|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Logika dan Argumentasi Hukum |
7420102298 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Irfa Ronaboyd, S.H., M.H.
|
Vita Mahardhika, S.H., M.H.
|
Vita Mahardhika, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-14 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, solutif, dan inovatif |
PLO-16 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah bidang hukum |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mahasiswa menguasai cara berpikir yang sehat sesuai dengan kaidah-kaidah logika dan pengambilan kesimpulan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-14 | PLO-16 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji bagaimana berpikir yang sehat sesuai dengan kaidah-kaidah logika dan pengambilan kesimpulan secara langsung, serta berbagai kesalahan dalam berpikir. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Warsono, M.S. Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H. Vita Mahardhika, S.H., M.H. Irfa Ronaboyd, S.H., M.H. Meita Debi Riyanti, M.Kn. Ahmad Muhajir Firrizqi Mubaroq, S.H., M.Kn. Masda Agatha Sari, M.Kn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan manfaat, dan fungsi logika, serta hubungan logika dengan ilmu |
- Mampu menjelaskan manfaat logika
- Mampu menjelaskan fungsi logika
- Mampu menjelaskan hubungan logika dengan ilmu
- Mampu membedakan fakta dan harapan
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: kaidah-kaidah logika dan pengambilan kesimpulan Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menjelaskan manfaat, dan fungsi logika, serta hubungan logika dengan ilmu |
- Mampu menjelaskan manfaat logika
- Mampu menjelaskan fungsi logika
- Mampu menjelaskan hubungan logika dengan ilmu
- Mampu membedakan fakta dan harapan
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: Mampu menjelaskan manfaat, dan fungsi logika, serta hubungan logika dengan ilmu Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu membedakan jenis dan fungsi kata, term |
- Mampu menyebutkan jenis kata
- Mampu menyebutkan jenis term
- Mampu membedakan kata dengan term
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Mampu menjelaskan manfaat, dan fungsi logika, serta hubungan logika dengan ilmu Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu membuat proposisi kateoris maupun kondisional |
- Menyebutkan macam-macam proposisi.
- Membuat contoh dari masing-masing proposisi
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu membuat proposisi kateoris maupun kondisional Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu membuat proposisi kateoris maupun kondisional |
- Menyebutkan macam-macam proposisi.
- Membuat contoh dari masing-masing proposisi
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu membuat proposisi kateoris maupun kondisional Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu bernalar secara sehat (logis) |
- Menjelaskan kaidah-kaidah berpikir
- Dapat menusun kalimat dan alinea yang logis
- Membedakan penalaran deduksi dengan induksi
- Dapat membuat penalaran secara deduksi dan induksi
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan. 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu bernalar secara sehat (logis) Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu bernalar secara sehat (logis) |
- Menjelaskan kaidah-kaidah berpikir
- Dapat menusun kalimat dan alinea yang logis
- Membedakan penalaran deduksi dengan induksi
- Dapat membuat penalaran secara deduksi dan induksi
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan. 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu bernalar secara sehat (logis) Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Menjelaskan kaidah-kaidah berpikir
- Dapat menusun kalimat dan alinea yang logis
- Membedakan penalaran deduksi dengan induksi
- Dapat membuat penalaran secara deduksi dan induksi
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai materi pertemuan 1 sampai dengan 8 |
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan/ soal |
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Tes |
tes tulis 2 X 50 |
|
Materi: TES Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengambil kesimpulan secara langsung |
- Menarik kesimpulan dari suatu proposisi
- Menentukan kesalahan dari suatu penalaran
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengambil kesimpulan secara langsung Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengambil kesimpulan secara langsung |
- Menarik kesimpulan dari suatu proposisi
- Menentukan kesalahan dari suatu penalaran
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengambil kesimpulan secara langsung Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat |
- Membedakan sebab dan akibat
- Menjelaskan prinsip-prinsip hubungan sebab akibat
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat |
- Membedakan sebab dan akibat
- Menjelaskan prinsip-prinsip hubungan sebab akibat
|
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengindentifikasi kesalahan berpikir |
Mengindentifikasi kesalahan berpikir:a. generalisasib. analogic. sesat bahasad. analogi |
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan. 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengindentifikasi kesalahan berpikir |
Mengindentifikasi kesalahan berpikir:a. generalisasib. analogic. sesat bahasad. analogi |
Kriteria:
- Baik
- Cukup
- Kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan. 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
Baik, sedang dan kurang Bentuk Penilaian : Tes |
luring 2x50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan menarik kesimpulan hubungan sebab akibat Pustaka: 1. Warsono, 1997. Logika. Surabaya: IKIP University Press. 2. Soekadijo. 1985. Logika Dasar, Tradisional. Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia. |
10% |