|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
UJIAN DISERTASI TERBUKA |
8300109223 |
|
T=9 |
P=0 |
ECTS=22.68 |
6 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.
|
Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.
|
Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan dan keilmuan vokasi dalam bentuk disertasi dan artikel yang diterbitkan dalam seminar internasional atau jurnal internasional bereputasi |
PLO-11 |
Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan etika akademik serta mengkomunikasikannya melalui media masa |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep-konsep interdisiplin dalam penyusunan disertasi yang mencakup analisis dan sintesis penelitian terkait (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis data dan informasi dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi pola yang mendukung argumen ilmiah dalam disertasi (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas metodologi penelitian yang digunakan dalam disertasi berdasarkan kriteria ilmiah dan etika akademik (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian disertasi, dengan mengintegrasikan berbagai perspektif keilmuan (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan pemikiran kritis dan sistematis dalam analisis dan sintesis hasil penelitian untuk menghasilkan argumen yang koheren dalam disertasi (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dan mengevaluasi relevansi literatur ilmiah terhadap topik disertasi untuk memastikan integritas akademik (C4, C5)
|
PO - 7 |
Menciptakan karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi berdasarkan hasil disertasi (C6)
|
PO - 8 |
Menerapkan keterampilan kolaborasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk memperkaya kualitas disertasi (C3)
|
PO - 9 |
Mengevaluasi dan menyempurnakan argumen disertasi berdasarkan feedback dari seminar internasional dan peer review (C5)
|
PO - 10 |
Menciptakan pendekatan baru dalam penelitian disertasi yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menghasilkan perspektif baru (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-9 | PLO-11 | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | | | | ✔ | PO-3 | | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | ✔ | | PO-7 | | | ✔ | | PO-8 | | ✔ | | | PO-9 | | | ✔ | ✔ | PO-10 | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Ujian Terbuka adalah mata kuliah wajib yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi ujian disertasi secara formal di depan penguji, membuktikan kompetensi akademik, serta mempertahankan argumen hasil penelitian. Dalam proses ini, mahasiswa akan belajar menyusun laporan akhir yang memenuhi standar ilmiah, menyiapkan presentasi disertasi, dan berlatih menghadapi berbagai pertanyaan dan tanggapan dari penguji. Mata kuliah ini berfokus pada peningkatan keterampilan presentasi, argumentasi akademik, serta penyempurnaan dokumen disertasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
- Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods.
- Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
- Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami mekanisme ujian dan penyusunan rencana kerja |
Rencana kerja mencakup jadwal dan target yang realistis |
Kriteria:
Pemahaman tentang mekanisme ujian dan penyusunan rencana kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: Pengantar Mata Kuliah dan Ujian Terbuka Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menyempurnakan bab pendahuluan |
Bab pendahuluan terstruktur dan logis |
Kriteria:
Kejelasan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, lokakarya 100 menit |
|
Materi: bab pendahuluan Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Penyempurnaan Bab Metode Penelitian |
Bab metode menunjukkan validitas penelitian |
Kriteria:
Rubrik Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lokakarya 100 menit |
|
Materi: bab metode penelitian Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Analisis hasil, interpretasi data, dan integrasi dengan teori |
Hasil dan pembahasan mencerminkan kedalaman analisis |
Kriteria:
Relevansi data dengan temuan, analisis kritis, dan sintesis teori Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lokakarya, diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: Hasil dan Pembahasan Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Penyempurnaan Bab Kesimpulan |
Rubrik Penilaian |
Kriteria:
Kesimpulan jelas dan berbasis data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, simulasi 100 menit |
|
Materi: Penyempurnaan Bab Kesimpulan Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kritis dan sistematis dalam menganalisis serta mensintesis hasil penelitian untuk menghasilkan argumen yang koheren dalam disertasi. |
Konsistensi dan logika dalam penarikan kesimpulan |
Kriteria:
Kesimpulan jelas dan berbasis data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, lokakarya 100 menit |
|
Materi: Bab Kesimpulan Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan Penyusunan Artikel untuk Publikasi |
Kesesuaian dengan format jurnal, kejelasan isi, dan kebaruan |
Kriteria:
Artikel siap diajukan ke jurnal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lokakarya, diskusi 100 menit |
|
Materi: Penyusunan Artikel untuk Publikasi Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi literatur ilmiah dengan kritis, serta memahami pentingnya integritas akademik dalam penulisan disertasi. |
Kejelasan presentasi, alur penyampaian, dan penggunaan media |
Kriteria:
Presentasi mencakup seluruh isi disertasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, evaluasi 100 menit |
|
Materi: latihan presentasi Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi relevansi literatur ilmiah terhadap topik disertasi dengan baik untuk memastikan integritas akademik. |
Kejelasan presentasi, alur penyampaian, dan penggunaan media |
Kriteria:
Presentasi mencakup seluruh isi disertasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, evaluasi 100 menit |
|
Materi: latihan presentasi Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Evaluasi Umpan Balik Presentasi |
Materi revisi mencerminkan perbaikan |
Kriteria:
Integrasi masukan ke dalam revisi presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: Presentasi Hasil Penelitian Pustaka: Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Evaluasi Umpan Balik Presentasi |
Materi revisi mencerminkan perbaikan |
Kriteria:
Integrasi masukan ke dalam revisi presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: Umpan balik Pustaka: Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyempurnaan Dokumen Disertasi |
Kesesuaian dokumen dengan format pedoman |
Kriteria:
Dokumen lengkap dan sesuai standar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi individu
|
|
Materi: evaluasi Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Simulasi Ujian Terbuka |
Mengikuti simulasi ujian dengan penguji simulasi |
Kriteria:
Kejelasan penyampaian, argumentasi, dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, evaluasi 100 menit |
|
Materi: simulasi ujian Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Evaluasi dan Refleksi |
Kedalaman refleksi dan analisis kekuatan/kelemahan persiapan |
Kriteria:
Laporan refleksi mencakup seluruh proses Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok
|
|
Materi: refleksi Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Finalisasi Presentasi dan Dokumen |
Dokumen siap untuk sidang |
Kriteria:
Kelengkapan dokumen dan keterpaduan isi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi individu 100 menit |
|
Materi: Finalisasi dokumen Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Terbuka |
Ujian sesuai dengan standar akademik |
Kriteria:
Kemampuan presentasi, argumentasi, dan menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan pertanggungjawaban hasil penelitian
|
|
Materi: ujian terbuka Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa |
15% |