
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi dan Kreativitas Pendidikan Seni |
8810904842 |
|
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
1 |
11 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ANIK JUWARIYAH |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner . |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam menganalisis proses kreativitas peserta didik dalam pendidikan seni (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi pengembangan kreativitas dalam konteks pembelajaran seni budaya (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas berbagai pendekatan psikologis dalam meningkatkan kreativitas seni peserta didik (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan model pembelajaran seni yang inovatif berbasis psikologi kreativitas (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teori-teori psikologi kognitif dalam merancang strategi pembelajaran seni yang kreatif (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis hubungan antara perkembangan psikologis dengan kemampuan berkreasi dalam bidang seni budaya (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi karya seni peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip psikologi persepsi dan apresiasi seni (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan media pembelajaran seni digital yang memanfaatkan prinsip psikologi motivasi dan kreativitas (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan teknik assessment psikologis untuk mengukur perkembangan kreativitas dalam pendidikan seni (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dampak lingkungan psikososial terhadap pengembangan kreativitas seni dalam setting pendidikan (C4)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | | | PO-7 | ✔ | | | PO-8 | | ✔ | | PO-9 | ✔ | | | PO-10 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengetahuan dan kajian tentang perilaku manusia dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam nilai estetis karya seni, penguasaan kreativitas seni, hubungan psikologi dan seni, kemanfaatan psikologi dalam seni, terapi seni |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Damajanti, Irma. 2006. Psikologi Seni Sebuah pengantar . Bandung: PT Kiblat Buku Utama
- Harbungangi, Buntje. 2016. Art & Jung . Jakarta: Antara Publising
- Tabrani, Primadi. 2006. Kreativitas dan Humanita s Sebuah studi tentang peranan kreativitas dalam Perikehidupan manusia . Yogyakarta: Jalasutra
- Djohan. 2003. Psikologi Musik . Yogyakarta: Penerbit Buku Baik
- Santosa. 2011. Komunikasi Seni. Surakarta: ISI Press
- Hagman George. 2010. The Artist’Mind ( Psychoanalytic Perspectif Creativity Modern Art and Modern Artists .Prancis e-Library
- Desmond, Kathleen K. 2011. As Abaut Art . USA:
- Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd. Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ruang lingkup dan meknisme perkuliahan |
Menjelaskan Ruang lingkup dan mekanisme perkuliahan, kontrak perkuliahan dan pengantar psikologi seni |
Kriteria:
Merumuskan bahan ajar perihal pengantar psikologi seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Perbedaan dan persamaan psikologi dan seni Pustaka: Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya |
8% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar psikologi seni , prinsip, dan karakteristik, keindahan, proses kekaryaan, pikiran dan perasaan, dorongan seniman berkreasi |
Membedakan psikologi dan seni Mendeskripsikan materi psikologi seni: Keindahan, Kreativitas, Seniman, Penonton, Proses kekaryaan, Macam-macam karya seni, Kepribadian, Pengalaman, Pikiran, Perasaan |
Kriteria:
Menjemukan konsep psikologi seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan dan diskusi, presentasi 4 X 50 |
|
Materi: Keindahan, Kreativitas, Seniman, Penonton, Proses kekaryaan, Macam-macam karya seni, Kepribadian, Pengalaman, Pikiran, Perasaan Pustaka: Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya |
8% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami proses kreasi dan kreativitas seniman |
Menjelaskan pengertian kreativitas Mengkaji dorongan seniman berkreasi |
Kriteria:
Menjawab dengan benar |
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami model kreativitas Jung , Adler dan tokoh-tokoh lainya |
Membedakan kreativitas menurut ahli Menemukan hubungan kretivitas dengan karya seni |
Kriteria:
- Disampaikan dalam power poin yang jelas
- Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
- Menjawab pertanyaan audien dengan benar
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami konsep dasar kreativitas kesadaran dan tidak kesadaran |
Menjelaskan arti sadaran dalam kreativitas Menjelaskan ketidak sadaran dalam kreativitas dan subjektivitas Mengidentifikasi arikep dan ragam artikep |
Kriteria:
- power poin yang jelas
- Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
- Menjawab pertanyaan
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami konsep dasar kreativitas kesadaran dan tidak kesadaran |
Menjelaskan arti sadaran dalam kreativitas Menjelaskan ketidak sadaran dalam kreativitas dan subjektivitas Mengidentifikasi arikep dan ragam artikep |
Kriteria:
- power poin yang jelas
- Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
- Menjawab pertanyaan
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami komunikasi dalam seni pertunjukan |
Menjelaskan konsep dasar komunikasi musikal Mengidentifikasi pesan dalam pertunjukan gamelan Mengkaji proses komunikasi musikal |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami musik dan pendidikan, serta musik sebagai terapi |
· Mendeskripsikan unsur-unsur musik · Menjelaskan fungsi pendidikan musik - Mengkaji musik sebagai terapi |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami musik dan pendidikan, serta musik sebagai terapi |
· Mendeskripsikan unsur-unsur musik · Menjelaskan fungsi pendidikan musik - Mengkaji musik sebagai terapi |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis latar belakang dan karya seniman |
· Mengidentifikasi latar bekang seniman - Mendeskripsikan hubungan konsep karya dengan latar belakang seniman . |
Kriteria:
- Tulisan lengkap
- Pilihan studi tokoh sesuai ketokohan
- Ditulis dalam laporan yang sistematis
|
Discovery-inquiry 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis latar belakang dan karya seniman |
· Mengidentifikasi latar bekang seniman - Mendeskripsikan hubungan konsep karya dengan latar belakang seniman . |
Kriteria:
- Tulisan lengkap
- Pilihan studi tokoh sesuai ketokohan
- Ditulis dalam laporan yang sistematis
|
Discovery-inquiry 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami perbedaan keindahan seni |
Mengidentifikasi aliran-aliran dadaisme dan surealis Mengkaji konsep art menurut Dhucamp |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami aliran modern di Amerika |
Menjelaskan seni modern di Amerika |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami aliran modern di Amerika |
Menjelaskan seni modern di Amerika |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |