Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STATISTIKA

2020103444

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Endryansyah, S.T., M.T.




.......................................




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro

PLO-9

Mampu menerapkan metode, keterampilan, dan piranti teknik elektro modern yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan, khususnya memiliki pengetahuan lanjut pada salah satu bidang keahlian Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Komputasi Cerdas, Teknik Elektronika, dan Teknik Pengatutan

PLO-11

Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada dibidang teknik elektro

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan jenis data dan menyajikan data dalam berbagai bentuk (C3)

PO - 2

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan jenis data dan menyajikan data dalam berbagai bentuk. (C3)

PO - 3

Mahasiswa mampu menghitung dan menginterpretasikan ukuran pemusatan data. (C3)

PO - 4

Mahasiswa mampu menghitung ukuran penyebaran data dan menerapkannya dalam analisis data teknik elektro. (C3)

PO - 5

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep probabilitas dan menerapkannya dalam analisis data teknik elektro. (C4)

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis distribusi normal dan sampling pada data eksperimen.(C4)

PO - 7

Mahasiswa mampu melakukan estimasi parameter populasi berdasarkan data sampel. (C4)

PO - 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS

PO - 9

Mahasiswa mampu menguji hipotesis statistik dengan metode yang sesuai. (C5)

PO - 10

Mahasiswa mampu menerapkan regresi linear sederhana dan menganalisis hubungan antar variabel. (C5)

PO - 11

Mahasiswa mampu menguji perbedaan rata-rata lebih dari dua kelompok dengan ANOVA. (C5)

PO - 12

Mahasiswa mampu mengolah data menggunakan perangkat lunak statistika. (C3)

PO - 13

Mahasiswa mampu menerapkan metode statistika nonparametrik dalam analisis data. (C4)

PO - 14

Mahasiswa mampu menganalisis reliabilitas sistem dan menerapkan teknik kontrol kualitas. (C5)

PO - 15

Mahasiswa mampu menyusun laporan analisis data teknik elektro berbasis studi kasus. (C6)

PO - 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal Ujian Akhir Semester (UAS)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8PLO-9PLO-11
PO-1   
PO-2  
PO-3
PO-4    
PO-5  
PO-6   
PO-7  
PO-8  
PO-9
PO-10     
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14  
PO-15  
PO-16  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar statistika, pengolahan data, analisis probabilitas, inferensi statistika, dan penerapan statistika dalam teknik elektro dengan model pembelajaran berbasis studi kasus.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Tri Rijanto, M.Pd., M.T.

Endryansyah, S.T., M.T.

Dr. Rina Harimurti, S.Pd., M.T.

Ibrohim, S.T., M.T.

Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Yulia Fransisca, S.Pd., M.Pd.

Rifqi Firmansyah, S.T., M.T.

Hesti Khuzaimah Nurul Yusufiyah, S.Si., M.Eng.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. 1. Memahami konsep dasar statistika.
  2. 2. Menjelaskan peran statistika dalam teknik elektro.
  3. 3. Mengidentifikasi penerapan statistika dalam bidang teknik elektro.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, studi kasus
120 menit

0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menghitung ukuran penyebaran data serta menginterpretasikan hasil perhitungan dalam konteks teknik elektro.

  1. 1. Mahasiswa mampu menghitung varians dan standar deviasi dari data yang diberikan
  2. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan arti dari ukuran penyebaran dalam konteks teknik elektro
Kriteria:
  1. 1. Ketepatan perhitungan varians dan standar deviasi
  2. 2. Kemampuan menginterpretasikan hasil perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, latihan soal
120 menit

0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.