|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Belajar Motorik |
8900102060 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Meningkatkan Tanggung Jawab Pribadi dalam Menganalisis Belajar Motorik
|
PO - 2 |
Mengembangkan Analisis Performa Olahraga Berbasis Ilmiah dan Pendekatan Kritis
|
PO - 3 |
Menguasai dan Menerapkan Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Belajar Motorik pada program S-3 Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang teori dan aplikasi dalam proses belajar motorik yang terkait dengan perkembangan keterampilan fisik dan psikologis dalam konteks olahraga. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan teoritis dan penelitian terkini mengenai mekanisme belajar motorik, serta faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas proses belajar dan penguasaan keterampilan motorik, baik pada individu maupun dalam konteks kelompok.
Melalui pembelajaran ini, mahasiswa akan dilibatkan dalam analisis mendalam tentang hubungan antara sistem saraf, otot, dan kognisi dalam pembelajaran motorik, serta peran penting umpan balik (feedback), latihan, dan pengulangan dalam peningkatan keterampilan. Selain itu, mahasiswa juga akan mengkaji penerapan prinsip-prinsip belajar motorik dalam berbagai cabang olahraga dan konteks pelatihan, serta memahami implikasi praktis dari penelitian motorik untuk pengembangan strategi pembelajaran dan pelatihan olahraga yang lebih efektif.
Mata kuliah ini mengintegrasikan perspektif interdisipliner dengan memadukan ilmu fisiologi, psikologi, dan neurobiologi untuk memberikan pemahaman yang holistik mengenai proses belajar motorik. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan menerapkan model-model pembelajaran motorik yang berbasis bukti ilmiah, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori dan aplikasi dalam dunia olahraga. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands
- Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers
- Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books
|
Pendukung : |
|
- video youtube
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. drg. Soetanto Hartono, M.Sc. Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
- Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
- Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
|
- Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
- Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
- Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
|
|
Materi: Prinsip kinerja syaraf Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
- Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
- Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
|
- Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
- Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
- Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
|
|
Materi: Prinsip kinerja syaraf Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
- Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
- Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
|
- Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
- Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
- Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
|
|
Materi: Prinsip kinerja syaraf Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menerapkan Pendekatan Mandiri dalam Penelitian Belajar Motorik
- Mengambil Keputusan Ilmiah Secara Mandiri dalam Pengembangan Program Pelatihan
- Mempertahankan Integritas dan Etika Penelitian
|
- Mahasiswa dapat merancang penelitian tentang belajar motorik secara mandiri dengan mempertimbangkan berbagai variabel yang relevan.
- Mahasiswa dapat mengembangkan rekomendasi pelatihan motorik berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
- Mahasiswa menunjukkan integritas dalam melakukan penelitian, menghindari plagiarisme, dan memberikan atribusi yang tepat pada karya ilmiah.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu mempresentasikan materi yang dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
|
|
Materi: Prinsip kinerja syaraf Pustaka: Stephen Grossberg. 1982. Studies of Mind and Brain: Neural Principles of Learning, Perception, Development, Cognition, and Motor Control. Springer Netherlands |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
- Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
- Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
- Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: Motor learning Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
- Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
- Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
- Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: Motor learning Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
- Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
- Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
- Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: Motor learning Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers |
4% |
8
Minggu ke 8 |
- Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
- Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
- Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
- Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: Motor learning Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
- Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
- Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
- Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: Motor learning Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menganalisis Data Performa Olahraga dengan Pendekatan Ilmiah
- Menerapkan Pemikiran Kritis dalam Evaluasi Teknik Motorik Atlet
- Mengintegrasikan Teori dan Praktik dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat menggunakan teknik analisis data (misalnya, analisis statistik, pengolahan sinyal gerakan) untuk mengevaluasi performa olahraga dengan cara yang ilmiah.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi teknik motorik atlet secara kritis, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi keterampilan motorik, seperti aspek fisiologi, psikologi, dan teknik.
- Mahasiswa mampu merancang program latihan yang mengintegrasikan teori-teori terbaru tentang belajar motorik dan analisis performa olahraga untuk meningkatkan kinerja atlet.
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan yang diberikan dibeirkan nilai A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: Motor learning Pustaka: Pamela S Haibach; Greg Reid; Douglas Holden Collier. 2017. Motor Learning and Development. Human Kinetics Publishers |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
- Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
- Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
- Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
|
Kriteria:
mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A Bentuk Penilaian : Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: praktek gerak Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
- Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
- Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
- Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
|
Kriteria:
mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A Bentuk Penilaian : Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: praktek gerak Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
- Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
- Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
- Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
|
Kriteria:
mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A Bentuk Penilaian : Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: praktek gerak Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
- Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
- Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
- Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
|
Kriteria:
mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A Bentuk Penilaian : Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: praktek gerak Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
- Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
- Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
- Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
|
Kriteria:
mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A Bentuk Penilaian : Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: praktek gerak Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mengidentifikasi dan Memahami Teori dan Konsep Terbaru dalam Belajar Motorik
- Menganalisis Riset Terbaru dalam Bidang Belajar Motorik dan Performa Olahraga
- Mengintegrasikan Filosofi dan Teori dalam Pengembangan Program Pelatihan
|
- Mahasiswa dapat mengintegrasikan berbagai filosofi, teori, dan temuan riset dalam pengembangan program pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan terkini.
- Mahasiswa mampu menilai kualitas riset dan mengidentifikasi potensi penelitian lebih lanjut berdasarkan perkembangan teori yang ada
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara konsep-konsep terbaru dengan aplikasi praktis dalam olahraga.
|
Kriteria:
mahasiswa menunjukkan hasil tugas diberikan nilai A Bentuk Penilaian : Tes |
diskusi dan praktek
|
|
Materi: praktek gerak Pustaka: Tara Losquadro Liddle. 2018. Why Motor Skills Matter: Improve Your Child's Physical Development to Enhance Learning and Self-Esteem. Koehler Books |
20% |