Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian IPA IV

8410103221

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Isnawati, M.Si.




Prof. Dr. Rudiana A.




Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

1) Mengembangkan pengetahuan tentang hakekat bioteknologi, biomassa (substrat bioteknologi), genetika, industry bioteknologi, bioproses, bioteknologi enzim, bahan bakar biologi, bioteknologi lingkungan dan aplikasinya dalam bidang kesehatan, dan bidang kehidupan manusia serta pelibatan radioaktif dalam bioteknologi.

PO - 2

2) Memecahkan masalah di bidang penerapan bioteknologi dalam kehidupan melalui pendekatan interdisipliner.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang konsep bioteknologi, proses, dan produknya serta pelibatan radioaktif dalam bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari dan industry serta aplikasinya untuk memecahkan masalah di bidang kesehatan dan lingkungan melalui pendekatan interdisipliner.

Pustaka

Utama :

  1. 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
  2. 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge

Pendukung :

  1. 3) Russel, P.J (2006). Genetic: a moleculer approach. Pearson
  2. 4) Appling, D.R., Anthony-Cahill, S.J. Mathew, C.K. (2016). Biochemistry: Concepts and Connections. Pearson

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd.

Dr. Isnawati, M.Si.

Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi

Menjelaskan konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dosen
Mendiskusikan Tentang konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi
3 x 50 menit

Materi: konsep bioteknologi, bioteknologi konvensial dan modern, serta peranan bioteknologi
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
5%

2

Minggu ke 2

Memahami Struktur dan organisasi materi genetik

Kriteria:

Tes lisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi dosen untuk mendiskusi tentang struktur dan organisasi materi genetik
3 x 50 menit
Materi: Struktur dan organisasi materi genetik
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
5%

3

Minggu ke 3

Memahamibiomassa (substrat bioteknologi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi mahasiswa tentang substrat bioteknologi
3 x 50 menit
Materi: biomassa (substrat bioteknologi)
Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
5%

4

Minggu ke 4

Memahami bioteknologi industri

Jelaskan bioteknologi industri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi mahasiswa tentang bioteknologi industri
3 x 50 menit
Materi: bioteknologi industri
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
5%

5

Minggu ke 5

Memahami bioteknologi proses:


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

presentasi mahasiswa tentang bioteknolog iindustri
3 x 50 menit
Materi: bioteknologi proses:
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
5%

6

Minggu ke 6

Memahami bioteknologi lingkungan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi mahasiswa tentang bioteknologi lingkungan
3 x 50 menit
5%

7

Minggu ke 7

Memahami bioteknologi enzim


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
Materi: bioteknologiindustri
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
5%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

Materi: bioteknologi enzim
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
10%

9

Minggu ke 9

Menganalisis bahan bakarbiologi (biofuel)

Menganalisis bahan bakarbiologi (biofuel)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi mahasiswa terkait bahan bakar biologi
3x50 menit
Materi: bahanbakarbiologi (biofuel)
Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
5%

10

Minggu ke 10

Memahami bioteknologi lingkungan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presntasi mahasiswa tentang bioteknologi lingkungan

Materi: bioteknologi lingkungan
Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
5%

11

Minggu ke 11

Memahami Medical Biotechnology


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa terkait medical bioteknologi
3x50 menit

Materi: Medical Biotechnology
Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis Peranan Biotechnologi dalam ilmu forensik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa terkait peranan bioteknologi dalam ilmu forensik

Materi: Peranan Biotechnologi dalam ilmu forensik
Pustaka: 1) Chandrashekara, K.N. and Yakkaldevi, A. (2015). Basic concept of biothecnology. Laxmi Book Publication
5%

13

Minggu ke 13

Memahami transformasi tumbuhan dan teknik seleksi

• Menjelaskankonsep transformasi tumbuhan • Menjelaskan analisis molekul ttumbuhan transgenik • Menjelaskan aplikasi tumbuhan transgenik

Kriteria:

Tes lisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi mahasiswa terkait transformasi tumbuhan dan teknik seleksi
5%

14

Minggu ke 14

Rekayasa materi genetika pada produksi hewan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa terkait materi genetika pada produksi hewan
3x50 menit

Materi: • Mekanismebioteknologi pada perkawinan dan reproduksihewan • Aplikasirekayasamateri genetic pada hewan transgenic • Teknologi DNA rekombinan pada mahaman dan pertumbuhanhewan
Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis Peranan radioaktif dalam bioteknologi

Kriteria:

Tes lisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa terkait peranan radioaktif dalam bioteknologi

Materi: • Peranan radioaktif dalam bioteknologi
Pustaka: 2) Smith, J.E.(2009). Biotechnology. Cambridge
5%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.