Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

UJIAN DISERTASI TERBUKA

8300109223

T=9

P=0

ECTS=22.68

6

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan dan keilmuan vokasi dalam bentuk disertasi dan artikel yang diterbitkan dalam seminar internasional atau jurnal internasional bereputasi

PLO-11

Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan etika akademik serta mengkomunikasikannya melalui media masa

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep-konsep interdisiplin dalam penyusunan disertasi yang mencakup analisis dan sintesis penelitian terkait (C3)

PO - 2

Menganalisis data dan informasi dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi pola yang mendukung argumen ilmiah dalam disertasi (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas metodologi penelitian yang digunakan dalam disertasi berdasarkan kriteria ilmiah dan etika akademik (C5)

PO - 4

Menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian disertasi, dengan mengintegrasikan berbagai perspektif keilmuan (C6)

PO - 5

Menerapkan pemikiran kritis dan sistematis dalam analisis dan sintesis hasil penelitian untuk menghasilkan argumen yang koheren dalam disertasi (C3)

PO - 6

Menganalisis dan mengevaluasi relevansi literatur ilmiah terhadap topik disertasi untuk memastikan integritas akademik (C4, C5)

PO - 7

Menciptakan karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi berdasarkan hasil disertasi (C6)

PO - 8

Menerapkan keterampilan kolaborasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk memperkaya kualitas disertasi (C3)

PO - 9

Mengevaluasi dan menyempurnakan argumen disertasi berdasarkan feedback dari seminar internasional dan peer review (C5)

PO - 10

Menciptakan pendekatan baru dalam penelitian disertasi yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menghasilkan perspektif baru (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-9PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7   
PO-8   
PO-9  
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ujian Terbuka adalah mata kuliah wajib yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi ujian disertasi secara formal di depan penguji, membuktikan kompetensi akademik, serta mempertahankan argumen hasil penelitian. Dalam proses ini, mahasiswa akan belajar menyusun laporan akhir yang memenuhi standar ilmiah, menyiapkan presentasi disertasi, dan berlatih menghadapi berbagai pertanyaan dan tanggapan dari penguji. Mata kuliah ini berfokus pada peningkatan keterampilan presentasi, argumentasi akademik, serta penyempurnaan dokumen disertasi.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
  2. Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods.
  3. Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
  4. Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami mekanisme ujian dan penyusunan rencana kerja

Rencana kerja mencakup jadwal dan target yang realistis

Kriteria:

Pemahaman tentang mekanisme ujian dan penyusunan rencana kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok
100 menit

Materi: Pengantar Mata Kuliah dan Ujian Terbuka
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menyempurnakan bab pendahuluan

Bab pendahuluan terstruktur dan logis

Kriteria:

Kejelasan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, lokakarya
100 menit

Materi: bab pendahuluan
Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
5%

3

Minggu ke 3

Penyempurnaan Bab Metode Penelitian

Bab metode menunjukkan validitas penelitian

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lokakarya
100 menit

Materi: bab metode penelitian
Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
5%

4

Minggu ke 4

Analisis hasil, interpretasi data, dan integrasi dengan teori

Hasil dan pembahasan mencerminkan kedalaman analisis

Kriteria:

Relevansi data dengan temuan, analisis kritis, dan sintesis teori


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lokakarya, diskusi kelompok
100 menit

Materi: Hasil dan Pembahasan
Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
5%

5

Minggu ke 5

Penyempurnaan Bab Kesimpulan

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Kesimpulan jelas dan berbasis data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, simulasi
100 menit

Materi: Penyempurnaan Bab Kesimpulan
Pustaka: Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kritis dan sistematis dalam menganalisis serta mensintesis hasil penelitian untuk menghasilkan argumen yang koheren dalam disertasi.

Konsistensi dan logika dalam penarikan kesimpulan

Kriteria:

Kesimpulan jelas dan berbasis data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, lokakarya
100 menit

Materi: Bab Kesimpulan
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan Penyusunan Artikel untuk Publikasi

Kesesuaian dengan format jurnal, kejelasan isi, dan kebaruan

Kriteria:

Artikel siap diajukan ke jurnal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lokakarya, diskusi
100 menit

Materi: Penyusunan Artikel untuk Publikasi
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi literatur ilmiah dengan kritis, serta memahami pentingnya integritas akademik dalam penulisan disertasi.

Kejelasan presentasi, alur penyampaian, dan penggunaan media

Kriteria:

Presentasi mencakup seluruh isi disertasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, evaluasi
100 menit

Materi: latihan presentasi
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi relevansi literatur ilmiah terhadap topik disertasi dengan baik untuk memastikan integritas akademik.

Kejelasan presentasi, alur penyampaian, dan penggunaan media

Kriteria:

Presentasi mencakup seluruh isi disertasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, evaluasi
100 menit

Materi: latihan presentasi
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

10

Minggu ke 10

Evaluasi Umpan Balik Presentasi

Materi revisi mencerminkan perbaikan

Kriteria:

Integrasi masukan ke dalam revisi presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
100 menit

Materi: Presentasi Hasil Penelitian
Pustaka: Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods.
5%

11

Minggu ke 11

Evaluasi Umpan Balik Presentasi

Materi revisi mencerminkan perbaikan

Kriteria:

Integrasi masukan ke dalam revisi presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
100 menit

Materi: Umpan balik
Pustaka: Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

12

Minggu ke 12

Penyempurnaan Dokumen Disertasi

Kesesuaian dokumen dengan format pedoman

Kriteria:

Dokumen lengkap dan sesuai standar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi individu

Materi: evaluasi
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
10%

13

Minggu ke 13

Simulasi Ujian Terbuka

Mengikuti simulasi ujian dengan penguji simulasi

Kriteria:

Kejelasan penyampaian, argumentasi, dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, evaluasi
100 menit

Materi: simulasi ujian
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

14

Minggu ke 14

Evaluasi dan Refleksi

Kedalaman refleksi dan analisis kekuatan/kelemahan persiapan

Kriteria:

Laporan refleksi mencakup seluruh proses


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok

Materi: refleksi
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

15

Minggu ke 15

Finalisasi Presentasi dan Dokumen

Dokumen siap untuk sidang

Kriteria:

Kelengkapan dokumen dan keterpaduan isi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi individu
100 menit

Materi: Finalisasi dokumen
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Terbuka

Ujian sesuai dengan standar akademik

Kriteria:

Kemampuan presentasi, argumentasi, dan menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan pertanggungjawaban hasil penelitian

Materi: ujian terbuka
Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Pascasarjana Unesa
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.