|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Hasil Penelitian |
8900104076 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
2 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis artikel jurnal muktakhir yang berkaitan dengan bidang keolahragaan, sesuai dengan standar kompetensi akademik dan profesi di bidang tersebut
|
PO - 2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berkomitmen untuk belajar sepanjang hayat dan memiliki jiwa kewirausahaan dalam menganalisis artikel jurnal muktakhir di bidang ilmu keolahragaan.
|
PO - 3 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori, konsepsi, atau gagasan ilmiah baru dalam bidang ilmu keolahragaan, serta memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian ilmiah yang memperhatikan nilai humaniora dan dilakukan dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
|
PO - 4 |
Menguasai metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran, serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, serta dapat menerapkannya dalam analisis artikel jurnal muktakhir untuk menghasilkan pemahaman yang holistik.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan analisis kritis mahasiswa dalam mengevaluasi artikel jurnal ilmiah terkini di bidang olahraga. Mahasiswa akan diajak untuk memahami metodologi penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, serta mengkaji berbagai isu etis dalam penelitian. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kreatif, dan sistematis dalam menganalisis artikel ilmiah, serta menyusun dan menyampaikan kritik serta rekomendasi berdasarkan hasil analisis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Haryatmoko, Critical Discourse Analysis ( Analisis Wacana Kritis ). 2016 Rajawali Press, Jakarta
- Agnieszka Gehringer, Susann Kowalski. 2024. Mapping Sustainability Measurement: A Review of the Approaches, Methods, and Literature. Springer
- Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage
- Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill
|
Pendukung : |
|
- Jaqui Hewitt-Taylor. 2017. The Essential Guide to Doing a Health and Social Care Literature Review. Routledge
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M.Appl.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi Masalah Penelitian dalam Artikel Jurnal dengan Pemikiran Logis dan Kritis |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah utama yang dibahas dalam artikel jurnal dengan tepat.
- Mahasiswa dapat merumuskan masalah penelitian secara spesifik dan relevan dengan topik yang dibahas.
- Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konteks masalah penelitian yang dibahas dalam artikel, termasuk latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup penelitian.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara masalah yang diidentifikasi dengan perkembangan ilmu keolahragaan.
- Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan dari masalah penelitian yang diangkat dalam artikel jurnal.
|
Kriteria:
- 1. Relevansi
- 2. Originalitas
- 3. Objektivitas
- 4. Keterukuran dan Kejelasan Variabel
- 5. Metodologi yang Tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2x50 |
|
Materi: analisis jurnal Pustaka: Winnick, Joseph P., dan Short, Francis X., 2014. Brockport physical fitness test manual : a health-related assessment for youngsters with disabilities. Champaign-IL, Human Kinetics Materi: sistematika review Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi Masalah Penelitian dalam Artikel Jurnal dengan Pemikiran Logis dan Kritis |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah utama yang dibahas dalam artikel jurnal dengan tepat.
- Mahasiswa dapat merumuskan masalah penelitian secara spesifik dan relevan dengan topik yang dibahas.
- Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konteks masalah penelitian yang dibahas dalam artikel, termasuk latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup penelitian.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara masalah yang diidentifikasi dengan perkembangan ilmu keolahragaan.
- Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan dari masalah penelitian yang diangkat dalam artikel jurnal.
|
Kriteria:
- 1. Relevansi
- 2. Originalitas
- 3. Objektivitas
- 4. Keterukuran dan Kejelasan Variabel
- 5. Metodologi yang Tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2x50 |
|
Materi: analisis jurnal Pustaka: Winnick, Joseph P., dan Short, Francis X., 2014. Brockport physical fitness test manual : a health-related assessment for youngsters with disabilities. Champaign-IL, Human Kinetics Materi: sistematika review Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi Masalah Penelitian dalam Artikel Jurnal dengan Pemikiran Logis dan Kritis |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah utama yang dibahas dalam artikel jurnal dengan tepat.
- Mahasiswa dapat merumuskan masalah penelitian secara spesifik dan relevan dengan topik yang dibahas.
- Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konteks masalah penelitian yang dibahas dalam artikel, termasuk latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup penelitian.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara masalah yang diidentifikasi dengan perkembangan ilmu keolahragaan.
- Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan dari masalah penelitian yang diangkat dalam artikel jurnal.
|
Kriteria:
- 1. Relevansi
- 2. Originalitas
- 3. Objektivitas
- 4. Keterukuran dan Kejelasan Variabel
- 5. Metodologi yang Tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2x50 |
|
Materi: analisis jurnal Pustaka: Winnick, Joseph P., dan Short, Francis X., 2014. Brockport physical fitness test manual : a health-related assessment for youngsters with disabilities. Champaign-IL, Human Kinetics Materi: sistematika review Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi Masalah Penelitian dalam Artikel Jurnal dengan Pemikiran Logis dan Kritis |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah utama yang dibahas dalam artikel jurnal dengan tepat.
- Mahasiswa dapat merumuskan masalah penelitian secara spesifik dan relevan dengan topik yang dibahas.
- Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konteks masalah penelitian yang dibahas dalam artikel, termasuk latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup penelitian.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara masalah yang diidentifikasi dengan perkembangan ilmu keolahragaan.
- Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan dari masalah penelitian yang diangkat dalam artikel jurnal.
|
Kriteria:
- 1. Relevansi
- 2. Originalitas
- 3. Objektivitas
- 4. Keterukuran dan Kejelasan Variabel
- 5. Metodologi yang Tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2x50 |
|
Materi: analisis jurnal Pustaka: Winnick, Joseph P., dan Short, Francis X., 2014. Brockport physical fitness test manual : a health-related assessment for youngsters with disabilities. Champaign-IL, Human Kinetics Materi: sistematika review Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menunjukkan Ketangguhan dalam Menghadapi Tantangan Akademik dan Penelitian
- Berkolaborasi Secara Efektif dalam Diskusi Akademik dan Penulisan Review Jurnal
- Menunjukkan Kemampuan Adaptif dalam Memahami Pendekatan Baru dalam Penelitian Keolahragaan
|
- Mahasiswa dapat mengatasi kendala atau tantangan dalam memahami artikel jurnal dengan cara yang proaktif dan penuh dedikasi.
- Mahasiswa mampu menunjukkan ketahanan mental untuk menyelesaikan tugas analisis dengan kualitas yang tinggi meskipun menghadapi kesulitan akademik.
- Mahasiswa dapat berkontribusi dalam diskusi kelompok dengan cara yang menghargai pandangan orang lain dan memberikan input konstruktif
- Mahasiswa dapat melakukan kerja kelompok untuk menyusun analisis atau review artikel jurnal dengan mengintegrasikan kontribusi setiap anggota secara efektif.
- Mahasiswa mampu menyesuaikan cara berpikir dan analisisnya dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.
|
Kriteria:
- Keterlibatan Aktif
- Kemampuan Mendengarkan dengan Baik
- Penghargaan terhadap Keragaman Pendapat
- Sikap Kolaboratif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 2x50 |
|
Materi: pola analisis Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage Materi: pola analisis Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menunjukkan Ketangguhan dalam Menghadapi Tantangan Akademik dan Penelitian
- Berkolaborasi Secara Efektif dalam Diskusi Akademik dan Penulisan Review Jurnal
- Menunjukkan Kemampuan Adaptif dalam Memahami Pendekatan Baru dalam Penelitian Keolahragaan
|
- Mahasiswa dapat mengatasi kendala atau tantangan dalam memahami artikel jurnal dengan cara yang proaktif dan penuh dedikasi.
- Mahasiswa mampu menunjukkan ketahanan mental untuk menyelesaikan tugas analisis dengan kualitas yang tinggi meskipun menghadapi kesulitan akademik.
- Mahasiswa dapat berkontribusi dalam diskusi kelompok dengan cara yang menghargai pandangan orang lain dan memberikan input konstruktif
- Mahasiswa dapat melakukan kerja kelompok untuk menyusun analisis atau review artikel jurnal dengan mengintegrasikan kontribusi setiap anggota secara efektif.
- Mahasiswa mampu menyesuaikan cara berpikir dan analisisnya dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.
|
Kriteria:
- Keterlibatan Aktif
- Kemampuan Mendengarkan dengan Baik
- Penghargaan terhadap Keragaman Pendapat
- Sikap Kolaboratif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 2x50 |
|
Materi: pola analisis Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage Materi: pola analisis Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menunjukkan Ketangguhan dalam Menghadapi Tantangan Akademik dan Penelitian
- Berkolaborasi Secara Efektif dalam Diskusi Akademik dan Penulisan Review Jurnal
- Menunjukkan Kemampuan Adaptif dalam Memahami Pendekatan Baru dalam Penelitian Keolahragaan
|
- Mahasiswa dapat mengatasi kendala atau tantangan dalam memahami artikel jurnal dengan cara yang proaktif dan penuh dedikasi.
- Mahasiswa mampu menunjukkan ketahanan mental untuk menyelesaikan tugas analisis dengan kualitas yang tinggi meskipun menghadapi kesulitan akademik.
- Mahasiswa dapat berkontribusi dalam diskusi kelompok dengan cara yang menghargai pandangan orang lain dan memberikan input konstruktif
- Mahasiswa dapat melakukan kerja kelompok untuk menyusun analisis atau review artikel jurnal dengan mengintegrasikan kontribusi setiap anggota secara efektif.
- Mahasiswa mampu menyesuaikan cara berpikir dan analisisnya dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.
|
Kriteria:
- Keterlibatan Aktif
- Kemampuan Mendengarkan dengan Baik
- Penghargaan terhadap Keragaman Pendapat
- Sikap Kolaboratif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 2x50 |
|
Materi: pola analisis Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage Materi: pola analisis Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Menunjukkan Ketangguhan dalam Menghadapi Tantangan Akademik dan Penelitian
- Berkolaborasi Secara Efektif dalam Diskusi Akademik dan Penulisan Review Jurnal
- Menunjukkan Kemampuan Adaptif dalam Memahami Pendekatan Baru dalam Penelitian Keolahragaan
|
- Mahasiswa dapat mengatasi kendala atau tantangan dalam memahami artikel jurnal dengan cara yang proaktif dan penuh dedikasi.
- Mahasiswa mampu menunjukkan ketahanan mental untuk menyelesaikan tugas analisis dengan kualitas yang tinggi meskipun menghadapi kesulitan akademik.
- Mahasiswa dapat berkontribusi dalam diskusi kelompok dengan cara yang menghargai pandangan orang lain dan memberikan input konstruktif
- Mahasiswa dapat melakukan kerja kelompok untuk menyusun analisis atau review artikel jurnal dengan mengintegrasikan kontribusi setiap anggota secara efektif.
- Mahasiswa mampu menyesuaikan cara berpikir dan analisisnya dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.
|
Kriteria:
- Keterlibatan Aktif
- Kemampuan Mendengarkan dengan Baik
- Penghargaan terhadap Keragaman Pendapat
- Sikap Kolaboratif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 2x50 |
|
Materi: pola analisis Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage Materi: pola analisis Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Menunjukkan Ketangguhan dalam Menghadapi Tantangan Akademik dan Penelitian
- Berkolaborasi Secara Efektif dalam Diskusi Akademik dan Penulisan Review Jurnal
- Menunjukkan Kemampuan Adaptif dalam Memahami Pendekatan Baru dalam Penelitian Keolahragaan
|
- Mahasiswa dapat mengatasi kendala atau tantangan dalam memahami artikel jurnal dengan cara yang proaktif dan penuh dedikasi.
- Mahasiswa mampu menunjukkan ketahanan mental untuk menyelesaikan tugas analisis dengan kualitas yang tinggi meskipun menghadapi kesulitan akademik.
- Mahasiswa dapat berkontribusi dalam diskusi kelompok dengan cara yang menghargai pandangan orang lain dan memberikan input konstruktif
- Mahasiswa dapat melakukan kerja kelompok untuk menyusun analisis atau review artikel jurnal dengan mengintegrasikan kontribusi setiap anggota secara efektif.
- Mahasiswa mampu menyesuaikan cara berpikir dan analisisnya dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.
|
Kriteria:
- Keterlibatan Aktif
- Kemampuan Mendengarkan dengan Baik
- Penghargaan terhadap Keragaman Pendapat
- Sikap Kolaboratif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 2x50 |
|
Materi: pola analisis Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage Materi: pola analisis Pustaka: Helen Aveyard. 2014. Doing a literature review in health and social care: a practical guide. McGraw-Hill |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menganalisis dan Mengkritisi Teori atau Konsepsi Ilmiah yang Ada dalam Artikel Jurnal
- Mengembangkan Teori atau Konsepsi Ilmiah Baru Berdasarkan Analisis Artikel Jurnal
- Memberikan Kontribusi pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Keolahragaan
|
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori atau konsepsi yang digunakan dalam artikel jurnal keolahragaan
- 2. Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan teori atau konsepsi tersebut serta memberikan masukan untuk pengembangan lebih lanjut.
- 3. Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan atau teori baru yang relevan dengan topik yang dibahas dalam artikel jurnal.
- 4. Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci bagaimana teori atau konsepsi baru tersebut dapat memberikan kontribusi pada bidang ilmu keolahragaan.
