|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Listrik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Elektronika Daya |
99992040102031 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
3 Oktober 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Mahendra Widyartono, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Karakteristik komponen Elektronika Daya (Dioda, Thyriston, DIAC, TRIAC, UJT, FET, Analisa saklar Elektronika, Analisa rangkaian pembangkit pulsa Rectifier menggunakan dioda untuk satu fasa dan tiga fasa, Rectifier menggunakan SCR untuk satu fasa dan tiga fasa Inverter satu fasa, Inverter tiga fasa ; Penggunaan rangkain Elektronika untuk pengaturan mesin listrik |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pustaka Utama : Rashid, Muhammad H. 2004. Power Electronics: Circuits, Devices, and Applications, 3 ND. ED. Prentice Hall Inc. New Jersey.
- R. W. Erickson, 1997, Fundamentals of Power Electronics
- Pustaka Penunjang : Sen, P. C. 1990. Power Electronics. Tata McGraw Hill- Publishing Company Limited. New Delhi.
- Singh,MD. (1998). Power Electronics, New Delhi, Tata McGraw Hill- Publishing Company Limited.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T. Widi Aribowo, S.T., M.T. As'ad Shidqy Aziz, S.T., M.T. Nur Vidia Laksmi B., S.ST., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengerti dan menjelaskan tentang komponen semikonduktor daya, diode daya, thyiristo |
Ketepatan mendefinisikan Karakteristik Diode daya dan Karakteristik Thyristor Ketajaman dan kejelasan dalam membedakan Proteksi di/dt dan dv/dt |
|
Kuliah Brainstroming, diskusi kelompok [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 1: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka [BT BM:4 x (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengerti dan menjelaskan tentang komponen semikonduktor daya, diode daya, thyiristo |
Ketepatan mendefinisikan Karakteristik Diode daya dan Karakteristik Thyristor Ketajaman dan kejelasan dalam membedakan Proteksi di/dt dan dv/dt |
|
Kuliah Brainstroming, diskusi kelompok [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 1: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka [BT BM:4 x (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu merumuskan tentang teori dasar penyearah dan , Penyearah Diode – Bridge Fase Tunggal, Penyearah Pengganda Tegangan (Fase Tunggal), Penyearah Full Bridge Tiga Fasa,Mahasiswa mampu merumuskan dan membandingkan Penyearah Satu Fase dan Tiga Fase |
Kejelasan penjelasan tulisan maupun lisan tentang dasar penyearah. Kemampuan mengaaplikasikan diode freewheeling. Kemampuan membandingkan penyearah satu fasa dan tiga fasa |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 2: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4%2 (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merumuskan tentang teori dasar penyearah dan , Penyearah Diode – Bridge Fase Tunggal, Penyearah Pengganda Tegangan (Fase Tunggal), Penyearah Full Bridge Tiga Fasa,Mahasiswa mampu merumuskan dan membandingkan Penyearah Satu Fase dan Tiga Fase |
Kejelasan penjelasan tulisan maupun lisan tentang dasar penyearah. Kemampuan mengaaplikasikan diode freewheeling. Kemampuan membandingkan penyearah satu fasa dan tiga fasa |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 2: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4%2 (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merumuskan tentang pengendali pada penyearah dan pembalik frekuensi terkendali, Analisa Konverter Tiga Fasa, Efek Induktans AC, Efek Arus, Diskontinyu, Operasi Pembalik, bentuk Gelombang AC, Konverter Tiga Fasa yang lain. |
Kejelasan penjelasan penyearah terkendali Kejelasan menganalisa rangkaian converter Kemampuan membaca bentuk gelombang |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 3: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4 x (3x50”)] 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengerti dan menjelaskan tentang teknik komutasi |
Kejelasan penjelasan tulisan maupun lisan tentang teknik komutasi Kemampuan mengaplikasikan proses pemadaman thyristor |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 4: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4 x (3x50”)] 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisa dan merancang tentang rangkaian Chopper, model switching converter, macam–macam untai chopper, Konfigurasi untai chopper |
Kejelasan penjelasan tulisan maupun lisan tentang model swicthing converter. Kemampuan mengaplikasikan macam-macam converter. Kemampuan merangkai rangkaian converter Ketepatan mengembangkan model dengan simulink Kemampuan mensimulasikan, Rangkaian converter |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 5: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4%2 (3x50”)] Mengembangkan model Converter dengan simulink Matlab [PS BM: (2 2)x (3x50”)] 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Evalusi Sub Sumatif : Untuk mengetahui pencapaian kompetensi matakuliah Elektronika Daya [ 1%2 ( 2%2 50”)] |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan tentang Dasar rangkaian pengatur tegangan AC, pengatur tegangan DC |
Kejelasan penjelasan pengatura tegangan AC/DC Kejelasan penjelasan dasar rangkaian pengatur tegangan Kemampuan mesimulasikan pengatur teg AC/DC |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 5: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4 x (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan tentang Dasar rangkaian pengatur tegangan AC, pengatur tegangan DC |
Kejelasan penjelasan pengatura tegangan AC/DC Kejelasan penjelasan dasar rangkaian pengatur tegangan Kemampuan mesimulasikan pengatur teg AC/DC |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 5: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4 x (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisa dan merancang tentang rangaian inverter dan konsep dasar Saklar Model Pembalik, Pembalik Satu Fasa, Pembalik Tiga fasa, Saklar schemes pembalik lainya, model operasi penyearah |
Kejelasan penjelasan tulisan maupun lisan tentang konsep dasar saklar Kemampuan merumuskan inverter Ketepatan mengembangkan model dengan simulink Kemampuan mensimulasikan Rangkaian inverter |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 6: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4%2 (3x50”)] Mengembangkan model inverter dengan simulink Matlab [PS BM: (2 2)x (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisa dan merancang tentang rangaian inverter dan konsep dasar Saklar Model Pembalik, Pembalik Satu Fasa, Pembalik Tiga fasa, Saklar schemes pembalik lainya, model operasi penyearah |
Kejelasan penjelasan tulisan maupun lisan tentang konsep dasar saklar Kemampuan merumuskan inverter Ketepatan mengembangkan model dengan simulink Kemampuan mensimulasikan Rangkaian inverter |
|
Kuliah Diskusi kelompok Presentasi [TM: 2%2 (3x50”)] Tugas 6: Kajian Pustaka Melakukan resume dari kajian pustaka Melatih soal-soal [BT BM:4%2 (3x50”)] Mengembangkan model inverter dengan simulink Matlab [PS BM: (2 2)x (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang aplikasi power suply, aplikasi penggerak motor, aplikasi |
Ketajaman membedakan aplikasi power supply, penggerak motor, resisdental dan industry Kemampuan mensimulasikan, Terapan industri |
|
Kuliah Diskusi kelompok Tiap kelompok mengkaji tema tertentu Presentasi dan diskusi [TM: 2%2 (3x50”)] Menyusun makalah dan slide presentsi [BT BM: 4%2 (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang aplikasi power suply, aplikasi penggerak motor, aplikasi |
Ketajaman membedakan aplikasi power supply, penggerak motor, resisdental dan industry Kemampuan mensimulasikan, Terapan industri |
|
Kuliah Diskusi kelompok Tiap kelompok mengkaji tema tertentu Presentasi dan diskusi [TM: 2%2 (3x50”)] Menyusun makalah dan slide presentsi [BT BM: 4%2 (3x50”)] 4 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Evalusi Sumatif : Untuk mengetahui pencapaian kompetensi matakuliah Elektronika Daya [ 1%2 ( 2%2 50”)] |
|
|
UAS 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |