Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Transformasi Digital

6310603009

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

11 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.




.......................................




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan organisasi publik melalui transformasi digital dan pendekatan inter dan multidisipliner

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami Konsep Transformasi Digital

PO - 2

Mampu memahami Keamanan Siber di Indonesia

PO - 3

Mampu memahami regulasi dan kelembagaan Keamanan Data Siber di Indonesia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1  
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas peran teknologi digital dalam reformasi tata kelola dan pelayanan publik. Mahasiswa akan mempelajari konsep, strategi, serta tantangan yang dihadapi oleh institusi publik dalam proses digitalisasi, termasuk implementasi e-government, penggunaan big data, dan pengembangan layanan berbasis teknologi. Mata kuliah ini juga mengeksplorasi dampak transformasi digital terhadap efisiensi birokrasi, partisipasi publik, serta transparansi dalam administrasi publik, dengan tujuan membekali mahasiswa untuk memimpin inovasi digital di sektor pemerintahan.

Pustaka

Utama :

  1. Arianto, A.R. & Anggraini, G. (2019). Building indonesia’s national cyber defense and security to face the global cyber threats through indonesia security incident response team on internet infrastructure (id-sirtii). Jurnal Pertahanan dan Bela Negara. https://media.neliti.com/media/publications/359981-membangun-pertahanan-dan-keamanan-siber-cd7ec38a.pdf
  2. Adiningsih. (2021, March 24). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. Retrieved from: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/knowledgestock/268745.html
  3. BSSN. (2023). Lanskap Keamanan Siber Indonesia. Badan Siber dan Sandi Negara. Retrieved From: https://www.bssn.go.id/wp-content/uploads/2024/03/Lanskap-Keamanan-Siber-Indonesia-2023.pdf
  4. BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2023, May 15). Jenis-Jenis Serangan Siber di Era Digital BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Retrieved from: https://bpptik.kominfo.go.id/Publikasi/detail/jenis-jenis-serangan-siber-di-era-digital
  5. Cybersecurity Berbasis Teknologi AI untuk Keamanan Data Perusahaan. (2024, June 11). Lintasarta. Retrieved August 3, 2024, from https://www.lintasarta.net/blog/solution/it-services/security-it-services/cybersecurity-berbasis-teknologi-ai-untuk-keamanan-data-perusahaan/
  6. Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. (2024, July 15). Keamanan Siber dan Kebutuhan Sistem Digital Di Dunia Maya. Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. Retrieved from: https://www.kemhan.go.id/pothan/2024/07/15/keamanan-siber-dan-kebutuhan-sistem-digital-di-dunia-maya.html
  7. Ditjen Aptika Kominfo. (2016, March 10). Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Siber. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Retrieved from: https://aptika.kominfo.go.id/2016/03/kebijakan-keamanan-dan-pertahanan-siber/
  8. Informatika UII. (2023, October 15). Keamanan Siber di Era Digital. Retrieved from: https://informatics.uii.ac.id/2023/10/15/keamanan-siber-di-era-digital/ International Telecommunication

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Sejarah Digitalisasi di Indonesia

Penguasaan materi oleh mahasiswa tentang Sejarah Digitalisasi di Indonesia

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun argumen tentang topik pembahasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online / Zoom Meeting
150 menit
Materi: Sejarah Digitalisasi di Indonesia
Pustaka: Arianto, A.R. & Anggraini, G. (2019). Building indonesia’s national cyber defense and security to face the global cyber threats through indonesia security incident response team on internet infrastructure (id-sirtii). Jurnal Pertahanan dan Bela Negara. https://media.neliti.com/...
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Pembangunan Infrastruktur Digital di Indonesia

Pengusaan materi oleh mahasiswa mengenai Pembangunan Infrastruktur Digital di Indonesia

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai topik pembahasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Pembangunan Infrastruktur Digital di Indonesia
Pustaka: Arianto, A.R. & Anggraini, G. (2019). Building indonesia’s national cyber defense and security to face the global cyber threats through indonesia security incident response team on internet infrastructure (id-sirtii). Jurnal Pertahanan dan Bela Negara. https://media.neliti.com/...
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Digitalisasi Sektor Publik dan Swasta

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Digitalisasi Sektor Publik dan Swasta

Kriteria:

Mahasiswa aktif dalam sesi diskusi dan tanya jawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Digitalisasi Sektor Publik dan Swasta
Pustaka: Adiningsih. (2021, March 24). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. Retrieved from: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/...
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Politik Hukum dan Pertahanan serta Regulasi terhadap Era Digital di Indonesia

Penguasaan materi oleh mahasiswa tentang Politik Hukum dan Pertahanan serta Regulasi terhadap Era Digital di Indonesia

Kriteria:

Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa tentang Politik Hukum dan Pertahanan serta Regulasi terhadap Era Digital di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Politik Hukum dan Pertahanan serta Regulasi terhadap Era Digital di Indonesia
Pustaka: BSSN. (2023). Lanskap Keamanan Siber Indonesia. Badan Siber dan Sandi Negara. Retrieved From: https://www.bssn.go.id/...
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Tantangan Keamanan Siber di Indonesia

Penguasaan materi oleh mahasiswa tentang Tantangan Keamanan Siber di Indonesia

Kriteria:

Ketepatan penjelasan mahasiswa tentang Tantangan Keamanan Siber di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Tantangan Keamanan Siber di Indonesia
Pustaka: BSSN. (2023). Lanskap Keamanan Siber Indonesia. Badan Siber dan Sandi Negara. Retrieved From: https://www.bssn.go.id/...
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Tantangan Awal Keamanan Siber

