|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian sains interdisipliner dalam pembelajaran (Interdisciplinary science studies in learning) |
8410103234 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan. |
PLO-7 |
Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. |
PLO-8 |
Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif. |
PLO-9 |
Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai model, pendekatan, dan metode pembelajaran IPA berbasis interdisipliner untuk merancang dan mengevaluasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner
|
PO - 2 |
Mengembangan TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) untuk pembelajaran IPA berbasis interdisipliner
|
PO - 3 |
Merancang bahan ajar dan perangkat pembelajaran untuk mendukung pembelajaran IPA berbasis interdisipliner
|
PO - 4 |
Merancang instrumen untuk mengevaluasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang materi sains dalam format interdisipliner, TPACK, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam kerangka sains interdisipliner, dan implementasinya melalui project pengembangan bahan ajar yang dilandasi teori pedagogi sains terinterasi dan interdisipliner. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Wilson, A. 2022. Being Interdisciplinary: Adventures in Urban Science and Beyond. London: UCL Press
- 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam
- 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization
- 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
- 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.
- 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.
- 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM
|
Pendukung : |
|
- 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco
- 9. Erman, Pare, B., Martini, Susiyawati, E., & Subekti, H. 2021. Scaffolding Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues: Konsep dan Implementasi
- 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sifak Indana, M.Pd. Prof. Dr. Erman, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan perbedaan konsep monodisipliner, interdisipiner, dan transdisipliner dalam konteks pembelajaran IPA |
- 1) Menjelaskan pengertian monodiciplin, interdisiplin, dan transdisiplin
- 2) Memberikan contoh bahan ajar/perangkat pembelajaran yang termasuk kategori monodisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin
|
Kriteria:
- Skor 4 jika Aktif presentasi, memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya dan menjawab pertanyaan, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
- Skor 3 jika Aktif memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya, tetapi tidak menjawab pertanyaan baik untuk dirinya maupun yang lain.
- Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
- Skor 1 jika Tidak aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 150 menit |
Daring/Online 150 menit |
Materi: Menjadi interdisiplinary Pustaka: 1. Wilson, A. 2022. Being Interdisciplinary: Adventures in Urban Science and Beyond. London: UCL Press Materi: Aktivitas interdisipliner dalam pembelajaran Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Petunjuk interdisipliner dalam pengajaran dan pembelajaran Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Mengintegrasikan kurikuler/bidang studi Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang melandasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner |
- 1) Mengidentifikasi teori-teori pedagogi yang melandasi pembelajaran sains interdisipliner
- 2) Memberikan contoh implementasi teori pedagogi yang melandasi pembelajaran sains interdisipliner dalam pembelajaran IPA
|
Kriteria:
- Skor 4 jika Aktif presentasi, memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya dan menjawab pertanyaan, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
- Skor 3 jika Aktif memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya, tetapi tidak menjawab pertanyaan baik untuk dirinya maupun yang lain.
- Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
- Skor 1 jika Tidak aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 150 menit |
Diskusi dan tanya jawab 150 menit |
Materi: Materi: Teori pedagogi sains terintegrasi dan interdisipliner, Pustaka: 1, 2, 4, 5, 6, 7 Pustaka: Materi: Aktivitas interdisipliner dalam pembelajaran Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Petunjuk interdisipliner dalam pengajaran dan pembelajaran Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Mengintegrasikan kurikuler/bidang studi Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: PjBL Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: Teori pembelajaran dan belajar Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengintegrasikan materi pembelajaran IPA dan disipline ilmu lainnya dalam kerangka kajian pembelajaran interdisipliner |
- 1) Membuat model/diagram/map integrasi materi interdisipliner
- 2) Memberikan contoh integrasi sains interdisipliner
|
Kriteria:
- Skor 4 jika dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar
- Skor 3 jika dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains tetapi sebagian kecil masih ada kesalahan
- Skor 2 jika dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains tetapi sebagian besar salah
- Skor 1 jika belum dapat membuat model integrasi/diagram/map integrasi materi interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Tugas dan tanya jawab 150 menit |
Tugas dan tanya jawab 150 menit |
Materi: 3. Model, pendekatan, dan metode pembelajaran sains interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Integrasi sains dengan disiplin ilmu lain dalam frame pembelajaran interdisipliner Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Integrasi sains dengan disipline ilmu lain dalam kearifan lokal dalam frame interdisipliner Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menentukan model pembelajaran, pendekatan, dan metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran IPA berbasis interdisipliner |
|
Kriteria:
- Skor 4 jika dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar
- Skor 3 jika dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan sedikit kesalahan
- Skor 2 jika dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains, tetapi sebagian besar masih kurang tepat
- Skor 4 jika belum dapat menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran interdisipliner dengan contoh dalam pembelajaran sains dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas, presentasi, dan tanya jawab 150 menit |
|
Materi: 3. Model, pendekatan, dan metode pembelajaran sains interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Pembelajaran interdisipliner Pustaka: 1. Wilson, A. 2022. Being Interdisciplinary: Adventures in Urban Science and Beyond. London: UCL Press Materi: Problem based learning Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: Project based learning Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: Pembelajaran berbasis kearifan lokal Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM Materi: Integrasi disiplin ilmu dalam frame interdisipliner Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Merancang bahan ajar TPACK IPA yang berbasis interdisipliner |
- 1) Mengembangkan materi sains interdisipliner
- 2) Mengembangkan perangkat pembelajaran
- 3) Mengembangkan alat evaluasi pembelajaran
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
- Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
- Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
- Skor 1 jika Bahan ajar hanya mengandung materi sains
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 150 menit |
|
Materi: Model PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: Model PjBL Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: Pembelajaran berbasis kearifan lokal Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM Materi: Pembelajaran berorientasi SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Integrasi dan interdisipliner Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. |
15% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang kegiatan evaluasi pembelajaran IPA berbasis interdisipliner |
- 1) Mengembangkan bahan ajar interdisipliner
- 2) Mengembangkan perangkat pembelajaran
- 3) Mengembangkan alat evaluasi
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
- Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
- Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
- Skor 1 jika Bahan ajar hanya mengandung materi sains
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Tugas project 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Belajar dan pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal Pustaka: 7. Erman, E. Suyatno, S., & Wakhidah, N. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: JDM Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan dengan perancangan evaluasi pembelajaran interdisipliner Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
20% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan untuk membentuk lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran IPA berbasis interdisipliner |
- 1) Mengidentifikasi kebutuhan belajar sains interdisipliner
- 2) Menjelaskan lingkungan belajar sains interdisipliner
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
- Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
- Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
- Bahan ajar hanya mengandung materi sains
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Tugas project 150 menit |
Materi: Akativitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Panduan aktivitas belajar dan pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Model PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: Model PjBL Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
Semua indikator pada pertemuan 1-7 |
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
- Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
- Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
- Bahan ajar hanya mengandung materi sains
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
UTS 100 menit |
Materi: Semua sumber yang digunakan pada pertemuan 1-7 Pustaka: Materi: Aktivitas interdisipliner dalam pembelajaran Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam |
0% |
9
Minggu ke 9 |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Refleksi project
|
- Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- Presentase Project
- Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan tidak menarik, tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas project dan presentasi 150 menit |
|
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Panduan pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Model PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: Model PjBL Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: Isu dan trend pendidikan sains untuk SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Pembelajaran sains berbasis SSI Pustaka: 9. Erman, Pare, B., Martini, Susiyawati, E., & Subekti, H. 2021. Scaffolding Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues: Konsep dan Implementasi |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Simulasi pembelajaran
- 4) Refleksi project
|
- Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- Presentasi produk Project
- Simulasi pembelajaran sains interdisipliner
- Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas project dan presentasi 150 menit |
|
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Panduan Belajar dan pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikulum/matakuliah Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Model PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: Model PjBL Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: Isu dan Trend dalam pendidikan untuk SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Artikel-artikel tentang pembelajaran interdisipliner yang relevan Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan Materi: Scaffolding pembelajaran interdisipliner Pustaka: 9. Erman, Pare, B., Martini, Susiyawati, E., & Subekti, H. 2021. Scaffolding Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues: Konsep dan Implementasi |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan. |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Simulasi pembelajaran
- 4) Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk project 150 menit |
Presentasi produk project 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Materi yang relevan Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan. |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Simulasi pembelajaran
- 4) Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk project 150 menit |
Presentasi produk project 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Materi yang relevan Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan. |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Simulasi pembelajaran
- 4) Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk project 150 menit |
Presentasi produk project 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Materi yang relevan Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan. |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Simulasi pembelajaran
- 4) Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk project 150 menit |
Presentasi produk project 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Materi yang relevan Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mensimulasikan/presentasi project pembelajaran IPA berbasis interdisipliner berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah dikembangkan. |
- 1) Menjelaskan bahan ajar/TPACK sains interdisiplin
- 2) Presentase Project
- 3) Simulasi pembelajaran
- 4) Refleksi project
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
- Skor 3 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
- Skor 2 jika bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar.
- Skor 1 jika bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk project 150 menit |
Presentasi produk project 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikuler/ bidang ilmu Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: Project-based learning berbasis kearifan lokal Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco Materi: Materi yang relevan Pustaka: 10. Artikel-artikel jurnal internasional yang relevan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Sub CPMK 5
- Sub CPMK 6
- Sub CPMK 7
- Sub CPMK 8
|
|
Kriteria:
- Skor 4 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, terstruktur, tidak multitafsir dan ditulis dengan bahasa yang benar
- Skor 3 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, model pembelajaran sesuai, tetapi belum terstruktur, multi tafsir dan tata tulis memerlukan revisi
- Skor 2 jika bahan ajar mengandung materi sains dan bidang ilmu lain dalam kerangka interdisipliner, tetapi model pembelajaran kurang sesuai, tidak terstruktur, dan multitafsir dengan tata tulis yang memerlukan revisi
- Skor 1 jika bahan ajar hanya mengandung materi sains
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 150 menit |
Project based learning 150 menit |
Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 2. Christoph, N.; van Gorp, T.; Hayes, M.; de Roo, M.; Stokker, E.; de Greef, L.; Strømme, M.H., 2015. Interdisciplinary Learning Activities. Netherland: University of Amsterdam Materi: Aktivitas pembelajaran interdisipliner Pustaka: 3. Verónica Boix-Mansilla. MYP guide to interdisciplinary teaching and learning. UK: International Baccalaureate Organization Materi: Integrasi kurikula/bidang ilmu Pustaka: 4. Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Materi: PBL Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE. Materi: PjBL Pustaka: 6. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia. Materi: SDE Pustaka: 8. A. Leicht, J. Heiss and W. J. Byun. 2018. Issues and trends in Education for Sustainable Development. Paris: Unesco |
0% |