- 5. Mahasiswa mampu merumuskan kontribusi ilmiah atau teknologi yang dapat diterapkan dalam bidang keolahragaan.
|
Kriteria:
Berikut adalah kriteria penilaian untuk review artikel ilmiah yang dapat digunakan: 1. Kesesuaian dengan Topik Relevansi: Apakah artikel yang direview sesuai dengan topik yang dibahas? Keberagaman Pembahasan: Apakah artikel mengcover berbagai aspek dari topik yang diangkat, atau hanya fokus pada satu subtopik saja? 2. Kualitas Penulisan Struktur Artikel: Apakah artikel disusun dengan jelas, mulai dari pendahuluan, metodologi, hasil, hingga kesimpulan? Bahasa dan Gaya Penulisan: Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami dan sesuai dengan norma akademik? Adakah penggunaan jargon yang tidak perlu? Koherensi: Apakah artikel mengalir dengan baik dan ide-ide saling terhubung secara logis? 3. Kelengkapan dan Kedalaman Pembahasan Pemahaman Topik: Apakah penulis artikel menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap topik yang dibahas? Analisis dan Sintesis: Apakah penulis mampu menganalisis dan mensintesis informasi yang ada, bukan hanya menyajikan fakta-fakta yang ada? Penyajian Data dan Bukti: Apakah data yang disajikan relevan dan mendukung klaim yang diajukan dalam artikel? 4. Keaslian dan Kontribusi Originalitas: Apakah artikel menawarkan perspektif baru atau kontribusi terhadap bidang penelitian yang ada? Inovasi: Apakah artikel mencakup ide atau pendekatan inovatif dalam penelitian atau analisis yang dilakukan? Kontribusi Terhadap Pengetahuan: Sejauh mana artikel memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang topik yang dibahas? 5. Penggunaan Literatur dan Sumber Referensi yang Digunakan: Apakah artikel didukung dengan literatur yang relevan dan mutakhir? Kualitas Referensi: Apakah sumber yang digunakan berasal dari jurnal atau publikasi yang terkemuka dan kredibel? Penyajian Sumber: Apakah sumber-sumber yang digunakan disajikan dengan cara yang tepat (misalnya kutipan yang benar, format referensi yang konsisten)? 6. Metodologi Keandalan Metodologi: Apakah metodologi yang digunakan dalam artikel sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan? Kejelasan Deskripsi Metodologi: Apakah penulis menjelaskan metodologi dengan cukup rinci sehingga bisa diulang atau diuji oleh peneliti lain? 7. Kualitas Analisis dan Interpretasi Kritis terhadap Temuan: Apakah penulis menunjukkan kemampuan untuk menganalisis hasil penelitian dengan kritis dan objektif? Interpretasi yang Tepat: Apakah interpretasi yang diberikan terhadap data atau hasil penelitian sesuai dengan bukti yang ada dan tidak mengada-ada? 8. Kesimpulan dan Saran Kekuatan Kesimpulan: Apakah kesimpulan yang ditarik didukung dengan argumen yang kuat dan bukti yang relevan? Saran untuk Penelitian Selanjutnya: Apakah artikel memberikan saran yang jelas dan berbasis bukti untuk penelitian di masa depan? 9. Keterbukaan Terhadap Kritik dan Perbaikan Penerimaan terhadap Kritik: Apakah penulis menunjukkan kesediaan untuk menerima kritik dan perbaikan terhadap artikelnya, jika diperlukan? Kemampuan untuk Merevisi: Apakah penulis dapat mengidentifikasi dan mengoreksi kelemahan atau kesalahan dalam artikel? 10. Kepatuhan terhadap Etika Publikasi Keaslian Penulisan: Apakah artikel bebas dari plagiarisme atau penyalahgunaan karya orang lain? Pengakuan terhadap Kontribusi: Apakah penulis mengakui kontribusi dari pihak-pihak yang berperan dalam penelitian, baik dalam hal pendanaan, data, atau saran? Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: sumber bacaan Pustaka: Haryatmoko, Critical Discourse Analysis ( Analisis Wacana Kritis ). 2016 Rajawali Press, Jakarta Materi: mapping Pustaka: Agnieszka Gehringer, Susann Kowalski. 2024. Mapping Sustainability Measurement: A Review of the Approaches, Methods, and Literature. Springer |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menganalisis dan Mengkritisi Teori atau Konsepsi Ilmiah yang Ada dalam Artikel Jurnal
- Mengembangkan Teori atau Konsepsi Ilmiah Baru Berdasarkan Analisis Artikel Jurnal
- Memberikan Kontribusi pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Keolahragaan
|
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori atau konsepsi yang digunakan dalam artikel jurnal keolahragaan
- 2. Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan teori atau konsepsi tersebut serta memberikan masukan untuk pengembangan lebih lanjut.