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Tantangan Awal Keamanan Siber

Kriteria:

Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa dalam memahami materi Tantangan Awal Keamanan Siber


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Tantangan Awal Keamanan Siber
Pustaka: BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2023, May 15). Jenis-Jenis Serangan Siber di Era Digital BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Retrieved from: https://bpptik.kominfo.go.id/...
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Puncak Digitalisasi dan Ancaman Siber (2019-2024)

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Puncak Digitalisasi dan Ancaman Siber (2019-2024)

Kriteria:

Ketepatan penjelasan mahasiswa dalam memahami materi Puncak Digitalisasi dan Ancaman Siber (2019-2024)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Puncak Digitalisasi dan Ancaman Siber (2019-2024)
Pustaka: Cybersecurity Berbasis Teknologi AI untuk Keamanan Data Perusahaan. (2024, June 11). Lintasarta. Retrieved August 3, 2024, from https://www.lintasarta.net/...
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari sumber materi pertemuan 1 sampai dengan 7

Kesesuaian jawaban

Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes

Online berupa tes
150 menit
Materi: Sejarah Digitalisasi di Indonesia
Pustaka: Arianto, A.R. & Anggraini, G. (2019). Building indonesia’s national cyber defense and security to face the global cyber threats through indonesia security incident response team on internet infrastructure (id-sirtii). Jurnal Pertahanan dan Bela Negara. https://media.neliti.com/...

Materi: Pembangunan Infrastruktur Digital di Indonesia
Pustaka: Adiningsih. (2021, March 24). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. Retrieved from: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/...
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami materi Transformasi Digital di Masa Pandemi

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Transformasi Digital di Masa Pandemi

Kriteria:

Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa dalam memahami materi Transformasi Digital di Masa Pandemi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Transformasi Digital di Masa Pandemi
Pustaka: Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. (2024, July 15). Keamanan Siber dan Kebutuhan Sistem Digital Di Dunia Maya. Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. Retrieved from: https://www.kemhan.go.id/...
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Percepatan Adopsi Teknologi Selama Pandemi

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Percepatan Adopsi Teknologi Selama Pandemi

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Percepatan Adopsi Teknologi Selama Pandemi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Percepatan Adopsi Teknologi Selama Pandemi
Pustaka: Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. (2024, July 15). Keamanan Siber dan Kebutuhan Sistem Digital Di Dunia Maya. Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. Retrieved from: https://www.kemhan.go.id/...
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Keamanan Siber di Era Digital

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Keamanan Siber di Era Digital

Kriteria:

Ketepatan penjelasan mahasiswa dalam memaknai materi Keamanan Siber di Era Digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Keamanan Siber di Era Digital
Pustaka: Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. (2024, July 15). Keamanan Siber dan Kebutuhan Sistem Digital Di Dunia Maya. Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI. Retrieved from: https://www.kemhan.go.id/...
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Inisiatif Keamanan Siber

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Inisiatif Keamanan Siber

Kriteria:

Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa dalam memaknai materi Inisiatif Keamanan Siber


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Inisiatif Keamanan Siber
Pustaka: Ditjen Aptika Kominfo. (2016, March 10). Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Siber. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Retrieved from: https://aptika.kominfo.go.id/...
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Strategi Nasional Keamanan Siber

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Strategi Nasional Keamanan Siber

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam penjelasan materi Strategi Nasional Keamanan Siber


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Strategi Nasional Keamanan Siber
Pustaka: Informatika UII. (2023, October 15). Keamanan Siber di Era Digital. Retrieved from: https://informatics.uii.ac.id/... International Telecommunication
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Penguatan Kelembagaan dan Regulasi Keamanan Siber

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Penguatan Kelembagaan dan Regulasi Keamanan Siber

Kriteria:

Ketepatan penjelasan mahasiswa dalam memaknai materi Penguatan Kelembagaan dan Regulasi Keamanan Siber


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penguatan Kelembagaan dan Regulasi Keamanan Siber
Pustaka: Informatika UII. (2023, October 15). Keamanan Siber di Era Digital. Retrieved from: https://informatics.uii.ac.id/... International Telecommunication
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami mengenai materi Insiden Keamanan Siber Besar di Indonesia

Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Insiden Keamanan Siber Besar di Indonesia

Kriteria:

Ketepatan penjelasan mahasiswa dalam memaknai materi Insiden Keamanan Siber Besar di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Insiden Keamanan Siber Besar di Indonesia
Pustaka: Informatika UII. (2023, October 15). Keamanan Siber di Era Digital. Retrieved from: https://informatics.uii.ac.id/... International Telecommunication
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari materi pertemuan 1 sampai dengan 15

Kesesuaian jawaban

Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes

Online berupa tes
150 menit
Materi: Insiden Keamanan Siber Besar
Pustaka: Informatika UII. (2023, October 15). Keamanan Siber di Era Digital. Retrieved from: https://informatics.uii.ac.id/... International Telecommunication

Materi: Penguatan Kelembagaan dan Regulasi Keamanan Siber
Pustaka: Ditjen Aptika Kominfo. (2016, March 10). Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Siber. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Retrieved from: https://aptika.kominfo.go.id/...

Materi: Strategi Nasional Keamanan Siber
Pustaka: Ditjen Aptika Kominfo. (2016, March 10). Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Siber. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Retrieved from: https://aptika.kominfo.go.id/...
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.