Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sastra Dunia

7920102108

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Setya Yuwana




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia

PLO-10

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengomunikasian gagasan tentang sastra dunia • Menguasai konsep/teori sastra dunia • Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan konsep/teori sastra dunia berdasarkan metodologi yang tepat • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait sastra dunia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-8PLO-10
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menelaah karya sastra dari para sastrawan dunia, baik berupa puisi, cerpen, novel, dan drama dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik sehingga mahasiswa dapat mendeskripsikan ciri khas masing-masing dalam bentuk karya ilmiah dan dipresentasikan dalam kelas. Selain itu, mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi memahami kaitan karya sastra yang satu dengan karya sastra yang lain baik secara sinkronis maupun diakronis. Proses permbelajaran berbasis proyek dengan model flipped classromm, yaitu menulis karya ilmiah hasil kajian secara logis dan sistemati, serta bebas plagiasi dan menunjukkan sikap disiplin dan penuh tanggung jawab.

Pustaka

Utama :

  1. Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe.
  2. Djoko Pitono Hadiputro. 2001. Seabad Para Pemenang Nobel Sastra. Surabaya: Edumedia.
  3. Muhammad Haji Salleh. 2000. Puitika Sastera Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
  4. Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
  5. Mana Sikana. 2003. Sastera Singapura dan Malaysia Diaera Pascamoden. Singapura: Persama Enterprise.
  6. Nio Joe Lan. 2004. Sastra Cina Sepintas Lalu. Penyunting: Sunu Wasono. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Pendukung :

  1. D.W. Fokkema dan Elrud Kunne-Ibsch. 1998. Teori Sastra Abad Kedua Puluh. Terjemahan J. Praptadiharja dan Kepler Silaban. Jakarta: Gramedia.
  2. Faruk, Bakdi Soemanto, dan Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial Etnik: Konteks Sosio-ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan. Magelang: Yayasan IndonesiaTera.
  3. Leo Suryadinata. 1996. Sastra Peranakan Tionghoa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
  4. Jakob Sumardjo. 1985. Dari Khasanah Sastra Dunia. Bandung: Penerbit Alumni.
  5. Maman S Mahayana. 1995. Kesusastraan Malaysia Modern. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
  6. Maman S. Mahayana. 2001. Akar Melayu: Sistem Sastra dan Konflik Ideologi di Indonesia dan Malaysia. Magelang: Penerbit Yayasan IndonesiaTera

Dosen Pengampu

SUHARMONO KASIYUN

Prof. Dr. H. Haris Supratno

Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A.

Drs. Parmin, M.Hum.

Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber

Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber

Kriteria:

Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
case method
100 menit
Dosen membagi kelas menjadi beberapa kelompok, Mahasiswa membaca secara cepat ienformasi tentang sastra dunia dari berbagai sumber
100 menit
Materi: Pendeskripsian tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber
Pustaka: Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe.
5%

2

Minggu ke 2

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia

  1. Mahasiswa mampu mendeskripisikan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
case method
100 menit
Mahasiswa mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
100 menit
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
Pustaka: Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe.
5%

3

Minggu ke 3

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia

Mahasiswa mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
Pustaka: Djoko Pitono Hadiputro. 2001. Seabad Para Pemenang Nobel Sastra. Surabaya: Edumedia.
5%

4

Minggu ke 4

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei

Mahasiswa mampu mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei
Pustaka: Muhammad Haji Salleh. 2000. Puitika Sastera Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
5%

5

Minggu ke 5

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
luring
100 menit

Materi: tokoh-tokoh sastra dunia
Pustaka: 1. Abrams, M.H. 1999 (seventh edition). A Glossary of Literary Terms. United States of America: Heinle&Heinle
5%

6

Minggu ke 6

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method, luring
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya
Pustaka: Faruk, Bakdi Soemanto, dan Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial Etnik: Konteks Sosio-ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan. Magelang: Yayasan IndonesiaTera.
5%

7

Minggu ke 7

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Case method, luring
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya
Pustaka: Faruk, Bakdi Soemanto, dan Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial Etnik: Konteks Sosio-ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan. Magelang: Yayasan IndonesiaTera.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (Formatif)

Ujian Tengah Semester (Formatif)

Kriteria:

Ujian Tengah Semester (Formatif)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

100 menit

Materi: UTS
Pustaka: Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe.

Materi: UTS
Pustaka: Djoko Pitono Hadiputro. 2001. Seabad Para Pemenang Nobel Sastra. Surabaya: Edumedia.

Materi: UTS
Pustaka: Mana Sikana. 2003. Sastera Singapura dan Malaysia Diaera Pascamoden. Singapura: Persama Enterprise.

Materi: UTS
Pustaka: Jakob Sumardjo. 1985. Dari Khasanah Sastra Dunia. Bandung: Penerbit Alumni.
25%

9

Minggu ke 9

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

10

Minggu ke 10

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

11

Minggu ke 11

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

12

Minggu ke 12

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

13

Minggu ke 13

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

14

Minggu ke 14

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

15

Minggu ke 15

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya

Kriteria:

Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case method
100 menit

Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya
Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
5%

16

Minggu ke 16

Mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia

Mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
case method
100 menit

Materi: Mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia
Pustaka: Maman S Mahayana. 1995. Kesusastraan Malaysia Modern. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
4%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55.34%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
5. Tes 14.17%
99.02%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.