- 3. Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan atau teori baru yang relevan dengan topik yang dibahas dalam artikel jurnal.
- 4. Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci bagaimana teori atau konsepsi baru tersebut dapat memberikan kontribusi pada bidang ilmu keolahragaan.
- 5. Mahasiswa mampu merumuskan kontribusi ilmiah atau teknologi yang dapat diterapkan dalam bidang keolahragaan.
|
Kriteria:
Berikut adalah kriteria penilaian untuk review artikel ilmiah yang dapat digunakan: 1. Kesesuaian dengan Topik Relevansi: Apakah artikel yang direview sesuai dengan topik yang dibahas? Keberagaman Pembahasan: Apakah artikel mengcover berbagai aspek dari topik yang diangkat, atau hanya fokus pada satu subtopik saja? 2. Kualitas Penulisan Struktur Artikel: Apakah artikel disusun dengan jelas, mulai dari pendahuluan, metodologi, hasil, hingga kesimpulan? Bahasa dan Gaya Penulisan: Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami dan sesuai dengan norma akademik? Adakah penggunaan jargon yang tidak perlu? Koherensi: Apakah artikel mengalir dengan baik dan ide-ide saling terhubung secara logis? 3. Kelengkapan dan Kedalaman Pembahasan Pemahaman Topik: Apakah penulis artikel menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap topik yang dibahas? Analisis dan Sintesis: Apakah penulis mampu menganalisis dan mensintesis informasi yang ada, bukan hanya menyajikan fakta-fakta yang ada? Penyajian Data dan Bukti: Apakah data yang disajikan relevan dan mendukung klaim yang diajukan dalam artikel? 4. Keaslian dan Kontribusi Originalitas: Apakah artikel menawarkan perspektif baru atau kontribusi terhadap bidang penelitian yang ada? Inovasi: Apakah artikel mencakup ide atau pendekatan inovatif dalam penelitian atau analisis yang dilakukan? Kontribusi Terhadap Pengetahuan: Sejauh mana artikel memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang topik yang dibahas? 5. Penggunaan Literatur dan Sumber Referensi yang Digunakan: Apakah artikel didukung dengan literatur yang relevan dan mutakhir? Kualitas Referensi: Apakah sumber yang digunakan berasal dari jurnal atau publikasi yang terkemuka dan kredibel? Penyajian Sumber: Apakah sumber-sumber yang digunakan disajikan dengan cara yang tepat (misalnya kutipan yang benar, format referensi yang konsisten)? 6. Metodologi Keandalan Metodologi: Apakah metodologi yang digunakan dalam artikel sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan? Kejelasan Deskripsi Metodologi: Apakah penulis menjelaskan metodologi dengan cukup rinci sehingga bisa diulang atau diuji oleh peneliti lain? 7. Kualitas Analisis dan Interpretasi Kritis terhadap Temuan: Apakah penulis menunjukkan kemampuan untuk menganalisis hasil penelitian dengan kritis dan objektif? Interpretasi yang Tepat: Apakah interpretasi yang diberikan terhadap data atau hasil penelitian sesuai dengan bukti yang ada dan tidak mengada-ada? 8. Kesimpulan dan Saran Kekuatan Kesimpulan: Apakah kesimpulan yang ditarik didukung dengan argumen yang kuat dan bukti yang relevan? Saran untuk Penelitian Selanjutnya: Apakah artikel memberikan saran yang jelas dan berbasis bukti untuk penelitian di masa depan? 9. Keterbukaan Terhadap Kritik dan Perbaikan Penerimaan terhadap Kritik: Apakah penulis menunjukkan kesediaan untuk menerima kritik dan perbaikan terhadap artikelnya, jika diperlukan? Kemampuan untuk Merevisi: Apakah penulis dapat mengidentifikasi dan mengoreksi kelemahan atau kesalahan dalam artikel? 10. Kepatuhan terhadap Etika Publikasi Keaslian Penulisan: Apakah artikel bebas dari plagiarisme atau penyalahgunaan karya orang lain? Pengakuan terhadap Kontribusi: Apakah penulis mengakui kontribusi dari pihak-pihak yang berperan dalam penelitian, baik dalam hal pendanaan, data, atau saran? Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: sumber bacaan Pustaka: Haryatmoko, Critical Discourse Analysis ( Analisis Wacana Kritis ). 2016 Rajawali Press, Jakarta Materi: mapping Pustaka: Agnieszka Gehringer, Susann Kowalski. 2024. Mapping Sustainability Measurement: A Review of the Approaches, Methods, and Literature. Springer |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menganalisis dan Mengkritisi Teori atau Konsepsi Ilmiah yang Ada dalam Artikel Jurnal
- Mengembangkan Teori atau Konsepsi Ilmiah Baru Berdasarkan Analisis Artikel Jurnal
- Memberikan Kontribusi pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Keolahragaan
|
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori atau konsepsi yang digunakan dalam artikel jurnal keolahragaan
- 2. Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan teori atau konsepsi tersebut serta memberikan masukan untuk pengembangan lebih lanjut.
- 3. Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan atau teori baru yang relevan dengan topik yang dibahas dalam artikel jurnal.
- 4. Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci bagaimana teori atau konsepsi baru tersebut dapat memberikan kontribusi pada bidang ilmu keolahragaan.
- 5. Mahasiswa mampu merumuskan kontribusi ilmiah atau teknologi yang dapat diterapkan dalam bidang keolahragaan.
|
Kriteria:
Berikut adalah kriteria penilaian untuk review artikel ilmiah yang dapat digunakan: 1. Kesesuaian dengan Topik Relevansi: Apakah artikel yang direview sesuai dengan topik yang dibahas? Keberagaman Pembahasan: Apakah artikel mengcover berbagai aspek dari topik yang diangkat, atau hanya fokus pada satu subtopik saja? 2. Kualitas Penulisan Struktur Artikel: Apakah artikel disusun dengan jelas, mulai dari pendahuluan, metodologi, hasil, hingga kesimpulan? Bahasa dan Gaya Penulisan: Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami dan sesuai dengan norma akademik? Adakah penggunaan jargon yang tidak perlu? Koherensi: Apakah artikel mengalir dengan baik dan ide-ide saling terhubung secara logis? 3. Kelengkapan dan Kedalaman Pembahasan Pemahaman Topik: Apakah penulis artikel menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap topik yang dibahas? Analisis dan Sintesis: Apakah penulis mampu menganalisis dan mensintesis informasi yang ada, bukan hanya menyajikan fakta-fakta yang ada? Penyajian Data dan Bukti: Apakah data yang disajikan relevan dan mendukung klaim yang diajukan dalam artikel? 4. Keaslian dan Kontribusi Originalitas: Apakah artikel menawarkan perspektif baru atau kontribusi terhadap bidang penelitian yang ada? Inovasi: Apakah artikel mencakup ide atau pendekatan inovatif dalam penelitian atau analisis yang dilakukan? Kontribusi Terhadap Pengetahuan: Sejauh mana artikel memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang topik yang dibahas? 5. Penggunaan Literatur dan Sumber Referensi yang Digunakan: Apakah artikel didukung dengan literatur yang relevan dan mutakhir? Kualitas Referensi: Apakah sumber yang digunakan berasal dari jurnal atau publikasi yang terkemuka dan kredibel? Penyajian Sumber: Apakah sumber-sumber yang digunakan disajikan dengan cara yang tepat (misalnya kutipan yang benar, format referensi yang konsisten)? 6. Metodologi Keandalan Metodologi: Apakah metodologi yang digunakan dalam artikel sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan? Kejelasan Deskripsi Metodologi: Apakah penulis menjelaskan metodologi dengan cukup rinci sehingga bisa diulang atau diuji oleh peneliti lain? 7. Kualitas Analisis dan Interpretasi Kritis terhadap Temuan: Apakah penulis menunjukkan kemampuan untuk menganalisis hasil penelitian dengan kritis dan objektif? Interpretasi yang Tepat: Apakah interpretasi yang diberikan terhadap data atau hasil penelitian sesuai dengan bukti yang ada dan tidak mengada-ada? 8. Kesimpulan dan Saran Kekuatan Kesimpulan: Apakah kesimpulan yang ditarik didukung dengan argumen yang kuat dan bukti yang relevan? Saran untuk Penelitian Selanjutnya: Apakah artikel memberikan saran yang jelas dan berbasis bukti untuk penelitian di masa depan? 9. Keterbukaan Terhadap Kritik dan Perbaikan Penerimaan terhadap Kritik: Apakah penulis menunjukkan kesediaan untuk menerima kritik dan perbaikan terhadap artikelnya, jika diperlukan? Kemampuan untuk Merevisi: Apakah penulis dapat mengidentifikasi dan mengoreksi kelemahan atau kesalahan dalam artikel? 10. Kepatuhan terhadap Etika Publikasi Keaslian Penulisan: Apakah artikel bebas dari plagiarisme atau penyalahgunaan karya orang lain? Pengakuan terhadap Kontribusi: Apakah penulis mengakui kontribusi dari pihak-pihak yang berperan dalam penelitian, baik dalam hal pendanaan, data, atau saran? Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: sumber bacaan Pustaka: Haryatmoko, Critical Discourse Analysis ( Analisis Wacana Kritis ). 2016 Rajawali Press, Jakarta Materi: mapping Pustaka: Agnieszka Gehringer, Susann Kowalski. 2024. Mapping Sustainability Measurement: A Review of the Approaches, Methods, and Literature. Springer |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menganalisis dan Mengkritisi Teori atau Konsepsi Ilmiah yang Ada dalam Artikel Jurnal
