|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistik II |
8620402112 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini berisi tentang statistik induksi atau inferrensial yang berisi tentang uji-uji statistik serta mampu memformulasikann penyelesaian masalah statistik secara prosedural. Mampu mengambil keputusan strategis bidang Statistik II (statistik Induktif) berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan bekal untuk mengerjakan skripsi. Proses pembelajaran meliputi pemberian informasi, kerja kelompok, presentasi, dan tugas individual (mini reserach). Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas kelompok dan/atau mandiri dan aktivitas kelas. Mata kuliah Statistik II ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar statistika yang banyak digunakan dalam praktek dan penggunaan software berbasis statistik untuk penelitian serta penerapan dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini mencakup: Pengujian Hipotesis: Uji Statistik Deskripsi dan Parameter, Analisis Korelasi; Analisis Regresi Linear Sederhana & Berganda, Uji Statistik Non-Parameter; dan Desain Penelitian/ Laporan Mini Research disertai hitungan manual dan Pemakaian Software (SPSS). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bluman Allan G. 2007. Elementary Statistics seventh edition. Mc Graw Hill
- Michael Longnecker. 2010. An Introduction Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning.
- Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana: Jakarta.
- Sugiono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiryanto, M.Si. Windasari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis data menggunakan uji chi square |
2.1. Mampu menguji hubungan dua variabel nominal/ordinal dengan chi square2.2. Mampu menguji normalitas menggunakan chi square |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur dan mendengarkan penjelasan, diskusi teman sejawat, dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok. 1 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis data menggunakan uji beda (uji t) |
3.1. Mampu menghitung dan menganalisis uji beda untuk satu populasi4.1. Mampu menghitung dan menganalisis uji beda untuk dua populasi bebas5.1. Mampu menghitung dan menganalisis uji beda untuk dua populasi yang berhubungan |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soal berbasis masalah yang terkait Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 6 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis data dengan Analisis Varians |
6.1. Mampu menghitung dan menganalisis menggunakan ANOVA satu arah7.1. Mampu menghitung dan menganalisis menggunakan ANOVA dua arah |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 4 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Mampu secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan konsep statistik II yang telah dibahas dalam pertemuan 1 s.d. 7 melalui presentasi kelompok tetap. |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
- 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis beberapa jenis korelasi |
9.1. Mampu menghitung dan menganalisis korelasi product moment9.2. Mampu menghitung dan menganalisis korelasi parsial9.3. Mampu menghitung dan menganalisis korelasi berganda |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 1 X 1 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis regresi linier |
10.1. Mampu menghitung dan menganalisis regresi linier sederhana11.1.Mampu menghitung dan menganalisis menggunakan regresi linier berganda11.2. Mampu memahami uji asumsi klasik |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soalMembaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soalMembaca literatur, mendengarkan penjelasan, diskusi teman sejawat dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 6 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis statistika deskriptif menggunakan SPSS |
12.1. Memahami input data menggunakan SPSS12.2. Mampu menganalisis statistika deskriptif menggunakan SPSS |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputerMembaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputer, latihan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 1 X 1 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis uji beda menggunakan SPSS |
13.1. Mampu menganalisis uji beda (uji t) menggunakan SPSS13.2. Mampu menganalisis ANOVA menggunakan SPSS |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputer, latihan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis regresi linier menggunakan SPSS |
14.1. Mampu menganalisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS14.2. Mampu menganalisis regresi linier berganda menggunakan SPSS |
Kriteria:
- 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
- 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
- 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
|
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputer, latihan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok 4 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |