Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistik II

8620402112

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini berisi tentang statistik induksi atau inferrensial yang berisi tentang uji-uji statistik serta mampu memformulasikann penyelesaian masalah statistik secara prosedural. Mampu mengambil keputusan strategis bidang Statistik II (statistik Induktif) berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan bekal untuk mengerjakan skripsi. Proses pembelajaran meliputi pemberian informasi, kerja kelompok, presentasi, dan tugas individual (mini reserach). Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas kelompok dan/atau mandiri dan aktivitas kelas. Mata kuliah Statistik II ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar statistika yang banyak digunakan dalam praktek dan penggunaan software berbasis statistik untuk penelitian serta penerapan dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini mencakup: Pengujian Hipotesis: Uji Statistik Deskripsi dan Parameter, Analisis Korelasi; Analisis Regresi Linear Sederhana & Berganda, Uji Statistik Non-Parameter; dan Desain Penelitian/ Laporan Mini Research disertai hitungan manual dan Pemakaian Software (SPSS).

Pustaka

Utama :

  1. Bluman Allan G. 2007. Elementary Statistics seventh edition. Mc Graw Hill
  2. Michael Longnecker. 2010. An Introduction Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning.
  3. Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana: Jakarta.
  4. Sugiono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wiryanto, M.Si.

Windasari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis data menggunakan uji chi square

2.1. Mampu menguji hubungan dua variabel nominal/ordinal dengan chi square2.2. Mampu menguji normalitas menggunakan chi square

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur dan mendengarkan penjelasan, diskusi teman sejawat, dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok.
1 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menganalisis data menggunakan uji beda (uji t)

3.1. Mampu menghitung dan menganalisis uji beda untuk satu populasi4.1. Mampu menghitung dan menganalisis uji beda untuk dua populasi bebas5.1. Mampu menghitung dan menganalisis uji beda untuk dua populasi yang berhubungan

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soal berbasis masalah yang terkait Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
6 X 50

0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6

Menganalisis data dengan Analisis Varians

6.1. Mampu menghitung dan menganalisis menggunakan ANOVA satu arah7.1. Mampu menghitung dan menganalisis menggunakan ANOVA dua arah

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Mampu secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan konsep statistik II yang telah dibahas dalam pertemuan 1 s.d. 7 melalui presentasi kelompok tetap.

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
-
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menganalisis beberapa jenis korelasi

9.1. Mampu menghitung dan menganalisis korelasi product moment9.2. Mampu menghitung dan menganalisis korelasi parsial9.3. Mampu menghitung dan menganalisis korelasi berganda

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
1 X 1

0%

10

Minggu ke 10

Menganalisis regresi linier

10.1. Mampu menghitung dan menganalisis regresi linier sederhana11.1.Mampu menghitung dan menganalisis menggunakan regresi linier berganda11.2. Mampu memahami uji asumsi klasik

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soalMembaca literatur, mendengarkan penjelasan, dan mengerjakan soalMembaca literatur, mendengarkan penjelasan, diskusi teman sejawat dan mengerjakan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
6 X 50

0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12

Menganalisis statistika deskriptif menggunakan SPSS

12.1. Memahami input data menggunakan SPSS12.2. Mampu menganalisis statistika deskriptif menggunakan SPSS

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputerMembaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputer, latihan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
1 X 1

0%

13

Minggu ke 13

Menganalisis uji beda menggunakan SPSS

13.1. Mampu menganalisis uji beda (uji t) menggunakan SPSS13.2. Mampu menganalisis ANOVA menggunakan SPSS

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputer, latihan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menganalisis regresi linier menggunakan SPSS

14.1. Mampu menganalisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS14.2. Mampu menganalisis regresi linier berganda menggunakan SPSS

Kriteria:
  1. 1. Penskoran maksimum 100 setiap tes formatif, presentasi, Tugas, USS dan US
  2. 2. Mengikuti format penskoran UNESA: paqrtisipasi (skor 2), Tugas (skor 3), USS (skor 2) dan US (skor 3).
  3. 3. Syarat kehadiran mencapai minimal 75%
Membaca literatur, mendengarkan penjelasan, praktek dengan komputer, latihan soal Pendekatan: Saintefik Metode: Tanya-jawab, diskusi dan presentasi Model : kooperatif Strategi: penugasan dan presentasi per-pertemuan/kelompok
4 X 50

0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.