- Mengembangkan Teori atau Konsepsi Ilmiah Baru Berdasarkan Analisis Artikel Jurnal
- Memberikan Kontribusi pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Keolahragaan
|
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori atau konsepsi yang digunakan dalam artikel jurnal keolahragaan
- 2. Mahasiswa dapat mengkritisi kekuatan dan kelemahan teori atau konsepsi tersebut serta memberikan masukan untuk pengembangan lebih lanjut.
- 3. Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan atau teori baru yang relevan dengan topik yang dibahas dalam artikel jurnal.
- 4. Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci bagaimana teori atau konsepsi baru tersebut dapat memberikan kontribusi pada bidang ilmu keolahragaan.
- 5. Mahasiswa mampu merumuskan kontribusi ilmiah atau teknologi yang dapat diterapkan dalam bidang keolahragaan.
|
Kriteria:
Berikut adalah kriteria penilaian untuk review artikel ilmiah yang dapat digunakan: 1. Kesesuaian dengan Topik Relevansi: Apakah artikel yang direview sesuai dengan topik yang dibahas? Keberagaman Pembahasan: Apakah artikel mengcover berbagai aspek dari topik yang diangkat, atau hanya fokus pada satu subtopik saja? 2. Kualitas Penulisan Struktur Artikel: Apakah artikel disusun dengan jelas, mulai dari pendahuluan, metodologi, hasil, hingga kesimpulan? Bahasa dan Gaya Penulisan: Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami dan sesuai dengan norma akademik? Adakah penggunaan jargon yang tidak perlu? Koherensi: Apakah artikel mengalir dengan baik dan ide-ide saling terhubung secara logis? 3. Kelengkapan dan Kedalaman Pembahasan Pemahaman Topik: Apakah penulis artikel menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap topik yang dibahas? Analisis dan Sintesis: Apakah penulis mampu menganalisis dan mensintesis informasi yang ada, bukan hanya menyajikan fakta-fakta yang ada? Penyajian Data dan Bukti: Apakah data yang disajikan relevan dan mendukung klaim yang diajukan dalam artikel? 4. Keaslian dan Kontribusi Originalitas: Apakah artikel menawarkan perspektif baru atau kontribusi terhadap bidang penelitian yang ada? Inovasi: Apakah artikel mencakup ide atau pendekatan inovatif dalam penelitian atau analisis yang dilakukan? Kontribusi Terhadap Pengetahuan: Sejauh mana artikel memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang topik yang dibahas? 5. Penggunaan Literatur dan Sumber Referensi yang Digunakan: Apakah artikel didukung dengan literatur yang relevan dan mutakhir? Kualitas Referensi: Apakah sumber yang digunakan berasal dari jurnal atau publikasi yang terkemuka dan kredibel? Penyajian Sumber: Apakah sumber-sumber yang digunakan disajikan dengan cara yang tepat (misalnya kutipan yang benar, format referensi yang konsisten)? 6. Metodologi Keandalan Metodologi: Apakah metodologi yang digunakan dalam artikel sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan? Kejelasan Deskripsi Metodologi: Apakah penulis menjelaskan metodologi dengan cukup rinci sehingga bisa diulang atau diuji oleh peneliti lain? 7. Kualitas Analisis dan Interpretasi Kritis terhadap Temuan: Apakah penulis menunjukkan kemampuan untuk menganalisis hasil penelitian dengan kritis dan objektif? Interpretasi yang Tepat: Apakah interpretasi yang diberikan terhadap data atau hasil penelitian sesuai dengan bukti yang ada dan tidak mengada-ada? 8. Kesimpulan dan Saran Kekuatan Kesimpulan: Apakah kesimpulan yang ditarik didukung dengan argumen yang kuat dan bukti yang relevan? Saran untuk Penelitian Selanjutnya: Apakah artikel memberikan saran yang jelas dan berbasis bukti untuk penelitian di masa depan? 9. Keterbukaan Terhadap Kritik dan Perbaikan Penerimaan terhadap Kritik: Apakah penulis menunjukkan kesediaan untuk menerima kritik dan perbaikan terhadap artikelnya, jika diperlukan? Kemampuan untuk Merevisi: Apakah penulis dapat mengidentifikasi dan mengoreksi kelemahan atau kesalahan dalam artikel? 10. Kepatuhan terhadap Etika Publikasi Keaslian Penulisan: Apakah artikel bebas dari plagiarisme atau penyalahgunaan karya orang lain? Pengakuan terhadap Kontribusi: Apakah penulis mengakui kontribusi dari pihak-pihak yang berperan dalam penelitian, baik dalam hal pendanaan, data, atau saran? Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: sumber bacaan Pustaka: Haryatmoko, Critical Discourse Analysis ( Analisis Wacana Kritis ). 2016 Rajawali Press, Jakarta Materi: mapping Pustaka: Agnieszka Gehringer, Susann Kowalski. 2024. Mapping Sustainability Measurement: A Review of the Approaches, Methods, and Literature. Springer |
