|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian IPA IV |
8410103221 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Isnawati, M.Si.
|
Prof. Dr. Rudiana A.
|
Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
1) Mengembangkan pengetahuan tentang hakekat bioteknologi, biomassa (substrat bioteknologi), genetika, industry bioteknologi, bioproses, bioteknologi enzim, bahan bakar biologi, bioteknologi lingkungan dan aplikasinya dalam bidang kesehatan, dan bidang kehidupan manusia serta pelibatan radioaktif dalam bioteknologi.
|
PO - 2 |
2) Memecahkan masalah di bidang penerapan bioteknologi dalam kehidupan melalui pendekatan interdisipliner.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang konsep bioteknologi, proses, dan produknya serta pelibatan radioaktif dalam bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari dan industry serta aplikasinya untuk memecahkan masalah di bidang kesehatan dan lingkungan melalui pendekatan interdisipliner. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
- 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
|
Pendukung : |
|
- 3) Russel, P.J (2006). Genetic: a moleculer approach. Pearson
- 4) Appling, D.R., Anthony-Cahill, S.J. Mathew, C.K. (2016). Biochemistry: Concepts and Connections. Pearson
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd. Dr. Isnawati, M.Si. Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi |
Menjelaskan konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dosen
Mendiskusikan Tentang konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi 3 x 50 menit |
|
Materi: konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Struktur dan organisasi materi genetik |
|
Kriteria:
Tes lisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dosen untuk mendiskusi tentang struktur dan organisasi materi genetik 3 x 50 menit |
Materi: Struktur dan organisasi materi genetik Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahamibiomassa (substrat bioteknologi) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi mahasiswa tentang substrat bioteknologi 3 x 50 menit |
Materi: biomassa (substrat bioteknologi) Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami bioteknologi industri |
Jelaskan bioteknologi industri |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi mahasiswa tentang bioteknologi industri 3 x 50 menit |
Materi: bioteknologi industri Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami bioteknologi proses: |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
presentasi mahasiswa tentang bioteknolog iindustri 3 x 50 menit |
Materi: bioteknologi proses: Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami bioteknologi lingkungan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi mahasiswa tentang bioteknologi lingkungan 3 x 50 menit |
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami bioteknologi enzim |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring
|
Materi: bioteknologiindustri Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: bioteknologi enzim Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis bahan bakarbiologi (biofuel) |
Menganalisis bahan bakarbiologi (biofuel) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi mahasiswa terkait bahan bakar biologi 3x50 menit |
Materi: bahanbakarbiologi (biofuel) Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami bioteknologi lingkungan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presntasi mahasiswa tentang bioteknologi lingkungan
|
|
Materi: bioteknologi lingkungan Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami Medical Biotechnology |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa terkait medical bioteknologi 3x50 menit |
|
Materi: Medical Biotechnology Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis Peranan Biotechnologi dalam ilmu forensik |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa terkait peranan bioteknologi dalam ilmu forensik
|
|
Materi: Peranan Biotechnologi dalam ilmu forensik Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami transformasi tumbuhan dan teknik seleksi |
• Menjelaskankonsep transformasi tumbuhan • Menjelaskan analisis molekul ttumbuhan transgenik • Menjelaskan aplikasi tumbuhan transgenik |
Kriteria:
Tes lisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi mahasiswa terkait transformasi tumbuhan dan teknik seleksi
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Rekayasa materi genetika pada produksi hewan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa terkait materi genetika pada produksi hewan 3x50 menit |
|
Materi: • Mekanismebioteknologi pada perkawinan dan reproduksihewan • Aplikasirekayasamateri genetic pada hewan transgenic • Teknologi DNA rekombinan pada mahaman dan pertumbuhanhewan Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis Peranan radioaktif dalam bioteknologi |
|
Kriteria:
Tes lisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa terkait peranan radioaktif dalam bioteknologi
|
|
Materi: • Peranan radioaktif dalam bioteknologi Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
|
20% |