
6310602018 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si, Dr. Fierre An Suprapto,S.AP.,M.Pd
|
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik |
PLO-6 |
Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik |
PLO-7 |
Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menganalisis berbagai instrumen penelitian untuk memahami keefektifan dalam pengumpulan data penelitian bidang administrasi publik
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian baru yang inovatif dan relevan dalam mengatasi masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan manajemen publik (C6)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat merancang instrumen berdasar analisis uji instrumen penelitian untuk mendapatkan perspektif yang relevan dalam penelitian kebijakan publik
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian baru yang inovatif dalam perspektif kebijakan publik untuk perbaikan berkelanjutan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang teori pengukuran, jenis-jenis instrumen penelitian, tahapan pengembangan instrumen, uji validitas dan reliabilitas, serta teknik analisis data instrumen penelitian. Mahasiswa akan diajak untuk memahami konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen penelitian serta mampu mengaplikasikannya dalam konteks penelitian di bidang Administrasi Publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
- Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage
- Dewa Gede Hendra Divayana.2018.Evaluasi Program Konsep Dasar dan Pengimplementasiannya. Depok. Rajagrafindo Perkasa
|
Pendukung : |
|
- Kelly S. McClure PhD.2020.Selecting and Describing Your Research Instruments.American Psychological Association
- Peter Birmingham, David Wilkinson.2016. Using Research Instrument : A Guide for Researchers.New York. Taylor & Francis Group.
- Jalinus, Nizwardi dkk.2021.Riset Pendidikan dan Aplikasinya.Padang.UNP Press
- Solimun dkk.2022.Rancangan Pengukuran Variabel : Angket dan Kuesioner (Pemanfaatan R).Malang.UB Press.
- Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
- Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari setiap instrumen penelitian dalam konteks pengumpulan data penelitian bidang administrasi publik |
- Deskripsi kelebihan intrumen penelitian
- Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
- Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
- Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
online 3 x 50 |
Materi: Pendekatan Kuantitatif Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar Materi: Constructing an instrument for data collection Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari setiap instrumen penelitian dalam konteks pengumpulan data penelitian bidang administrasi publik |
- Deskripsi kelebihan intrumen penelitian
- Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
- Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
- Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
online 3 x 50 |
Materi: Constructing an instrument for data collection Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan. Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang inovatif sesuai dengan masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan menajemen publik |
- Kevalidan intrumen penelitian
- Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Intrumen penelitian yang valid
- Instrumen penelitian yang andal
- Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
online 3 x 50 |
Materi: Constructing an instrument for data collection Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan. Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang inovatif sesuai dengan masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan menajemen publik |
- Kevalidan intrumen penelitian
- Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Intrumen penelitian yang valid
- Instrumen penelitian yang andal
- Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
online 3 x 50 |
Materi: Constructing an instrument for data collection Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan. Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang inovatif sesuai dengan masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan menajemen publik |
- Kevalidan intrumen penelitian
- Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Intrumen penelitian yang valid
- Instrumen penelitian yang andal
- Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
online 3 x 50 |
Materi: Constructing an instrument for data collection Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan. Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA |
15% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian dalam studi kasus administrasi publik |
- Kemampuan mengevaluasi kekuatan instrumen penelitian
- Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Instrumen yang valid
- Instrumen yang reliabel
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian dalam studi kasus administrasi publik |
- Kemampuan mengevaluasi kekuatan instrumen penelitian
- Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Instrumen yang valid
- Instrumen yang reliabel
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian dalam studi kasus administrasi publik |
- Kemampuan menguji kevalidan instrumen penelitian
- Kemampuan menguji keandalan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- Instrumen yang valid
- Instrumen yang reliabel
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik |
- Kekuatan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Kesesuaian instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Instrumen penelitian yang relevan dengan masalah kebijakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik |
- Kekuatan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Kesesuaian instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Instrumen penelitian yang relevan dengan masalah kebijakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik |
- Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Relevansi instrumen penelitian kebijakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik |
- Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Relevansi instrumen penelitian kebijakan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
15% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya |
- Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Relevansi instrumen penelitian kebijakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya |
- Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Relevansi instrumen penelitian kebijakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya |
- Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Relevansi instrumen penelitian kebijakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya |
- Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
- Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
|
Kriteria:
- Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
- Relevansi instrumen penelitian kebijakan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik. 3 X 50 |
Materi: Pengukuran dan skalabilitas Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press |
20% |