Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

6310602018

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si, Dr. Fierre An Suprapto,S.AP.,M.Pd




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menganalisis berbagai instrumen penelitian untuk memahami keefektifan dalam pengumpulan data penelitian bidang administrasi publik

PO - 2

Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian baru yang inovatif dan relevan dalam mengatasi masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan manajemen publik (C6)

PO - 3

Mahasiswa dapat merancang instrumen berdasar analisis uji instrumen penelitian untuk mendapatkan perspektif yang relevan dalam penelitian kebijakan publik

PO - 4

Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian baru yang inovatif dalam perspektif kebijakan publik untuk perbaikan berkelanjutan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang teori pengukuran, jenis-jenis instrumen penelitian, tahapan pengembangan instrumen, uji validitas dan reliabilitas, serta teknik analisis data instrumen penelitian. Mahasiswa akan diajak untuk memahami konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen penelitian serta mampu mengaplikasikannya dalam konteks penelitian di bidang Administrasi Publik.

Pustaka

Utama :

  1. Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  2. Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage
  3. Dewa Gede Hendra Divayana.2018.Evaluasi Program Konsep Dasar dan Pengimplementasiannya. Depok. Rajagrafindo Perkasa

Pendukung :

  1. Kelly S. McClure PhD.2020.Selecting and Describing Your Research Instruments.American Psychological Association
  2. Peter Birmingham, David Wilkinson.2016. Using Research Instrument : A Guide for Researchers.New York. Taylor & Francis Group.
  3. Jalinus, Nizwardi dkk.2021.Riset Pendidikan dan Aplikasinya.Padang.UNP Press
  4. Solimun dkk.2022.Rancangan Pengukuran Variabel : Angket dan Kuesioner (Pemanfaatan R).Malang.UB Press.
  5. Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
  6. Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA

Dosen Pengampu

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari setiap instrumen penelitian dalam konteks pengumpulan data penelitian bidang administrasi publik

  1. Deskripsi kelebihan intrumen penelitian
  2. Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
  2. Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
  3. Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

online
3 x 50
Materi: Pendekatan Kuantitatif
Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Materi: Constructing an instrument for data collection
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari setiap instrumen penelitian dalam konteks pengumpulan data penelitian bidang administrasi publik

  1. Deskripsi kelebihan intrumen penelitian
  2. Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
  2. Kedalaman penjelasan kelebihan intrumen yang diidentifikasi
  3. Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

online
3 x 50
Materi: Constructing an instrument for data collection
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan.
Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang inovatif sesuai dengan masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan menajemen publik

  1. Kevalidan intrumen penelitian
  2. Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Intrumen penelitian yang valid
  2. Instrumen penelitian yang andal
  3. Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

online
3 x 50
Materi: Constructing an instrument for data collection
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan.
Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang inovatif sesuai dengan masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan menajemen publik

  1. Kevalidan intrumen penelitian
  2. Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Intrumen penelitian yang valid
  2. Instrumen penelitian yang andal
  3. Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

online
3 x 50
Materi: Constructing an instrument for data collection
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan.
Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang inovatif sesuai dengan masalah spesifik dalam administrasi, organisasi dan menajemen publik

  1. Kevalidan intrumen penelitian
  2. Deskripsi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Intrumen penelitian yang valid
  2. Instrumen penelitian yang andal
  3. Ketepatan penjelasan kekurangan intrumen yang diidentifikasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

online
3 x 50
Materi: Constructing an instrument for data collection
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Artikel Jurnal : Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Berbasis Pelanggan.
Pustaka: Meirinawati, Tjitjik Rahaju, M Farid Ma’ruf, Badrudin Kurniawan, Galih Wahyu Pradana. 2018. Model Kolaborasi Governance Dalam Penerapan Etika Layanan Publik sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan. Jurnal DIA
15%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian dalam studi kasus administrasi publik

  1. Kemampuan mengevaluasi kekuatan instrumen penelitian
  2. Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Instrumen yang valid
  2. Instrumen yang reliabel

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian dalam studi kasus administrasi publik

  1. Kemampuan mengevaluasi kekuatan instrumen penelitian
  2. Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Instrumen yang valid
  2. Instrumen yang reliabel

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian dalam studi kasus administrasi publik

  1. Kemampuan menguji kevalidan instrumen penelitian
  2. Kemampuan menguji keandalan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. Instrumen yang valid
  2. Instrumen yang reliabel

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik

  1. Kekuatan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Kesesuaian instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Instrumen penelitian yang relevan dengan masalah kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik

  1. Kekuatan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Kesesuaian instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Instrumen penelitian yang relevan dengan masalah kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik

  1. Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Relevansi instrumen penelitian kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam kebijakan publik

  1. Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Relevansi instrumen penelitian kebijakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
15%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya

  1. Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Relevansi instrumen penelitian kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya

  1. Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Relevansi instrumen penelitian kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya

  1. Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Relevansi instrumen penelitian kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
2%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan instrumen penelitian baru yang teruji kevalidan dan keandalannya

  1. Validitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
  2. Reliabilitas instrumen penelitian yang sesuai dengan masalah kebijakan
Kriteria:
  1. Ketepatan uji validitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  2. Ketepatan uji relibilitas instrumen dengan masalah kebijakan publik
  3. Relevansi instrumen penelitian kebijakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang digunakan dalam studi kasus administrasi publik.
3 X 50
Materi: Pengukuran dan skalabilitas
Pustaka: Ranjit Kumar. 2018.Research Methodology : A Step-by-Step Guide for Beginners,5th edition.Sage

Materi: Validitas Alat Ukur dan Reliabilitas Alat Ukur
Pustaka: Awaluddin Tjalla, Lussy Dwiutami Wahyuni, Bambang Afriadi.2023. Konstruksi Alat Ukur Dalam Pendidikan. Jakarta. UNJ Press
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.