|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sastra Dunia |
7920102108 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Setya Yuwana
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengomunikasian gagasan tentang sastra dunia • Menguasai konsep/teori sastra dunia • Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan konsep/teori sastra dunia berdasarkan metodologi yang tepat • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait sastra dunia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menelaah karya sastra dari para sastrawan dunia, baik berupa puisi, cerpen, novel, dan drama dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik sehingga mahasiswa dapat mendeskripsikan ciri khas masing-masing dalam bentuk karya ilmiah dan dipresentasikan dalam kelas. Selain itu, mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi memahami kaitan karya sastra yang satu dengan karya sastra yang lain baik secara sinkronis maupun diakronis. Proses permbelajaran berbasis proyek dengan model flipped classromm, yaitu menulis karya ilmiah hasil kajian secara logis dan sistemati, serta bebas plagiasi dan menunjukkan sikap disiplin dan penuh tanggung jawab. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe.
- Djoko Pitono Hadiputro. 2001. Seabad Para Pemenang Nobel Sastra. Surabaya: Edumedia.
- Muhammad Haji Salleh. 2000. Puitika Sastera Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
- Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
- Mana Sikana. 2003. Sastera Singapura dan Malaysia Diaera Pascamoden. Singapura: Persama Enterprise.
- Nio Joe Lan. 2004. Sastra Cina Sepintas Lalu. Penyunting: Sunu Wasono. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.
|
Pendukung : |
|
- D.W. Fokkema dan Elrud Kunne-Ibsch. 1998. Teori Sastra Abad Kedua Puluh. Terjemahan J. Praptadiharja dan Kepler Silaban. Jakarta: Gramedia.
- Faruk, Bakdi Soemanto, dan Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial Etnik: Konteks Sosio-ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan. Magelang: Yayasan IndonesiaTera.
- Leo Suryadinata. 1996. Sastra Peranakan Tionghoa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
- Jakob Sumardjo. 1985. Dari Khasanah Sastra Dunia. Bandung: Penerbit Alumni.
- Maman S Mahayana. 1995. Kesusastraan Malaysia Modern. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
- Maman S. Mahayana. 2001. Akar Melayu: Sistem Sastra dan Konflik Ideologi di Indonesia dan Malaysia. Magelang: Penerbit Yayasan IndonesiaTera
|
Dosen Pengampu
|
SUHARMONO KASIYUN Prof. Dr. H. Haris Supratno Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. Drs. Parmin, M.Hum. Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber |
Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
case method 100 menit |
Dosen membagi kelas menjadi beberapa kelompok, Mahasiswa membaca secara cepat ienformasi tentang sastra dunia dari berbagai sumber 100 menit |
Materi: Pendeskripsian tentang perkembangan sastra dunia, dari sejarah, teori, dan kritik sastra dunia dari berbagai sumber Pustaka: Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia |
- Mahasiswa mampu mendeskripisikan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
- Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia
|
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
case method 100 menit |
Mahasiswa mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia 100 menit |
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia Pustaka: Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia |
Mahasiswa mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Indonesia sebagai warga sastra dunia Pustaka: Djoko Pitono Hadiputro. 2001. Seabad Para Pemenang Nobel Sastra. Surabaya: Edumedia. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei |
Mahasiswa mampu mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei Pustaka: Muhammad Haji Salleh. 2000. Puitika Sastera Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia Tenggara sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Malaysia, Singapura, Brunei Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
luring 100 menit |
|
Materi: tokoh-tokoh sastra dunia Pustaka: 1. Abrams, M.H. 1999 (seventh edition). A Glossary of Literary Terms. United States of America: Heinle&Heinle |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method, luring 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya Pustaka: Faruk, Bakdi Soemanto, dan Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial Etnik: Konteks Sosio-ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan. Magelang: Yayasan IndonesiaTera. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Case method, luring 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Jepang, sastra Cina, dan yang lainnya Pustaka: Faruk, Bakdi Soemanto, dan Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial Etnik: Konteks Sosio-ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan. Magelang: Yayasan IndonesiaTera. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (Formatif) |
Ujian Tengah Semester (Formatif) |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester (Formatif) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
100 menit |
|
Materi: UTS Pustaka: Anton Kurnia. 2006. Ensiklopedia Sastra Dunia. Jakarta: Penerbit I:boekoe. Materi: UTS Pustaka: Djoko Pitono Hadiputro. 2001. Seabad Para Pemenang Nobel Sastra. Surabaya: Edumedia. Materi: UTS Pustaka: Mana Sikana. 2003. Sastera Singapura dan Malaysia Diaera Pascamoden. Singapura: Persama Enterprise. Materi: UTS Pustaka: Jakob Sumardjo. 1985. Dari Khasanah Sastra Dunia. Bandung: Penerbit Alumni. |
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya |
Kriteria:
Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case method 100 menit |
|
Materi: Mendeskripisikan dan mengidentifikasi serta menjelaskan perkembangan sastra Asia sebagai warga sastra dunia, yakni sastra Arab, sastra Mesir, dan yang lainnya Pustaka: Celebrate Chinese Culture. 2014. Chinene Literature, Menelusuri Perkembangan Sastra Abadi China. (Diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh: Li En dan Chan Ying Kit Alih bahasa Indonesia: Clara). Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia |
Mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
case method 100 menit |
|
Materi: Mengidentifikasi, memiliih, menganalisis dan mendiskusikan karya sastra dunia lainnya sebagai salah satu warga sastra dunia Pustaka: Maman S Mahayana. 1995. Kesusastraan Malaysia Modern. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya. |
4% |