Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Informasi Geografi

8720102185

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisnu, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa pemahaman literasi digital, pemrosesan data termasuk dasar-pemrograman, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, serta membuat konten berbasis teknologi. Semua kegiatan perkuliahan akan dilakukan melalui diskusi, penelusuran informasi melalui TIK, praktik menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, membuat program pemrosesan data, serta proyek membuat konten berbasis teknologi. Penilaian dilakukan melalui tes, penilaian produk, dan proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Tim. 2019. Literasi Digital: Konsep, Pemanfaatan, dan Pengembangan. Surabaya: Unesa University Press.

    Pier Cesare Rivoltella. 2008. Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society. New York: IGI Publishing.

    Unesco. 2011. Digital Literacy ini Education. Tersedia: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000214485.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes.

Dian Ayu Larasati, S.Pd., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis SIG sebagai data base manajement system (DBMS)

- Menjelaskan taksonomi system informasi sebagai entitas dalam SIG. - Menganalisis SIG sebagai data base manajement system (DBMS) . - Mengidentifikasi komponen-komponen dalam Sistem Informasi Geigrafis (SIG)

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
  2. Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
  3. Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
  4. Bobot Soal No 1- 3 = 20
  5. Bobot soal No. 4 = 40
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi data sebagai input dalam proses SIG

- Mengidentifikasi data atribut dalam SIG - Mengidentifikasi data tabular dalam SIG - Mengidentifikasi data raster dalam SIG - Mengidentifikasi data vector dalam SIG

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
  2. Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
  3. Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
  4. Bobot Soal No 1- 3 = 20
  5. Bobot soal No. 4 = 40
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan subsistem dalam SIG

- Menjelaskan sub system input dalam SIG. - Menjelaskan sub system proses dalam SIG - Menjelaskan sub system output dalam SIG

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
  2. Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
  3. Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
  4. Bobot Soal No 1- 3 = 20
  5. Bobot soal No. 4 = 40
- Kuliah mimbar - Demonstrasi - penugasan
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menginterpretasi data spasial dalam SIG.

- Menjelaskan macam-macam data spasial. - Menjelaskan kelemahan dan kelebihan berbagai data spasial sebagai input SIG. - Menginterpretasi data spasial dalam SIG.

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengatahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Geografis sebagai DBMS.
  2. Penilaian yang terdapat dalam Lembar Penilaian 1 dilaksanakan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS).
  3. Lembar Penilaian 1. Terdiri atas 4 soal uraian.
  4. Bobot Soal No 1- 3 = 20
  5. Bobot soal No. 4 = 40
- Kuliah mimbar - Demonstrasi - Penugasan - diskusi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melakukan reposisi dan digitasi peta digital .

- Mereposisi peta/foto udara/citra satelit - Melakukan digitasi feature type garis (jalan, kontur, sungai, administrasi)

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
  2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
  3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
- Demonstrasi - Unjuk kerja - Penugasan
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melakukan reposisi dan digitasi peta digital .

- Mereposisi peta/foto udara/citra satelit - Melakukan digitasi feature type garis (jalan, kontur, sungai, administrasi)

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
  2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
  3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
- Demonstrasi - Unjuk kerja - Penugasan
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan reposisi dan digitasi peta digital .

- Mereposisi peta/foto udara/citra satelit - Melakukan digitasi feature type garis (jalan, kontur, sungai, administrasi)

Kriteria:
  1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
  2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
  3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
- Demonstrasi - Unjuk kerja - Penugasan
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa mampu melakukan digitasi peta digital .

    - Melakukan digitasi feature type polygon. (penggunaan lahan) - Melakukan digitasi feature type poin

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk Kerja
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiswa mampu melakukan digitasi peta digital .

    - Melakukan digitasi feature type polygon. (penggunaan lahan) - Melakukan digitasi feature type poin

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk Kerja
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiswa mampu melakukan editing atas hasil digitasi dalam tahapan SIG

    - Melakukan editing feature type garis - Melakukan editing feature type polygon

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk Kerja
    4 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa mampu melakukan editing atas hasil digitasi dalam tahapan SIG

    - Melakukan editing feature type garis - Melakukan editing feature type polygon

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk Kerja
    4 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa mampu melakukan labelling atas hasil editing dalam tahapan SIG Mahasiswa mampu melakukan transformasi hasil labelling dalam tahapan SIG

    - Merancang data base pada peta digital - Melakukan labelling feature type garis - Melakukan labelling feature type polygon - Melakukan labeling feature point - Merubah/mentransformasi peta digital dari koordinat geografis menjadi koordinat UTM-

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk Kerja
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa mampu melakukan labelling atas hasil editing dalam tahapan SIG Mahasiswa mampu melakukan transformasi hasil labelling dalam tahapan SIG

    - Merancang data base pada peta digital - Melakukan labelling feature type garis - Melakukan labelling feature type polygon - Melakukan labeling feature point - Merubah/mentransformasi peta digital dari koordinat geografis menjadi koordinat UTM-

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk Kerja
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa mampu membuat layout peta secara digital

    - Menentukan skala peta (angka, grafis) - Merancangkan legenda peta - Melayout peta sesuai dengan prinsip kartografis

    Kriteria:
    1. Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam menggunakan software Arcview/ArcGIS, ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan software untuk melakukan reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital.
    2. Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dan mengamati ketangguhan mahasiswa dalam praktikum SIG.
    3. Penilaian dalam Lembar Penilaian 2 dilaksanakan selama perkuliahan mata kuliah SIG berlangsung.
    - Demonstrasi - Unjuk kerja - presentasi
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16



    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.