Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Enterprise Resource Planning

6120903053

T=2

P=1

ECTS=4.77

7

23 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Anita Safitri, S.Kom., M.Kom.




Dr. Nanang Hoesen H. A., S.T., M.T.I.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami pentingnya enterprise resource planning

PO - 2

Mahasiswa mampu merencanakan penerapan perangkat lunak enterprise resource planning

PO - 3

Mahasiswa mampu bekerjasama, berpikir kreatif dan analitis dalam rangka untuk memenangkan persaingan bisnis organisasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-10
PO-1 
PO-2 
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Enterprise Resources Planning (ERP) atau Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (PSDP) merupakan mata kuliah berbasis case based studi dimana mempelajari mengenai paket perangkat lunak pendukung yang memenuhi kebutuhan keseluruhan aktivitas perusahaan,dari sudut pandang proses bisnis. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, merencanakan penerapan, bekerjasama, berpikir kreatif dan analitis dalam merancang penerapan ERP pada suatu organisasi/perusahaan/bisnis. ERP merupakan suatu sistem perencanaan dan penjadwalan dengan alat bantu komputer yang mencakup fungsi penjualan, pembelian, produksi,akuntansi dan keuangan,penggajian, sumber daya manusia dan kapasitas mesin,dsb. Aplikasi ERP menjadi tulang punggung perusahaan untuk mendukung efektivitas pengambilan keputusan. Aplikasi ERP memiliki peran yang strategis untuk kepentingan persaingan bisnis.

Pustaka

Utama :

  1. Motiwalla, L.F. and Thompson, J., 2012. Enterprise systems for management. Boston, MA: Pearson.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I.

ACHMAD FITRO

Anita Safitri, M. Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan gambaran umum tentang Enterprise Resource Planning (ERP)

Pengertian ERP, Implementasi ERP, Vendor ERP.

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik Bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Ceramah
3x50

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya sistem terintegrasi pada perusahaan, dengan dukungan software sistem ERP

Functional silos, Business process dan silos, Integrasi sistem, ERP dan intergrasi sistem.

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

3x50

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan bisnis proses dan komponen pada bisnis proses

Bisnis proses, Komponen bisnis proses,

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


3x50

5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan modul ERP dan arsitektur ERP

Modul ERP( Modul Production, Modul Purchasing, Modul Inventory Management, Modul Sales dan marketing, Modul Finance, Modul Human Resource), Arsitektur ERP,

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

3x50

5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan modul ERP dan arsitektur ERP

Modul ERP( Modul Production, Modul Purchasing, Modul Inventory Management, Modul Sales dan marketing, Modul Finance, Modul Human Resource), Arsitektur ERP,

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

3x50

5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan modul ERP dan arsitektur ERP

Modul ERP( Modul Production, Modul Purchasing, Modul Inventory Management, Modul Sales dan marketing, Modul Finance, Modul Human Resource), Arsitektur ERP,

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

3x50

5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan modul ERP dan arsitektur ERP

Modul ERP( Modul Production, Modul Purchasing, Modul Inventory Management, Modul Sales dan marketing, Modul Finance, Modul Human Resource), Arsitektur ERP,

Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

3x50

5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Rubrik Holistik bentuk tes (UTS)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tulis

15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami mekanisme pengambilan keputusan dalam menentukan paket ERP mana yang paling tepat untuk diimplementasikan di Perusahaan

Siklus Pengembangan Sistem, Siklus Pengembangan ERP, Strategi Implementasi, Pemilihan software dan vendor, Implementation dan Post Implementation , Perubahan organisasi dan BPR,

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami mekanisme pengambilan keputusan dalam menentukan paket ERP mana yang paling tepat untuk diimplementasikan di Perusahaan

Siklus Pengembangan Sistem, Siklus Pengembangan ERP, Strategi Implementasi, Pemilihan software dan vendor, Implementation dan Post Implementation , Perubahan organisasi dan BPR,

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami mekanisme pengambilan keputusan dalam menentukan paket ERP mana yang paling tepat untuk diimplementasikan di Perusahaan

Siklus Pengembangan Sistem, Siklus Pengembangan ERP, Strategi Implementasi, Pemilihan software dan vendor, Implementation dan Post Implementation , Perubahan organisasi dan BPR,

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami mekanisme pengambilan keputusan dalam menentukan paket ERP mana yang paling tepat untuk diimplementasikan di Perusahaan

Siklus Pengembangan Sistem, Siklus Pengembangan ERP, Strategi Implementasi, Pemilihan software dan vendor, Implementation dan Post Implementation , Perubahan organisasi dan BPR,

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami mekanisme pengambilan keputusan dalam menentukan paket ERP mana yang paling tepat untuk diimplementasikan di Perusahaan

Siklus Pengembangan Sistem, Siklus Pengembangan ERP, Strategi Implementasi, Pemilihan software dan vendor, Implementation dan Post Implementation , Perubahan organisasi dan BPR,

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

14

Minggu ke 14

Mampu menjelaskan perubahan organisasi dan BPR sebagai dampak implementasi enterprise system

Business Process Change, Business Process Reengineering, Business Process Management.

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merencanakan penerapan perangkat lunak ERP pada bisnis atau organisasi

Ketepatan urutan rencana, Kelengkapan rencana, Penyajian laporan dan presentasi.

Kriteria:

Rubrik holistik bentuk non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Praktikum
3x50

5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Rubrik Holistik bentuk tes (UAS)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ujian Akhir Semester . Final Exam
3x50
Diskusi, Presentasi
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.