Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Belajar Motorik

8900102060

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Meningkatkan Tanggung Jawab Pribadi dalam Menganalisis Belajar Motorik

PO - 2

Mengembangkan Analisis Performa Olahraga Berbasis Ilmiah dan Pendekatan Kritis

PO - 3

Menguasai dan Menerapkan Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Belajar Motorik pada program S-3 Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang teori dan aplikasi dalam proses belajar motorik yang terkait dengan perkembangan keterampilan fisik dan psikologis dalam konteks olahraga. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan teoritis dan penelitian terkini mengenai mekanisme belajar motorik, serta faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas proses belajar dan penguasaan keterampilan motorik, baik pada individu maupun dalam konteks kelompok. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa akan dilibatkan dalam analisis mendalam tentang hubungan antara sistem saraf, otot, dan kognisi dalam pembelajaran motorik, serta peran penting umpan balik (feedback), latihan, dan pengulangan dalam peningkatan keterampilan. Selain itu, mahasiswa juga akan mengkaji penerapan prinsip-prinsip belajar motorik dalam berbagai cabang olahraga dan konteks pelatihan, serta memahami implikasi praktis dari penelitian motorik untuk pengembangan strategi pembelajaran dan pelatihan olahraga yang lebih efektif. Mata kuliah ini mengintegrasikan perspektif interdisipliner dengan memadukan ilmu fisiologi, psikologi, dan neurobiologi untuk memberikan pemahaman yang holistik mengenai proses belajar motorik. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan menerapkan model-model pembelajaran motorik yang berbasis bukti ilmiah, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori dan aplikasi dalam dunia olahraga.

Pustaka

Utama :

  1. Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands
  2. Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
  3. Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books

Pendukung :

  1. video youtube

Dosen Pengampu

Prof. Dr. drg. Soetanto Hartono, M.Sc.

Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
  2. Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
  3. Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
  1. Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
  3. Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
Kriteria:

mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi

Materi: Prinsip kinerja syaraf
Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands
5%

2

Minggu ke 2

  1. Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
  2. Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
  3. Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
  1. Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
  3. Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
Kriteria:

mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi

Materi: Prinsip kinerja syaraf
Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands
5%

3

Minggu ke 3

  1. Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
  2. Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
  3. Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
  1. Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
  3. Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
Kriteria:

mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi

Materi: Prinsip kinerja syaraf
Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
  2. Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
  3. Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
  1. Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
  3. Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
Kriteria:

mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi

Materi: Prinsip kinerja syaraf
Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
  2. Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
  3. Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
  3. Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Motor learning
Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
5%

6

Minggu ke 6

  1. Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
  2. Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
  3. Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
  3. Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Motor learning
Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
  2. Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
  3. Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
  3. Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Motor learning
Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
4%

8

Minggu ke 8

  1. Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
  2. Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
  3. Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
  3. Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Motor learning
Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
10%

9

Minggu ke 9

  1. Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
  2. Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
  3. Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
  3. Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Motor learning
Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
  2. Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
  3. Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
  3. Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Motor learning
Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
  2. Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
  3. Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
  2. Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
Kriteria:

mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A


Bentuk Penilaian :
Tes
diskusi dan praktek

Materi: praktek gerak
Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
  2. Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
  3. Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
  2. Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
Kriteria:

mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A


Bentuk Penilaian :
Tes
diskusi dan praktek

Materi: praktek gerak
Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
  2. Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
  3. Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
  2. Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
Kriteria:

mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A


Bentuk Penilaian :
Tes
diskusi dan praktek

Materi: praktek gerak
Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
  2. Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
  3. Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
  2. Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
Kriteria:

mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A


Bentuk Penilaian :
Tes
diskusi dan praktek

Materi: praktek gerak
Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
  2. Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
  3. Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
  2. Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
Kriteria:

mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A


Bentuk Penilaian :
Tes
diskusi dan praktek

Materi: praktek gerak
Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
  2. Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
  3. Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
  1. Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
  2. Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
Kriteria:

mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A


Bentuk Penilaian :
Tes
diskusi dan praktek

Materi: praktek gerak
Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 6.68%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 23.68%
3. Penilaian Portofolio 6.68%
4. Tes 62%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.