3% |
14
Minggu ke 14 |
- Memahami Konsep Dasar Metode Penelitian dalam Ilmu Keolahragaan
- Menyusun Analisis Data Penelitian dalam Konteks Keolahragaan
- Menerapkan Metode Penelitian Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Analisis Artikel Jurnal
- Mengidentifikasi komponen interdisipliner dalam artikel jurnal terkait keolahragaan.
|
- Mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang relevan dengan ilmu keolahragaan.
- Melakukan analisis statistik menggunakan perangkat lunak analisis data
|
Kriteria:
- Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mengkritisi metode penelitian, instrumen, dan hasil yang digunakan dalam artikel jurnal, serta kemampuannya dalam mengaitkan temuan dengan pengembangan teori atau praktik dalam ilmu keolahragaan
- Mahasiswa dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan perspektif interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam analisis artikel jurnal, serta kemampuannya dalam menyusun review yang komprehensif dan berbasis bukti untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu keolahragaan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: literature revies Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage |
3% |
15
Minggu ke 15 |
- Memahami Konsep Dasar Metode Penelitian dalam Ilmu Keolahragaan
- Menyusun Analisis Data Penelitian dalam Konteks Keolahragaan
- Menerapkan Metode Penelitian Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Analisis Artikel Jurnal
- Mengidentifikasi komponen interdisipliner dalam artikel jurnal terkait keolahragaan.
|
- Mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang relevan dengan ilmu keolahragaan.
- Melakukan analisis statistik menggunakan perangkat lunak analisis data
|
Kriteria:
- Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mengkritisi metode penelitian, instrumen, dan hasil yang digunakan dalam artikel jurnal, serta kemampuannya dalam mengaitkan temuan dengan pengembangan teori atau praktik dalam ilmu keolahragaan
- Mahasiswa dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan perspektif interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam analisis artikel jurnal, serta kemampuannya dalam menyusun review yang komprehensif dan berbasis bukti untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu keolahragaan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: literature revies Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage |
3% |
16
Minggu ke 16 |
- Memahami Konsep Dasar Metode Penelitian dalam Ilmu Keolahragaan
- Menyusun Analisis Data Penelitian dalam Konteks Keolahragaan
- Menerapkan Metode Penelitian Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Analisis Artikel Jurnal
- Mengidentifikasi komponen interdisipliner dalam artikel jurnal terkait keolahragaan.
|
- Mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang relevan dengan ilmu keolahragaan.
- Melakukan analisis statistik menggunakan perangkat lunak analisis data
|
Kriteria:
- Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mengkritisi metode penelitian, instrumen, dan hasil yang digunakan dalam artikel jurnal, serta kemampuannya dalam mengaitkan temuan dengan pengembangan teori atau praktik dalam ilmu keolahragaan
- Mahasiswa dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan perspektif interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam analisis artikel jurnal, serta kemampuannya dalam menyusun review yang komprehensif dan berbasis bukti untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu keolahragaan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: literature revies Pustaka: Arlene Fink. 2019. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper . Sage |
20% |