Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penelitian Tugas Akhir-1

8900108098

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=8

P=0

ECTS=20.16

3

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PLO-8

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan metodologi penelitian ilmiah dalam pengembangan teori atau konsep baru dalam ilmu keolahragaan (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengkritisi literatur ilmiah untuk mengidentifikasi celah penelitian yang dapat dijadikan dasar pengembangan disertasi (C4)

PO - 3

Mengevaluasi metodologi penelitian yang digunakan dalam studi interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin dalam ilmu keolahragaan (C5)

PO - 4

Menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis dan metodologis (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan penelitian dalam ilmu keolahragaan (C3)

PO - 6

Menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas dan kebaruan solusi yang dihasilkan dalam penelitian terhadap masalah yang ada di bidang ilmu keolahragaan (C5)

PO - 8

Menciptakan karya ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi sebagai hasil dari penelitian disertasi (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip etika penelitian dalam semua tahapan penelitian tugas akhir (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi feedback dari peer review untuk meningkatkan kualitas manuskrip ilmiah (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Penelitian Tugas Akhir-1 pada jenjang S3 program studi Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian ilmiah di bidang ilmu keolahragaan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap metodologi penelitian, analisis data, penyusunan laporan penelitian, serta presentasi hasil penelitian secara akademis.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk menerapkan metodologi penelitian ilmiah dalam pengembangan teori atau konsep baru dalam ilmu keolahragaan.

  1. Penerapan langkah-langkah penelitian ilmiah dalam konteks keolahragaan
  2. Kemampuan menyusun proposal penelitian ilmiah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi penelitian dalam kasus keolahragaan
Materi: Langkah-langkah penelitian ilmiah, Penyusunan proposal penelitian, Penerapan metodologi penelitian dalam ilmu keolahragaan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk menerapkan metodologi penelitian ilmiah dalam pengembangan teori atau konsep baru dalam ilmu keolahragaan.

  1. Penerapan langkah-langkah penelitian ilmiah dalam konteks keolahragaan
  2. Kemampuan menyusun proposal penelitian ilmiah
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi penelitian dalam kasus keolahragaan
Materi: Langkah-langkah penelitian ilmiah, Penyusunan proposal penelitian, Penerapan metodologi penelitian dalam ilmu keolahragaan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi celah penelitian dari literatur ilmiah yang telah dianalisis dan dikritisi.

  1. Analisis literatur ilmiah
  2. Kritik literatur ilmiah
  3. Identifikasi celah penelitian
Kriteria:

Penilaian langsung


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Tugas Individu.
Diskusi daring tentang analisis literatur ilmiah, Penugasan menulis kritik literatur ilmiah
Materi: Taksonomi Bloom dalam Penelitian, Metode Analisis Literatur Ilmiah, Teknik Kritik Literatur Ilmiah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengkritisi literatur ilmiah secara kritis untuk mengidentifikasi celah penelitian yang dapat dijadikan dasar pengembangan disertasi.

  1. Kemampuan menganalisis literatur ilmiah dengan baik
  2. Kemampuan mengidentifikasi celah penelitian yang relevan
  3. Kemampuan mengkritisi literatur ilmiah secara kritis
Kriteria:
  1. Kesesuaian dengan Tujuan Pembelajaran: Sejauh mana proyek yang dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
  2. Inovasi dan Kreativitas: Tingkat kreativitas dan inovasi yang ditunjukkan dalam proyek. Kelengkapan dan Kualitas Produk: Seberapa lengkap dan berkualitas produk atau hasil dari proyek tersebut.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Diskusi, Studi Kasus, Tugas Individu.
Diskusi Online tentang Analisis Literatur Ilmiah, Tugas Individu: Identifikasi Celah Penelitian
Materi: Pengenalan Analisis Literatur Ilmiah, Teknik Kritik Literatur, Strategi Identifikasi Celah Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metodologi penelitian yang digunakan dalam studi interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam ilmu keolahragaan.

  1. Kemampuan menganalisis kecocokan metodologi penelitian dengan konteks studi interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
  2. Kemampuan menyusun argumen evaluasi metodologi penelitian
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan metodologi penelitian
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online, Penyusunan Portofolio Online
Materi: Pengenalan Metodologi Penelitian dalam Studi Interdisiplin, Multidisiplin, dan Transdisiplin, Analisis Studi Kasus Metodologi Penelitian dalam Ilmu Keolahragaan, Penyusunan Argumen Evaluasi Metodologi Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan integrasi pendekatan teoritis dan metodologis yang relevan.

  1. Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis
  2. Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan metodologis
  3. Kreativitas dalam menciptakan proposal penelitian
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif, Penugasan menulis outline proposal penelitian
Materi: Pendekatan teoritis dalam penelitian, Pendekatan metodologis dalam penelitian, Cara menciptakan proposal penelitian inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis dan metodologis.

  1. Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan teoritis
  2. Kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan metodologis
  3. Kreativitas dalam menciptakan proposal penelitian
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif
Materi: Pendekatan Teoritis dalam Penelitian, Pendekatan Metodologis dalam Penelitian, Strategi Menciptakan Proposal Inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan karya ilmiah yang memiliki standar publikasi internasional dan relevan dengan bidang keolahragaan.

  1. Kemampuan merumuskan masalah penelitian dengan jelas
  2. Kemampuan menganalisis data secara mendalam
  3. Kemampuan menyusun tulisan ilmiah yang sistematis dan jelas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan penulisan draft karya ilmiah
Materi: Tahapan penulisan karya ilmiah, Teknik analisis data yang relevan, Standar publikasi jurnal internasional
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data yang relevan dan dapat mengaplikasikannya dalam konteks penelitian keolahragaan.

  1. Analisis data yang tepat
  2. Pemahaman hipotesis penelitian
  3. Kemampuan menjawab pertanyaan penelitian
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam penelitian keolahragaan
Materi: Pengenalan teknik analisis data, Penerapan teknik analisis data dalam penelitian keolahragaan, Interpretasi hasil analisis data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian untuk menentukan implikasi teoritis dan praktis dalam bidang ilmu keolahragaan.

  1. analisis hasil penelitian
  2. menentukan implikasi teoritis
  3. menentukan implikasi praktis
Kriteria:

Inovasi dan Kreativitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online
Materi: Metode Analisis Penelitian, Implikasi Teoritis dalam Penelitian, Implikasi Praktis dalam Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 63.6%
3. Penilaian Portofolio 17.1%
4. Penilaian Praktikum 11.26%
5. Praktik / Unjuk Kerja 3.34%
6. Tes 1.25%
99.05%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.