|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sistem Informasi Geografi |
8720102185 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Wisnu, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa pemahaman literasi digital, pemrosesan data termasuk dasar-pemrograman, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, serta membuat konten berbasis teknologi. Semua kegiatan perkuliahan akan dilakukan melalui diskusi, penelusuran informasi melalui TIK, praktik menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, membuat program pemrosesan data, serta proyek membuat konten berbasis teknologi. Penilaian dilakukan melalui tes, penilaian produk, dan proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
Tim. 2019. Literasi Digital: Konsep, Pemanfaatan, dan Pengembangan. Surabaya: Unesa University Press. Pier Cesare Rivoltella. 2008. Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. New York: IGI Publishing. Unesco. 2011. Digital Literacy ini Education. Tersedia: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000214485.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes. Dian Ayu Larasati, S.Pd., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis SIG sebagai data base manajement system (DBMS) |
- Menjelaskan taksonomi system informasi sebagai entitas dalam SIG. - Menganalisis SIG sebagai data base manajement system (DBMS) . - Mengidentifikasi komponen-komponen dalam Sistem Informasi Geigrafis (SIG) |
Kriteria:
- Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
- Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
- Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
- Bobot Soal No 1- 3 = 20
- Bobot soal No. 4 = 40
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi data sebagai input dalam proses SIG |
- Mengidentifikasi data atribut dalam SIG - Mengidentifikasi data tabular dalam SIG - Mengidentifikasi data raster dalam SIG - Mengidentifikasi data vector dalam SIG |
Kriteria:
- Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
- Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
- Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
- Bobot Soal No 1- 3 = 20
- Bobot soal No. 4 = 40
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan subsistem dalam SIG |
- Menjelaskan sub system input dalam SIG. - Menjelaskan sub system proses dalam SIG - Menjelaskan sub system output dalam SIG |
Kriteria:
- Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
- Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
- Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
- Bobot Soal No 1- 3 = 20
- Bobot soal No. 4 = 40
|
- Kuliah mimbar - Demonstrasi - penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menginterpretasi data spasial dalam SIG. |
- Menjelaskan macam-macam data spasial. - Menjelaskan kelemahan dan kelebihan berbagai data spasial sebagai input SIG. - Menginterpretasi data spasial dalam SIG. |
Kriteria:
- Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
- Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
- Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
- Bobot Soal No 1- 3 = 20
- Bobot soal No. 4 = 40
|
- Kuliah mimbar - Demonstrasi - Penugasan - diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan reposisi dan digitasi peta digital . |
- Mereposisi peta/foto udara/citra satelit - Melakukan digitasi feature type garis (jalan, kontur, sungai, administrasi) |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk kerja - Penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melakukan reposisi dan digitasi peta digital . |
- Mereposisi peta/foto udara/citra satelit - Melakukan digitasi feature type garis (jalan, kontur, sungai, administrasi) |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk kerja - Penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan reposisi dan digitasi peta digital . |
- Mereposisi peta/foto udara/citra satelit - Melakukan digitasi feature type garis (jalan, kontur, sungai, administrasi) |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk kerja - Penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan digitasi peta digital . |
- Melakukan digitasi feature type polygon. (penggunaan lahan) - Melakukan digitasi feature type poin |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk Kerja 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan digitasi peta digital . |
- Melakukan digitasi feature type polygon. (penggunaan lahan) - Melakukan digitasi feature type poin |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk Kerja 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan editing atas hasil digitasi dalam tahapan SIG |
- Melakukan editing feature type garis - Melakukan editing feature type polygon |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk Kerja 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan editing atas hasil digitasi dalam tahapan SIG |
- Melakukan editing feature type garis - Melakukan editing feature type polygon |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk Kerja 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melakukan labelling atas hasil editing dalam tahapan SIG Mahasiswa mampu melakukan transformasi hasil labelling dalam tahapan SIG |
- Merancang data base pada peta digital - Melakukan labelling feature type garis - Melakukan labelling feature type polygon - Melakukan labeling feature point - Merubah/mentransformasi peta digital dari koordinat geografis menjadi koordinat UTM- |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk Kerja 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan labelling atas hasil editing dalam tahapan SIG Mahasiswa mampu melakukan transformasi hasil labelling dalam tahapan SIG |
- Merancang data base pada peta digital - Melakukan labelling feature type garis - Melakukan labelling feature type polygon - Melakukan labeling feature point - Merubah/mentransformasi peta digital dari koordinat geografis menjadi koordinat UTM- |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk Kerja 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat layout peta secara digital |
- Menentukan skala peta (angka, grafis) - Merancangkan legenda peta - Melayout peta sesuai dengan prinsip kartografis |
Kriteria:
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
- Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
- Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
|
- Demonstrasi - Unjuk kerja - presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |