Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kurikulum Smk

8320302056

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

2 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Djoko Suwito, M.Pd




Dr. Djoko Suwito, M.Pd.




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami teori dasar kurikulum dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK

PO - 2

Mahasiwa memiliki kemampuan mengkaji dinamika dan ruang lingkup kurikulum SMK

PO - 3

Mahasiswa memiliki kemampuan mengimplementasikan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyusun perencanaan pembelajaran

PO - 4

Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengkaii struktur kurikulum SMK

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melakukan pengkajian teori dasar kurikulum, pengertian dan lingkup kurikulum, model-model kurikulum dan perubahan kurikulum SMK. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik, dan menghasilkan laporan kajian kurikulum SMK.

Pustaka

Utama :

  1. Arifin,Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum .Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013
  2. Mulyasa 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  3. Yani Ahmad.2014. Mindset Kurikulum 2013 . Bandng:Alfabeta
  4. Sukamto.1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan teknologi dan Kejuruan. Jakarta. Depdikbud Dirjendikti.
  5. Nasution.1987. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Alumni.

Pendukung :

  1. Soetopo, H dan Soemanto, Wasti. 1988. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Dosen Pengampu

Dr. Djoko Suwito, M.Pd.

Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mendeskripsikan konsep pembaharuan SPTK di LPTK
  2. Mengidentifikasi tenaga professional dan kompetensi
Kriteria:
  1. Berisi tentang rubrik penilaian, misalnya:
  2. soal nomor 1 memiliki bobot 10 jika........
  3. soal nomor 2 memiliki bobot 5 jika.....

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

Ceramah, diskusi, penugasan membuat makalah, presentasi dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Mampu memahami teori dasar kurikulum dan pembaruan SPTK di LPTK
Pustaka: Arifin,Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum .Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013
3%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 1.5%
2. Tes 1.5%
3%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.