
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penelitian Tugas Akhir-1 |
8900108098 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=8 |
P=0 |
ECTS=20.16 |
3 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan metodologi penelitian ilmiah dalam pengembangan teori atau konsep baru dalam ilmu keolahragaan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengkritisi literatur ilmiah untuk mengidentifikasi celah penelitian yang dapat dijadikan dasar pengembangan disertasi (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi metodologi penelitian yang digunakan dalam studi interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin dalam ilmu keolahragaan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis dan metodologis (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan penelitian dalam ilmu keolahragaan (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas dan kebaruan solusi yang dihasilkan dalam penelitian terhadap masalah yang ada di bidang ilmu keolahragaan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan karya ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi sebagai hasil dari penelitian disertasi (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip etika penelitian dalam semua tahapan penelitian tugas akhir (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi feedback dari peer review untuk meningkatkan kualitas manuskrip ilmiah (C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | ✔ | | PO-8 | | ✔ | PO-9 | ✔ | ✔ | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Penelitian Tugas Akhir-1 pada jenjang S3 program studi Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian ilmiah di bidang ilmu keolahragaan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap metodologi penelitian, analisis data, penyusunan laporan penelitian, serta presentasi hasil penelitian secara akademis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk menerapkan metodologi penelitian ilmiah dalam pengembangan teori atau konsep baru dalam ilmu keolahragaan. |
- Penerapan langkah-langkah penelitian ilmiah dalam konteks keolahragaan
- Kemampuan menyusun proposal penelitian ilmiah
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi penelitian dalam kasus keolahragaan
|
Materi: Langkah-langkah penelitian ilmiah, Penyusunan proposal penelitian, Penerapan metodologi penelitian dalam ilmu keolahragaan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk menerapkan metodologi penelitian ilmiah dalam pengembangan teori atau konsep baru dalam ilmu keolahragaan. |
- Penerapan langkah-langkah penelitian ilmiah dalam konteks keolahragaan
- Kemampuan menyusun proposal penelitian ilmiah
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi penelitian dalam kasus keolahragaan
|
Materi: Langkah-langkah penelitian ilmiah, Penyusunan proposal penelitian, Penerapan metodologi penelitian dalam ilmu keolahragaan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi celah penelitian dari literatur ilmiah yang telah dianalisis dan dikritisi. |
- Analisis literatur ilmiah
- Kritik literatur ilmiah
- Identifikasi celah penelitian
|
Kriteria:
Penilaian langsung Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Tugas Individu.
|
Diskusi daring tentang analisis literatur ilmiah, Penugasan menulis kritik literatur ilmiah
|
Materi: Taksonomi Bloom dalam Penelitian, Metode Analisis Literatur Ilmiah, Teknik Kritik Literatur Ilmiah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengkritisi literatur ilmiah secara kritis untuk mengidentifikasi celah penelitian yang dapat dijadikan dasar pengembangan disertasi. |
- Kemampuan menganalisis literatur ilmiah dengan baik
- Kemampuan mengidentifikasi celah penelitian yang relevan
- Kemampuan mengkritisi literatur ilmiah secara kritis
|
Kriteria:
- Kesesuaian dengan Tujuan Pembelajaran: Sejauh mana proyek yang dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
- Inovasi dan Kreativitas: Tingkat kreativitas dan inovasi yang ditunjukkan dalam proyek. Kelengkapan dan Kualitas Produk: Seberapa lengkap dan berkualitas produk atau hasil dari proyek tersebut.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Diskusi, Studi Kasus, Tugas Individu.
|
Diskusi Online tentang Analisis Literatur Ilmiah, Tugas Individu: Identifikasi Celah Penelitian
|
Materi: Pengenalan Analisis Literatur Ilmiah, Teknik Kritik Literatur, Strategi Identifikasi Celah Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metodologi penelitian yang digunakan dalam studi interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam ilmu keolahragaan. |
- Kemampuan menganalisis kecocokan metodologi penelitian dengan konteks studi interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
- Kemampuan menyusun argumen evaluasi metodologi penelitian
- Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan metodologi penelitian
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online, Penyusunan Portofolio Online
|
Materi: Pengenalan Metodologi Penelitian dalam Studi Interdisiplin, Multidisiplin, dan Transdisiplin, Analisis Studi Kasus Metodologi Penelitian dalam Ilmu Keolahragaan, Penyusunan Argumen Evaluasi Metodologi Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan integrasi pendekatan teoritis dan metodologis yang relevan. |
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan metodologis
- Kreativitas dalam menciptakan proposal penelitian
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif, Penugasan menulis outline proposal penelitian
|
Materi: Pendekatan teoritis dalam penelitian, Pendekatan metodologis dalam penelitian, Cara menciptakan proposal penelitian inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis dan metodologis. |
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan metodologis
- Kreativitas dalam menciptakan proposal penelitian
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif
|
Materi: Pendekatan Teoritis dalam Penelitian, Pendekatan Metodologis dalam Penelitian, Strategi Menciptakan Proposal Inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan karya ilmiah yang memiliki standar publikasi internasional dan relevan dengan bidang keolahragaan. |
- Kemampuan merumuskan masalah penelitian dengan jelas
- Kemampuan menganalisis data secara mendalam
- Kemampuan menyusun tulisan ilmiah yang sistematis dan jelas
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan penulisan draft karya ilmiah
|
Materi: Tahapan penulisan karya ilmiah, Teknik analisis data yang relevan, Standar publikasi jurnal internasional Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan dan dapat mengaplikasikannya dalam konteks penelitian keolahragaan. |
- Analisis data yang tepat
- Pemahaman hipotesis penelitian
- Kemampuan menjawab pertanyaan penelitian
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam penelitian keolahragaan
|
Materi: Pengenalan teknik analisis data, Penerapan teknik analisis data dalam penelitian keolahragaan, Interpretasi hasil analisis data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan. |
- analisis hasil penelitian
- menentukan implikasi teoritis
- menentukan implikasi praktis
|
Kriteria:
Inovasi dan Kreativitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online
|
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |