Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian sains interdisipliner dalam pembelajaran (Interdisciplinary science studies in learning)

8410103234

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Erman, M.Pd.




.......................................




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PLO-8

Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.

PLO-9

Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai model, pendekatan, dan metode pembelajaran IPA berbasis interdisipliner untuk merancang dan mengevaluasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

PO - 2

Mengembangan TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) untuk pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

PO - 3

Merancang bahan ajar dan perangkat pembelajaran untuk mendukung pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

PO - 4

Merancang instrumen untuk mengevaluasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2 
PO-3 
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang materi sains dalam format interdisipliner, TPACK, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam kerangka sains interdisipliner, dan implementasinya melalui project pengembangan bahan ajar yang dilandasi teori pedagogi sains terinterasi dan interdisipliner.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Wilson, A. 2022. Being Interdisciplinary: Adventures in Urban Science and Beyond. London: UCL Press
  2. 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam
  3. 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization
  4. 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
  5. 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.
  6. 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.
  7. 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM

Pendukung :

  1. 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco
  2. 9. Erman, Pare, B., Martini, Susiyawati, E., & Subekti, H. 2021. Scaffolding Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues: Konsep dan Implementasi
  3. 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan

Dosen Pengampu

Dr. Sifak Indana, M.Pd.

Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan perbedaan konsep monodisipliner, interdisipiner, dan transdisipliner dalam konteks pembelajaran IPA

  1. 1) Menjelaskan pengertian monodiciplin, interdisiplin, dan transdisiplin
  2. 2) Memberikan contoh bahan ajar/perangkat pembelajaran yang termasuk kategori monodisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin
Kriteria:
  1. Skor 4 jika Aktif presentasi, memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya dan menjawab pertanyaan, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  2. Skor 3 jika Aktif memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya, tetapi tidak menjawab pertanyaan baik untuk dirinya maupun yang lain.
  3. Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  4. Skor 1 jika Tidak aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
150 menit
Daring/Online
150 menit
Materi: Menjadi interdisiplinary
Pustaka: 1. Wilson, A. 2022. Being Interdisciplinary: Adventures in Urban Science and Beyond. London: UCL Press

Materi: Aktivitas interdisipliner dalam pembelajaran
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Petunjuk interdisipliner dalam pengajaran dan pembelajaran
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Mengintegrasikan kurikuler/bidang studi
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang melandasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

  1. 1) Mengidentifikasi teori-teori pedagogi yang melandasi pembelajaran sains interdisipliner
  2. 2) Memberikan contoh implementasi teori pedagogi yang melandasi pembelajaran sains interdisipliner dalam pembelajaran IPA
Kriteria:
  1. Skor 4 jika Aktif presentasi, memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya dan menjawab pertanyaan, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  2. Skor 3 jika Aktif memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya, tetapi tidak menjawab pertanyaan baik untuk dirinya maupun yang lain.
  3. Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  4. Skor 1 jika Tidak aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
150 menit
Diskusi dan tanya jawab
150 menit
Materi: Materi: Teori pedagogi sains terintegrasi dan interdisipliner, Pustaka: 1, 2, 4, 5, 6, 7
Pustaka:

Materi: Aktivitas interdisipliner dalam pembelajaran
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Petunjuk interdisipliner dalam pengajaran dan pembelajaran
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Mengintegrasikan kurikuler/bidang studi
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: PjBL
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: Teori pembelajaran dan belajar
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
5%

3

Minggu ke 3

Mengintegrasikan materi pembelajaran IPA dan disipline ilmu lainnya dalam kerangka kajian pembelajaran interdisipliner

  1. 1) Membuat model/diagram/map integrasi materi interdisipliner
  2. 2) Memberikan contoh integrasi sains interdisipliner
Kriteria:
  1. Skor 4 jika dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar
  2. Skor 3 jika dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains tetapi sebagian kecil masih ada kesalahan
  3. Skor 2 jika dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains tetapi sebagian besar salah
  4. Skor 1 jika belum dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Tugas dan tanya jawab
150 menit
Tugas dan tanya jawab
150 menit
Materi: 3. Model, pendekatan, dan metode pembelajaran sains interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Integrasi sains dengan disiplin ilmu lain dalam frame pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Integrasi sains dengan disipline ilmu lain dalam kearifan lokal dalam frame interdisipliner
Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM
5%

4

Minggu ke 4

Menentukan model pembelajaran, pendekatan, dan metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

Kriteria:
  1. Skor 4 jika dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar
  2. Skor 3 jika dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan sedikit kesalahan
  3. Skor 2 jika dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains, tetapi sebagian besar masih kurang tepat
  4. Skor 4 jika belum dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas, presentasi, dan tanya jawab
150 menit

Materi: 3. Model, pendekatan, dan metode pembelajaran sains interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 1. Wilson, A. 2022. Being Interdisciplinary: Adventures in Urban Science and Beyond. London: UCL Press

Materi: Problem based learning
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: Project based learning
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: Pembelajaran berbasis kearifan lokal
Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM

Materi: Integrasi disiplin ilmu dalam frame interdisipliner
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
5%

5

Minggu ke 5

Merancang bahan ajar TPACK IPA yang berbasis interdisipliner

  1. 1) Mengembangkan materi sains interdisipliner
  2. 2) Mengembangkan perangkat pembelajaran
  3. 3) Mengembangkan alat evaluasi pembelajaran
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
  2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
  3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
  4. Skor 1 jika Bahan ajar hanya mengandung materi sains

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
150 menit

Materi: Model PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: Model PjBL
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: Pembelajaran berbasis kearifan lokal
Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM

Materi: Pembelajaran berorientasi SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Integrasi dan interdisipliner
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
15%

6

Minggu ke 6

Merancang kegiatan evaluasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

  1. 1) Mengembangkan bahan ajar interdisipliner
  2. 2) Mengembangkan perangkat pembelajaran
  3. 3) Mengembangkan alat evaluasi
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
  2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
  3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
  4. Skor 1 jika Bahan ajar hanya mengandung materi sains

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Tugas project
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Belajar dan pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal
Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM

Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan dengan perancangan evaluasi pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
20%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan untuk membentuk lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran IPA berbasis interdisipliner

  1. 1) Mengidentifikasi kebutuhan belajar sains interdisipliner
  2. 2) Menjelaskan lingkungan belajar sains interdisipliner
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
  2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
  3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
  4. Bahan ajar hanya mengandung materi sains

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Tugas project
150 menit
Materi: Akativitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Panduan aktivitas belajar dan pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Model PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: Model PjBL
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.
10%

8

Minggu ke 8

Semua indikator pada pertemuan 1-7

Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
  2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
  3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
  4. Bahan ajar hanya mengandung materi sains

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

UTS
100 menit
Materi: Semua sumber yang digunakan pada pertemuan 1-7
Pustaka:

Materi: Aktivitas interdisipliner dalam pembelajaran
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam
0%

9

Minggu ke 9

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Refleksi project
  1. Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. Presentase Project
  3. Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan tidak menarik, tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas project dan presentasi
150 menit

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Panduan pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Model PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: Model PjBL
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: Isu dan trend pendidikan sains untuk SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Pembelajaran sains berbasis SSI
Pustaka: 9. Erman, Pare, B., Martini, Susiyawati, E., & Subekti, H. 2021. Scaffolding Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues: Konsep dan Implementasi
5%

10

Minggu ke 10

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Simulasi pembelajaran
  4. 4) Refleksi project
  1. Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. Presentasi produk Project
  3. Simulasi pembelajaran sains interdisipliner
  4. Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas project dan presentasi
150 menit

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Panduan Belajar dan pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Model PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: Model PjBL
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: Isu dan Trend dalam pendidikan untuk SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Artikel-artikel tentang pembelajaran interdisipliner yang relevan
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan

Materi: Scaffolding pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 9. Erman, Pare, B., Martini, Susiyawati, E., & Subekti, H. 2021. Scaffolding Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues: Konsep dan Implementasi
5%

11

Minggu ke 11

Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan.

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Simulasi pembelajaran
  4. 4) Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi produk project
150 menit
Presentasi produk project
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Materi yang relevan
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
5%

12

Minggu ke 12

Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan.

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Simulasi pembelajaran
  4. 4) Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi produk project
150 menit
Presentasi produk project
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Materi yang relevan
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
5%

13

Minggu ke 13

Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan.

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Simulasi pembelajaran
  4. 4) Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi produk project
150 menit
Presentasi produk project
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Materi yang relevan
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
5%

14

Minggu ke 14

Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan.

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Simulasi pembelajaran
  4. 4) Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi produk project
150 menit
Presentasi produk project
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Materi yang relevan
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
5%

15

Minggu ke 15

Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan.

  1. 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
  2. 2) Presentase Project
  3. 3) Simulasi pembelajaran
  4. 4) Refleksi project
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
  2. Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
  3. Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
  4. Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi produk project
150 menit
Presentasi produk project
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco

Materi: Materi yang relevan
Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
5%

16

Minggu ke 16

  1. Sub CPMK 5
  2. Sub CPMK 6
  3. Sub CPMK 7
  4. Sub CPMK 8

Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
  2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
  3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
  4. Skor 1 jika bahan ajar hanya mengandung materi sains

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
150 menit
Project based learning
150 menit
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam

Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner
Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization

Materi: Integrasi kurikula/bidang ilmu
Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Materi: PjBL
Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: SDE
Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 85%
3. Penilaian Portofolio 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.